7 Penyebab Kucing Terkena Toksoplasma

7 Penyebab Kucing Terkena Toksoplasma | Bagi wanita hamil, memelihara kucing tidaklah berbahaya selama kucing tersebut jelas asal usulnya dan bebas toxoplasma ketika di lakukan pemeriksaan tokso di dokter hewan.

 

Penyebab Kucing Terkena Toksoplasma
Ilustrasi Kucing Terkena Toksoplasma

 

Tetapi meskipun kita sudah memastikan kucing sehat serta bebas toksoplasma namun tak jarang tanpa sepengetahuan kita tiba-tiba kucing peliharaan kesayangan kita secara mendadak terjangkit parasit T. Gondi. Hal ini tak jarang terjadi pada beberapa kucing rumahan.

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab mengapa hal ini dapat terjadi. Umumnya kebanyakan penyebab tersebut adalah dari faktor luar. Karena seperti arti namanya, parasit adalah makhluk hidup luar yang bertahan hidup dengan cara menumpang ke makhluk hidup lainnya.

Hanya saja hubungan ini tak bersifat simbiosis mutualisme. Hubungannya malah merugikan inangnya karena parasit menyerap nutrisi dari inang tanpa memberi inangnya manfaat. Bahkan tak jarang parasit ini malah menyebabkan penyakit pada inang yang di hinggapinya.

Lalu apa saja sih penyebab kenapa kucing bisa secara tiba-tiba terjangkit tokspolasma ? Simak penjelasan anggora di bawah ini hingga akhir ya good reader untuk mengetahuinya.


7. Penyebab Kucing Terkena Toksoplasma

Seperti yang anggora telah jelaskan di atas bahwa umumnya penyebab kucing terinfeksi toksoplasma adalah dari faktor luar. Beberapa faktor luar penyebab terjangkitnya kucing oleh toksoplasma antara lain :

1. Kucing Memakan Hewan Yang Terjangkit Tokxoplasma

Memakan hewan yang terjangkit toksoplasma merupakan salah satu penyebab kucing dapat terinfeksi toksoplasma. Biasanya memakan hewan seperti burung, tikus dan hewan pengerat sejenisnya adalah penyebab utamanya.

Sebab hewan-hewan ini makan dari serpihan makanan yang mereka temukan di tanah. Yang kemungkinan makanan tersebut di dalamnya banyak parasit yang hidup. Memakan hewan-hewan ini tak hanya menyebabkan toksoplasma saja.

Juga dapat menimbulkan keracunan makanan, penyakit cacingan dan hidupnya larva lalat botfly yang berbahaya di dalam kulit kucing.

Ketika kucing terkena parasit larva lalat botfly, kamu dapat melihat apa saja tindakan yang mesti kita lakukan, dan bagaimana cara mengatasinya dengan mengklik di sini.


2. Kucing Menginjak Kotoran Hewan Lain

Parasit Toksoplasama gondi juga dapat menyebar melalui kotoran hewan yang terjangkit. Sewaktu kucing berkeliaran di luar rumah, besar kemungkinan kucing secara tak sengaja menginjak kotoran hewan tersebut kemudian kucing pun akan ikut terinfeksi juga.

Infeksi ini tak semata-mata terjadi hanya karena kucing menginjak kotoran. Ini terjadi akibat kotoran tersebut tertelan tanpa sadar oleh kucing ketika ia sedang membersihkan bulu-bulunya dari kotoran dengan cara menjilatinya.


3. Kucing Bersentuhan Atau Berinteraksi Dengan Hewan Lain

Selain dari kotoran yang terinjak. Bersentuhan atau interaksi dengan hewan lain juga dapat membuat kucing terjangkit oleh toksoplasma. Hewan seperti anjing dan kucing liar yang bersentuhan dengan kucing saat mereka sedang bermain ataupun kawin bisa menjadi penyebabnya.

Selain anjing dan kucing liar, hewan seperti tikus, burung dan hewan pengerat lainnya pun dapat menularkan parasit ini. Tak hanya itu kucing rumahan yang terinfeksi juga dapat menyebabkan penularan ke kucing lainnya yang ada dalam satu rumah melalui sentuhan saja.

