Bagaimana Cara Mengeluarkan Anak Kucing Yang Mati Dalam Perut ?

Cara Mengeluarkan Anak Kucing Yang Mati Dalam Perut | Kucing merupakan hewan mamalia yang berkembang biak dengan cara hamil dan melahirkan. Proses melahirkan pada kucing di lakukan secara mandiri oleh kucing.

 

Cara Mengeluarkan Anak Kucing Yang Mati Dalam Perut
Ilustrasi Anak Kucing Yang Mati Dalam Perut

 

Ketika melahirkan umumnya kucing akan melahirkan banyak anak kucing sekaligus. Paling banyak 6 anak kucing dan minimal 3 hingga 4 anak kucing. Tetapi tak selamanya proses melahirkan ini akan berlangsung lancar tanpa kendala.

Kadangkala akan ada anak kucing yang akan mati saat di lahirkan dan ada juga yang mati dalam perut tanpa bisa di keluarkan sama sekali dari dalam perut oleh induk kucing. Anak kucing yang mati saat di lahirkan mungkin menyedihkan namun hal ini tak akan mengganggu kesehatan si ibu kucing.

Hal ini berbeda dengan anak kucing yang mati dalam perut ibunya dan tak segera di keluarkan. Bila ini di biarkan, maka anak kucing ini nantinya dapat menjadi penyebab penyakit dan keracunan pada sang induk.

Lantas bagaimanakah cara mengatasi atau mengeluarkan anak kucing yang mati dalam perut ibu kucing ? Dapatkan jawabaannya dengan menyimak penjelasan Anggora di bawah ini sampa akhir.

 

Penyebab Anak Kucing Mati Dalam Perut Ibunya

Banyak hal yang menjadi penyebab yang mungkin membuat anak kucing mengalami kematian dalam perut ibunya. Umumnya hal ini di sebabkan dari induk kucing itu sendiri atau tubuh anak kucing yang mungkin saja sangat lemah.

Kematian akibat ulah induk kucing biasanya akibat beberapa hal. Berdasarkan pengalaman anggora sendiri kematian ini terjadi akibat :

  • Benturan pada perut kucing

  • Perut kucing mengalami goncangan yang keras

  • Induk kucing yang asal memakan sesuatu

  • Induk kucing yang memakan hewan kecil berpenyakit

  • Kebutuhan nutrisi makanan kurang terpenuhi sehingga berdampak ke anak yang di kandung

  • Perut induk kucing tak sengaja terinjak oleh manusia

  • Tak sengaja memakan makanan kadaluarsa

  • Memakan makanan sampah

  • Tak sengaja meminum cairan kimia atau racun

  

Selain akibat dari ulah induk kucing itu sendiri dan karena memang kondisi bayi di dalam kandungan benar-benar sangat lemah. Kematian anak kucing juga dapat di sebabkan oleh manusia yang tak bertanggung jawab.

Mereka yang membenci kucing mungkin tanpa sepengetahuan kita, menendang juga memukul kucing dengan benda tumpul tertentu tepat di area perut. Bahkan yang terparah mereka dapat meracun kucing sehingga tak hanya anak kucing saja yang mati, bahkan induknya pun ikut terancam akan mati.

Setelah melahirkan tak jarang anak kucing mati mendadak. Cari tahu penyebabnya dengan mengklik di sini.


Tanda Adanya Anak Kucing Mati Dalam Perut Induk Kucing

Mengetahui apakah ada anak kucing yang mati dalam perut kucing kita sebenarnya cukuplah mudah. Untuk mengetahuinya kamu cukup mengetahui beberapa pertanda berikut ini :

  • Perut kucing masih tetap saja besar meskipun ia telah selesai melahirkan

  • Saat di tekan perut kucing terasa keras seperti masih ada sesuatu di dalamnya

  • Kucing tampak gelisah

  • Kucing tampak tak nyaman

  • Ada bau busuk yang tercium dari si kucing


Ketika kamu menemukan beberapa pertanda di atas pada kucing peliharaan kamu maka dapat di pastikan bahwa ada anak kucing yang mati dalam perut kucing kamu.

