6 Sebab Kenapa Kucing Pipis Sembarangan Dan Cara Mengatasinya

Kenapa Kucing Pipis Sembarangan | Saat kucing kamu kencing sembarangan jangan marah-marah saja, karena ini tak akan sedikit pun mengatasi masalah kucing kencing sembarangan. Sebaiknya kita mesti cari tahu dahulu apa saja penyebab mengapa kucing pipis sembarangan dan bagaimana cara mengatasi kucing yang pipis atau kencing sembarangan


Kenapa Kucing Pipis Sembarangan
Ilustrasi Kucing Pipis Sembarangan

Bukannya karena kucing sering pipis di sembarang tempat, kita menjadi benci dan hendak menelantarkan ataupun membuang kucing kesayangan kita. Perlu kamu tahu jika kamu melakukan ini kelak di masa depan kamu akan di hadapkan dengan rasa penyesalan akibat membuang kucing sebab ia pipis sembarangan.

Seperti yang kita tahu memelihara kucing tentunya membuat kita merasakan dampak positif tersendiri. Seperti kucing yang kadangkala membuat kita tertawa, menemani kita di kala merasakan kesedihan serta kesepian, teman yang selalu ada di sekitar kita ketika susah dan senang dan berbagai manfaat positif lainnya.

Anggora memperingati kamu supaya tak bertindak sembarangan. Karena dahulu saya sempat membuat salah satu kucing kampung saya selalu di luar rumah dan tak membolehkannya masuk kecuali saat makan dan minum. Ini di lakukan karena kucing suka pipis sembarangan dan waktu itu saya masih awam di dunia perkucingan.

Seminggu setelah tindakan ini, kucing kampung tersebut hilang dan tak kunjung kembali walau hanya sekedar minta makan dan minum. Setelah itu timbullah penyesalan dan inilah alasan mengapa saya menyarankan untuk memakai kepala dingin dan mencari tahu penyebab serta cara mengatasi kucing yang senang pipis sembarangan. Agar nantinya kamu tak menyesal seperti saya dahulu.


6 Sebab Dan Alasan Kenapa Kucing Suka Pipis Sembarangan

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kenapa kucing kita menjadi lebih suka pipis pada sembarang tempat. Menurut Anggora sendiri, beberapa sebab utama kucing kencing sembarangan yakni :

1. Kucing Sedang Sakit

Ketika kucing sedang sakit, mereka cenderung akan buang air kecil sembarangan. Ini akibat kondisi tubuh mereka sedang sakit akibatnya mereka malas ataupun lelah untuk bergerak. Kucing yang sakit biasanya akan kencing atau pipis dengan hanya bergerak sediki saja dari tempat ia sering tidur.

Bahkan jika kondisi sakit kucing sangat parah, kucing bisa kencing di tempat di mana ia tengah duduk atau berbaring.  Ini tak terbatas hanya sebab masalah penyakit batu ginjal, infeksi saluran kemih, atau pencernaan. Penyakit seperti sesak nafas atau asma, panleukopenia, keracunan dan penyakit lainnya pun bisa menyebabkan kucing pipis sembarangan.

Saya sering menangani hewan yang "tak sakit atau mengalami masalah organ eksresi" namun kucing-kucing yang sakit itu juga sering pipis sembarangan. Apalagi bila kondisinya parah, kencing atau pup sembarangan adalah hal yang wajar.

Sebagai majikan kita mesti paham kondisi kucing dan saat ini terjadi, perlu bagi kita memindahkan kucing ke tempat bersih yang baru dan mengelap bersih bagian-bagian badannya yang terkena kencing atau kotoran agar tak bau.


2. Stress Ataupun Cemas

Sikap dan perilaku kucing bisa berubah drastis bila si kucing mengalami rasa stress serta cemas. Kucing yang tadinya disiplin buang kotoran dan kencing di litter box ataupun tempat lain yang khusus untuk kucing buang air, kini akibat stress menjadi kucing yang suka kencing ataupun pipis sembarangan. 

 

3. Tempat Tersebut Bau

Bagi kucing, tempat yang baunya busuk walaupun berada dalam rumah kita adalah tempat yang cocok untuk pipis. Mereka menentukan hal ini berdasarkan naluri alamiah mereka yang menganggap tempat itu adalah tempat yang benar dan baik untuk kencing ataupun buang air besar.

Ini bukan karena mereka berniat sembarangan tapi karena kitalah yang salah membiarkan salah satu area rumah kita kotor dan bau akibatnya kucing jadi kencing di situ.

 

4. Tak Tahu Tempat Yang Benar

Kucing mungkin belum tahu hal benar. Ini berlaku bagi kucing baru adopsi dan bagi anak-anak kucing yang baru beranjak dewasa. Mereka perlu beradaptasi tentang di mana tempat makan serta minum, dimana tempat boleh bermain, dimana tempat boleh pup dan pipis atau sejenisnya.

Di masa-masa adaptasi, kita pun perlu mengajarkan kucing secara sabar tentang mana yang benar dan mana yang salah

 

5. Tak Di Ajari Hal Yang Benar

Penyebab lain mengapa kucing kencing atau pipis sembarangan adalah kita tak mengajari mereka hal yang benar. Setiap kali kita melihat kucing hendak pipis sembarangan, bukannya mengangkatnya ke litter box kita malah marah dan mengusir kucing.

