close

Cara Melatih Kucing Kampung Agar Patuh Dan Pintar, Begini Caranya

Cara Melatih Kucing Kampung Agar Patuh | Kucing merupakan hewan kecil nan menggemaskan Mereka memiliki perilaku yang lucu dan tergolong hewan yang unik. Namun seringkali banyak kucing yang tidak patuh pada majikannya dan berperilaku nakal seperti buang kotoran sembarangan, kencing sembarangan, mencakar jok motor atau bangku dan berbagai perilaku buruk lainnya.

 

Cara Melatih Kucing Kampung Agar Patuh
Ilustrasi Cara Melatih Kucing Kampung Agar Patuh Dan Pintar

 

Mungkin bagi orang yang sudah biasa memelihara kucing akan mudah bagi mereka untuk melatih kucing kampung yang mereka temukan di jalan atau mereka adopsi dari tempat lain. Namun bagi pecinta kucing yang masih awam atau pemula pastinya akan sangat kebingungan melatih kucing kampung tersebut agar patuh terhadap sang majikan.

Karenanya di sini Anggora akan berbagi tips atau cara melatih kucing kampung agar patuh dan pintar.


Cara Melatih Kucing Kampung Agar Patuh Dan Pintar

Berikut beberapa cara melatih kucing kampung agar patuh dan pintar berdasarkan pengalaman saya sendiri.

 

1. Memberikan Nama Kepada Kucing

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum melatih kucing kamu adalah kamu harus memberikan nama padanya. Hal ini perlu lakukan sebagai tanda rasa kasih sayangmu padanya dan agar ia mengerti bahwa dia berharga di matamu.

Mungkin tulisan barusan terdengar basa-basi atau seolah fantasi. Namun kenyataannya kucing sama halnya manusia, mereka bisa merasakan sakit, sedih, senang bahkan rasa kasih sayang. Mereka juga bisa paham manusia mana yang baik pada mereka atau yang jahat hanya dengar mendengar suara dan ekspresi kita saja.

Hal ini di dukung oleh penelitian Galvan dan Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester. Mereka melihat pola berbeda dari 12 kucing yang di hadapkan pada orang tak dikenal. Pada percobaan ini mereka menunjukkan sikap positif saat berhadapan dengan orang yang ramah dan tersenyum dan memilih menjauh ketika berhadapan dengan orang yang memiliki nada tinggi dan muka mengkerut atauh marah.

Pemberian nama juga di perlukan untuk memudahkan kita memanggil atau memberikan perintah pada kucing.

 

2. Melatih Kucing Sejak Kecil

Sebenarnya cara yang paling baik agar kucing patuh, jinak dan pintar adalah melatihnya saat dia masih kecil, sekitar umur 2 atau 3 bulanan. Karena kucing ras ataupun kucing kampung yang masih kecil lebih mudah mengingat suatu hal seperti perintah atau kebiasaan baik ketimbang kucing remaja atau dewasa.

Tetapi bukan berarti kucing dewasa sulit di latih, hanya saja melatih kucing dewasa butuh kesabaran dan perhatian yang lebih serta hadiah yang ekstra agar ia patuh dan mengerti perkataan kita sebagai majikan.


3. Melatih Buang Air di Kotak Pasir (Litter Box)

Menyediakan tempat untuk buang air untuk kucing kampung kamu agar ia tidak buang air sembarangan merupakan salah satu cara untuk melatih kucing agar pintar. Namun tak jarang walaupun kotak pasir telah tersedia di rumah, kucing tetap buang air sembarangan di kasur, kain lantai dan tempat lainnya.

Nah agar kucing tidak melakukan hal buruk tersebut, saat kucing sedang bersiap buang air sembarangan, segeralah mengangkatnya dan taruh ia di kotak pasir. Lakukan hal ini berulang kali setiap ia akan buang air sembarangan. Lambat laun ia akan mengerti dan mulai buang air di tempat yang tepat yakni kotak pasir.

Pengalaman anggora saat mengangkat kucing tak jarang kotorannya mengenai baju dan tercecer di lantai. Tetapi pada akhirnya setelah sebulanan si manis akhirnya bertaubat alias paham hehehe.

Tingkat kesulitan melatih kucing agar tidak buang air sembarangan tergantung kucingnya juga. Ada yang hanya 2-3 hari langsung paham, ada juga yang butuh sebulanan seperti kucing saya. Intinya iq mereka mirip mirip manusia sih.

