close

Kenapa Kucing Nafasnya Terengah-engah Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Kucing Nafasnya Terengah-engah | Sebagai pemilik kucing pastinya kita ingin kucing kita selalu aktif dan sehat. Tapi terkadang ada saja hal yang membuat kita khawatir, salah satunya adalah kucing bernafas cepat dan terengah-engah. Saat ini terjadi, pastinya akan ada kepanikan dalam diri kita melihat prilaku kucing yang tak biasa.


Kenapa Kucing Nafasnya Terengah-engah
Ilustrasi Kucing Mulut Terbuka Serta Nafasnya Terengah-engah


Panik kemudian mencari tahu kenapa kucing napasnya begitu cepat. Sebenarnya napas kucing yang terlihat memburu napas alias terengah-engah tak hanya melulu disebabkan oleh sebuah penyakit. Banyak faktor selain medis yang mungkin bisa menjadi penyebab utama kenapa hal ini bisa terjadi. Karenanya saat ini terjadi pada kucing kita,  jangan panik, dan sebisa mungkin cari tahu dengan kepala dingin apakah yang menjadi sebab utamanya.

Untuk membantu kamu dalam mengidentifikasi penyebab utama mengapa napas kucing sangat terengah-engah atau cepat maka pada artikel ini Anggora membagikan info mengenai apa saja sih penyebab napas kucing terengah-engah berdasarkan pengalaman anggora sendiri.


6 Penyebab Kenapa Kucing Nafasnya Terengah-engah

Kucing yang napasnya sangat cepat dan terlihat seperti memburu napas tak hanya di sebabkan masalah gangguan kesehatan pada kucing. Ini bisa juga di sebabkan faktor lain yang berimbas pada kecepatan bernapas kucing. Berikut ini daftar yang menurut anggora yang merupakan hal yang bisa memicu nafas kucing terengah-engah :


1. Bermain

Napas kucing yang terengah-engah bisa juga di sebabkan oleh kucing yang sangat senang bermain. Ini biasa terjadi kucing yang bermain dengan kucing lainnya ataupun mainan kucing yang membutuhkan banyak gerak fisik (seperti bola kucing, mengejar tali dan sejenisnya ).

Kucing akan berlari kesana kemari, melompat-lompat demi mengejar temannya atau mainan yang di berikan kepadanya. Kucing yang terlalu senang bermain dan berlari ke sana kemari tanpa henti nantinya akan berhenti dengan sendirinya karena letih.

Nah di saat itu cobalah kamu perhatikan si kucing, ia akan membuka mulutnya dan bernapas cepat terengah-engah kadangkala sambil menjulurkan lidah. Ketika ini terjadi jangan khawatir, untuk mengatasinya kamu cukup mengambil mainan kucing lalu membiarkan ia istirahat sejenak.

Setelah beberapa saat beristirahat, kondisi pernapasan kucing pastinya akan menjadi normal kembali.


2. Cuaca Terlalu Panas

Selain bermain, napas kucing bisa sangat cepat seperti sesak sebab pengaruh cuaca. Umumnya hal ini jarang terjadi pada kucing yang tak boleh keluar rumah seperti kucing ras, walau begitu tak menutup kemungkinan hal ini bisa terjadi pada kucing rumahan.

Seringkali kucing yang di biarkan keluar rumah datang dengan mulut terbuka dan napas terengah-engah. Bisa juga kita temukan kucing dalam kondisi ini sedang duduk dan berbaring di teras ataupun di luar rumah.

Bila ini terjadi pada kucingmu maka hal yang pertama  yang mesti kamu lakukan adalah cek kondisi cuaca apakah panas atau tidak. Jika ternyata cuaca panas ataupun sangat amat panas maka inilah penyebab utama kenapa kucing napasnya seolah sesak dan cepat.

Sekali lagi jangan panik. Cara mengatasinya angkatlah kucing dari luar rumah, bawa kembali ke dalam rumah. cobalah berikan ia minum karena kucing yang kepanasan biasanya akan kehausan juga, kalau ia menolak biarkan saja.

Selanjutnya bawa kucing ke area yang terdingin dalam rumah atau angin-anginkan kucing dengan kipas angin atau alat lainnya. Biarkan beberapa menitan, kondisi napas kucing pastinya akan kembali normal.


3. Kucing Dalam Masa Kawin

Sebenarnya bukan masalah kucing mau kawinnya yang membuat napas kucing menjadi seperti kucing asma tetapi perilaku kucingnyalah yang menjadi penyebab utamanya. Saat kucing pingin kawin, mereka menjadi agresif dan senang keluyuran ke sana kemari mengejar betina dambaan hatinya.

Kucing akan malas makan dan minum bahkan ia tak peduli saat ia letih dan napasnya terengah-engah. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menghilangkan biarahi kucing.

Kalau kamu pingin tahu cara mudah menghilangkan birahi kucing, caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


4. Kucing Sedang Sakit

Nafas terengah-engah pada kucing bisa jadi akibat takipnea. Masalah kesehatan ini  dapat terjadi akibat oksigen yang rendah dalam darah ( hipoksemia ), tingkat sel darah merah yang rendah (anemia), atau asma.

Napas kucing yang cepat juga bisa disebabkan oleh cairan di paru-paru karena gagal jantung atau cairan di dada yang mengelilingi paru-paru. Pendarahan ke paru-paru atau tumor juga bisa menjadi penyebab kucing bernapas berat.

Solusi untuk kondisi ini ialah dengan segera membawa kucing ke dokter hewan terdekat agar segera mendapatkan penangan yang tepat. Ini di lakukan untuk meningkatkan persentase keselamatan serta mengurangi resiko kematian.


5. Akibat Virus

Napas kucing menjadi cepat serta terengah-engah bisa juga di sebabkan oleh infeksi virus. Virus herpes dan virus calici bisa menyebabkan keluarnya cairan dari hidung kucing dan membuatnya menjadi pilek dan menyumbat hidung. Akibatnya kucing akan kehilangan nafsu makannya maupun indera perasanya.

Kucing juga akan malas bergerak karena nafasnya terengah engah akibat pilek yang membuatnya agak sulit bernafas. Untuk mengobati virus calici serta herpes, kamu dapat memberikan obat yang sesuai yang banyak di jual di petshop atau toko online.

Atau kamu bisa juga mengobati virus calici dengan cara alami, caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini. 

 

6. Kondisi Medis Lainnya

Seekor kucing yang mulai terengah-engah secara mendadak, tanpa melakukan aktivitas berat, bisa jadi karena kucing badannya terasa sakit dan mempunyai masalah medis selain yang di sebutkan di atas. Di saat ini terjadi lakukan pemeriksaan ke dokter hewan.

Lalu konsultasikan ke dokter hewan langkah apa yang harus di ambil dan perawatan apa saja yang di butuhkan demi membuat si kucing kesayangan kembali sehat.

 

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kenapa nafas kucing terengah-engah dan cara mengatasinya. Setelah membaca artikel ini, saat kamu menghadapi kondisi kucing yang napasnya cepat kamu bisa menghadapinya dengan kepala dingin dan bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya dan ke akun sosial media kamu ya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url