close

Apa Saja Sih Kelebihan Kucing Ekor Pendek

Kelebihan Kucing Ekor Pendek | Kucing dengan ekor pendek merupakan jenis kucing yang tergolong unik menurut anggora sendiri. Pasalnya kucing-kucing ini memiliki ekor yang sangat pendek dan membulat yang membuatnya terlihat berbeda dengan kucing sejenisnya.

 

Kelebihan Kucing Ekor Pendek
Ilustrasi Kucing Ekor Pendek Sumber  en.wikipedia.org


Keberadaan kucing ekor pendek pun terbilang lebih sedikit ketimbang kucing ekor sedang ataupun ekor panjang. Mau itu kucing ras luar negeri ataupun kucing kampung, keberadaan kucing ini di antara kedua ras ini dapat di hitung dengan hitungan jari.

Seperti di lingkungan tempat saya tinggal yang hanya terdapat 2 ekor kucing yang memiliki ekor pendek, sisanya adalah kucing dengan ekor sedang dan panjang. Mungkin kamu adalah salah satu pemilik kucing yang memiliki kucing dengan ekor pendek atau mungkin kamu baru saja berniat mengadopsi kucing jenis ekor pendek seperti kucing japanese bobtail.


Apa Saja Sih Kelebihan Kucing Ekor Pendek ?

Ekor kucing merupakan salah satu bagian tubuh kucing yang bisa di gunakan untuk mengidentifikasi emosi kucing, sebagai keunikan kucing seperti kucing anggora yang di juluki kucing ekor kemoceng dan sebagainya.

Lantas bagaimana dengan kucing yang memiliki ekor pendek seperti kucing jepang bobtail ? Apa saja fungsi atau kelebihan ekor kucing yang pendek ? Untuk mengetahuinya, simak kelebihan kucing ekor pendek di bawah ini :


1. Lebih Misterius

Seperti yang kita tahu bahwa ekor kucing bisa kita gunakan untuk mendeteksi emosi kucing. Emosi yang biasa di tunjukkan kucing seperti :

  • Kucing senang ia akan mengibas-ibaskan ekornya berulang kali ke kiri dan ke kanan

  • Kucing marah akan mendirikan dan mengembangkan ekornya

  • Kucing yang merasa terganggu saat akan tidur akan menghentakkan sedikit ekornya ke atas dan ke bawa.

  • Kucing yang takut akan sesuatu biasanya akan sama seperti kucing marah hanya saja kucing akan cenderung jalan mundur saat ekornya tegak dan bersikap ketakutan

  • Kucing kedinginan bulu di ekornya akan tampak sedikit mengembang dan kucing akan tidur sambil memeluk ekornya untuk menghangatkan badannya. Mengembangnya ekor mirip dengan naiknya bulu kuduk saat manusia ketakutan atau kedinginan.

 

Terus bagaimana dengan kucing yang ekornya pendek ? Tentunya kita akan kesulitan mengetahui emosinya akibat ekornya yang pendek. Tentunya ini membuat kucing menjadi lebih misterius dan sulit di tebak. Yap seperti si doi yang gak ketebak apa maunya hehehe.

 

2. Berbeda Dari Yang Lain Alias Unik

Kenapa banyak orang luar negeri yang memelihara kucing japanese bob tail ? Tentu saja karena keunikan pada ekornya. Ekor yang pendek membuat si kucing lain dari pada yang lain. Ini lah salah satu alasan mengapa sebagian orang memelihara kucing ekor pendek.

Ini membuat kita berbeda dari yang lain dan lucu juga memelihara kucing ekor pendek yang ekornya hampir terlihat gak ada dan nampak seperti membulat. Kalau kamu memang berniat memelihara kucing ekor pendek seperti kucing jepang bob tail, maka kelebihan ini bisa menjadi salah satu alasan kuat bagi kamu untuk segera mengadopsinya.


3. Terlihat lebih Lucu Dan Mirip Kelinci

Bagi kamu yang sudah terbiasa memelihara kucing dengan ekor sedang ataupun panjang, saat kamu melihat kucing dengan ekor yang pendek maka ia akan terlihat lebih lucu dan beda di matamu. Apalagi saat kucing tengah melompat-lompat di halaman saat ia tengah berburu serangga, sekilas kucing terlihat seperti kelinci

Ini karena ia melompat layaknya kelinci dan memiliki ekor membulat serta pendek seperti kelinci. Coba perhatikan sendiri deh, pasti kamu akan merasakan hal yang sama seperti yang di rasakan oleh Anggora. Oh iya, saya juga setiap kali bertemu kucing ekor pendek, saya senang sekali bercanda dengan berkata ke si kucing, he ekormu kemana kok gak ada ? dimana kau sembunyikan ekormu ?

