7 Sebab Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

7 Alasan Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan | Kucing memiliki masa hamil sekitar 2 bulanan. Di masa ini kita sebagai pemilik akan mulai merawat kucing dengan lebih hati-hati dari pada sebelumnya agar nantinya tak ada masalah pada proses melahirkan kucing.

 

Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan
Ilustrasi Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

 

Ketika waktu melahirkan tiba dan semuanya seuai harapan kita. Bayi kucing terlahir dengan selamat dan induk kucing juga dalam keadaan sehat. Tetapi mungkin saat kita memberikan makanan pada induk kucing kita melihat suatu masalah.

Yakni induk kucing tidak mau makan sama sekali saat kita menyediakan makanan untuknya. Mau itu dry food, wet food atau masakan cat food home made buatan kita sendiri, kucing akan menolaknya mentah-mentah.

Ketika ini terjadi mungkin sebagian kita akan panik karena takut induk kucing jatuh sakit sehingga dia tak dapat menyusui anak-anaknya. Jangan panik dulu, cari tahu dulu apa sebenarnya yang menjadi sebab kenapa kucing tak mau makan setelah melahirkan.

Agar kamu dapat tahu apa sih penyebab kucing tak mau makan setelah melahirkan, kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. Baca sampai akhir ya Good Reader !

 

7 Sebab Kucing Tidak Mau Makan Setelah Melahirkan

Setiap makhluk hidup tentunya sangat membutuhkan makanan sebagai sumber energinya untuk melakukan berbagai aktivitas. Hal ini tak terkecuali bagi kucing. Ketika ia lapar pastinya ia akan berusaha mencari atau mendapatkan makanan.

Lalu kenapa induk kucing tak mau makan setelah ia melahir ? Pastinya ada alasan tertentu mengapa induk kucing bersikap demikian. Apa saja alasan mengapa kucing tak mau makan setelah melahirkan adalah sebagai berikut ini.

1. Kemungkinan Kucing Masih Kenyang

Kucing tak mau makan setelah melahirkan mungkin sebab ia baru saja memakan ari-ari atau plasenta yang membungkus anaknya. Setelah memakan ari-ari atau plasenta kemungkinan ia merasa kenyang. Jadi, makanan apa pun yang kita sajikan padanya tak akan membuatnya bernafsu makan.

Jangan takut, sebab kucing makan plasenta adalah hal yang normal  dan tak akan menyebabkan penyakit pada kucing. Biasanya setelah waktu berlalu setengah atau seharian, barulah kucing akan kembali mau makan.

Tetapi jika setelah 24 jam kucing tetap tak mau makan maka kamu mesti waspada. Karena bisa jadi kucing sedang sakit. Segera bawa kucing ke dokter hewan jika kamu merasa kucing sakit.

Tak hanya tak mau makan, setelah melahirkan kucing pun akan mengalami kerontokan bulu-bulunya. Kenapa ini terjadi ? Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.


2. Radang Di Rahim Kucing

Kemungkinan ada radang dalam rahim induk kucing yang membuat kucing merasakan rasa sakit dan tak nyaman setelah melahirkan. Perasaan sakit serta tak nyaman inilah yang membuat induk kucing menjadi tak bernafsu untuk makan apapun.

Ketika kucing mengalami radang rahim, kucing akan lebih merasa nyaman berbaring sembari mengurus anaknya yang baru saja lahir. Radang rahim pada kucing biasanya terjadi akibat pelepasan senyawa kimia di dalam darah pada saat kucing melahirkan.


3. Kucing Memakan Anaknya

Alasan selanjutnya adalah induk kucing baru saja makan anaknya. Itulah  sebabnya kenapa ia merasa tak lapar sama sekali dan tak mau makan. Kucing memakan anaknya sendiri mungkin terdengar kejam tetapi induk kucing memiliki alasan sendiri mengapa ia melakukan hal ini.

Alasannya karena sang induk merasa anak yang baru saja lahir ini cacat dan terlalu lemah sehingga insting hewannya menilai bahwa anak ini tak akan bertahan hidup di alam liar. Itulah sebab mengapa ia memakan anaknya sendiri.

Ada juga alasan lain mengapa kucing makan anaknya sendiri. Alasannya lainnya dapat kamu ketahui dengan membaca di sini.

 

4. Pendarahan Besar

Resiko pendarahan besar saat melahirkan bagi kucing adalah suatu hal yang agak normal. Sewaktu kucing mengalami pendarahan, kotoran yang keluar dari tubuhnya akan memiliki warna coklat kemerah-merahan.

