close

8 Sebab Kucing Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Kucing Mengeluarkan Bau Tak Sedap | Kucing merupakan hewan yang sangat amat menyukai kebersihan. Dalam agama islam sendiri, kucing di anggap hewan yang suci karena hobinya yang suka bersih-bersih diri. Karenanya jika kucing mengeluarkan bau yang tak enak atau sedap di cium, pasti ada sesuatu yang salah pada si kucing.

 

Kucing Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Ilustrasi Kucing Yang Mengeluarkan Bau Tak Sedap


Saat kucing memiliki suatu masalah yang berkaitan dengan kesehatannya, biasanya kucing akan berhenti membersihkan dirinya. Tak hanya itu, perubahan sikap dan perilaku juga menyertai kondisi ini. Kucing yang tadinya aktif dan riang, akan berubah menjadi pendiam dan pemalas serta gak mau makan.

Tubuhnya yang semula gemuk pun lambat laun akan mengurus dan badannya menjadi bau busuk. Perubahan juga terjadi pada bulu kucing yang tadinya cerah dan bersih berganti menjadi kusam dan kotor. Lalu apa saja sih yang menyebabkan kucing mengeluarkan bau tak sedap ? Kamu bisa mengetahuinya dengan menyimak pembahasan Anggora di bawah ini.

 

8 Sebab Kucing Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Kucing yang mengeluarkan bau tak sedap biasanya memiliki masalah kesehatan tertentu. Masalah yang mungkin menjadi penyebab mengapa kucing baunya busuk antara lain :


1. Stomatitis

Di saat kucing mengeluarkan air liur kental atau ludah berlebih dari mulutnya bisa menjadi pertanda kucing kita menderita stomatitis. Pada awalnya air liur ini tak berbau. Tapi lama kelamaan baunya berubah menjadi tak sedap dan tak enak di cium. Di tambah lagi bila kucing menjilati tubuhnya, baunya pasti akan menyebar dan membuat keseluruhan tubuh kucing menjadi sangat bau. 

 

2. Sakit Gigi

Sakit gigi juga akan membuat kucing berbau tak sedap. Sama seperti gejala stomatitis diatas, kucing yang mengalami sakit gigi juga akan mengeluarkan air liur yang berlebih yang lama kelamaan akan berubah menjadi air liur yang bau.

 

3. Sakit Gusi

Umumnya yang satu ini jarang di derita oleh kucing yang di beri makanan wet food dan dry food seperti bolt, whiskas, maxi dan lainnya. Kondisi ini lebih sering di derita oleh kucing kampung. Berdasarkan pengalaman Anggora, penyebab umum kenapa gusi kucing bisa bengkak dan meradang ialah karena kucing memakan sesuatu yang tajam dan keras.

Benda ini  lalu nyangkut dan melukai gusi sehingga gusi meradang. Ini biasa terjadi saat kita memberikan kepada kucing tulang ikan, tulang ayam, kulit kepiting. Kucing yang tak mampu mengunyah duri tulang, menyebabkan duri tulang tersangkut atau melukai gusi. Kebanyakan pemilik kucing tak sadar bahwa gusi kucingnya bermasalah.

Hingga lama kelamaan kucing yang gusinya meradang mengeluarkan ludah yang banyak. Dan umumnya ini sering di lakukan para pemilik kucing domestik alias kucing kampung. Untuk mengatasi hal ini perlu pemberian obat meradang dan pencabutan tulang ataupun duri yang menempel pada gusi.

 

4. Langit-Langit Mulut Kucing Bermasalah

Masalah pada langit langit mulut kucing dapat juga membuat kucing mengeluarkan bau tak sedap dari mulutnya. Sama seperti sakit gusi, masalah ini juga seringkali di sebabkan tulang dan duri yang menyangkut di langit-langit mulut kucing. Pernah dulu kucing saya yang awalnya sehat saja tiba-tiba esoknya mulutnya berliur banyak dan bau sangat.

