10 Ciri Ciri Kucing Ingin Lahiran

10 Ciri Ciri Kucing Ingin Lahiran | Kucing merupakan hewan mamalia yakni hewan yang melahirkan lalu menyusui anak-anaknya. Sebelum melahirkan, kucing akan melewati fase kehamilan sama seperti yang terjadi pada manusia.

 

Ciri Ciri Kucing Ingin Lahiran
Ilustrasi Ciri-Ciri Kucing Ingin Lahiran

 

Kehamilan pada kucing sendiri terjadi sekitar 60-67 hari atau dalam hitungan bulan kehamilan kucing berlangsung selama sekitar 2 bulanan lebih. Ketika kandungan kucing telah hampir mencapai 2 bulanan.

Di masa ini kucing akan mulai menunjukkan beberapa pertanda atau ciri tertentu bahwa ia akan melahirkan. Sebagai pemilik yang baik tentunya kita mesti tahu pertanda akan melahirkan yang di tunjukkan oleh kucing peliharaan kita.

Pengetahuan ini wajib kita miliki sebagai upaya persiapan agar kucing nantinya dapat melahirkan dengan tenang, nyaman, aman dan selamat. Lantas apa saja sih ciri-ciri kucing mau lahiran tersebut ? Simak penjelasan Anggora di bawah ini hingga akhir untuk mengetahuinya.


Ciri Ciri Kucing Hamil Yang Mau Melahirkan

Kucing hamil mau melahirkan  biasanya akan menunjukkan beberapa ciri-ciri tertentu yang dapat kita amati dari kucing itu sendiri. Berikut ini beberapa ciri atau pertanda bahwa kucing akan melahirkan anaknya.

1. Kucing Mencari Tempat Yang Sepi

Ciri pertama yakni kucing akan mulai mencari-cari tempat sempit, tersembunyi dan juga sepi. Bila kucing yang kamu pelihara di rumah, kamu bebaskan dan tak di kandangkan biasanya kucing hamil ini akan sibuk mencari tempat yang cocok untuk tempat ia nantinya akan melahirkan.

Umumnya kucing yang akan melahirkan akan memilih tempat yang beralaskan kain atau kasur. Dan juga tempat tersembunyi seperti di dalam lemari baju, di bawah meja belajar, di bawah meja makan, di bawah kasur dan tempat sejenisnya yang memang tersembunyi, aman dan sepi.

Ketika kucing telah menemukan tempat yang tepat maka kucing akan mulai berdiam diri di sana dan bersiap-siap untuk melahirkan.

 

2. Kucing Tidak Nafsu Makan

Sewaktu kucing mendekati masa-masa akan melahirkan, umumnya nafsu makan kucing akan menurun atau bahkan kucing akan kehilangan nafsu makannya. Ini terjadi akibat semakin membesarnya perut kucing dan kondisi bayi dalam perut.

Bayi dalam perut akan semakin sering bergerak sehingga si ibu kucing akan merasakan sering mual sehingga hal ini berdampak kepada nafsu makan kucing yang semakin menurun atau bahkan kucing akan kehilangan nafsu makannya.

Selain karena hamil ada penyebab lain mengapa kucing tak mau makan. Apa saja penyebabnya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.

 

3. Kucing Agak Sulit Bernafas

Sama seperti manusia, kucing yang hamil pun akan merasakan agak sulit bernapas akibat perutnya yang semakin membesar. Meskipun begitu kamu jangan khwatir karena hal ini normal kok bagi kucing yang umur kandungannya sudah hampir 2 bulan dan perutnya sudah sangat besar.

 https://www.kenangananggora.com/2022/03/nafas-kucing-cepat-dan-bunyi-apa-yang.html

4. Kucing Lebih Sering Tidur Dan Jarang Makan

Kucing yang telah mengandung hampir 2 bulan biasanya akan memilih lebih banyak tidur. Alasannya sih karena kucing sulit bergerak, napasnya agak cepat dan kucing lebih mudah lelah di bandingkan di saat masa-masa awal ia hamil.

Selain itu ini juga akibat kucing jarang makan karena menurunnya nafsu makannya. Akibatnya kucing akan lebih sering tidur agar ia dapat menyimpan dan menghemat tenaga yang dia dapatkan dari sedikit makanan yang ia makan saat ia bernafsu makan.

Tak hanya hamil banyak hal lain yang menyebabkan kucing lebih sering tidur dan jarang makan. Apa saja itu ? Untuk mengetahuinya kamu dapat melihatnya di sini.