Pendarahan ini juga akan membuat induk kucing tak bertenaga dan tak bernafsu makan untuk beberapa jam setelah ia melahirkan. Tetapi jika kamu merasa bahwa pendarahan pada kucing tak normal dan terlalu berlebihan.

Segeralah bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk di periksa dan di obati.

 

5. Plasenta Bayi Tertinggal

Saat kucing melahirkan biasanya ari atau plasenta kucing akan keluar bersamaan dengan keluarnya bayi kucing. Namun kadang kala plasenta ini tak ikut keluar bersama bayi dan malah tinggal di dalam rahim induk kucing.

Ketika ini terjadi kucing akan malas makan karena merasa tak nyaman dengan kondisi perutnya. Tak hanya itu kondisi ini juga bahaya bila di biarkan. Sebab plasenta yang tertinggal dapat menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang dan penyebab terjadinya radang rahim

Bukan cuma plasenta saja tetapi bayi kucing yang mati pun bisa tinggal dalam perut induk kucing. Lantas cara mengeluarkannya gimana sih. Simak caranya di sini.

 

6. Hipoklasemia

Hipoklasemia merupakan kondisi di mana kalsium dalam darah mengalami penurunan jumlah sesaat setelah kucing melahirkan. Hipoklasemia dapat menjadi pemicu nafas kucing cepat, badan kaku dan juga tremor pada tubuh kucing.

Hipoklasemia adalah salah satu penyebab mengapa sesaat setelah melahirkan kucing tidak mau makan.

 

7. Kucing Mengalami Stress

Kucing pun bisa mengalami stress loh. Ketika kucing merasa stress ia akan terlalu protektif dalam menjaga anaknya yang baru terlahir. Kucing tak akan mau pergi jauh dari anaknya karena ia takut anaknya di mangsa oleh hewan lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus menempatkan makanan untuknya di dekatnya agar ia mau makan.

Selain stress karena takut anaknya di mangsa hewan lain, banyak juga sebab lain mengapa kucing menjadi stress. Ketahui apa saja sebabnya dengan mengklik di sini.

 

Lalu Bagaimanakah Cara Agar Kucing Mau Makan Lagi ?

Lalu bagaimanakah cara supaya kucing yang tadinya tak mau makan sebab baru saja melahirkan akan mau makan lagi. Cukup lakukan beberapa hal di bawah ini supaya kucing kamu yang tak mau makan bisa bernafsu untuk makan kembali 

1. Beri Makan Setelah Setengah Hari Atau Sehari

Seperti yang Anggora telah jelaskan di atas bahwa induk kucing yang baru saja melahirkan biasanya akan memakan ari-ari atau plasenta bayi kucing. Bahkan sang induk tak jarang akan memakan anaknya sendiri bila ia merasa anaknya terlalu lemah.

Ini membuat induk kucing akan kenyang dalam beberapa saat. Biasanya sih induk kucing akan merasa kenyang selama 12 jam atau bahkan seharian. Berilah makan induk kucing setelah lewat kurun waktu tersebut.

Jika induk kucing tak memiliki masalah dengan tubuhnya maka biasanya ia akan mau makan makanan kucing yang kita berikan padanya.


2. Pindahkan Kucing Beserta Anaknya Ke Ruangan Sepi Dan Aman

Kucing yang baru saja melahirkan cenderung overprotektif. Ia tak akan mau meninggalkan anaknya jika ia merasa bahwa kondisi tempat ia dan anaknya berada tak aman dan banyak hewan yang berkeliaran di sekitarnya.

Ini akan membuat kucing menjadi penakut, stress dan mudah khawatir atas keselamatan anak-anaknya. Untuk mengembalikan nafsu makanya, tempatkanlah ia bersama anaknya di ruangan yang kamu rasa aman, sepi dan tak ada hewan lain di dalam ruangan tersebut.

Apakah ada anak kucing kamu yang tiba-tiba mati ? Lihat apa sebabnya dengan mengklik di sini.


3. Letakkan Mangkuk Makanan Dekat Dengan Induk Kucing

Setelah menempatkan kucing di ruangan yang aman dan sepi. Selanjutnya adalah menempatkan mangkuk makanan dekat dengan tempat ia menyusui dan merawat anak anaknya. Ketika sang induk merasa lapar maka dengan sendirinya ia akan menghampiri mangkuk tersebut.

Dan mulai makan dengan lahap seperti biasanya. Oh ya saat kamu menempatkan makanan, jangan lupa juga menyediakan minum di dekat mangkuk makanan ya. Ini kita lakukan agar induk kucing tak mesti pergi jauh-jauh untuk sekedar minuman.


