close

5 Cara Memijat Kaki Kucing Yang Sakit

5 Cara Memijat Kaki Kucing Yang Sakit Dengan Benar | Tentu saja sebagai pecinta kucing kita ingin kucing kesayangan kita riang dan sehat selalu. Tapi yang kita pikirkan tak selalu seperti apa yang kita harapkan. Ada saat di mana kita akan mendapati kucing kita kakinya tampak sakit dan pincang

 

Cara Memijat Kaki Kucing Yang Sakit
Ilustrasi Cara Memijat Kaki Kucing Yang Sakit id.wikihow.com

 

Mungkin di saat kucing kita kakinya sakit atau tampak pincang, sebagian dari kita mungkin berpikir, bisakah kaki kucing yang sakit di pijat ? Sebenarnya bisa saja namun ada beberapa hal yang kita mesti perhatikan sebelum melakukan pijat ke kucing.

Lalu bagaimanakah cara memijat yang baik pada kaki kucing yang sakit dan apa saja yang mesti di perhatikan sebelum mulai memijat kucing ? Simak penjelasan Anggora baik-baik pada artikel di bawah ini. Simak sampai akhir. 


7 Hal Yang Harus Di perhatikan Sebelum Memijat Kaki Kucing

Sebelum memulai memijat, beberapa hal di bawah ini mesti kamu perhatikan agar nantinya kucing yang kakinya sedang sakit bisa segera sembuh dan kondisinya tak semakin parah. 7 hal tersebut antara lain :

1. Cek Kaki Kucing Terlebih Dahulu

Langkah pertama sebelum mulai memijat kaki kucing adalah dengan mengechek atau memeriksa terlebih dahulu kaki kucing. Karena kadangkala kaki kucing yang sakit ataupun pincang bisa jadi karena adanya benda tajam yang menempel sekaligus melukai kaki kucing.

Selain itu juga bisa di sebabkan karena adanya luka pada tapak kaki kucing, jari-jarinya ataupun sela-sela di antara jari-jari kucing. Kalau sudah di cek dan ternyata ada benda tajam maka sebaiknya singkirkan dari kaki kucing dan apabila ada luka segera obati. Jangan melakukan pemijatan pada kaki kucing yang terluka. 

Kucing yang kakinya lemah bisa jadi akibat keracunan. Lihat pertanda kucing terkena racun dengan mengklik di sini.

 

2. Kucing Cedera Ringan

Pastikan kucing yang akan kamu pijat adalah kucing yang kakinya cedera ringan dan cedera ini adalah akibat karena ia jatuh atau cidera saat bermain. Bisa juga kaki cedera akibat kakinya tak sengaja kamu injak.

Intinya kaki yang boleh kamu pijit adalah kaki kucing yang cederanya ringan. Bila kondisi cedera parah sebaiknya jangan memijatnya.

 

3. Jangan Memijat Kaki Kucing Yang Habis Ketabrak

Ada waktu di mana kamu mungkin melihat kaki kucing kamu pincang saat ia masuk ke dalam rumah. Jangan buru-buru untuk memijat kakinya. Pastikan dulu apa penyebab utama kenapa kakinya demikian. Bisa jadi si kucing baru saja ketabrak mobil atau sepeda motor.

Untuk kasus kucing yang baru saja ketabrak, memijat kaki kucing hanya akan menambah rasa sakit pada kakinya. Tak hanya itu memijat kakinya bisa amenyebabkan kondisi tulang bagian dalam semakin parah akibat bergesernya tulang yang patah dan melukai bagian dalam kaki.

Cidera syaraf dan pembengkakan semakin parah pun dapat terjadi akibat bila kita tetap memaksa memijat kaki kucing karena kita merasa ini bisa meringankan dan menyembuhkan kakinya.

Bagaimana hukum menabrak kucing karena tak sengaja dalam pandangan islam ? Simak penjelasannya di sini.


4. Hindari Memijat Kaki Kucing Yang Cideranya Parah

Bila kaki kucing yang akan kamu pijat cukup parah sampai kondisi kakinya membengkak, sebaiknya jangan memijatnya. Karena salah memijat bisa membuat kakinya semakin membengkak. Kecuali kalau kamu memang sudah ahli dan terbiasa menangani hal ini maka tak masalah untuk memijat kakinya.


5. Jangan Memijat Kaki Kucing Yang Di Pukul Atau Di lempar Batu 

Orang yang tak bertanggung jawab dan senang melakukan tindak kekerasan ke hewan akan kita temui di manapun, bahkan bisa saja orang tersebut adalah tetangga kita sendiri. Ketika kucing peliharaan kamu baru saja di lempar atau di pukul oleh orang yang tak bertanggung jawab, janganlah memijat kaki kucing.

Karena bisa saja setelah terkena benda tumpul secara keras kaki kucing akan bengkak dan tulang retak. Memijat kaki kucing dalam kondisi ini hanya akan membuat kucing merasakan sakit dan lebih menderita.

Kucing yang mengalami trauma akibat di pukul di kepala bisa menyebabkan matanya tertutup sebagian oleh selaput putih. Baca penjelasan selengkapnya di sini.


6. Hentikan Pemijatan Bila Kucing Merasa Tak Nyaman Dan Meronta Ronta

Sewaktu kamu memijat kaki kucing dan kucingmu meronta-ronta dengan parah dan mengeong-ngeong seolah ia tak nyaman di pijat, sebaiknya hentikan pemijatan. Karena saat kamu memegang kaki kucing dengan kuat saat memijatnya kemudian ia meronta, ini malah bisa menyebabkan kaki kucing semakin cedera serta kondisi kaki kucing semakin sakit.