Saya berkata sambil tersenyum kepada si kucing. Candaan di atas keluar karena saya gemas terhadap si kucing akibat ekornya yang pendek dan lucu.

 

4. Kucing Tak Bisa Di Jahili Ekornya

Mungkin kamu adalah cat lovers yang masih memiliki anak balita atau anak-anak yang masih kecil. Walaupun kita sudah sering menasehati dan melarang anak kita untuk tak menarik ekor kucing karena bisa menyakiti mereka namun kadangkala mereka tetap melakukannya.

Ini mungkin bukan karena mereka berniat jahat, mungkin saja mereka mau menangkap kucing untuk mengelus dan menyayang mereka. Hanya saja yang tertangkap adalah ekor mereka, imbasnya mereka menarik ekor kucing sampai mereka dapat meraih tubuh kucing.

Dengan memelihara kucing yang memiliki ekor pendek, bisa mencegah orang lain ataupun anak kamu secara sengaja ataupun tak sengaja menyakiti kucing dengan menarik ekornya.

 

5. Membantah Teori Ekor Sebagai Penyeimbang

Kamu pastinya sudah pernah membaca tentang fungsi ekor pada kucing. Di sana tertulis bahwa ekor kucing berfungsi sebagai penyeimbang bagi tubuh kucing saat mereka tengah berjalan di jalanan sempit ataupun penyeimbang saat mereka mendarat di permukaan tanah sehabis melompat.

Kucing yang memiliki ekor yang terbilang sangat pendek pun bisa loh melakukan semua hal itu. Mungkin secara logika bila ekor kucing sangat pendek tentunya ini akan sangat berpengaruh bagi keseimbangan kucing saat berjalan menyusuri jalan yang sempit.

Namun ternyata tidak, Anggora sendiri seringkali melihat kucing saya yang ekornya pendek menyusuri pinggiran atap rumah yang sempit dan terjal dengan mudahnya, ia berjalan seolah kondisi tempat ia berjalan tak mengganggunya sama sekali.

 

6. Teman Yang Baik

Kelebihan kucing ekor pendek yang terakhir adalah bisa di jadikan peliharaan dan teman yang baik. Memang semua kucing bisa di jadikan sebagai peliharaaan sekaligus teman yang baik hanya saja kucing ekor pendek bisa di katakan sebagai teman yang unik.

Ini karena bentuk fisiknya, sikap yang tak tertebak, lucu dan pastinya sulit di jahili karena keberadaan ekornya yang cukup pendek.

Mungkin teman kecilmu butuh makanan kucing, berikan saja bolt. Namun sebelum memberinya ke kucing, lihat efek sampingnya dengan mengklik di sini.


Bagaimanakah Cara Memelihara Kucing Berekor Pendek ?

Memelihara kucing dan merawat kucing yang berekor pendek sebenarnya sama saja dengan merawat kucing kampung ataupun kucing ras. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Memvaksin kucing

  • Memberikan makanan kucing yang sehat dan bernutrisi

  • Rutin memandikan kucing minimal sebulan sekali maksimal 2 minggu sekali

  • Rajin menyisir bulu kucing

  • Menyediakan litter box dan minum kucing

  • Rajin membersihkan kandang atau ruangan kucing

  • Rajin berinteraksi dengan kucing ( seperti mengelus, memberlainya serta bermain dengannya )

  • Mengobati kucing saat ia sakit

  • Memberikan susu kucing dan vitamin kucing sebagai tambahan nutrisi dan peningkat imun baginya

  • Dan masih banyak lainnya


Bila kamu masih saja kesulitan merawat kucing, kamu bisa membaca cara mudah merawat kucing dengan mengklik di sini.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kelebihan kucing ekor pendek. Setelah membaca artikel ini mungkin bisa membuat kamu semakin yakin mengadopsi kucing berekor pendek atau jadi berniat mengadopsinya. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya dan ke akun sosial media kamu ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url