4. Berikan Madu Sebagai Perangsang Nafsu Makan

Berikanlah madu pada induk kucing sebagai penambah energi dan merangsang nafsu makan kucing.  Selain menyehatkan madu sangat baik di berikan pada kucing yang sedang sakit atau tak mau makan sebagai sumber energi tambahan, supplemen serta penambah nafsu makan.

Kuning telur pun memiliki khasiat yang sama dengan madu dan juga banyak khasiat lainnya.Ketahui apa saja khasiat kuning telur dengan membacanya di sini.


5. Beri Kuning Telur Campur Ikan

Jika madu di rasa tak cukup efektif untuk menambah nafsu makan kucing maka kamu dapat menggunakan campuran kuning telur dengan ikan sebagai makanan kucing. Berikan makanan ini setelah 12 jam dari waktu kucing melahirkan.

Biasanya setelah mencium makanan ini, induk kucing yang tadinya tak mau makan akan mulai mau makan kembali. Setelah kucing mau makan kembali, kamu dapat mengganti makanan dengan dry food agar tidak di rasa merepotkan.

 

6. Berikan Vitamin Atau Suplemen

Untuk mempercepat pemulihan kucing setelah melahirkan beri juga vitamin dan suplemen. Kamu dapat membelinya di petshop terdekat atau situs toko online seperti bukalapak, tokopedia dan situs toko online sejenisnya.

Atau jikalau kamu ragu membelinya sendiri maka kamu dapat berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai vitamin dan suplemen apa yang baik bagi kucing kita yang baru saja melahirkan.

Meskipun madu dapat digunakan sebagai penambah energi sekaligus suplemen bagi kucing, memberikan vitamin atau suplemen pada kucing perlu di lakukan untuk mempercepat pemulihan kucing sesudah ia melahirkan.

Baca juga cara memberikan makanan kucing yang benar di sini.

 

7. Paksa Kucing Makan

Melahirkan merupakan aktivitas yang menguras banyak energi dan sangat melelahkan. Belum lagi kucing mesti menyusui anaknya. Karenanya kucing butuh makan untuk mengembalikan energi yang hilang dan memenuhi nutrisi yang di butuhkan oleh tubuhnya.

Ketika kucing tetap saja tak mau makan meskipun telah lewat 12 sampai 24 jam maka mau tak mau kita mesti memberikan makanan kucing secara paksa ke dalam mulut kucing. Sewaktu memberikan makanan kucing secara paksa , gunakanlah makanan yang lunak dan mudah di cerna seperti wet food.

Buka mulut kucing secara paksa dengan menggunakan jempol tangan kiri dan gunakan tangan kanan untuk memasukkan makanan kucing ke dalam mulut kucing. Gunakan spuit untuk memudahkan memasukkan makanan ke dalam mulut kucing.

Setelah makanan masuk ke mulut kucing, tutuplah mulut kucing sebentar agar makanan tak dimuntahkan dan makanan dapat di telan dengan sempurna oleh induk kucing.

 

8. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Cara terakhir ketika tujuh cara di atas tak berhasil adalah membawa kucing untuk berobat ke dokter hewan terdekat yang ada di kotamu. Sebab bisa saja kucing mengalami penyakit yang tergolong parah yang membuat ia tak mau makan atau tak bisa makan.

Cara terakhir ini juga dapat kamu lakukan ketika kamu merasa tujuh cara di atas terlalu merepotkan untuk di terapkan satu persatu. Juga cocok bagi kamu  yang sibuk bekerja dan tak punya banyak waktu luang untuk kucing peliharaan kamu.

Kamu dapat melangkahi beberapa cara di atas dan langsung saja membawa kucing ke dokter hewan.

Bisakah kucing sedih di tinggal majikannya ? Lihat penjelasannya dengan mengklik di sini.

Itulah beberapa sebab kenapa kucing tidak mau makan setelah melahirkan dan cara mengatasinya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam bertindak tepat ketika kucing kamu yang baru saja melahirkan tak mau makan.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

 

Tags : kucing tidak mau makan setelah melahirkan, kenapa kucing tidak mau makan setelah melahirkan, induk kucing tidak mau makan setelah melahirkan, cara mengatasi kucing tidak mau makan setelah melahirkan dan menyusui, cara mengatasi kucing tidak mau makan setelah melahirkan normalkah, penyebab kucing tidak mau makan setelah melahirkan cara mengatasi kucing tidak mau makan setelah melahirkan menurut islam

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url