close

5 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dry Food

5 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dry Food | Sebagai makhluk hidup, makan adalah sesuatu hal yang wajib di lakukan untuk bertahan hidup dan demi memenuhi nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh makhluk hidup itu sendiri.

 

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan Dry Food
Ilustrasi Kucing Tidak Mau Makan Dry Food

 

Hal ini di lakukan oleh seluruh makhluk hidup di dunia, termasuk kucing. Tetapi ada kalanya kucing tak akan mau makan. Ini membuat kita sebagai pemilik khawatir kalau kucing yang tak mau makan nantinya akan jatuh sakit.

Makanan seperti dry food yang kita sediakan bahkan tak mampu membuat kucing mau makan. Bau makanan dry cat food seolah tak dapat menarik nafsu makan kucing. Kucing hanya mencium aromanya sebentar saja lalu pergi meninggalkan makanan yang telah kita sediakan.

Kenapa kucing tak mau makan dry cat food dan bagaimanakah cara mengatasi kucing yang tidak mau makan dry food  ? Untuk mengetahui jawabannya, lihat penjelasan Anggora di bawah ini sampai akhir ya good reader.


6 Sebab Kucing Tak Mau Makan Dry Food

Sewaktu kucing tak mau makan dry food, sebagai pemilik yang baik kita wajib mencari tahu alasan mengapa kucing tak mau makan dry food yang kita siapkan untuknya. Mencari tahu alasan mengapa ia tak mau makan makanannya nantinya akan berguna bagi kita untuk memberikan solusi yang tepat.

Lantas apa saja alasan atau sebab kucing tak mau makan dry food nya. Berikut ini beberapa penyebabnya :

1. Dry Food Sudah Rusak Atau Kadaluarsa

Makanan yang sudah rusak atau kadaluarsa tak hanya akan berbahaya bagi kesehatan kucing tetapi akan membuat kucing enggan untuk memakannya. Ini karena makanan tersebut biasanya bau ataupun rasanya telah berubah.

Di hidung kucing mungkin baunya tak beraroma harum lagi, rasanya juga kemungkinan berubah. Yang tadinya enak menjadi pahit atau asam ketika kucing mengunyah makanan tersebut. Inilah yang membuat kucing malas memakan makanan tersebut,

Karena itu sebelum memberikan kucing makanan kemasan seperti dry food ataupun wet food, pastikan check terlebih dahulu tanggal expired pada kemasan makanan.


2. Bau Makanan Berubah 

Alasan kenapa kucing tak mau makan dry food selanjutnya adalah bau makanan tersebut telah berubah. Penyebab umumnya adalah akibat kemasan makanan ini tak di tutup rapat ketika sudah di buka.

Akibatnya bau makanan tak lagi harum. Ada juga alasan lain kenapa makanan ini baunya berubah. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa makanan dengan merk yang sama dan varian rasa dan varian umur yang sama tetapi baunya berbeda.

Dari 2 jenis makanan yang sama ini, anehnya kucing saya hanya memilih makanan dari satu kemasan lain. Sementara makanan dari kemasan lainnya ia tak mau memakananya sama sekali padahal merk dan variannya adalah sama.

Baca juga bahaya kucing makan nasi dengan mengklik di sini.

 

3. Kucing Tak Suka Merk Dry Food Tertentu

Mungkin alasan ini mirip-mirip dengan alasan kucing di atas yang tak suka karena bau makanannya berubah. Beberapa kucing ada yang tak menyukai merk dry food tertentu. Entah ini karena rasa makanan, bau makanan, ataupun karena tekstur makanannya yang agak keras.

Atau mungkin karena si kucing sudah terbiasa atau suka dengan makanan dry food merk tertentu. Akibatnya si kucing jadinya tak suka ketika kita mengganti makanannya dengan jenis dry food dari merk makanan yang lainnya.


4. Kucing Sakit

Bukan cuma manusia, kucing pun saat sedang sakit akan kehilangan nafsu makannya. Bahkan meskipun kita memberikan makanan kucing dry food mahal dan bekualitas premium, tetap saja kucing akan menolak untuk memakannya.

Penyakit membuat kucing kehilangan indera penciumannya, sakit saat mengunyah, perut mual dan bahkan sering muntah. Sehingga kucing menjadi malas untuk makan.

