close

Kucing Bisa Hamil Umur Berapa ? Berikut Ini Penjelasannya

Kucing Bisa Hamil Umur Berapa | Bagi kamu yang memelihara kucing betina di rumah, pernahkah tersirat pertanyaan dalam benakmu umur berapakah kucing bisa hamil ? Karena seperti yang kita tahu sendiri bahwa usia manusia dan usia kucing sangatlah berbeda dengan manusia. Usia rata-rata kucing sendiri adalah antara 10 sampai 15 tahunan.

 

Kucing Bisa Hamil Umur Berapa
Ilustrasi Usia Kucing Bisa Hamil


Itu adalah umur bagi kucing yang hidup dalam penangkaran atau kucing rumahan. Sementara kucing liar hanya bisa hidup dengan umur paling lama 5 sampa 7 tahunan. Akibat perbedaan usia ataupun umur manusia dan kucing, siklus hidup kucing dari mulai lahir hingga dewasa tergolong lebih singkat serta cepat dibandingkan dari pada manusia.

Termasuk usia kucing agar bisa hamil. Lantas berapakah umur kucing agar si kucing dapat hamil dan melahirkan ? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Kucing Bisa Hamil Umur Berapa ?

Umumnya kucing akan bisa hamil ketika ia berumur 4 bulan. Pada usia ini kucing akan memasuki masa kawin serta birahinya akan meningkat. Namun tak jarang juga kucing baru bisa hamil saat ia berusia di atas 4 bulanan.

Ada juga kucing yang baru bisa hamil saat ia memasuki umur 10 bulanan. Contohnya adalah kucing ras seperti kucing Anggora serta Persia yang baru bisa hamil ketika ia memiliki umur 10 bulanan. Sementara untuk kucing bulu pendek baru bisa hamil ketika kucing berumur 5 bulanan.

Kenapa tiap umur kucing berbeda untuk bisa hamil? Itu karena tiap-tiap kucing memiliki aktivitas reproduksi yang berbeda, ras yang berbeda dan pengaruh dari iklim cuaca yang berbeda di mana kucing tersebut tinggal.

Untuk masa kehamilan, seperti yang pernah Anggora jelaskan dalam artikel bagaimana cara kucing berkembang biak, di sana di jelaskan bahwa usia kehamilan kucing adalah sekitar dua bulanan lebih yakni sekitar 55 sampa 65 hari. Sementara untuk waktu menyusui kucing adalah sekitar 2 bulanan sampai si anak kucing mampu untuk makan dari sumber lain selain ASI.

Setelah ibu kucing berhenti menyusui anaknya maka ia akan memasuki masa kawin lagi. Kucing yang selesai kawin, tentunya kucing akan bisa hamil lagi. Umumnya di butuhkan waktu sekitar 2 bulanan dari masa kelahiran bayi kucing sampai si induk kucing masuk ke masa kawin lagi.

Penjelasan lengkap mengenai masa kawin kucing setelah melahirkan bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.

Saat kucing dalam masa pubertasnya, kucing bisa hamil sebanyak 2 sampai 3 kali dalam setahun dan setiap melahirkan kucing bisa melahirkan sebanyak 3-6 bayi kucing dalam sekali melahirkan. Tetapi tak semua bayi kucing akan bertahan hidup. Biasanya yang bertahan hanya setengah dan sisanya akan mati satu persatu.

Penyebab matinya anak kucing satu persatu bisa di sebabkan banyak hal, baik itu faktor internal maupun eksternal.

Penjelasan mengenai matinya anak kucing satu persatu bisa kamu ketahui dengan mengklik di sini.

Meskipun hanya sedikit anak kucing yang bertahan hidup tetap saja ini akan membuat kita kerepotan memeliharanya. Itu karena sang induk bisa hamil lagi dan bila si induk masih dalam usia mudah maka dalam setahun bisa hamil sampai 3 kali.  Bila di hitung secara simple maka 2 di kali 3 hasilnya adalah 6.

Dan di antara ke 6 anak yang bertahan hidup tersebut pastinya akan ada anak kucing betina. Kucing akan menumpuk dan membuat kita tak sanggup lagi memeliharanya. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak pemilik kucing kampung ataupun kucing ras betina lebih memilih mensteril kucingnya saat masih muda.

Dalam usia tua sebenarnya kucing masih mampu hamil, sayangnya dalam usia yang tua yakni pada umur 10 tahunan, kucing akan besar kemungkinan memiliki risiko kesehatan dan dan gangguan pada janin.

Demi menjaga agar si kucing betina tetap sehat, para pemilik kucing akan melakukan proses sterilisasi ketika kucing berumur dibawah 10 tahunan. Hal ini membuat banyak pemilik kucing yang melakukan proses sterilisasi pada saat usia kucing mulai memasuki umur 5-6 tahun lebih.

 

Ciri-Ciri Kucing Yang Sedang Hamil

Demi mengetahui apakah kucing peliharaan kita dalam kondisi sedang hamil, sebenarnya bisa kita ketahui dengan sangat mudah. Kamu bisa melihat beberapa pertanda yang menunjukkan bahwa kucing sedang dalam kondisi hamil.

Berikut ini ciri ataupun pertanda bahwa kucing dalam kondisi hamil :

  • Seringkali muntah

  • Sedikit demi sedikit perut kucing mulai membesar

  • Nafsu makan meningkat dan makan dalam jumlah banyak

  • Puting tampak membesar serta berwarna merah agak gelap

  • Menjadi sering mendengkur

  • Lebih manja dan suka mencari perhatian pemiliknya


Kalau kamu merasa kurang yakin kalau kucing kamu hamil setelah menemukan beberapa ciri kucing hamil di atas pada kucingmu. Kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk di periksa apakah kucing sedang hamil ataukah kucing sedang menderita masalah kesehatan.

Bila ternyata kucing kamu sedang hamil, maka kamu perlu merawat kucing dengan cara yang berbeda dari pada merawat kucing yang tak hamil. Seperti memberi makanan yang lebih bernutrisi, memberikan ruangan hangat, mengawasi kucing hamil agar tak terlalu bergerak sembarangan, dan memandikan kucing hamil secara lembut.

Cara memandikan kucing hamil sangat mudah. Tata cara atau langkah memandikannya bisa kamu lihat di sini.

 

Itulah sekilas informasi mengenai kucing bisa hamil umur berapa. Semoga artikel ini dapat menjawab rasa penasaran dan menambah wawasan kamu. Jangan lupa membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun sosial media kamu ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url