Berapa Jam Sekali Bayi Kucing Minum Susu ? Ini Penjelasannya !

Berapa Jam Sekali Bayi Kucing Minum Susu | Bayi kucing sama seperti manusia, mereka bisa saja kehilangan induknya. Entah itu karena induknya hilang di curi orang, induknya mati karena sakit atau di racun, mati setelah melahirkan anaknya atau mungkin kucing kabur dari rumah dan tak kembali.

 

Berapa Jam Sekali Bayi Kucing Minum Susu
Ilustrasi Bayi Kucing Minum Susu

 

Ketika ini terjadi, sudah menjadi tugas kita sebagai pemilik yang baik sekaligus manusia yang memiliki hati nurani untuk merawat bayi kucing yang kehilangan atau di tinggal induknya. Salah satu cara merawat bayi adalah memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan memberikan susu.

Tetapi pemberian susu ini tak boleh asal di berikan secara sembarangan. Karena salah-salah bisa membahayakan bayi kucing. Bukannya malah sehat justru si bayi kucing malah mengalami gangguan kesehatan dan nyawanya dapat  menjadi taruhannya.

Banyak hal  penting yang mesti kita perhatikan sebelum memberikan susu untuk bayi kucing. Apa saja sih hal penting  itu ? Good Reader bisa lihat penjelasan Anggora di bawah ini hingga akhir untuk mengetahuinya.


Hal  Penting Sebelum Memberikan Susu Untuk Bayi Kucing

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa ada beberapa hal penting yang mesti kita perhatikan sebelum kita memberikan susu ke bayi kucing. Beberapa hal ini penting untuk di perhatikan agar anak kucing yang kita rawat dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Berikut ini beberapa hal penting yang wajib kita perhatikan di saat hendak memberikan susu ke bayi kucing peliharaan kita.

1. Tiap Berapa Jam Bayi Kucing Minum Susu ?

Berdasarkan pengalaman anggora sendiri, pemberian susu kucing di berikan setiap 1 hingga 2 jam saja. Dan ukuran susunya bisa di berikan secukupnya saja. Untuk mengetahui apakah susu sudah cukup di berikan ke kucing bisa di lakukan dengan melihat besar perut kucing.

Jika di rasa perut bayi kucing sudah agak berisi maka pemberian susu bisa di hentikan dan bisa di berikan lagi ketika bayi kucing mengeong seolah sedang kehausan. Biasanya bayi kucing akan mengeong kehausaan antara 1 sampai 3 jam kemudian.

Bila kamu merasa cara di atas agak sulit karena harus pakai feeling dalam menentukan ukuran susu kucing yang akan di berikan. Maka kamu dapat melihat ukuran susu bayi kucing berdasarkan umur dan berat tubuh di bawah ini untuk mempermudah kamu :

  1. Bayi kucing berumur 0 hingga 1 minggu dan berat sekitar 50-150 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 2-5 ml tiap 2 jam.

  2. Bayi kucing berumur 1 hingga 2 minggu dan berat sekitar 150-250 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 5-10 ml tiap 2 jam.

  3. Bayi kucing berumur 2 hingga 3 minggu dan berat sekitar 250-350 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 10-13 ml tiap 3 jam.

  4. Bayi kucing berumur 3 hingga 4 minggu dan berat sekitar 350-450 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 13-17 ml tiap 4 jam.

  5. Bayi kucing berumur 4 hingga 5 minggu dan berat sekitar 450-550 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 17-21 ml tiap 5 jam.

  6. Bayi kucing berumur 5 hingga 8 minggu dan berat sekitar 550-850 gram maka susu dapat kamu berikan sebagai minuman tambahan pelengkap nutrisi.

 

2. Susu Apa Yang Boleh Untuk Kucing ?

Jawaban atas pertanyaan ini sebenarnya cukup sederhana yakni susu kucing. Sesuai namanya susu kucing adalah sebuah produk yang di formulasikan secara khusus untuk kucing. Di toko petshop ataupun online shop banyak yang menjual produk ini.

