Bolehkah Kucing Minum Yakult ? Ini Penjelasannya !

Siapa sih yang tak kenal merk minuman yang satu ini. Semua orang pasti mengenalnya. Yakult merupakan susu permentasi yang di klaim sebagai minuman kesehatan. Produk yang satu ini memiiliki segudang manfaat bagi pencernaan orang yang sering mengkonsumsinya.

 

Bolehkah Kucing Minum Yakult ?
Ilustrasi Yakult Sebagai Minuman Kucing

 

Anggora sendiri sangat menyukai yakult. Selain menyehatkan sensasi asam-asam manis ketika meminum produk yang satu ini membuat lidah merasa ketagihan dan tubuh terasa enak dan lebih segar. Matapun terasa tak ngantuk lagi akibat rasanya yang agak sedikit asam.

Selain manusia, beberapa hewan lain seperti anjing dan kucing pun menyukai produk minuman susu fermentasi yang satu ini. Mereka akan bergerak cepat mendekati kita ketika mereka tahu bahwa kita sedang meminum Yakult.

Mungkin sebagian dari kita akan langsung memberikan yakult pada hewan peliharaan kesayangan namun sebagian lainnya mungkin akan mencari tahu dahulu terlebih dahulu apakah minuman yakult aman untuk di konsumsi untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Bolehkah kucing meminum yakult dan amankah yakult ketika di berikan ke kucing. Simak penjelasan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.


Yakult Terbuat Dari Apa ?

Yakult merupakan minuman yang terbuat dari susu yang di fermentasikan. Susu yang di gunakan bukanlah susu biasa namun menggunakan susu skim. Susu skim adalah susu tanpa lemak yang bubuknya terbuat dari susu yang telah di hilangkan sebagian air serta lemak yang terkandung di dalamnya.

Susu ini kemudian di campurkan dengan gula dan bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain. Proses pembuatan yakult ini sendiri tak sesederhana proses pembuatan minuman lainnya. Setidaknya di butuhkan 6 proses dalam tahap pembuatannya, yakni :

  • Proses Pembuatan Seed Starter

  • Proses pembuatan Susu Fermentasi

  • Proses Pembuatan Sirup

  • Proses Mixing 1

  • Proses Sterilisasi Air Pencampur

  • Proses Mixing 2


Manfaat Yakult Bagi Manusia

Yakult tak sekedar merupakan minuman yang di klaim sebagai minuman kesehatan tetapi memang terbukti memliliki khasiat bagi kesehatan tubuh yakni kesehatan saluran pencernaan. Bakteri Lactobacillus Casei Shirohita berdasarkan riset mampu mencegah serta mengobati masalah pencernaan seperti :

  • Diare

  • Gejala iritasi usus ( IBS )

  • Infeksi bakteri helicobacter pylori

  • Radang usus ( IBD )

  • Sembelit ( Konstipasi )

 

Selain mampu mengatasi masalah pencenaan seperti yang telah di tuliskan di atas, bakteri Lactobacillus Casei Shirohita juga di percaya mampu mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti :

  • Alergi

  • Dermatitis

  • Demam

  • Eksim

  • Flu

  • Infeksi telinga ( Otitis Media )

  • Jerawat

  • Infeksi saluran kencing atau vagina

  • Masalah pernapasan

  • Masalah mulut, Seperti Plak, Infeksi Gusi ( Gingivitis ), atau Sariawan


Kucing Dan Yakult

Kebanyakan kucing mungkin tak menyukai Yakult karena rasa asamnya yang lebih dominan dari pada rasa manisnya. Kucing memang tak bisa merasakan rasa manis namun kalau asam kucing bisa merasakannya dengan sangat baik.

Rasa asam inilah yang membuat kebanyakan kucing tak suka minum yakult. Meskipun banyak kucing yang tak suka Yakult karena rasa asamnya namun beberapa kucing justru menyukainya karena sensasi rasanya yang aneh di mulut.


Lalu Bolehkah Kucing Minum Yakult ?

Seperti yang kita tahu bahwa kucing tak boleh asal minum susu apalagi susu manusia. Ini karena dalam susu manusia terdapat kandungan laktosa dan tubuh kucing intoleran terhadap kandungan laktosa ini.

