close

Apakah Kucing Yang Terkena Sakit Ginjal Bisa Sembuh ? Ternyata Ini Jawabannya !

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting. Organ ini penting bagi kita manusia dan juga bagi kucing. Karena dalam tubuh manusia atau kucing, ginjal sendiri memiliki peranan yang  sangat besar.

 

Apakah Kucing Yang Terkena Sakit Ginjal Bisa Sembuh
Ilustrasi Kucing Yang Menderita Sakit Ginjal


Seperti membersihkan darah dari limbah, merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah. Ketika kucing mengalami sakit ginjal tentulah seluruh fungsi ginjal di atas akan terganggu.

Sakit ginjal pada kucing bisa di sebabkan oleh banyak hal. Bisa di sebabkan faktor umur, makanan dan sebagainya. Ketika kucing mengalami sakit ginjal maka hal ini haru segera di tangani, karena jikalau tidak di khawatirkan dapat menimbulkan serangkaian masalah kesehatan pada tubuh kucing.

Lalu apakah kucing yang menderita sakit ginjal dapat di sembuhkan ? Dan bagaimanakah cara menyembuhkan kucing yang terkena sakit ginjal ? Good Readers dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.


8 Penyebab Kucing Terkena Sakit Ginjal

Sebelum masuk ke pembahasan utama, Anggora ingin membahas dahulu seputar apa saja penyebab kucing terkena sakit ginjal. Supaya nantinya dengan mengetahui apa saja penyebabnya, kita bisa menghindari atau menjaga kucing agar tak terkena penyakit ginjal.

Berdasarkan sepengetahuan Anggora ada 8 penyebab yang membuat kucing bisa menderita sakit ginjal. Penyebabnya antara lain :

1. Infeksi Bakteri

Penyebab pertama yang dapat membuat kucing sakit ginjal adalah akibat infeksi bakteri. Infeksi ini di sebabkan oleh infeksi bakteri yang parah yang mana merubah karakteristik urin dan aliran darah. Infeksi bakteri yang membuat kucing sakit ginjal bernama Pyelonephritis.

Beberapa bakteri yang umumnya menjadi penyebab infeksi ini antara lain :

  • Bakteri Escherichia Coli

  • Bakteri Staphylococcus

  • Bakteri Proteus

  • Bakteri Streptococcus

  • Bakteri Klebsiella

  • Bakteri Enterobacter

  • Bakteri Pseudomonas

 

Kebanyakan kucing yang mengalami infeksi bakteri dan membuat ginjalnya bermasalah tidak menampakkan gejala atau pertanda tertentu.  Tanda tersebut baru bisa di ketahui setelah pemeriksaan fisik di lakukan. Tanda tersebut dapat berupa demam, nyeri dan sebagainya.

Kucing makan cicak bahaya gak sih ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.


2. Kehilangan Darah

Kehilangan darah ternyata bisa juga loh sebagai penyebab kucing mengalami masalah ginjal. Ketika kucing mengalami sok akibat hilangnya banyak darah secara seketika atau dehidrasi yang parah bisa memicu penyakit ginjal pada kucing.

 

3. Dehidrasi Parah

Seperti yang sebutkan di atas bahwa dehidrasi parah ialah salah satu penyebab kucing mengalami ginjal. Dehidrasi parah ini umumnya di sebabkan, cuaca yang terlalu panas, aktivitas yang berlebihan, muntah-muntah, diare yang mana bisa menyebabkan tubuh kucing kekurangan cairan dalam jumlah besar.

Jika di biarkan berlanjut, kucing tak hanya akan menderita sakit ginjal. Kucing juga bisa mengalami gagal ginjal.

Kucing kamu tidak mau makan dan mencret ? Baca cara mengatasinya di sini.


4. Trauma

Penyebab yang ke empat adalah trauma pada kucing. Trauma ini adalah trauma yang di sebabkan oleh benturan pada tubuhnya. Terutama kasus trauma yang berhubungan dengan kandung kemih pecah atau panggul patah sehingga membuat ginjal bermasalah atau membuat kucing mengalami gagal ginjal.

 

5. Keracunan

Tak hanya pada manusia, keracunan bagi kucing pun dapat membuat sakit ginjal pada kucing. Keracunan pada kucing umumnya di sebabkan :

  • Kucing yang asal sembarangan makan makanan yang ia temukan

  • Memakan rumput yang telah di beri racun

  • Memakan serangga yang telah di semprot racun serangga

  • Makan tikus yang di racun tikus

  • Menggigit sembarang benda tertentu

  • Di racun orang lain

  • Pemilik yang asal letak zat kimia sehingga tak sengaja di sentuh oleh kucing, kemudian kucing menjilati tubuhnya yang membuat ia keracunan

  • Dan lainnya


Keracunan pada kucing bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, itulah mengapa sebagai pemilik penting bagi kita untuk sadar akan bahaya yang di timbulkan oleh benda di sekitar kita terhadap sobat bulu kesayangan kita.

Untuk mengobati kucing keracunan ringan kamu dapat mencoba cara yang ada di sini dan di sini.


6. Penyumbatan Ginjal dan Saluran Kemih

Penyumbatan ginjal serta saluran kemih bisa menjadi penyebab lain kucing menjadi terkena penyakit ginjal. Hal ini bisanya terjadi akibat adanya sekumpulan kristal atau batu ginjal yang menyumbat ginjal maupun saluran kemih kucing,

Ini membuat urine dalam tubuh kucing tak bisa di keluarkan, lama kelamaan aliran urine dan darah pada ginjal tidak normal sehingga ginjal kucing menjadi bermasalah atau bahkan ginjal menjadi gagal fungsi ( gagal ginjal ).


