8 Sebab Kucing Mengeluarkan Lendir Bau Dari Mulut

8 Sebab Kucing Mengeluarkan Lendir Bau Dari Mulut | Seperti yang kita tahu bahwa kucing adalah hewan yang hobi menjaga kebersihan tubuhnya. Dalam masa hidup kucing, kucing banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dan menjilati tubuhnya.

 

Kucing Mengeluarkan Lendir Bau Dari Mulut
Foto Lendir Bau Dari Mulut Kucing     Animalfoodplanet.com

 

Apalagi jika kucing merasa tubuhnya kotor, kucing bahkan dapat menjilati tubuhnya sampai sejam-an lebih. Itulah mengapa ketika kucing mengeluarkan bau tak sedap dari tubuhnya atau di mulutnya ada lendir bau pastinya ada yang salah dengan si kucing.

Kasus kucing mengeluarkan lendir bau dari mulut adalah kondisi yang umum terjadi pada kucing. Baik itu kucing rumahan ataupun kucing liar, mau itu kucing ras maupun kampung, semua jenis kucing pastinya dapat mengalaminya.

Biasanya hal ini terjadi akibat masalah kesehatan tertentu pada kucing yang menyebabkan kucing mengeluarkan air liur yang mirip seperti lendir dari mulut mereka. Lalu apa sajakah penyebab mengapa kucing mengeluarkan lendir yang sangat bau dari mulutnya ?

Good Readers dapat menyimak penjelasan Anggora di bawah ini hingga akhir untuk mengetahui sumber penyebabnya.

 

8 Sebab Kucing Mengeluarkan Lendir Bau Dari Mulut

Lendir yang keluar dari mulut kucing ini jika kita amati seksama mirip dengan air liur kucing. Hanya saja lendir ini lebih kental dan baunya sangat busuk bila di bandingkan dengan air liur kucing yang sehat.

Umumnya kondisi ini di picu oleh masalah kesehatan tertentu yang terjadi pada kucing. Berikut ini beberapa pemicu yang menjadi penyebab keluarnya lendir bau dari mulut kucing :

1. Sariawan

Penyebab pertama yang membuat kucing mengeluarkan lendir bau dari mulutnya adalah sariawan. Sariawan jarang terjadi pada kucing.  Tetapi tetap ada kemungkinan kucing mengalaminya. Untuk mengetahui apakah kucing sedang sariawan atau tidak kamu dapat melihat ciri-ciri tertentu.

Ciri-ciri tertentu yang ada pada kucing yang sedang sariawan antara lain :

  • Air liur mengental

  • Hilang nafsu makan

  • Hanya mau minum saja

  • Kucing bau mulut

  • Gusi agak kemerahan

  • Bulu kusut dan badan kurus 

  • Sering kali mencakar mulut atau bagian dalam mulut

  • Menjadi sering menggertakkan gigi-gigniya


2. Langit-Langit Bagian Atas Mulut Kucing Bermasalah

Penyebab selanjutnya adalah adanya masalah pada langit-langit mulut bagian atas kucing. Hal ini sering kali di sebabkan adanya benda tertentu yang nyangkut di langit-langit mulut kucing. Benda tersebut dapat berupa duri, tulang ( tulang ayam dan ikan ).

Ketika mulut kucing mengeluarkan lendir dan sangat bau, sebelum ke dokter hewan cobalah dahulu memeriksa bagian dalam mulut kucing. Lihatlah apakah ada duri atau tulang yang nyangkut di dalam mulut kucing.

Bila ada duri atau tulang yang nyangkut, cobalah ambil duri yang nyangkut tersebut dan usahakan untuk menarik ke arah yang tepat agar tak lebih melukai bagian dalam mulut kucing. Setelah duri atau tulang terlepas, pantaulah kondisi kucing selama beberapa hari ini.

Dalam beberapa hari kemudian kucing tak akan lagi mengeluarkan lendir dari mulutnya dan bau busuk tersebut akan menghilang. Selama kamu memantau kondisi kucing berilah makanan kucing yang mudah di makan seperti wet food agar kucing yang tak kesulitan saat mengunyahnya di mulut.

Bersihkan juga lendir dari mulutnya agar tak mengganggu kenyamanan kucing. Tetapi bila setelah kita periksa langit-langit mulut kucing dan tak menemukan tulang dan duri yang nyangkut. Kemungkinan penyebabnya bukan hal ini melainkan penyebab selanjutnya yang ada di bawah ini.

Baca juga penyebab tumor kulit pada kucing di sini.

 

3. Stomatitis

Sewaktu kucing mengeluarkan lendir yang sangat bau dari mulutnya ada kemungkinan kucing sedang mengalami stomatitis. Air liur yang semula tak begitu bau lama kelamaan berubah menjadi seperti lendir dan mengeluarkan bau yang amat busuk.


4. Sakit Gigi

Sama seperti stomatitis, sakit gigi pada kucing juga dapat menjadi penyebab kucing mengeluarkan lendir yang amat bau dari dalam mulutnya. Gigi berlubang dan radang gusi dapat membuat kucing merasa tak nyaman dan mengeluarkan ludah yang kental dari mulutnya.

Kucing kamu tak mau makan serta mencret, cari tahu penyebabnya dan cara mengatasi di sini.


