7 Ciri Ciri Kucing Pengen Kawin Yang Perlu Kamu Tahu

7 Ciri Ciri Kucing Pengen Kawin | Kucing pun sama saja dengan manusia, mereka memiliki nafsu dan keinginam berkembangbiak. Karenanya dalam kehidupannya, kucing pun memiliki keinginan untuk kawin.


Ciri Ciri Kucing Pengen Kawin, kucing yang siap atau ingin kawin
Ilustrasi Dua Kucing Yang Siap Atau Ingin Kawin


Dengan perkawinan, kucing akan bisa menyalurkan kebutuhan biologisnya serta menghindarkannya dari terserang penyakit tertentu seperti kanker testikular serta masalah prostat. Banyak dari kita yang mungkin belum tahu atau mungkin ragu menentukan apakah kucing peliharaan kita sedang pengen kawin atau tidak 

Kita tahu bahwa kucing yang mengeong keras dan secara terus-terusan adalah salah satu ciri khas dari kucing yang pingin nikah. Namun walaupun begitu sebagai seorang yang masih pemula dalam memelihara kucing, kita masih saja ragu bahwa kucing kita benarkah ingin kawin atau bukan karena kurangnya ilmu mengenai hal ini.

Nah pada kesempatan kali ini Anggora ingin berbagi informasi mengenai bagaimana sih ciri-ciri dari kucing yang kepengen kawin. Simak penjelasannya selengkapnya di bawah ini. 

 

Ciri-Ciri Kucing Yang Pengen Kawin

Sebenarnya banyak sekali ciri dari kucing yang pingin kawin yang dapat kita ketahui hanya dengan melihat tindakan kucing, salah satunya adalah kucing mengeong keras terus-terusan. Tapi kucing yang mengeong keras terus-terusan bukan berarti kucing tersebut sedang birahi atau ingin nikah. Bisa jadi kucing tersebut sedang stress ataupun sedang beradaptasi terhadap lingkungan baru.

Kucing kamu stress, cobain 9 cara mengatasi kucing stress. Caranya bisa kamu baca dengan mengklik di sini.

Harus ada setidaknya 4 ciri pada kucing agar kita bisa yakin bahwa si kucing benar-benar menginginkan untuk kawin. Untuk ciri-ciri kucing ingin kawin pada jantan dan betina, kamu bisa melihat rangkumannya di bawah ini yang Anggora ambil dari sumber terpercaya dan berdasarkan pengalaman anggora sendiri.


Ciri Kucing Jantan Pingin Kawin

Ciri khas yang paling umum pada kucing jantan yang sedang birahi adalah kucing sering mengeong keras. Selain itu terdapat beberapa ciri lain yakni :

1. Kucing Spraying

Saat kucing birahi atau ingin kawin biasanya kucing akan hobi menyemprotkan kencingnya ke tembok atau sembarang tempat. Biasanya ia akan menyemprotnya ke beberapa tempat dengan waktu kencing yang berdekatan. Kebiasaan ini di namakan spraying dan ini kerap kali di lakukan oleh kucing jantan yang kebelet pingin nikah.

Saat kucing kamu melakukan ini, bisa di pastikan kucing kamu sedang dalam masa kawin atau sedang birahi.


2. Kucing Sering Mengeong

Seperti yang kita tahu bahwa kucing jantan yang sering mengeong menandakan bahwa kucing tersebut sedang birahi. Meongan kucing haruslah memiliki nada intonasi yang berbeda di banding dengan meongannya yang biasa. Meongan tersebut juga harus kucing lakukan dengan suara yang kuat.


3. Mengeong Keras Berkali-kali

Kucing yang mengeong keras berkali-kali adalah ciri khas kucing yang sedang ingin kawin. Kucing akan mengeong berulang-ulang dengan keras, meongan ini ia lakukan untuk menunjukkan keperkasaannya dan menarik betina yang berada di sekitarnya.


