Apakah Kucing Boleh Minum Susu Ultra Milk Full Cream ? Ini Penjelasannya !

Susu yang satu ini sering kali kita temukan di toko yang menjual kebutuhan sehari-hari dan di minimarket. Tak hanya itu susu Ultramilk ini sangat di gemari oleh anak-anak dan oleh orang dewasa juga.

 

Apakah Kucing Boleh Minum Susu Ultra Milk Full Cream
Photo Susu UHT Ultra Milk Full Cream

 

Bahkan saya sendiri kadang kala tak jarang meminumnya. Di saat kita meminum susu UHT ultra milk ini sering kali sahabat bulu kesayangan kita merengek meminta dengan manja agar ia di biarkan merasakan kenikmatan susu yang satu ini.

Namun mengingat bahwa susu sapi tak boleh di berikan ke kucing karena umumnya mereka intoleransi laktosa, jadinya kita tak memberikan susu Ultra Milk di tangan kita untuknya. Lalu apakah susu UHT Ultramilk Full Cream adalah salah satu dari susu yang tak boleh di berikan ke kucing ?

Dan apakah kucing boleh meminum susu ultra milk full cream dan bahayakah susu ini bila di konsumsi oleh kucing ? Nah untuk mengetahui jawabannya, Good Reader bisa menyimak penjelasan Anggora di bawah ini sampai habis.

 

Sekilas Mengenai Susu UHT

Susu Ultra Milk Full Cream merupakan susu UHT. Apa sih susu UHT itu ? Susu UHT merupakan produk susu yang di proses dengan menggunakan panas hingga lebih dari 135 derajat selama 1-2 detik untuk mematikan bakteri tertentu sehingga susu lebih awet bahkan dapat bertahan hingga 9 bulanan.

Meskipun di panaskan dengan suhu yang tinggi, pemanasan tak akan merusak kandungan gizi dari susu itu sendiri. Bahkan susu ini di klaim memiliki kandungan nutrisi yang hampir serupa dengan susu aslinya atau susu alami yang belum di proses sama sekali.

Selain itu nutrisi susu UHT pun di nilai lebih baik di bandingkan dengan produk susu cair yang biasanya di buat dari susu bubuk. Bahkan susu ini tak akan rusak bila berada di bawah panas matahari dalam jangka waktu yang lama ( selama segel tak rusak ).


Lalu Apakah Kucing Boleh Minum Susu Ultra Milk Full Cream ?

Kalau menurut Anggora sih susu ini tidak boleh di berikan untuk di minum oleh kucing peliharaan kita. Mengapa demikian ? Ada beberapa alasan sih yang membuat anggora menilai susu ini tak boleh di berikan ke kucing.

Beberapa alasan mengapa susu ultra milk full cream tak boleh di minum oleh kucing adalah sebagai berikut :

1. Cuma Susu UHT Biasa

Susu Ultra Milk Full Cream hanyalah susu UHT biasa yang berarti susu ini masih tinggi kadar laktosa yang terkandung di dalamnya. Sehingga susu ini masihlah tak aman bila di konsumsi oleh kucing kesayangan kita.

Anggora sendiri telah mencari tahu apakah susu ultramilk adalah jenis susu UHT yang bebas laktosa. Ternyata tak ada satu pun informasi yang saya dapatkan yang menunjukkan bahwa susu ini bebas laktosa.


2. Susu Mengandung Laktosa

Setelah saya mencari berbagai informasi apakah susu ini bebas laktosa dan tak menemukan jawaban yang saya inginkan. Dari sini saya dapat ambil kesimpulan bahwa susu Ultramilk Full Cream tidaklah bebas laktosa.

Ini membuat susu ini tak baik di berikan kepada kucing yang umumnya memiliki intoleransi terhadap laktosa. Karena jika bersikeras memberikan susu ini ke kucing maka dapat di pastikan kucing akan mengalami masalah seperti, diare, sakit perut, mual, sering muntah dan sejenisnya.


3. Tidak Ada Klaim Sepihak Dari Pihak Pembuat

Tak seperti susu UHT seperti Bear Brand,  Sanitarium So Good Almond Milk Unsweetened, Milklab Lactose Free Milk, Cimory yang pihak pembuat atau perusahaannya sendiri mengklaim bahwa produk mereka bebas laktosa.

Susu UHT Ultra Milk Full Cream tak terdapat klaim dari pihak perusahaan pembuatnya bahwa susu ini adalah jenis susu UHT yang bebas laktosa. Jadi, bisa di simpulkan bahwa susu Ultramilk Full Cream masih kaya akan laktosa.

Kucing memang tak boleh minum susu sapi. Tapi kalau minum Yakult Bolehkah ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.


4. Resiko Lebih Tinggi Di Bandingkan Manfaat Yang Di Dapat

Bagi manusia susu UHT seperti Ultramilk Full Cream memang merupakan susu yang sangat lezat, menyehatkan dan mengandung manfaat yang baik bagi tubuh manusia ketika di minum. Hanya saja ini akan berbeda jika kucing yang meminumnya.

Susu ini tak akan memiliki manfaat yang lebih karena seluruh kebutuhan nutrisi kucing sudah terpenuhi ketika ia memakan wet food ataupun dry food. Susu ini hanya akan berfungsi sebagai sumber nutrisi tambahan.

Hanya saja manfaatnya tak sebanding dengan apa yang akan kucing dapatkan. Kucing yang meminum susu akan lebih merasakan penderitaan di bandingkan manfaatnya. Penderitaan tersebut seperti gangguan masalah pencernaan dan bahkan sampai kematian bila gangguan ini di abaikan.

 

Bagaimana Jika Kucing Sudah Terlanjur Meminum Susu Ini ?

Setelah kita tahu bahwa susu Ultra Milk tak baik dan tak boleh di berikan ke kucing lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur memberi kucing minum susu ini. Apa di tindakan yang sebaiknya mesti kita lakukan ?

Tindakan yang mesti kita lakukan adalah sebagai berikut ini :

  • Menghentikan pemberian susu

  • Awasi selalu kucing kamu

  • Lihat apakah ada perubahan sikap dan perilaku

  • Perhatikan apakah kucing terganggu pencernaannya seperti menjadi sering mencret dan muntah-muntah

  • Perhatikan juga apakah kucing menjadi lebih sering tidur dan minum serta tak mau makan

  • Bawa kucing berobat jika kucing tetap mengalami gangguan pencernaan seperti mencret dan kehilangan nafsu makannya

 

Bila sesudah penghentian pemberian susu di lakukan dan kucing tak mengalami gangguan pencernaan seperti sering mencret, sakit perut, mual, muntah-muntah dan sejenisnya. Juga kucing tak kehilangan nafsu makannya dan sikapnya riang seperti biasanya.

Maka bisa kita pastikan bahwa kucing masih dalam kondisi sehat dan pemberian susu berlaktosa masih belum menimbulkan masalah pencernaan pada tubuh kucing. Sehingga kita tak perlu khawatir lagi kalau kucing kita akan jatuh sakit.

Bolehkah kucing minum susu Frisian Flag ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.

 

Itulah beberapa alasan mengapa susu UHT Ultra Milk Full Cream tak boleh di minum oleh kucing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam menemukan jawaban mengenai susu Ultra Milk Full Cream sebagai minuman atau susu untuk kucing dan bahayanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url