Awalnya saya kira kucing keracunan atau di racun tikus orang. Namun saya curiga bahwa ini bukanlah keracunan karena saat kucing makan ia kelihatan sulit mencerna makanan. Lalu saya pun berisiniatif memeriksa bagian dalam mulut kucing dengan bantuan ibu saya untuk membuka mulutnya. Alhasil di langit-langit mulut kucing ada semacam tulang persegi tersangkut.

Dengan menggunakan tangan, saya berusaha menarik dan mencabut tulang yang nyangkut. Akhirnya tulang pun berhasil di angkat. Keesokan harinya mulut kucing tak lagi mengeluarkan liur yang bau dan ia pun kembali sehat.

Oh iya jika kamu mengalami situasi yang sama seperti ini dan kesulitan mencabutnya maka tak ada salahnya meminta bantuan dokter hewan.


5. Radang Tenggorokan

Kucing mengeluarkan bau tak sedap juga bisa akibat adanya radang tenggorokan. Bila kucing tak lemas, kejang-kejang seperti tanda keracunan serta tak di temukan masalah pada gigi, mulut maupun gusi kucing.

Maka kecurigaan bisa di arahkan ke radang tenggorokan. Dan bila kita yakin bahwa ini benar karena adanya radang maka sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan lanjutan.


6. Sariawan

Mulut bau pada kucing kadang kala terjadi sebab kucing sedang sariwan. Ciri-ciri kucing yang sedang sariawan adalah sebagai berikut :

  • Air liur sedikit

  • Sering menelan

  • Tidak nafsu makan hanya mau minum saja

  • Mulut Kucing Bau

  • Sering mencakar mulut

  • Gusi terlihat lebih memerah 

  • Kurus dan bulu-bulunya kusut

  • Lebih sering menggertakkan gigi


7. Kucing Mencret

Masalah mencret pada kucing merupakan salah satu penyebab kenapa kucing buang air besar sembarangan. Tak hanya itu ketika kucing mengalami mencret biasanya tubuh dan mulut kucing akan tercium bau yang tidak sedap. Ini akibat kucing menjilat sisa mencret dan menjilati tubuhnya yang menyebabkan mulut dan seluruh badannya berbau busuk.

Kucing yang mencret juga akan menjadi lebih sibuk menjilati pantatnya dan malas makan. Hal ini akan memperburuk kondisi kucing yang membuat kucing semakin sakit dan malas membersihkan tubuhnya. Saat kondisi kucing semakin parah, mulutnya dan tubuhnya akan sangat amat bau. Hal ini juga bisa mengancam nyawa kucing jika tak ada penanganan khusus yang segera di berikan.

 

8. Kucing Keracunan

Kucing yang keracunan pun bisa mengeluarkan bau yang tak enak di cium. Kucing dengan gejala keracunan ringan akan mengeluarkan busa dan bau aneh pada mulutnya. Sementara jika kucing keracunan parah biasanya kucing akan mengalami kejang-kejang, mulut mengeluarkan banyak busa dan kucing kesulitan berdiri atau hanya bisa berbaring saja.


Saat Kucing Mengeluarkan Bau Tak Sedap Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Pertama cari tahulah mana dari 8 sebab di atas yang membuat kucing mengeluarkan bau tak sedap. Bila penyebab kucing mengeluarkan bau tak sedap adalah karena meradang dan adanya tulang yang tersangkut. Kita bisa melakukan penanganan mandiri di rumah dengan mencabut tulang ataupun duri yang tersangkut kemudian memberikan obat anti radang.

Untuk mengatasi kucing keracunan ringan bisa kamu atasi dengan susu beruang atau kelapa muda. Caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.

Bila penyebab kucing bau adalah karena keracunan berat, mencret, radang tenggorokan maupun penyakit parah. Ada baiknya kita membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.


Demikian pembahasan mengenai sebab kucing mengeluarkan bau tak sedap. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnnya dan sosial media kamu ya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url