4. Bunyi Meongan Terdengar Berbeda Dengan Yang Biasanya

Coba dengar baik-baik deh kucing jantan yang sedang birahi. Suara meongannya pasti akan terdengar panjang dan lebih berirama. Ini sangat berbeda dengan meongan kucing yang biasanya. Bagi Anggora sendiri meongan kucing jantan yang sedang birahi lebih seperti kucing yang sedang bernyanyi,


5. Sering Mengejar Kucing Betina

Kucing jantan yang pengen kawin cenderung akan sangat agresif ketika ia menemukan kucing betina yang menarik perhatiannya. Ia akan berusaha sebisa mungkin menarik perhatian kucing tersebut.

Saat kucing betina meninggalkan si jantan, ia akan mengejar kucing betina terus-terusan sampai kucing tersebut bersedia kawin dengannya. Ini merupakan alasan kenapa sering kali kita melihat kucing jantan dewasa berlarian mengejar kucing betina kemanapun ia pergi.


6. Sering Menggigit Tengkuk Leher Kucing Betina

Di saat kucing jantan sedang kejar-kejaran dengan kucing betina, tak jarang kucing akan menggigit tengkuk kucing betina lainnya. Tindakan ini di lakukan untuk menahan kucing betina agar tak pergi darinya sekaligus untuk melakukan perkawinan.

 

7. Gak Nafsu Makan Atau Malas Makan

Kucing yang sedang mau kawin biasanya juga akan kehilangan nafsu makan atau akan malas makan. Sebab kucing akan lebih fokus kepada perkawinan ketimbang makanan. Biasanya kucing hanya akan makan sekali sehari saja atau bahkan seharian pun ia tak makan. Saat ini terjadi kamu tak perlu khwatir karena hal ini wajar kok dan tak akan menyebabkan kucing jatuh sakit.

Pastikan juga saat kucing minta makan kamu segera memberikan ia makanan. Kucing yang sedang birahi akan sangat sebentar di rumah. Bila ia meminta makan dan kita terlupa sekejap saja memberi ia makanan bolt, maxi, universal atau makanan lainnya, kucing akan segera pergi dan akan kembali dalam waktu yang lama.

Bisa datang setelah seharian keluyuran dan bisa jadi baru beberapa hari kemudian ia akan kembali pulang kerumah. Hal ini sering terjadi pada kucing yang biasa di biarkan bebas keluar rumah seperti kucing kampung. Untuk kucing ras sendiri bisa juga terjadi bila kita lengah dan kucing jantan yang belum steril kabur keluar rumah hendak mencari betina.


8. Hobi Keluar Rumah Berkeliaran

Hobi keluar rumah juga merupakan ciri dari kucing yang sedang dalam masa kawin. Kucing akan lebih suka berada di luar rumah ketimbang berdiam diri di dalam rumah. Sering kali kucing baru pulang ketika ia berada di luar rumah seharian atau bahkan kucing baru pulang setelah beberapa hari  berada di luar rumah.


9. Hobi Berkelahi Dengan Pejantan Lainnya

Ketika kucing jantan dalam masa perkawinan, mereka akan lebih agresif dan akan menyerang siapapun yang masuk ke dalam wilayah kekuasaan mereka. Mereka pun tak segan menyerang pejantan lainnya yang menjadi saingan cinta dan berada di dekat betina yang menjadi incaran mereka.

Berkelahi juga merupakan salah satu cara bagi pejantan untuk menarik perhatian betina. Dengan menunjukkan kekuatan serta keperkasaannya di hadapan betina lainnya, ketertarikan kucing betina terhadap kucing jantan tersebut akan semakin meningkat.


10. Jarang Pulang Kerumah Seperti Bang Toyib, Hehe

Bagi kucing jantan yang di kandangkan atau di kurung dalam rumah maka ini jarang terjadi. Tapi bagi kucing yang di biarkan bebas keluar masuk rumah seperti jenis kucing domestik ( kampung ), hal ini tak mengherankan lagi terutama bagi kucing yang sedang birahi.