Memberi makan kucing yang sakit sangatlah sulit. Namun dengan cara tertentu dapat dengan mudah di lakukan. Lihat caranya di sini

 

5. Kucing Suka Memilih-Milih Makanan

Mungkin bagi sebagian orang alasan ini terdengar konyol namun begitulah kenyataannya. Kucing kamu bisa saja suka merk whiskas tapi tak suka dengan merk yang lainnya ( bolt, markotops, felibite, maxi atau universal, royal cannin ) .

 

6. Kucing Sedang Birahi

Alasan terakhir kenapa kucing tak mau makan dry food adalah kucing sedang birahi. Mau itu kucing jantan ataupun kucing betina keduanya akan jarang makan bahkan tak mau makan dry food sama sekali.

Sewaktu kucing birahi, mereka lebih fokus untuk kawin dengan mengejar-ngejar kucing lawan jenisnya. Bahkan beberapa kucing jantan yang di biarkan bebas berkeliaran tak akan pulang berhari-hari .  Ia baru pulang ketika ia sudah selesai kawin.

Cari tahu apakah kucing kamu sedang birahi atau bukan dengan mengklik di sini.


Lalu Bagaimanakah Cara Mengatasinya ?

Cara mengatasi kucing yang gak mau makan dry food mudah saja kok. Kamu bisa mengatasinya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini :

1. Cobalah Mengganti Makanan

Cobalah ganti dry cat food dengan yang baru. Cara ini kadangkala berhasil untuk beberapa kucing. Tetapi bila ternyata tak berhasil juga, cobalah ganti varian rasa atau bahkan merk makanan kucing. Dengan menerapkan tips pertama ini biasanya kucing akan kembali mau makan.

 

2. Stop Memberikan Cemilan Terlalu Banyak

Memberikan cemilan terlalu banyak bisa saja membuat kucing tak lagi mau makan. Karena si kucing sudah merasa kenyang, ini membuat ia tak lagi bernafsu untuk memakan dry food yang kita berikan padanya.

Memberikan cemilan ke kucing boleh saja, hanya saja berilah secukupnya saja jangan terlalu berlebihan. Atur juga porsi cemilan dan makanan yang kamu berikan, agar kucing sehat dan tak mengalami obesitas ( kegemukan ).

Juga jangan berikan kucing coklat sebagai cemilan karena ini berbahaya bagi kucing. Lihat bahaya kucing makan coklat di sini.

 

3. Campur Dry Food Dengan Wet Food

Jika cara di atas tak berhasil maka cara selanjutnya adalah dengan mencampurkan dry food dengan wet food. Pencampuran makanan ini akan membuat makanan yang di sajikan terasa baru bagi kucing. Campuran aroma yang unik dari kedua jenis makanan juga dapat menarik perhatian kucing.

Kucing yang penasaran akan mencoba makanan ini. Ketika ia menyukainya, kucing akan makan dengan lahap dan akan terus memakannya hingga tak ada makanan yang tersisa di dalam mangkuk makan kucing.


4. Campur Dry Food Dengan Makanan Lain

Mungkin kucing kamu bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Karenanya kamu perlu sedikit variasi. Cobalah campur cat food dengan makanan lain seperti ikan sungai, ikan laut, ayam, sapi, kuning telur dan sejenisnya.

Dengan makanan yang bervariasi ini tentunya akan membuat nafsu makan kucing kembali. Kucing pun akan kembali mau makan dry food yang kita sediakan dengan lahap. Cara keempat ini biasanya cukup efektif untuk membuat kucing mau memakan dry food lagi.

Lihat beberapa manfaat pemberian kuning telur pada kucing dengan mengklik di sini.

 

5. Membawa Kucing Ke Dokter Hewan

Cara yang terakhir yang dapat kamu lakukan bila seluruh cara di atas gagal adalah membawa kucing ke dokter hewan karena mungkin saja kucing kamu sedang sakit.  Dokter akan memeriksa penyakit kucing, meresepkan obat serta vitamin dan memberi tahu cara perawatan yang tepat untuk kucing.

Setelah kucing mengkonsumsi obat, lambat laun kucing akan sehat dan lama kelamaan nafsu makannya yang tadinya hilang akan kembali. 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai penyebab mengapa kucing tidak mau makan dry cat food dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu menyelesaikan masalah makan kucing kamu, menambah wawasan kamu dan bermanfaat bagi kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun akun sosial media milik kamu jika kamu merasa artikel ini bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url