Lalu bagaimana dengan yakult. Yakult yang merupakan susu fermentasi sendiri secara alami memiliki kadar laktosa yang sangat rendah yakni 1gr. Kadar laktosa pada susu fermentasi berkurang akibat proses fermentasi itu sendiri. 

Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan bahwa susu fermentasi seperti yakult aman di berikan untuk kucing namun sampai saat ini juga belum ada penelitian yang menyatakan yakult sangat berbahaya untuk kucing.

Tetapi dikutip dari askmycats.com susu permentasi aman di berikan pada kucing bahkan di nilai baik bagi kesehatan pencernaan dan perut karena adanya living bacteria ( probiotik ). Bahkan probiotik yang ada dalam yakult kaya akan enzim yang mencerna laktosa.

Artinya dengan kucing meminum yakult sama saja dengan minum suplemen enzim pencernaan. Ada juga riset yang menunjukkan bahwa manusia penderita intoleransi laktosa dapat minum produk susu fermentasi sebanyak apapun yang dia inginkan tanpa menyebabkan masalah pada pencernaannya.

Dan dari sini dapat kita simpulkan bahwa kemungkinan yang sama juga berlaku pada kucing yang intoleransi laktosa. 


Bisakah Memberikan Yakult Setiap Hari Ke Kucing

Meskipun kandungan laktosa susu pada yakult tergolong rendah namun memberikan yakult pada kucing dalam jumlah banyak dan di lakukan setiap hari masih beresiko membahayakan kesehatan kucing peliharaan kita.

Beberapa alasan anggora berkata demikian karena sebab berikut ini :

  • Yakult masih mengandung sedikit laktosa, bila terus di konsumsi secara banyak akan menyebabkan tumpukan laktosa dalam perut kucing dan menyebabkan masalah pencernaan.

  • Yakult bukanlah produk susu khusus kucing melainkan susu minuman khusus manusia

  • Ada perbedaan antara saluran pencernaan manusia dan kucing

  • Yakult mengandung gula yang tak akan baik bila di konsumsi dalam jumlah banyak oleh kucing


Apakah Yakult Boleh Diberikan Untuk Kucing Yang Sedang Sakit ?

Walaupun yakult aman di berikan ke kucing karena rendahnya kadar laktosa yang di kandung oleh susu fermentasi dan karena adanya probiotik, hanya saja yakult tak boleh di berikan begitu saja pada kucing yang sedang sakit.

Bahkan jika tujuan kita demi kesehatan kucing, hal ini tetap tak di perbolehkan. Memberikan susu pada seseorang yang sedang sakit mungkin benar dapat menambah energi dan mempercepat proses kesembuhan orang yang sedang sakit.

Hanya saja manusia berbeda dengan kucing jadi tak bisa asal di berikan begitu saja. Karena susu manusia saja yang kita anggap baik untuk kita malah berbahaya ketika di konsumsi oleh kucing rumahan maupun kucing luar.

Apalagi kita memberikan yakult yang di nilai aman untuk kucing sehat tapi bisa saja justru tak baik bagi kucing yang sedang sakit.


Apa Benar Yakult Bisa Menjadi Obat Untuk Kucing Yang Mengalami Sembelit ?

Berdasarkan testimoni beberapa cat lovers benar bahwa kucing minum yakult dapat mengobati masalah kasus sembelit pada kucing. Tetapi menurut Anggora sendiri hal ini hal ini hanya berlaku pada kucing yang mengalami sembelit akibat masalah ringan seperti karena kurangnya cairan, dll.

Yakult tidak bisa mengobati sembelit atau konstipasi karena masalah gangguan pencernaan yang berat pada kucing ( contohnya masalah hairball yang kronis, adanya tumor pada saluran eksresi, benda asing yang tertelan, dsb ).

Sebagai orang yang awam akan hal ini sulit bagi kita untuk tahu apakah kucing mengalami kasus sembelit ringan ataukah parah. Karena itulah di saat kucing mengalami sembelit sebaiknya kucing di periksa dan di obati oleh dokter hewan.

