close

9 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Minum Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Kucing Tidak Mau Minum | Hampir semua makhluk hidup di muka bumi ini membutuhkan air termasuk kucing. Minum air putih merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi manusia serta kucing. Karenanya penting bagi kedua individu tersebut untuk cukup mengkonsumsi air putih setiap harinya.


Kenapa Kucing Tidak Mau Minum

Ilustrasi Kucing Tidak Mau Minum Di Tempat Minumnya

 

Sebab jikalau kebutuhan konsumsi air putih tak cukup terpenuhi akan mengakibatkan berbagai  gangguan kesehatan seperti dehidrasi, demam, sariawan dan yang paling parah adalah terserang penyakit ginjal. Tentunya sebagai majikan kucing kita tak mau kalau kucing kita sakit hanya karena masalah sepele seperti kurang meminum air putih.

Karena itulah di saat kucing tak mau minum air putih, kita sebisa mungkin mencari tahu mengapa si kucing tidak mau minum sama sekali atau malas minum. Lalu setelah tahu apa penyebabnya, kita bisa mencari solusi yang sesuai agar kucing kembali mau minum seperti biasanya. Lantas apa sajakah sebab kucing gak mau minum sama sekali ? Simak penjelasannya di bawah ini.


9 Sebab Kenapa Kucing Tidak Mau Minum

Sebenarnya bila kita amati dengan baik, kita sendiripun bisa tahu apa alasan kenapa kucing tak mau minum air yang kita sajikan padanya. Anggora sendiri tahu alasan kenapa kucing tidak mau meminum air karena saya rajin mengamati pola dan sikap kucing dan melakukan sedikit eksperimen terhadap air minum kucing.

Dan hasil akhir yang saya dapatkan mengenai penyebab utama kenapa kucing gak mau minum adalah sebagai berikut ini.

 

1.Kucing Tidak Mau Minum Karena Sudah Cukup Minum

Kucing yang sudah cukup minum tentunya tak akan mau minum. Saat kita merasa kucing kita jarang minum atau tak pernah minum padahal sebenarnya kucing sudah banyak minum sesuai yang ia butuhkan untuk memenuhi konsumsi air hariannya.

Tetapi kita tak mengetahuinya karena kita jarang memantau kucing kita akibat sibuk melakukan rutinitas sehari-hari seperti bekerja, mengurus rumah tangga dan sebagainya. Ketidaktahuan kita ini juga terjadi akibat kucing sering keluyuran keluar rumah ( biasanya kucing kampung ), tak jarang kucing yang hobi keluyuran di luar rumah minum air dari sembarang tempat.

 

2. Kucing Sedang Sakit

Yang namanya sedang sakit, apapun yang di suguhkan di hadapan kita akan terasa tak enak ataupun tak ingin kita makan sama sekali. Hal ini juga berlaku kepada kucing. Kucing yang sakit akan cenderung tak mau makan dan tak mau minum. Untuk kasus kucing yang sakit ringan biasanya kucing hanya tak mau makan dan lebih memilih untuk minum saja.

Kucing yang sakit ringan mungkin masih bisa di obati secara mandiri di rumah dengan menggunakan obat-obatan yang bisa kita beli di pet shop terdekat. Obat yang bakal kita berikan kepada kucing mestilah di sesuaikan dengan jenis penyakitnya. Kamu bisa menanyakan ke pemilik toko hewan mengenai saran obat terbaik untuk sakit kucing kita.

Biasanya pemilik toko akan memberikan obat yang sesuai, memberitahukan tata cara pemakaian yang benar. Dan apa yang mesti di lakukan ketika ternyata obat tersebut tak bekerja pada kucing kesayangan kita. Untuk kasus penyakit ringan seperti sariawan, hanya dengan membeli obat di petshop biasanya kucing akan gampang sembuh.

Namun untuk kasus kucing yang sakit berat biasanya ia tak akan mau makan dan minum sama sekali. Pada saat kita merasa yakin bahwa kucing kita sakit berat sebaiknya kita segera membawa kucing ke dokter hewan. Jangan menunda-nundanya atau berusaha mengobatinya sendiri sebab resiko kematian kucing akan sangat tinggi bila tak segera di tangani oleh ahlinya.


3. Air Minumnya Kotor

Hewan lain mungkin bisa kamu berikan air minum yang kotor namun ini tak berlaku untuk kucing. Kucing akan dengan enggan menolak minum air kotor yang kamu berikan atau air minum yang menjadi kotor akibat lupa kamu ganti. Kalau kamu tak percaya, bisa kamu buktikan sendiri sih.

Ini terjadi akibat kucing telah terbiasa minum air putih yang bersih setiap harinya sehingga kucing dapat memilih minuman yang mana yang baik bagi dirinya. Selain itu air putih yang kotor biasanya akan berubah rasa dan bau. Pastinya hal ini menjadi semakin membuat kucing tak akan mau minum air putih itu sama sekali.

Lain cerita kalau air kotor itu adalah bekas air mencuci ikan, ayam, sapi dan sejenisnya. Malahan kucing akan dengan senang hati meminum air ini karena bau air telah berubah akibat telah tercampur dengan bau dari makanan yang di cuci di dalamnya.