Sebaliknya, ketika kucing merasa nyaman saat di pijat bahkan sampai tertidur maka kamu boleh melanjutkannya hingga kamu merasa pemijatan kaki kucing untuk hari ini sudah cukup.


7. Pastikan Kaki Yang Sakit Bukanlah Karena Penyakit Atau Luka

Memijat kaki yang sakit karena penyakit ataupun luka tak akan memberikan hasil yang baik bagi kucing. Yang ada kucing malah justru semakin menderita karena merasakan sakit. Beberapa jenis penyakit bisa menyebabkan kaki kucing lemah dan jalannya menjadi sempoyongan.

Apa saja penyebab kaki kucing lemah dan berjalanan sempoyongan ? Untuk mengetahuinya kamu dapat membacanya di sini dan di sini.


5 Cara Memijat Kaki Kucing Yang Sakit Dengan Benar

Memijat kaki kucing sebenarnya cukup mudah dan mirip dengan cara memijat kaki manusia. Berikut ini adalah bagaimana kamu bisa memijat  kucing

1. Pijat Telapak Kaki Dan Punggung Kaki Kucing

Lakukan pemijatan ringan pada telapak kaki bawah dan punggung kaki kucing. Pijat secara perlahan dan pelan-pelan saja. Kamu dapat memilih mulai memijat dari telapak kaki ataupun punggung kaki kucing. Lakukan selama 5 menitan saja.

Saat kucing sakit seringkali kucing akan malas makan. Cari tahu cara memberikan makanan ke kucing yang sakit dengan mengklik di sini.


2. Pijat Seluruh Kaki Kucing Dari Kaki Bawah Hingga Paha Atas

Pijat seluruh bagian kaki kucing secara perlahan-perlahan dan lakukan pijatan ringan saja. Saat kamu memijat kaki kucing perhatikan reaksi kucing. Ketika kucing marah dan merasa tak nyaman sebaiknya pemijatan di hentikan.

Tetapi bila kucing merasa tak terganggu, keenakan bahkan sampai tertidur maka pemijatan bisa di lanjutkan hingga 5 menitan.


3. Tarik Dan Dorong Kaki Kucing

Tariklah kaki kucing sampai posisinya lurus kemudian doronglah hingga kakinya menekuk sempurna. Gerakan ini bisa merileksasi kaki kucing dan mengendorkan urat syaraf pada kaki kucing. 

Kucing yang kakinya sakit pun bisa di sebabkan karena adanya larva di kaki. Lihat penjelasan selengkapnya di sini.

 

4. Dorong Telapak Kaki Kucing Ke Atas Dan Ke bawah

Gerakan selanjutnya yakni mendorong telapak kaki kucing ke atas dan ke bawah.  Fungsi gerakan ini sama saja dengan fungsi gerakan tarik dan dorong kaki kucing. Hanya saja yang membedakan adalah bagian tubuh yang di pegang adalah telapak kaki kucing.


5. Pijat Jari-Jari Kucing

Cara memijat jari-jari kucing cukup mudah, cukup pijat di bagian jari-jarinya secara lembut. Bagian yang saya suka dari yang satu ini adalah di waktu kita memijat jarinya, kuku mungilnya akan keluar secara otomatis.

Saat memijat jari kucing kamu juga dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memotong kuku kucing dengan alat potong kuku khusus kucing untuk memudahkan pemotongannya dan agar pemotongan berlangsung aman.

Penleukopenia juga merupakan salah satu penyebab kaki kucing seolah melemah dan tampak sakit. Lihat cara mengobati panleukopenia di sini.

 

Manfaat Memijat Kaki Kucing

Untuk manfaat memijat kaki kucing sendiri saya rasa manfaatnya tak beda jauh sih dengan manfaat memijat kaki manusia. Manfaatnya apa saja sih ? Lihat manfaatnya di bawah ini :

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sama halnya dengan manusia, memijat kaki kucing juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada kaki kucing. Pijatan pada kaki kucing akan melancarkan aliran darah dan membuat kaki kucing semakin sehat.

Kucing kamu sakit panas ? Baca cara mengatasinya di sini.


2. Mempercepat Kesembuhan Cidera Ringan

Proses penyembuhan kaki kucing yang mengalami cedera ringan dapat di percepat dengan melakukan pemijatan. Namun jangan coba melakukan pemijatan pada cidera yang serius ya karena bisa berbahaya dan membuat kaki kucing kondisinya semakin parah.


3. Baik Bagi Syaraf Dan Otot Kucing

Pemijatan pada kaki kucing sangat baik bagi otot serta saraf kucing. Pemijatan ini mampu mengendurkan urat saraf dan merileksasikan otot kaki kucing yang mengalami kelelahan dan tegang.

Selain cara memijat kucing yang kakinya sakit, kamu mungkin tertarik membaca cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter. Kamu bisa membacanya di sini.


4. Memberikan Rasa Nyaman

Biasanya kucing yang kakinya di pijat bila ia merasakan pijatan itu membuat kondisi kakinya semakin baik maka ia akan merasa sangat nyaman. Bahkan sampai-sampai kucing bisa ketiduran karena pijatannya terlalu enak.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai bagaimana cara memijat kaki kucing yang sakit dengan benar, apa saja yang mesti di perhatikan sebelum melakukan pemijatan dan apa manfaat dari memijat kaki kucing.

Dengan adanya artikel ini semoga kamu bisa mengambil tindakan yang tepat dan terbaik untuk kucingmu yang kakinya sedang sakit, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url