Anak kucing pun sering kali mati satu persatu akibat sebab tertentu. Lihat penyebab utamanya di sini.

 

Apa Akibat Bila Anak Kucing Yang Mati Tetap Di Biarkan ?

Bila di biarkan begitu saja tanpa di lakukannya tindakan operasi. Di khawatirkan anak kucing yang mati ini nantinya akan menjadi bangkai dan lama kelamaan membusuk di dalam perut induknya. Tentunya ini akan berbahaya bagi si ibu.

Sebab bangkai ini akan di serap oleh tubuh induknya yang mana dapat menyebabkan induk kucing keracunan, mengalami gangguan reproduksi, bau tubuh kucing menjadi sangat busuk dan penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

Proses melahirkan tak semudah yang kita bayangkan. Karenanya tak jarang induk kucing mati saat melahirkan. Lalu bagaimana cara merawat anak kucing tak beribu ? Caranya dapat kamu lihat di sini.

 

Bisakah Mengeluarkan Anak Kucing Yang Mati Dalam Perut Tanpa Operasi ?

Beberapa situs atau video mungkin mengajarkan bahwa dengan cara menekan perut kucing dapat merangsang ataupun membantu kucing untuk mengeluarkan anak kucing yang mati dalam perut ibunya tetapi hal ini taklah benar.

Agar anak kucing yang mati dalam perut dapat segera di keluarkan di butuhkan tindakan operasi oleh orang yang ahli seperti dokter hewan. Tindakan ini harus di lakukan dengan sesegara mungkin untuk mencegah anak kucing yang mati dalam perut tak menyebabkan gangguan kesehatan pada ibunya.

Meskipun cara mengatasinya membutuhkan operasi tetapi berdasarkan pengalaman saya sendiri, dahulu ada kucing saya yang mengalami hal ini. Kucing yang tadinya perutnya besar padahal sudah melahirkan.

Seminggu kemudian perutnya kembali menyusut. Mungkin kelahiran anak yang mati terlambat atau mungkin saja ia secara alami memaksanya keluar dari tubuhnya. Tetapi walaupun kadang kala hal ini dapat terjadi, tetapi itu hanya terjadi pada beberapa kucing saja.

Dan membiarkan kucing terlalu lama mengalami hal ini menurut saya sangat meresikokan nyawa si ibu kucing sendiri. Tindakan terbaik yang saya rekomendasikan adalah membawa kucing ke dokter hewan untuk segera di operasi.

Baca juga sebab kucing memakan anaknya sendiri dengan mengklik di sini.


Lalu Cara Yang Tepat Bagaimana ?

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa cara mengeluarkan anak kucing yang mati dalam perut tanpa operasi sulit untuk dilakukan. Tindakan yang tepat untuk hal ini adalah membawanya untuk segera di operasi oleh dokter hewan.

Pengoperasian di lakukan demi mengangkat sisa bayi yang mati dalam kandungan kucing agar nantinya tak menimbulkan gangguan kesehatan pada si ibu bayi. Lalu berapakah biaya untuk pengangkatan bayi yang mati ini ?

Pengangkatan bayi yang mati akan menggunakan metode operasi caesar. Setahu saya biaya yang di butuhkan untuk operasi caesar ini pada kucing adalah sekitar satu juta rupah ke atas. Cukup terjangkau bagi kamu yang hobi memelihara kucing ras murni.

Gimana sih anak kucing anggora mix dome yang baru lahir. Lihat potonya di sini.

Itulah pembahasan mengenai anak kucing yang mati dalam perut ibunya dan bagaimana cara mengeluarkannya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam bertindak tepat ketika ada kucing kamu yang anaknya mati dalam perutnya.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : cara mengeluarkan bayi kucing yang mati dalam perut, cara mengeluarkan anak kucing yang mati dalam perut induknya, cara keluarkan anak kucing mati dalam perut

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url