7. Faktor Keturunan

Faktor keturunan juga bisa menjadi salah satu sebab kucing menderita sakit ginjal. Beberapa jenis kucing sangat beresiko menderita penyakit ini. Salah satu jenis kucing yang tinggi beresiko terkena masalah ginjal adalah kucing dari jenis ras Persia.

Meskipun begitu, ras kucing lain juga tak menutup kemungkinan beresiko tinggi mengalami sakit ginjal. 

Tak semua makanan boleh di makan oleh kucing Persia. Baca apa saja makanan yang tak boleh di makan kucing Persia di sini.


8. Faktor Usia

Semakin tua usia seekor kucing maka akan semakin tinggi resiko kucing mengalami masalah ginjal. Ini karena fungsi ginjal pada tubuh kucing akan semakin lama semakin menurun. Untuk menjaga kucing berusia lanjut tetap sehat penting bagi kita untuk memberikan makanan kucing yang baik untuk ginjalnya.


Ciri-Ciri Kucing Yang Ginjalnya Mengalami Masalah

Serupa dengan penyakit lainnya, sakit ginjal pada kucing juga akan membuat kucing penderita menunjukkan beberapa ciri tertentu. Ciri-ciri yang biasa di tunjukkan oleh kucing yang ginjalnya bermasalah adalah sebagai berikut :

  1. Kucing yang tadinya jarang buang air kecil kini menjadi lebih sering bolak-balik ke litter box untuk buang air kecil

  2. Kucing menjadi mudah haus dan sering sekali minum

  3. Nafsu makan kucing menurun akibat ginjal yang bermasalah

  4. Kucing kehilangan nafsu makan

  5. Kucing mengalami masalah pencernaan seperti mencret, mual dan sejenisnya

  6. Kucing sering muntah-muntah


Nah bila kucing kamu menunjukkan beberapa gejala di atas, besar kemungkinan kucing kamu menderita penyakit ginjal. Segera konsultasikan ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca juga ciri unik yang di miliki kucing Maine Coon mix Persia di sini.


Apakah Kucing Yang Terkena Sakit Ginjal Bisa Sembuh ?

Hal ini berdasarkan tingkat keparahan penyakit ginjal kucing itu sendiri. Jika penyakit ginjal pada kucing masih tergolong ringan maka besar kemungkinan kucing bisa sembuh. Sebaliknya jika kucing menderita penyakit ginjal yang cukup kronis maka kucing akan sangat sulit untuk di sembuhkan.

Bagaimana jika kucing punya riwayat penyakit saluran dan organ yang berhubungan dengan urin ? Jika kucing punya riwayat ini, kucing masih ada harapan untuk sembuh. Hanya saja kucing tak dapat sembuh total.


Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Kucing Yang Terkena Sakit Ginjal ?

Untuk menyembuhkan kucing yang menderita sakit ginjal hanya bisa di lakukan oleh seorang ahli seperti dokter hewan. Pengobatan secara mandiri terhadap kucing di rumah sangat tidak di sarankan. Dalam menyembuhkan kucing yang sakit ginjal dokter kemungkinan akan menyarankan :

  • Terapi cairan

  • Obat tekanan darah

  • Modifikasi makanan

  • Dialisis

  • Transplantasi

 

Kucing selalu kurus ? Lihat bagaimana cara mengobati kucing yang kurus dengan mengklik di sini.


Setelah Kucing Sembuh Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Kucing yang sudah sembuh dari penyakit ginjal bukan berarti di masa depan kucing tak akan terkena penyakit ini lagi. Malahan resiko kucing untuk terkena penyakit ginjal lagi tergolong tinggi. Pastinya kita tak mau jikalau hal ini terjadi lagi pada kucing kita.

Karena itulah penting bagi kita melakukan tindak pencegahan sebelum hal ini terjadi. Lalu bagaimanakah cara mencegah agar kucing tak terkena sakit ginjal lagi ? Untuk mencegahnya kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Kurangi pemberian makanan kering ( dry food ) terhadap kucing

  • Jadikan wet food ( makanan basah ) sebagai pakan utama kucing

  • Berikan suplemen milk thistle pada kucing

  • Jaga berat badan kucing

  • Pastikan kucing minum cukup air

  • Pastikan litter box kucing selalu bersih agar kucing tak senang menahan buang air besar atau buang air kecil

 

Selain mencegah kucing agar tak sakit ginjal lagi dengan menggunakan cara di atas, memeriksakan kucing ke dokter hewan secara berkala juga perlu di lakukan. Ini berguna untuk mendeteksi secara dini apakah kucing menderita penyakit tertentu semacam ginjal atau lainnya.

Juga sebagai upaya penurunan intensitas penyakit yang mungkin bisa menyerang dan agar tindakan medis dapat segera di lakukan sehingga penyakit bisa dengan mudah di sembuhkan.

Demikian pembahasan mengenai apakah sakit ginjal pada kucing dapat di sembuhkan dan hal yang berkaitan dengan hal ini. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu menjawab pertanyaan seputar penyakit ginjal pada kucing.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.


Tags : kucing sakit ginjal bisa sembuh

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url