Sentuhan, tidur bersama, kawin dan saling menjilati satu sama lain umumnya merupakan cara toksoplasma menyebar dari satu kucing ke kucing lainnya yang ada dalam wilayah yang sama.

Bolehkah kucing tidur di perut ibu hamil ? Lihat penjelasannya di sini.


4. Kucing Minum Dari Air Yang Sama

Penyebaran melalui air minum mungkin jarang terjadi tapi tak menutup kemungkinan dapat terjadi. Hewan lain yang sehabis makan hewan yang terjangkit tokso atau baru saja membersihkan tubuhnya dari kotoran hewan yang terjangkit tokso dengan menjilatinya kemudian ia minum.

Sewaktu ia minum, parasit yang tadinya ada di mulut dan lidahnya ini bisa saja kemudian berdiam di air di saat mereka sedang minum. Umumnya penyebaran ini terjadi antar sesama kucing, sesama anjing ataupun kucing dengan anjing bila mereka di biarkan minum di satu tempat yang sama.


5. Kucing Menjilat Hewan Lainnya

Menjilat hewan lain yang telah terinfeksi juga dapat menjadi penyebab kucing terjangkit toksoplasma. Karenanya penting bagi kita untuk mengawasi kucing agar ketika  ia berada di luar rumah ia tak sembarangan bermain dengan hewan liar lain yang ada di sekitar rumah.

Bukan cuma di luar rumah saja, di dalam rumah pun mesti kita awasi dan jauhkan dari kucing atau anjing kita yang masih terinfeksi toksoplasma.

Menjilat tubuhnya secara berlebihan dapat menjadi sebab tumor kulit pada kucing. Baca selengkapnya dengan mengklik di sini.

 

6. Kucing Memakan Makanan Dari Tempat Sampah

Yang namanya makanan yang berada di tempat sampah tentulah tidak baik bagi kesehatan yang memakannya. Baik itu manusia maupun hewan. Karena makanan ini sendiri tentulah sudah menjadi tempat bersarangnya bakteri, parasit yang tak terhitung jumlahnya.

Termasuk salah satunya adalah toksoplasma. Mau itu makanan dari tempat sampah luar ataupun dalam rumah, keduanya tetaplah akan mengancam kesehatan kucing jika mereka memakannya tanpa sepengetahuan kita.

Itulah mengapa tempat sampah di dalam rumah mesti tertutup rapat agar kucing tak sembarangan mengobrak abriknya dan kucing tak boleh di biarkan berkeliaran jauh dari rumah kita.


7. Kucing Memakan Daging Mentah

Seperti yang kita tahu daging mentah di dalamnya terdapat parasit. Parasit ini barulah menghilang ketika daging di masak matang. Ketika kucing memakan daging mentah ia tak hanya akan terkena toksoplasma tetapi juga cacingan dan infeksi salmonella.

Bukan cuma daging mentah saja, kucing pun suka makan ikan. Cari tahu alasan kenapa kucing begitu suka makan ikan di sini.


Bagaimanakah Cara Mengetahui Bahwa Kucing Terinfeksi Toksoplasma ?

Sulit bagi kita yang orang awam untuk membedakan antara kucing yang tak terjangkit ataupun terjangkit toksoplasma.  Karena ciri dari kucing yang terjangkit tokxoplasmosis itu sendiri hampir serupa dengan kucing yang mengalami penyakit lain.

Contoh ciri-cirinya antara lain :

  • Nafsu makan hilang

  • Diare

  • Demam

  • Sering tidur 

  • Tampak lemas

  • Dan lainnya

 

Satu-satunya cara untuk mengetahui secara akurat bahwa kucing benar-benar mengalami toksoplasmosis adalah dengan cara melakukan pemeriksaan ke dokter hewan. Pemerikasaan biasa di lakukan dengan cara memeriksa dari kucing peliharaan kita.

Biaya cek tokso biasanya berkisar antara 300-400 ribuan untuk satu ekor kucing. Tapi biaya ini mungkin berbeda tergantung di daerah mana kita tinggal. 


Lalu Bagaimanakah Cara Agar Kucing Tak Terinfeksi Toksoplasma ?

