Bolehkah Kucing Minum Yakult ? Ini Penjelasannya !

Kucing Minum Yakult | Siapa sih yang tak kenal merk minuman yang satu ini. Semua orang pasti mengenalnya. Yakult merupakan susu permentasi yang di klaim sebagai minuman kesehatan. Produk yang satu ini memiiliki segudang manfaat bagi pencernaan orang yang sering mengkonsumsinya.

 

Bolehkah Kucing Minum Yakult ?
Ilustrasi Yakult Sebagai Minuman Kucing

 

Anggora sendiri sangat menyukai yakult. Selain menyehatkan sensasi asam-asam manis ketika meminum produk yang satu ini membuat lidah merasa ketagihan dan tubuh terasa enak dan lebih segar. Matapun terasa tak ngantuk lagi akibat rasanya yang agak sedikit asam.

Selain manusia, beberapa hewan lain seperti anjing dan kucing pun menyukai produk minuman susu fermentasi yang satu ini. Mereka akan bergerak cepat mendekati kita ketika mereka tahu bahwa kita sedang meminum Yakult.

Mungkin sebagian dari kita akan langsung memberikan yakult pada hewan peliharaan kesayangan namun sebagian lainnya mungkin akan mencari tahu dahulu terlebih dahulu apakah minuman yakult aman untuk di konsumsi untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

Bolehkah kucing meminum yakult dan amankah yakult ketika di berikan ke kucing. Simak penjelasan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.


Yakult Terbuat Dari Apa ?

Yakult merupakan minuman yang terbuat dari susu yang di fermentasikan. Susu yang di gunakan bukanlah susu biasa namun menggunakan susu skim. Susu skim adalah susu tanpa lemak yang bubuknya terbuat dari susu yang telah di hilangkan sebagian air serta lemak yang terkandung di dalamnya.

Susu ini kemudian di campurkan dengan gula dan bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain. Proses pembuatan yakult ini sendiri tak sesederhana proses pembuatan minuman lainnya. Setidaknya di butuhkan 6 proses dalam tahap pembuatannya, yakni :

  • Proses Pembuatan Seed Starter

  • Proses pembuatan Susu Fermentasi

  • Proses Pembuatan Sirup

  • Proses Mixing 1

  • Proses Sterilisasi Air Pencampur

  • Proses Mixing 2

Bayi kucing minum susu tiap berapa jam sih ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini


Manfaat Yakult Bagi Manusia

Yakult tak sekedar merupakan minuman yang di klaim sebagai minuman kesehatan tetapi memang terbukti memliliki khasiat bagi kesehatan tubuh yakni kesehatan saluran pencernaan. Bakteri Lactobacillus Casei Shirohita berdasarkan riset mampu mencegah serta mengobati masalah pencernaan seperti :

  • Diare

  • Gejala iritasi usus ( IBS )

  • Infeksi bakteri helicobacter pylori

  • Radang usus ( IBD )

  • Sembelit ( Konstipasi )

 

Selain mampu mengatasi masalah pencenaan seperti yang telah di tuliskan di atas, bakteri Lactobacillus Casei Shirohita juga di percaya mampu mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti :

  • Alergi

  • Dermatitis

  • Demam

  • Eksim

  • Flu

  • Infeksi telinga ( Otitis Media )

  • Jerawat

  • Infeksi saluran kencing atau vagina

  • Masalah pernapasan

  • Masalah mulut, Seperti Plak, Infeksi Gusi ( Gingivitis ), atau Sariawan


Lalu Bolehkah Kucing Minum Yakult ?

Seperti yang kita tahu bahwa kucing tak boleh asal minum susu apalagi susu manusia. Ini karena dalam susu manusia terdapat kandungan laktosa dan tubuh kucing intoleran terhadap kandungan laktosa ini.

Lalu bagaimana dengan yakult. Yakult yang merupakan susu fermentasi sendiri secara alami memiliki kadar laktosa yang sangat rendah yakni 1gr. Kadar laktosa pada susu fermentasi berkurang akibat proses fermentasi itu sendiri. 

Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan bahwa susu fermentasi seperti yakult aman di berikan untuk kucing namun sampai saat ini juga belum ada penelitian yang menyatakan yakult sangat berbahaya untuk kucing.

Tetapi dikutip dari askmycats.com susu permentasi aman di berikan pada kucing bahkan di nilai baik bagi kesehatan pencernaan dan perut karena adanya living bacteria ( probiotik ). Bahkan probiotik yang ada dalam yakult kaya akan enzim yang mencerna laktosa.

Artinya dengan kucing meminum yakult sama saja dengan minum suplemen enzim pencernaan. Ada juga riset yang menunjukkan bahwa manusia penderita intoleransi laktosa dapat minum produk susu fermentasi sebanyak apapun yang dia inginkan tanpa menyebabkan masalah pada pencernaannya.