Mulai dari susu kucing yang berharga tinggi namun dengan kualitas terbaik seperti Royal Cannin Baby Cat Milk dan susu kucing kualitas baik dengan harga terjangkau seperti susu Growssy, produk susu kucing ini banyak di jual di pasaran.

Namun tak berarti bayi kucing tak boleh di berikan susu manusia. Susu seperti susu SGM LLM+, Bearbrand dapat kamu berikan ke bayi atau anak kucing kamu jika di tempat kamu tak ada yang menjual susu kucing atau keadaan sedang urgent.

Susu manusia yang boleh di berikan ke kucing adalah susu yang non laktosa atau sangat rendah kadar laktosanya agar aman di konsumsi oleh bayi atau anak kucing dan tak menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi kucing.

Baca mengenai susu beruang untuk bayi kucing dengan mengklik di sini.


3. Bagaimana Cara Memberikan Susu Ke Bayi Kucing ?

Untuk memberikan susu ke bayi kucing umumnya para pecinta kucing menggunakan dodot khusus kucing. Ada juga yang menggunakan spuit dengan ujung kecil yang banyak di jual di apotik terdekat. Isi spuit atau dodot khusus kucing dengan susu bayi kucing.

Kemudian berikan langsung ke dalam mulut bayi kucing.  Berikan secara perlahan dan jangan kebanyakan untuk menghindari kucing tersedak dan air susu masuk ke paru-paru kucing dan menyebabkan gangguan pernafasan pada kucing.

Kalau kamu menggunakan dodot kamu tinggal memasukkan dodot ke mulut kucing dan membiarkan bayi kucing meminum susunya sedikit demi sedikit. Tapi kalau kamu menggunakan spuit kamu mesti memperhatikan posisi spuit saat memberi bayi kucing susu.

Posisi spuit mestilah di masukkan dari samping mulut dan posisi ujung spuit tepat di tengah mulut bagian dalam. Ini agar saat kucing meronta, susu tak masuk ke dalam hidung yang dapat membuat kucing mengalami pneumonia dan juga untuk memudahkan pemberian susu ke bayi kucing.

 

4. Bagaimana Takaran Susu Untuk Anak Kucing ?

Takaran untuk susu kucing sendiri bervariasi, variasi ini di tentukan berdasarkan berat badan kucing itu sendiri. Ini sebenarnya telah anggora jelaskan di atas namun agar kamu semakin ingat maka anggora tuliskan kembali di bawah ini :

  1. Kucing dengan berat sekitar 50-150 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 2-5 ml.

  2. Kucing dengan berat sekitar 150-250 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 5-10 ml.

  3. Kucing dengan berat sekitar 250-350 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 10-13 ml.

  4. Kucing dengan berat sekitar 350-450 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 13-17 ml.

  5. Kucing dengan berat sekitar 450-550 gram maka ukuran takaran susu yang mesti di berikan adalah sekitar 17-21 ml.

  6. Kucing dengan berat sekitar 550-850 gram maka sebagai minuman pelengkap nutrisi.

Takaran susu growssy yang tepat untuk kucing gimana sih ? Cari tahu di sini.


5. Apakah Bayi Kucing Butuh Yang Lain Selain Susu ?

Bayi kucing yang baru saja lahir hingga berusia satu bulan biasanya tidak membutuhkan makanan lain selain susu sebagai makanan utama. Tetapi untuk anak kucing dengan usia di atas 1 bulanan kita perlu memperkenalkan makanan lain saat kucing mulai menyapih ( beralih dari susu ke makanan lain ).

Pada masa kucing menyapih, berikanlah makanan yang lembut dan mudah di makan seperti jenis makanan wetfood atau kamu juga dapat memberikan ikan rebus yang telah di bersihkan dari duri dan telah di masak matang untuk kucing.

Itulah pembahasan mengenai apa saja yang perlu di perhatikan sebelum memberi susu ke bayi kucing dan tiap berapa jam susu di berikan ke bayi kucing. Dengan adanya artikel ini, semoga kamu dapat memberikan susu ke bayi kucing dengan benar dan bayi kucing dapat tumbuh dengan baik serta sehat.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url