Hindari berusaha mengobati kucing secara mandiri di rumah sebab jika ternyata penyakit kucing adalah penyakit parah, nantinya kucing akan mengalami kematian. Bukan kesembuhan yang di dapat malah penyesalan yang di rasakan.


Bisakah Kucing Sakit Sesudah Minum Yakult ?

Seperti yang telah anggora jelaskan di atas bahwa kucing minum yakult adalah aman. Hanya saja ini tak berlaku bila kita memberikan kucing minum banyak yakult sekaligus dan di berikan setiap harinya pada kucing peliharaan kita.

Kucing bisa mengalami sakit gangguan pencernaan seperti diare, mual dan sering muntah karena perut bermasalah akibat laktosa. Ini di sebabkan laktosa yang tadinya aman bagi tubuh kucing karena kadarnya rendah menjadi menumpuk akibat kucing minum banyak yakult sekaligus.


Saat Kucing Sakit Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Umumnya pemberian yakult sesekali tak akan mendatangkan penyakit bagi kucing yang meminumnya. Namun jika kucing sakit setelah minum yakult sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan.

Sebab bisa saja saja kucing bukan sakit karena baru saja meminum yakult namun kucing sakit akibat terserang virus, bakteri parasit atau penyebab lainnya.


Manfaat Yakult Bagi Kucing

Di kutip dari micatguide.com, beberapa manfaat yakult bagi kucing antara lain :

  1. Dapat membantu mengatasi masalah pencernaan

  2. Sumber vitamin D yang baik

  3. Sumber vitamin B yang baik

  4. Dapat membantu kucing untuk menyerap lebih baik nutrisi

  5. Yakult memiliki anti inflamasi yang mana mampu membantu kucing yang menderita alergi maupun radang usus.


Efek Negatif Yakult Bagi Kucing Bila Di berikan Secara Berlebihan

Di kutip dari micatguide.com, beberapa efek negatif yakult bila di berikan terlalu banyak atau berlebihan pada kucing antara lain :

  1. Dapat membuat kucing mengalami masalah pencernaan

  2. Dapat membuat kucing mengalami dehidrasi

  3. Dapat membuat kucing menderita muntah dan diare

  4. Menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh kucing

  5. Dapat mengganggu proses penyembuhan atau pengobatan kucing


Catatan Penting

Jikalau kamu memutuskan untuk memberikan kucing kesayangan kamu yakult maka berilah mereka dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu lalu awasilah mereka dan lihatlah bagaimana respon mereka sesudah mereka meminum yakult tersebut.

Bila respon mereka terkesan positif dan tak menunjukkan respon negatif maka kamu boleh terus memberikan kucing kamu yakult sebagai minuman. Namun pemberian ini cuma boleh dilakukan sesekali saja bukan di berikan setiap hari.

Sebaliknya jika kucing menunjukkan respon negatif seperti kucing mengalami masalah pencernaan seperti diare, muntah dan sejenisnya maka sebaiknya hentikan pemberian yakult pada kucing dan segera konsultasikan hal ini pada dokter hewan.

 

Alternatif Minuman Lain Selain Yakult Untuk Kucing

Bila kamu ragu untuk memberikan kucing kamu Yakult karena kamu merasa bahwa ini membuat kucing kamu sakit maka kamu dapat memberikan alternatif minuman lainnya bagi kucing Ada beberapa alternatif minuman sehat lainnya bagi kucing.

Seperti air putih yang telah di masak matang yang mana ini sangat baik untuk di berikan ke kucing dalam memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Kalau kamu hendak memanjakan kucing dengan minuman yang lainnya maka kamu dapat memberi kucing susu.

Bukan susu manusia untuk manusia loh tetapi susu khusus kucing seperti susu royal canin, susu growssy, susu longlife, susu whiskas. Oh iya selain susu khusus kucing, kamu juga bisa menggunakan susu bearbrand sebagai ganti Yakult.

Minuman di atas bila di bandingkan dengan Yakult maka minuman ini mungkin jauh lebih baik untuk di berikan ke kucing.

 

Itulah pembahasan mengenai apa boleh kucing minum yakult dan pertanyaan seputar pemberian susu yakult pada kucing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat menjawab pertanyaan kamu berkaitan yakult dan kucing.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url