5. Sakit Gusi ( Gingivitis )

Seperti yang di sebutkan di atas bahwa sakit gusi juga merupakan salah satu sebab mengapa kucing mulutnya keluar liur lendir yang amat bau. Umumnya kucing yang mengalami sakit gusi adalah kucing yang sering di berikan makanan selain dry food ( bolt, felibite, maxi ) ataupun wet food.

Makanan yang biasa di berikan adalah jenis makanan yang di masak di rumah ataupun mentah. Contohnya pemberian ikan dan tulangnya ( ikan laut dan sungai ) , tulang ayam ataupun tulang sapi, kepala udang besar, kepiting dan sejenisnya.

Makanan yang keras dan tajam ini akan melukai gusi gigi sehingga gusi meradang. Kucing yang mengalami radang gusi kebanyakan adalah kucing kampung. Ini sebab kebanyakan pemilik kucing kampung asal memelihara kucing dan tak begitu memperdulikan kesehatan kucingnya.

Selain karena makanan, penyakit gigi juga dapat menjadi pemicu utama terjadinya radang gusi pada kucing.

 

6. Radang Tenggorokan

Sama seperti sakit gusi, radang tenggorakan juga sering di picu akibat asal memberikan makanan ke kucing. Ini terjadi akibat adanya infeksi yang di sebabkan oleh duri atau tukang yang nyangkut. Dan juga sebab kedua benda ini melukai dinding dalam tenggorokan.

Untuk memastikan benarkah kucing radang tenggorokan, kamu dapat memeriksa sendiri dengan membuka mulut kucing. Kemudian lihatlah apakah kucing keracunan, ada sariawan, radang gusi, sakit gigi ataupun adanya benda tajam dan keras seperti duri dan tulang yang nyangkut di bagian dalam mulut.

Jika tiada satupun masalah dalam mulut kucing maka bisa di pastikan bahwa kucing mengalami radang tenggorokan. Dan cara mengatasinya hanya dapat di lakukan dengan membawa kucing ke dokter hewan untuk segera mendapatkan perawatan.

Bukan cuma cara di atas, dengan melihat ciri kucing radang tenggorokan, kamu dapat mengetahui dengan mudah apakah kucing sakit radang tenggorokan. Ciri-ciri radang tenggorokan pada kucing yang lainnya dapat kamu lihat di sini.

 

7. Penyakit Metabolik

Penyakit metabolik merupakan salah satu penyebab bau mulut dan liur kucing. Penyakit ini terjadi akibat masalah yang serius pada organ bagian dalam tubuh kucing. Gangguan ini umumnya terjadi pada kucing yang usianya sudah sangat tua.

Selain karena masalah serius yang terjadi pada organ dalam tubuh, penyakit metabolik juga dapat terjadi karena diabetes dan penyakit hati. Bila kucing mengeluarkan bau dan liur tak sedap dalam jangka waktu yang panjang, mungkin ini sebab adanya penyakit metabolik.

Sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dini ke dokter hewan agar perawatan yang sesuai bisa segera di berikan.

 

8. Kucing Keracunan

Keracunan juga dapat menjadi sebab mengapa kucing tiba-tiba mulutnya mengeluarkan cairan dan sangat bau. Cairan yang keluar dapat berupa busa maupun lendir. Kucing yang mengalami keracunan ringan umumnya hanya mengeluarkan cairan seperti busa pada mulutnya.

Sementara pada kucing dengan kasus keracunan parah akan mengeluarkan banyak cairan dari mulutnya dan cairan ini juga berbusa serta agak kental seperti lendir. Bukan cuma itu saja, kucing juga akan mengalami kejang-kejang, kesulitan berdiri, tak mau makan dan lainnya.

Yang terparah adalah kucing yang keracunan akan mengalami kejang yang sering bahkan tak jarang mati seketika di tempat di mana ia sedang mengalami kejang.

Sebelum membawa ke dokter hewan cobalah untuk mengatasi kucing keracunan ringan dengan susu beruang. Caranya dapat kamu lihat dengan mengklik di sini  

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Dengan Kondisi Ini ?

Cari tahu lebih dahulu apa penyebab utama mengapa kucing mengalami kondisi ini. Setelah mengetahui apa penyebabnya kemudian kita dapat melangkah  ketahap selanjutnya. Yakni memberikan penanganan yang sesuai.

Misalkan kucing mengeluarkan lendir bau karena sariawan maka obatilah sariawan tersebut. Pastinya lendir bau tak akan keluar lagi dari mulut kucing setelah sariawan sembuh. Lakukan hal serupa pada penyebab lainnya.

Di kala kamu tak mampu mengatasinya sendiri maka mintalah bantuan dokter hewan. Dokter hewan akan dengan senang hati membantu kamu menyembuhkan kucing kesayangan kamu.

Ternyata ada banyak ya penyebab mengapa kucing mengeluarkan lendir yang bau dari mulutnya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang sedang bingung mengenai kondisi kucing kamu yang mulutnya di penuhi lendir bau dan membuat kamu dapat mengambil tindakan yang tepat atas kondisi kucing saat ini.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : penyebab kucing mengeluarkan lendir dari mulut, kucing mengeluarkan lendir dari mulut, kucing keluar lendir dari mulut, kucing mengeluarkan lendir dari mulutnya, kucing mengeluarkan lendir bau dari mulut, obat kucing keluar lendir dari mulut, bayi kucing keluar lendir dari mulut, kucing mengeluarkan cairan kuning dari mulut

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url