7 Cara Menurunkan Panas Pada Kucing

Cara Menurunkan Panas Pada Kucing | Kucing sama saja dengan manusia, mereka pun bisa terkena serangan demam panas. Karenanya kita sebagai pemilik perlu sigap bilamana hal ini terjadi. Saat demam menyerang kucing, banyak cara yang dapat kita lakukan dalam upaya menurunkan demam panas pada kucing.

 

Cara Menurunkan Panas Pada Kucing
Ilustrasi Kucing Yang Sedang Sakit Panas Dan Demam Pada Kucing

 

Cara Menurunkan Panas Pada Kucing

Lantas bagaimanakah cara menurunkan panas dan demam pada kucing ? Caranya bisa kamu temukan di sini karena kebetulan pada artikel kali ini Anggora akan membahas gimana sih cara mengobatai panas ataupun demam pada kucing kesayangan kita. Berikut cara mengobati serta menurunkan panas demam kucing versi Anggora :  

 

1. Bawa Kucing Ke Dokter Hewan

Cara pertama ini merupakan cara yang paling ampuh dan efektif mengobati kucing yang panas tinggi atau demam. Ketika kucing sedang sakit apapun, saya selalu menyarankan sebaiknya kucing di bawa ke dokter hewan.

Soalnya tindakan ini akan meningkatkan persentase kesembuhan kucing dan kita lebih akan merasa aman dan nyaman saat kucing sakit di tangani oleh dokter hewan yang memang pakar di bidang kesehatan hewan. 

Untuk biaya pengobatan kucing demam atau panas tinggi sendiri tak terlalu mahal, paling sekitar 50 hingga 80 ribuan. Dan itu sudah termasuk obat, kalau ada tambahan suntikan mungkin biayanya akan sedikit bertambah.

 

2. Beli Obat Panas Demam Khusus Kucing

Cara kedua yakni membeli obat demam panas kucing di petshop atau toko online. Kamu bisa membeli obat demam seperti catydoll, stop fever dan produk obat demam kucing lainnya. Nah untuk harga obat kucing ini sendiri sekitar 25.000 ribuan di tempat saya tinggal.

Mungkin harganya bisa jadi lebih murah bagi kamu yang berdomisili di kota besar seperti jakarta, medan, surabaya atau lainnya. Bisa sekitar 20.000 ribuan atau bahkan hanya 15.000 an saja. Untuk cara pemakaian obat bisa kamu lihat di kemasan produk.

Biasanya dosisnya kucing berat 800gr adalah dua tetes di berikan setiap 3 kali sehari. Untuk kucing berat di atas 1-2 kg adalah 4 tetes di berikan setiap 3 kali sehari. Dan kucing besar adalah 6 tetes di berikan setiap 3 kali sehari.

 

3. Beri Banyak Air Minum

Demam dan panas tinggi pada manusia bisa di akibatkan oleh dehidrasi. Hal ini juga berlaku pada kucing. Dehidrasi adalah kurangnya cairan yang masuk dalam tubuh. Biasanya penyebab sakit panas tinggi pada kucing selain karena kehujanan adalah karena kucing kurang minum atau malas minum. Berikan kucing minum menggunakan spuit.

Berikan setiap satu atau dua jam sekali pada kucing dengan takaran secukupnya saja. Bila kucing ternyata dehidrasi karena diare, kamu bisa memberikan larutan elektrolit atau Gatorade. Gunakan perbandingan 1:4 untuk Gatorade dan air.

 

4. Hangatkan Tubuh Kucing

Demam biasa terjadi ketika kucing bermain diluar atau keluyuran disaat hujan turun dengan lebat. Inilah penyebab utama kenapa tubuh kucing demam panas tinggi. Menempatkan kucing di tempat yang hangat dan mengkompress kepalanya dengan kain lap yaang telah di basahi air di percaya mampu menurunkan panas pada kucing.

Ruangan hangat mampu membuat tubuh kucing tetap hangat sementara kain basah akan mendinginkan kepala kucing yang panas.


5. Berikan Madu

Kandungan propolis pada madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh. Beberapa manfaat propolis dalam madu mampu mengobati :

  • Batuk

  • Demam

  • Diare

  • Muntah

  • Menyembuhkan mata kucing berair

  • Menyembuhkan luka

  • Penyakit kulit


Bila kamu ingin mengobati kucingmu dengan madu, pastikan kamu menggunakan madu asli dan mengandung propolis. Jangan yang pake pemanis. Penggunaan madu asli plus propolis akan mempercepat penyembuhan kucing yang sakit panas demam. Lalu bagaimana cara memberikan madu sebagai obat ke kucing yang sakit ? 

Caranya cukup mudah, siapkan spuit ( suntik tanpa jarum ). Campurkan madu dengan air minum dengan perbandingan 1 tetes madu dengan 1/2 sendok makan air minum. Intinya di sini kita mencampurkan madu dengan air agar madu menjadi cair dan tak terlalu kental sehingga mudah di berikan ke kucing.

Berikan 2 kali sehari ke kucing dewasa dan 2 kali sehari ke anak kucing dengan takaran secukupnya saja ( seperempat sendok makan atau setengahnya, sesuaikan dengan umur dan besar tubuh anak kucing ).

 

6. Berikan Makanan Kucing Khusus Kucing Sakit

Selama proses penyembuhan kucing, kamu bisa memberikan makanan kucing khusus kucing sakit. Biasanya makanan jenis ini mengandung banyak nutrisi yang sangat di butuhkan kucing sakit dan sangat baik di berikan ke kucing yang sedang sakit panas. Banyak Merk makanan kucing yang mengeluarkan produk makanan khusus kucing sakit.

Seperti royal canin dengan recovery cat foodnya, happy cat vet recovery,  Nature bridge recovery  dan produk sejenisnya yang banyak di jual di petshop ataupun toko online.

 

7. Berikan Multivitamin dan suplemen

Dalam masa penyembuhan berilah kucing multivitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Saat daya tahan tubuh kuat maka ia akan bisa melawan berbagai penyakit yang di akibatkan oleh virus, bakteri dan lainnnya. Bahkan demam sekalipun bisa dengan mudah sembuh bila si kucing punya daya tahan ( imun ) yang kuat.

Ada kasus di mana salah satu kucing saya yang mengalami demam. Karena hobinya keluyuran dan jarang pulang seperti bang toyib, saya jadi tak sempat sama sekali memberikannya obat demam. Namun anehnya setelah 3 hari kemudian kucing ini pun pulang dan dia sembuh seratus persen dari demamnya.

Kesimpulan saya bahwa kucing ini punya daya tahan tubuh yang kuat jadinya dia bisa sembuh sendiri tanpa di obati tuannya. Oh iya untuk mengechek apakah kucing demam atau panas tinggi atau tidak saya biasa memegang telinga bagian dalam kucing untuk mengechecknya. Bila telinga kucing sangat panas itu berarti kucing sedang demam.

 

Mungkin sekian saja pembahasan mengenai bagaimana cara menurunkan demam atau panas pada kucing. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya pada kerabat ataupun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url