Kucing akan lebih sering di luar rumah untuk mengejar pujaan hatinya dan lupa pulang ke rumah. Pernah ada saat dimana salah satu kucing ras campuran kampung milik saya yang baru 3-4 harian baru ingat pulang kerumah dan ada juga yang baru pulang ketika sudah semingguan.


11. Sering Mengendus Atau Mencium Pantat Betina Yang Di Incarnya

Dulu sebelum anggora tahu bahwa kucing jantan yang mencium pantat betina adalah salah satu ritual kucing yang hendak kawin. Saya sering mengusir kucing atau memisahkan mereka, sebab aksi ini agak jorok di mata saya. Tapi sekarang saya cenderung membiarkannya setelah tahu ini ritual kawin dan saat kucing betina sudah steril.


Ciri Kucing Betina Yang Ingin Kawin

Sama seperti kucing jantan, mengeong keras dan terus-terusan juga merupakan tanda kucing betina mau kawin. Selain itu terdapat beberapa ciri lainnya yakni : 

 

1. Lebih Manja Terhadap Pemiliknya Ketimbang Biasanya

Kita tahu bahwa kucing betina memiliki sikap yang lebih manja kemanusia di banding kucing jantan. Namun kemanjaan kucing betina akan melebihi biasanya di saat mereka sedang birahi atau dalam siklus masa kawin.


2. Mudah Marah Ke Kucing Sekitarnya

Tempramen kucing betina juga akan meningkat saat ia sedang ingin kawin. Kucing sering kali akan marah terhadapnya kucing lainnya yang ada di dekatnya atau di tempat yang dia anggap sebagai wilayah kekuasaanya.

Terlebih lagi bila kucing yang mendekatinya adalah kucing betina, ia akan lebih marah dan akan menghantam serta menghajarnya hingga kucing berlari ketakutan menjauh darinya.


3. Mengeong Dengan Keras

Kucing yang mengeong keras berkali-kali adalah ciri khas kucing yang sedang ingin kawin. Kucing betina akan mengeong berulang-ulang dengan keras, meongan ini ia lakukan untuk menarik jantan lain mendekatinya.

 

4. Bunyi Meongan Terdengar Berbeda Dengan Yang Biasanya

Suara meongan kucing betina pun sama saja dengan suara kucing jantan. Keduanya akan memiliki suara dengan intonasi dan nada yang berbeda dari meongannya yang biasanya. Juga akan terdengar seperti kucing yang sedang bernyanyi.


5. Kerap Menyodorkan Pantatnya Ke Kucing Jantan

Tindakan yang satu ini akan di lakukan kucing betina bila ia telah menemukan pejantan yang cocok baginya. Ia akan menurunkan posisi kepala dan tubuh depannya lalu menaikkan pantatnya ke atas. Seolah ia menyodorkan pantatnya pada kucing jantan. Posisi ini menandakan kucing betina siap kawin dengan kucing jantan.


6. Sering Berguling-guling Di Hadapan Pejantan

Kucing betina akan berguling-guling seperti kepanasan di hadapan pejantan. Ini merupakan salah satu ciri kucing betina siap kawin dengan kucing jantan lainnya. Dan juga pertanda bahwa kucing betina telah berhasil kawin dengan kucing jantan lainnya.


7. Sering Kencing Secara Sembarangan

Kucing yang tadinya disiplin dan selalu kencing di tempat yang di sediakan kini akan menjadi lebih suka pipis di sembarang tempat. Untuk kucing birahi mungkin akan sulit membuat ia tak kencing sembarangan selain mengurungnya di dalam kandang atau mensterilkannya.

Namun untuk kucing yang tak birahi kamu bisa mencoba 6 cara mengatasi kucing pipis sembarangan, caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


Mungkin itu saja penjelasan mengenai beberapa ciri ciri kucing pengen kawin. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya pada kerabat ataupun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url