Di saat kucing berlaku salah tak manusiawi mengusir dan membuangnya, cukup secara sabar ajari dia terus-terusan hal benar hingga ia mengerti.

 

6. Kucing Sedang Masa Kawin ( Birahi )

Pada masa kawin kucing, kucing jantan yang sedang birahi akan memiliki prilaku spraying. Spraying adalah perilaku di mana kucing sering menyemprotkan cairan semacam urin ke tembok ataupun tempat lain yang ia kehendaki sambil kucing jantan mengeong keras. Tindakan ini bertujuan untuk :

  • Signal bagi betina bahwa ia siap kawin

  • Menandai area  ataupun wilayah kekuasaannya

  • Untuk menarik perhatian kucing betina lainnya

  • Signal bagi pejantan lain untuk menjauh dari wilayahnya

 

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Suka Pipis Atau Kencing Sembarangan ?

Kita pastinya menginginkan supaya kucing kita tidak sembarangan kencing. Beberapa cara berikut mungkin dapat kita lakukan supaya kucing peliharaan tidak kencing sembarangan dan terbiasanya untuk buang air di tempat yang benar. Berikut ini 5 cara supaya kucing tidak pipis sembarangan :


1. Obati Penyakit Kucing

Kucing sakit biasanya akan buang air secara sembarangan. Deteksi penyakit yang di derita kucing kemudian Obatilah kucing dengan memberikan jenis obat yang tepat. Lebih di sarankan membawa kucing ke dokter hewan.

 

2. Sediakan Litter Box ( Kotak Pasir )

Menyediakan litter box merupakan salah satu cara agar kucing tak kencing atau pipis sembarangan. Untuk kucing yang baru pertama kali melihat litter box, ia akan penasaran dan sering kali bermain di dalamnya. Lambat laun kucing akan paham bahwa tempat tersebut di sediakan baginya sebagai tempat buang air kecil.

 

3. Angkat Kucing Yang Akan Buang Air

Di saat kucing terlihat tengah mengambil ancang-ancang untuk buang air kecil dan buang air besar sembarangan, segera angkat kucing dan bawa ia ke dalam litter box. Lakukan tindakan ini berulang-ulang sampai kucing paham dan bisa buang air sendiri di dalam litter box.

Untuk mengatasi kucing yang suka buang air besar sembarangan, bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


4. Bersihkan Lokasi Yang Di anggap Kucing Bau

Lokasi yang dianggap kucing bau dan kotor di dalam rumah kerap kali di jadikan sebagai tempat untuk kencing sembarangan. Bersihkanlah lokasi-lokasi yang sering di kencingi kucing dan terlihat kotor serta bau. Lebih bagus lagi bila pembersihan di sertai dengan penyemprotan wangi-wangian di dalam ruangan.

 

5. Atasi Stress Ataupun Rasa Cemas Kucing

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa rasa stress dan cemas bisa mengubah perilaku kucing. Perilaku kucing akan berubah drastis saat ia mengalami stress. Itulah mengapa kita perlu menangani masalah stress pada kucing supaya kucing tak kencing sembarangan lagi.

Mengatasi rasa stress pada kucing bisa di atasi dengan beberapa cara, lihat caranya dengan mengklik di sini.


Apakah Cara Di Atas Bisa Berhasil ?

Ya cara di atas bisa berhasil. Berdasarkan pengalaman saya sendiri tingkat keberhasilannya adalah sekitar 80 %. Asalkan cara-cara di atas di lakukan dengan benar dan sesuai apa yang telah saya jelaskan.

Selain itu butuh kesabaran juga dalam penerapannya terutama pada cara nomor 3. Cara nomor 3 perlu di lakukan secara sabar dan berulang-ulang hingga kucing bisa mengerti dan dapat buang air sendiri di dalam litter box.

 

Saya Telah Mencobanya Cara Di Atas Namun Tak Berhasil, Kenapa Begitu ?

Tanyalah dirimu seberapa lamakah kamu telah melakukan cara-cara di atas ? Jika semingguan maka mungkin itu kurang lama menurut saya. Saya sendiri butuh waktu 2 mingguan lebih supaya kucing tidak pipis atau kencing sembarangan lagi.

Saya perlu melakukan cara nomor 3 terus-terusan selama 2 minggu lebih sampai kucing pintar serta paham untuk tak kencing sembarangan. Saya melakukan cara ke 3 dengan catatan :

  • Sudah memeriksa kondisi kesehatan kucing
  • Kucing tak berpenyakit ataupun stress
  • Telah menyediakan kotak pasir dan meletakkannya di tempat yang tepat
  • Seluruh ruangan rumah tak berbau busuk dan kotor

Namun di butuhkan waktu sekitar 2 mingguan agar kucing saya paham dan terbiasa untuk buang air besar maupun kecil di dalam litter box.


Mungkin itu saja penjelasan mengenai kenapa kucing suka kencing sembarangan. Kalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya pada kerabat ataupun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url