 

5. Kucing Menjadi Sering Mengeong

Ciri selanjutnya dari kucing yang mau lahiran yakni kucing akan sering mengeong. Meongan ini seolah kucing berkata bahwa ia akan melahirkan dan ingin di temani saat melahirkan. Saat kucing sedang mengeong cobalah ikuti dia ke tempat di mana ia akan melahirkan.

Kemudian cobalah untuk meninggalkannya saat kamu telah sampai ke tempat tersebut. Pastinya kucing yang tadinya baring dan siap untuk melahirkan akan meninggalkan tempatnya dan kembali mengeong serta mengikuti kamu. Hal ini juga berlaku jika ada kucing lain di sekelilingnya.

Kucing yang akan melahirkan akan memanggil kucing lain tersebut bahkan akan menyeretnya secara paksa dengan menggigit tengkuknya ke tempat di mana ia akan melahirkan. Ini di lakukan dengan tujuan agar ada yang menemani si kucing saat ia melahirkan.

 

6. Kucing Akan Mondar Mandir Dan Terlihat Gelisah

Sewaktu kucing benar-benar akan mendekati masa melahirkannya maka kucing akan mulai gelisah dan mondar-mandir lari ke sana kemari tak karuan. Meski kita melihat kucing seperti kurang kerjaan namun sebenarnya kucing melakukan hal itu dengan alasan tertentu.

Kucing melakukannya karena ia sedang mencari tempat mana yang cocok di jadikan tempat melahirkan. Kucing akan berpindah ke sana ke mari sampai ia menemukan sebuah tempat yang di rasa aman, nyaman dan sepi.

Kucing kamu lari-lari sendiri ? Cari tahu apa penyebabnya dengan mengklik di sini.


7. Keluar Cairan Kolostrum Dari Puting Kucing

Pada masa kehamilan kucing, kelenjar susu ataupun puting akan mulai muncul dan semakin membesar seiring semakin tuanya usia kandungan. Hal ini akan terus berlanjut hingga saat kucing akan melahirkan.

Pada kucing yang akan melahirkan puting susu akan berwarna kemerahan dan keluarnya cairan kuning bernama kolostrum. Ketika kolostrum ( cairan kuning ) ini keluar maka dapat di pastikan seminggu kemudian kucing akan melahirkan.


8. Kucing Sering Menjilat Tubuhnya

Sering menjilat tubuh merupakan salah satu pertanda bahwa kucing akan mendekati masa melahirkan. Kucing yang umur kandungannya mendekati 60 hari umumnya akan semakin sering menjilati tubuhnya. Ini kucing lakukan bukan karena ia sedang membersihkan tubuhnya yang kotor.

Namun sering menjilati tubuhnya lebih mengarah kepada tujuan untuk mendorong hormon tertentu keluar yang nantinya hormon ini dapat mempermudah proses melahirkannya.

Terlalu sering menjilati tubuh bisa menjadi pertanda bahwa kucing mengalami stress. Lihat cara mengatasinya di sini.


9. Kucing Jadi Malas Bergerak

Selain sering menjilat tubuhnya, kucing yang akan melahirkan semakin lama akan semakin malas untuk bergerak dan lebih sering tidur. Malasnya kucing bergerak akibat perutnya yang semakin membesar dan massa tubuhnya bertambah berat akibat perutnya semakin membesar.


10. Mengeluarkan Air Ketuban

Tanda atau ciri terakhir dari kucing yang akan melahirkan adalah pecahnya air ketuban. Sama dengan manusia, kucing pun punya air ketuban dalam kandungannya. Ketika air ini pecah maka dapat di pastikan kucing akan segera melahirkan.

Jadi saat ada semacam cairan banyak keluar dari tubuh kucing kamu saat ia melahirkan maka kamu tak perlu khawatir karena air ini hanyalah air ketuban kucing, bukan karena kucing mengalami masalah selama proses melahirkannya.

Semoga setelah kucing melahirkan, kucing kamu induknya melahirkan dengan selamat dan anaknya terlahir dengan sehat. Tapi jika induknya mati maka kamu dapat melihat cara merawat anak kucing yang di tinggal induknya di sini.

Itulah beberapa ciri-ciri kucing yang akan melahirkan. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mengetahui apakah kucing kamu akan segera melahirkan atau tidak serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : bagaimana ciri ciri kucing akan melahirkan, ciri ciri fisik kucing akan melahirkan
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url