Dan ingat saat kucing sedang buang air sembarangan jangan mengusirnya atau memukulnya karena kucing adalah hewan yang tidak akan mengerti dengan bahasa manusia, apalagi bahasa kekerasan, kecuali jika kamu menguasai bahasa kucing.

 

4. Selalu Memberikan Hadiah Saat Melatih Kucing

Saat kamu melatih kucing kampung jangan lupa memberikan ia hadiah. Misalkan kamu ingin melatih ia agar nurut saat di panggil namanya atau saat kamu memberi instruksi jika ia datang dan menjawab perintah atau panggilanmu maka berilah ia hadiah.

Hadiahnya berupa makanan kucing, kalau saya biasa memberi 5 makanan kucing dry food. Bukannya pelit sih hanya saja ini hanya berupa hadiah dan agar ia tidak mengalami obesitas kalau kebanyakan di berinya.

Oh iya hal ini juga bisa kamu terapkan jika kamu ingin melatih kucing untuk hal lainnya seperti menyuruh tidur di dekat kita atau di pangkuan kita, memijat kita dan lainnya. Dan cara ini menurut saya terbukti efektif . 

 

5. Mengulangi Pelatihan Secara Rutin


Agar kucing ras atau kampung lebih patuh dan tidak agresih maka kamu perlu terus menerus melakukan pelatihan secara berulang -ulang dan pastikan memberi ia hadiah saat ia menjawab perintah kamu.

Lakukan hal ini sampai kamu merasa ia sudah paham perintah kamu padanya. 

 

6. Durasi Latihan Berlangsung Tidak Lama

Nah untuk durasi latihannya sendiri jangan terlalu lama, cukup sekitar 5 sampai 10 menit saja setiap harinya. Karena durasi yang panjang akan membuat kucing bosan dan malas mengikuti perintah kamu. Dan durasi yang panjang bakal menyita waktu luangmu atau waktu kerjamu.

 

7. Beri Makan Cukup Dan Teratur

Memberi makan kucing secara teratur akan membuat kucing sehat dan gemuk. Hal ini juga akan membuat ia menyayangimu dan senang di perhatikan olehmu. Tak hanya itu memberi maka dengan cukup dan teratur akan membuat ia tidak menjadi kucing pencuri.

Beri variasi makanan seperti makanan alami, wet food atau dry food dan makanan lainnya agar ia tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Jika kamu kaum yang mendang mending seperti saya maka kamu bisa memberi nasi dengan campuran ikan saja tetapi jenis ikannya bisa kamu ganti-ganti.

Oh iya jangan sering memberi kucing kampung atau ras dengan ikan asin dan udang ya karena jika terlalu sering bisa membuat bulu kucing rontok dan tubuhnya gatal gatal. Ini pengalaman pribadi Anggora loh.


8. Bentuk Hubungan Dengan Kucingmu

Kucing tentu tidak akan mau patuh, jinak dan bertingkah pintar di hadapan orang asing, apalagi kucing kampung. Karena itu bentuklah hubungan dengan kucing kamu. Kamu bisa mengajaknya bermain, mengelus kepala dan leher atau dagunya dan memberikan mainan untuknya. Intinya kamu melakukan interaksi dengan si kucing.


9. Menggendong Kucing Saat Ingin Memandikan

Cara yang satu ini adalah cara melatih kucing kamu agar tidak takut takut dan terbiasa di mandikan. gendong ia berlawanan arah dengan tempat pemandiannya. Hal ini agar ia tidak takut dan meronta saat hendak di masukkan ke air dan agar ia terbiasa.

Saat kucing merasa nyaman dan terbiasa, ia akan beradaptasi dan tidak takut lagi dengan air dan sabun.

 

10. Memberikan Makanan dengan Tangan

Sesekali cobalah memberikan makanan langsung dari tangan kamu dan jangan lupa mengelusnya saat memberikan makanan. Cara ini akan membuat kucing semakin jinak, patuh dan juga menyukaimu.

Kucing akan merasa ia di perhatikan dan juga di sayangi oleh majikannya.


Wah. ternyata banyak juga cara melatih kucing, Cara Melatih Kucing Kampung Agar Patuh, cara menjinakkan kucing, atau cara jinakan kucing sehingga menjadi patuh dan pintar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url