Dan dari sini dapat kita simpulkan bahwa kemungkinan yang sama juga berlaku pada kucing yang intoleransi laktosa.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai susu manusia dan bahayanya untuk kucing dapat kamu baca di sini.


Bisakah Memberikan Yakult Setiap Hari Ke Kucing

Meskipun kandungan laktosa susu pada yakult tergolong rendah namun memberikan yakult pada kucing dalam jumlah banyak dan di lakukan setiap hari masih beresiko membahayakan kesehatan kucing peliharaan kita.

Beberapa alasan anggora berkata demikian karena sebab berikut ini :

  • Yakult masih mengandung sedikit laktosa, bila terus di konsumsi secara banyak akan menyebabkan tumpukan laktosa dalam perut kucing dan menyebabkan masalah pencernaan.

  • Yakult bukanlah produk susu khusus kucing melainkan susu minuman khusus manusia

  • Ada perbedaan antara saluran pencernaan manusia dan kucing

  • Yakult mengandung gula yang tak akan baik bila di konsumsi dalam jumlah banyak oleh kucing


Apakah Yakult Boleh Diberikan Untuk Kucing Yang Sedang Sakit ?

Walaupun yakult aman di berikan ke kucing karena rendahnya kadar laktosa yang di kandung oleh susu fermentasi, hanya saja yakult tak boleh di berikan begitu saja pada kucing yang sedang sakit. Bahkan jika tujuan kita demi kesehatan kucing, hal ini tetap tak di perbolehkan.

Memberikan susu pada seseorang yang sedang sakit mungkin benar dapat menambah energi dan mempercepat proses kesembuhan orang yang sedang sakit. Hanya saja manusia berbeda dengan kucing jadi tak bisa asal di berikan begitu saja.

Karena susu manusia saja yang kita anggap baik untuk kita malah berbahaya ketika di konsumsi oleh kucing rumahan maupun kucing luar. Apalagi kita memberikan yakult yang di nilai aman untuk kucing sehat tapi bisa saja justru tak baik bagi kucing yang sedang sakit. 

Saat kucing sakit sebaiknya berikan susu beruang, lihat cara memberikan dan takaran susu beruang yang baik untuk kucing sakit di sini.


Apa Benar Yakult Bisa Menjadi Obat Untuk Kucing Yang Mengalami Sembelit ?

Berdasarkan testimoni beberapa cat lovers benar bahwa kucing minum yakult dapat mengobati masalah kasus sembelit pada kucing. Tetapi menurut Anggora sendiri hal ini hal ini hanya berlaku pada kucing yang mengalami sembelit akibat masalah ringan seperti karena kurangnya cairan, dll.

Yakult tidak bisa mengobati sembelit atau konstipasi karena masalah gangguan pencernaan yang berat pada kucing ( contohnya masalah hairball yang kronis, adanya tumor pada saluran eksresi, benda asing yang tertelan, dsb ).

Sebagai orang yang awam akan hal ini sulit bagi kita untuk tahu apakah kucing mengalami kasus sembelit ringan ataukah parah. Karena itulah di saat kucing mengalami sembelit sebaiknya kucing di periksa dan di obati oleh dokter hewan.

Hindari berusaha mengobati kucing secara mandiri di rumah sebab jika ternyata penyakit kucing adalah penyakit parah, nantinya kucing akan mengalami kematian. Bukan kesembuhan yang di dapat malah penyesalan yang di rasakan.


Bisakah Kucing Sakit Sesudah Minum Yakult ?

Seperti yang telah anggora jelaskan di atas bahwa kucing minum yakult adalah aman. Hanya saja ini tak berlaku bila kita memberikan kucing minum banyak yakult sekaligus dan di berikan setiap harinya pada kucing peliharaan kita.

Kucing bisa mengalami sakit gangguan pencernaan seperti diare, mual dan sering muntah karena perut bermasalah akibat laktosa. Ini di sebabkan laktosa yang tadinya aman bagi tubuh kucing karena kadarnya rendah menjadi menumpuk akibat kucing minum banyak yakult sekaligus.


Saat Kucing Sakit Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Umumnya pemberian yakult sesekali tak akan mendatangkan penyakit bagi kucing yang meminumnya. Namun jika kucing sakit setelah minum yakult sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan.

Sebab bisa saja saja kucing bukan sakit karena baru saja meminum yakult namun kucing sakit akibat terserang virus, bakteri parasit atau penyebab lainnya. 

Kucing kamu sakit gak mau makan ? Lihat cara mudah memberi makan kucing sakit dengan mengklik di sini.

Itulah pembahasan mengenai apa boleh kucing minum yakult dan pertanyaan seputar pemberian susu yakult pada kucing. Dengan adanya artikel ini semoga dapat menjawab pertanyaan kamu berkaitan yakult dan kucing.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url