Sebenarnya cukup mudah bagi kita untuk mencegah kucing agar tak terinfeksi toksoplasma. Cara berikut ini dapat kamu lakukan untuk mencegah kucingmu agar tak terjangkit tokso :

1. Jangan Biarkan Kucing Keluar Rumah

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengurung kucing dalam rumah atau di dalam kandang. Cara ini bertujuan untuk menghindarkan kucing kontak fisik dengan hewan lain, memakan sembarang makanan ataupun menginjak kotoran hewan lain ketika berada di luar rumah.

Cara ini merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah kucing terjangkit toksoplasma.

Rumah kamu di datangi banyak kucing ? Cari tahu apa sebabnya di sini.

 

2. Perhatikan Makanan Kucing

Sebaiknya beri kucing makanan kering ataupun makanan basah instan saja. Makanan ini tergolong aman di konsumsi kucing serta baik untuk kesehatannya, selain itu makanan ini juga tak akan ada parasit toksonya.

Jika kamu bersikeras ingin memberikan kucing daging ikan, ayam dan makanan sejenisnya. Maka pastikan untuk memasaknya terlebih dahulu hingga matang. Masak dalam keadaan tanpa menambahkan bumbu atau rempah-rempah agar aman di konsumsi dan tak menjadi racun bagi kucing.

 

3. Jaga Kebersihan Lingkungan Tempat Kucing Tinggal

Lakukan pembersihan rutin harian pada kandang ataupun ruangan tempat di mana kucing tinggal. Pastikan juga membersihkan litter box setiap harinya dari kotoran dan membersihkan boxnya setiap minggu.

Kucing kamu tak mau buang air besar dan pipis sembarangan. Mengatasinya cukup mudah dengan cara yang ada di sini dan di sini.


4. Mandikan Kucing

Mandikan kucing maksimal 2 minggu sekali atau seminggu sekali. Kemudian keringkan tubuhnya dengan hair dryer atau handuk agar bulunya tak jamuran. Memandikan kucing akan membantu menjaga tubuhnya bersih dari kotoran, bakteri, kutu, kuman serta parasit.


5. Pisahkan Kucing Yang Sakit

Ketika ada salah satu kucing kamu yang terkena toksoplasma maka kucing ini harus di pisahkan dari kucing lainnya sampai ia benar-benar sembuh dari toksoplasmosisnya. Kita mesti melakukan hal ini supaya kucing yang sehat tak tertular juga.

Kucing yang sakit sangat sulit sekali makan. Agar kucing dapat makan dengan mudah, kamu dapat meilhat caranya dengan mengklik di sini.


6. Jangan Biarkan Kucing Memakan Hewan Kecil Di Dalam Rumah

Hewan kecil seperti tikus merupakan salah satu inang parasit toksoplasma. Meskipun kita telah menjaga kebersihan rumah sebersih mungkin, tetap saja kita akan menemukan tikus di dalam rumah. Bukan cuma kita saja sih tapi kucing pun bisa saja menemukannya dan memakannya.

Bila hal ini terjadi sebaiknya segera ambil tikus yang hendak di makan kucing. Kemudian buang ke tempat yang tak dapat terjangkau oleh kucing kita.


7. Jangan Biarkan Kucing Memakan Makanan Dari Tempat Sampah Dalam Rumah

Kadangkala makanan sisa dari tempat sampah menarik perhatian kucing kita. Karenanya untuk menghindarkan kucing tak makan dari tempat sampah, sebaiknya kita memilih tempat sampah yang sulit untuk di obrak-abrik kucing.

Atau mungkin kita dapat mengumpulkan sampah atau sisa makanan yang bisa menarik perhatian kucing dalam plastik kemudian membuangnya langsung ke tempat sampah pinggir jalan ketika kita akan berangkat bekerja ataupun berbelanja.

Berikan makanan kucing terbaik untuk kucing dan sesuaikan dengan budget kamu. Lihat review beberapa merk makanan kucing terkenal dengan mengklik di sini.

Nah itu saja mungkin penjelasan anggora mengenai beberapa penyebab yang membuat kucing terinfeksi toxoplasma dan bagaimana cara mencegahnya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mengetahui apa saja penyebabnya dan melakukan pencegahan dengan mudah.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.


Tags : penyebab kucing terkena toksoplasma, gejala kucing terkena toxoplasma

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url