Sebagian kamu mungkin berkata bahwa ada juga kucing yang hobi minum air kotor seperti air wc. Perkataan ini benar, namun tahukah kamu bahwa ini akibat kucing merasa bahwa air yang kita berikan tak lebih baik dari air wc, kucing tak menemukan air untuk di minum selain air wc ataupun tanpa sepengetahuan kita kucing terbiasa meminum air wc.

Kucing yang terbiasa meminum air wc sebaiknya kita ubah perilakunya dengan tak membolehkan ia minum di wc dan membiasakan ia minum dengan air bersih yang kita sediakan. Karena seperti yang kita tahu air wc tak sehat, di dalamnya terkandung berbagai bakteri jahat yang bisa menyebabkan penyakit pencernaan seperti diare bila di biarkan sering terkonsumsi oleh kucing.

 

4. Airnya Bau

Air putih yang baunya telah berubah dapat menjadi salah satu alasan kucing tak mau minum. Air putih yang berbau agak menusuk atau busuk tentunya akan membuat indera penciuman kucing merasa bahwa air minum tersebut tak layak untuk di minum.

Bahkan sebab baunya yang sangat tak enak di rasa kucing, kucing akan membuat gerakan menanam kotoran di sekeliling mangkuk tempat air tersebut berada. Gerakan ini biasa di lakukan kucing terhadap benda-benda yang di anggap baunya mirip dengan bau kotoran.


5. Air Terlalu Panas

Jangan memberikan kucing minuman yang terlalu hangat. Hangat ukuran manusia belum tentu sama dengan hangat ukuran kucing. Justru air yang kita anggap hangat malah akan terasa panas di lidah kucing.

Saat kucing meminum air dan merasakan panas ia akan berhenti dan memilih untuk tak minum air putih tersebut dan mencari alternatif minuman lainnya seperti air di bak mandi ataupun air di dalam lubang wc.

 

6. Air Di Tempat Minum Terlalu Sedikit

Sedikitnya air di mangkuk atau tempat minum kucing juga akan membuat kucing malas minum. Mana kala kita merasa air terlalu sedikit, segera tambahilah air di dalam mangkuk maupun tempat minum kucing supaya kucing mau minum dan tak minum sembarangan air.


7. Terlalu Banyak Kucing Yang Minum Dalam Satu Tempat

Ada beberapa kucing yang memiliki sifat enggan sesak-sesakan saat minum. Kucing ini akan lebih memilih menghindari mangkuk minum yang banyak kucing minum di situ. Kucing akan lebih memilih menunggu sampai kondisi mangkuk minum sepi kemudian barulah dia akan minum di sana.

Selain kucing tak mau minum, kucing pun bisa tak mau makan. Apa saja penyebabnya ? Baca dengan mengklik di sini.

 

8. Tempat Air Minum Terlalu Menyusahkan

Pernah tidak kamu melihat kucing lebih memilih minum di ember ketimbang mangkuk minum yang di sediakan atau tak minum sama sekali. Kadangkala ini terjadi pada kucing manapun, baik itu ras ataupun domestik. Ini terjadi pada saat kucing menganggap bahwa posisi mangkuk minum terlalu menyusahkan, sulit di jangkau ataupun terlalu kecil.

Hal ini juga berlaku pada kucing yang menderita arthritis maupun radang sendi. Kucing dengan penyakit ini pun tak akan memilih tempat minum yang menurutnya mudah di jangkau dan tak menyulitkan dirinya.

 

9. Kucing Sedang Birahi

Kucing yang sedang birahi atau ingin kawin cenderung malas makan dan jarang minum. Kucing akan lebih sering mengeong dan bergerak ke sana kemari mencari betina. Untuk kucing yang di biarkan bebas keluar rumah seperti kucing kampung biasanya kucing akan keluyuran seharian di luar rumah serta tak ingat untuk pulang kerumah untuk sekedar makan dan minum.

Ingin tahu apakah kucing kamu sedang birahi atau bukan, lihat ciri-ciri kucing birahi dengan mengklik di sini.

 

Cara Mengatasi Kucing Yang Tak Mau Minum

Beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan agar kucing yang tadinya tidak mau minum sama sekali kini mau minum kembali adalah sebagai berikut :

  • Memberikan susu khusus kucing bagi kucing yang kamu ragu apakah ia benar sudah cukup minum atau tidak

  • Rajin membersihkan mangkuk atau tempat minum kucing

  • Mengganti air minum kucing bila air di rasa telah kotor dan bau serta berubah rasa

  • Memberikan kucing air matang yang tak terlalu hangat

  • Bila kamu memelihara banyak kucing, pastikan menyediakan lebih banyak mangkuk minum

  • Letakkan air minum di posisi yang baik dan mudah di jangkau oleh kucing

  • Untuk kucing yang birahi solusinya hanyalah menghilangkan biarahinya, untuk caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini


Demikian artikel tentang 9 alasan mengapa kucing tak mau minum air putih sama sekali dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya dan ke akun sosial media kamu ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url