close

Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Air Kelapa

Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Air Kelapa | Apakah kucing kamu saat ini keracunan ? Bila ya, jangan panik dahulu karena terdapat banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengobati keracunan yang ada pada kucing milik kita. Cara mengobati kucing terkena racun bisa kita lakukan dengan beberapa cara yakni memberikan madu atau susu beruang.

 

Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Air Kelapa
Ilustrasi Cara Mengobati Kucing Yang Keracunan Dengan Air Kelapa

 

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas cara mengobati kucing keracunan dengan susu beruang atau madu. Namun Anggora hanya akan mengulas bagaimana cara mengobati kucing yang keracunan dengan air kelapa.


Kenapa Kucing Bisa Keracunan ?

Keracunan pada kucing bisa di sebabkan banyak hal. Menurut pengalaman anggora sendiri penyebab utama keracunan pada kucing antara lain :

  • Kucing sengaja di racun oleh tetangga

  • Kucing memakan tikus yang sudah kena atau minum cairan racun

  • Tanpa sepengetahuan kita kucing makan makanan kadaluarsa

  • Kucing di luar rumah memakan makanan basi

  • Kucing di luar rumah memakan rumput yang sudah di beri racun

  • Kucing di luar rumah memakan tumbuhan yang telah di semprot racun hama

  • Kucing di luar rumah memakan serangga yang telah di semprot insektisida

 

Apakah Air Kelapa Bisa Menyembuhkan Kucing Keracunan ?

Berdasarkan pendapat ahli medis, air kelapa mengandung sejumlah zat yang bisa membantu proses detoksifikasi pada saluran pencernaan. Elektrolit yang terkandung dalam kelapa juga mampu memulihkan elektrolit dalam tubuh sehingga kucing bisa sembuh dengan cepat. Selain elektrolit, kelapa juga mengandung gula.

Pasti kamu tahu sendiri fungsi gula ? Apalagi kalau bukan sebagai penambah energi. Air kelapa juga mampu menghilangkan rasa mual ketika di konsumsi. Itulah alasan mengapa air kelapa selalu di cari banyak orang bila seseorang mengalami keracunan. Air kelapa juga banyak di cari orang untuk mengatasi atau menyembuhkan keracunan pada kucing.

Setelah membaca penjelasan di atas, bisa di simpulkan bahwa air kelapa mampu mengatasi keracunan pada kucing. Para pecinta kucing yang ada di seluruh indonesia pun sependapat dengan ini. Kalau kamu tak percaya, kamu bisa bertanya di komunitas ataupun grup fb pecinta kucing "apasih obat kucing keracunan" ?

Pastinya banyak di antara mereka yang menjawab "obatnya susu beruang" atau "obatnya air kelapa" dan jawaban lainnya yang mirip. Namun keracunan yang bisa di tangani air kelapa hanyalah jenis keracunan ringan saja.

Bila keracunan yang terjadi pada kucing adalah keracunan parah maka sebaiknya tak memberi kucing air kelapa. Tapi justru segera membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk meningkatkan persentase keselamatan kucing yang terkena racun.

Selain air kelapa, susu beruang juga bisa menyembuhkan keracunan pada kucing loh. Baca cara mengobati kucing keracunan dengan susu beruang dengan mengklik di sini.


Berapa Dosis Air Kelapa Untuk Kucing keracunan ?

Untuk dosis ataupun takaran air kelapa sendiri berdasarkan pengalaman cat lovers sendiri adalah 2 sendok makan atau secukupnya saja. Jika kucing terlihat kelelahan seolah tak sanggup lagi meminum air kelapa maka berikan setengah sendok makan ataupun secukupnya saja. Berikan tiap dua jam sekali ataupun sejam sekali.

Saat memberikan kucing minum air kelapa gunakan sendok makan sebagai takaran. Kemudian gunakanlah spuit atau dodot khusus kucing agar saat pemberian air kelapa tak masuk kehidung dan membuat kucing tersedak. Berikan secara perlahan-lahan saja.


Bagaimana Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Air Kelapa ?

Untuk mengobati kucing dengan air kelapa kamu bisa mengikuti langkah-langah yang tertera di bawah ini :

  • Bersihkan mulut kucing dengan memakai kain lap yang sudah di basahi air

  • Lap sampai mulut kucing bersih

  • Atur takaran air kelapa dua sendok makan

  • Kemudian masukkan air kelapa yang sudah di takar ke dalam spuit atau bisa juga botol dodot khusus kucing

  • Berikan tiap satu jam sekali

  • Jika kucing kondisinya terlihat semakin membaik, berikan air kelapa 2 jam sekali


Bagaimana Jika Kucing Saya Tidak Sembuh Dengan Air Kelapa ?

Setelah memberikan kucing air kelapa namun ternyata kondisi kucing bukannya sembuh malah semakin memburuk maka bawalah kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

 

Dokter Hewan VS Air Kelapa, Manakah Yang Lebih Baik ?

Air kelapa sebenarnya hanyalah opsi alternatif yang bisa kita pakai bila pengobatan di rasa mahal ataupun tak ada dokter hewan yang bisa kita jumpai di kota tempat kita tinggal. Jika di tanya yang manakah yang lebih baik antara air kelapa atau dokter hewan maka saya dengan tegas akan menjawab dokter hewan.

Karena saya melihat dari sudut pandang persentasi kesembuhan. Bila mengobati kucing kena racun dengan air kelapa mungkin akan memiliki persentase kesembuhan 50:50 namun bila membawa ke dokter hewan maka persentase kesembuhan adalah 80:20.

 

Bagaimana Cara Mencegah Agar Kucing Tak Keracunan ?

Berikut ini adalah beberapa cara yang menurut saya sangat ampuh untuk menghindarkan kucing dari keracunan. Cara tersebut antara lain :

 

Selalu Mengawasi Kucing Kita Ketika Bermain Di Luar Rumah

Awasilah kucing saat ia bermain di luar rumah. Dan usahakan agar kucing tak bermain di halaman rumah tetangga. Kalau ia bermain di rumah tetangga, khawatirnya ia memakan serangga, tikus ataupun rumput serta tanaman yang mungkin sudah di beri racun hama. Kita tak pernah tahu apakah benda tersebut sudah di racun ataukah belum.

Lebih baik menjaga kucing tetap bermain di area rumah kita. Atau jika kamu tak sempat menjaganya sebaiknya kurung saja kucing di dalam rumah. Tapi jangan kurung setiap harinya. Di waktu luangmu usahakan untuk membawa kucing bermain di luar untuk menghindarkan kucing stress akibat terlalu lama di kurung di dalam rumah ataupun kandang.


Perhatikan Makanan Yang Ia Makan

Sebelum memberikan kucing makanan siap saji seperti dryfood atau wet food serta makanan instan lainnya. Perhatikan dahulu waktu kadaluarsanya pada kemasan makanan. Jangan asal buka kemudian beri begitu saja. Bila makanan sudah kadaluarsa lebih baik jangan di beri ke kucing dan buang saja ke tenpat yang tak bisa di temukan kucing.

 

Jangan Memberikan Makanan Basi

Makanan yang sudah lama basi pun dapat buat kucing menjadi keracunan. Kondisi keracunan ringan akan membuat kucing sakit perut dan mencret. Karenanya bila ada makanan yang sudah lama di simpan dilemari es ataupun lemari dan di rasa telah basi maka sebaiknya buang saja. Buang ke tempat yang tak bisa di jangkau kucing peliharaan kita.

 

Tandai Tetanggamu

Cara ini agak sulit di lakukan bila kita tak pernah punya pengalaman kucing kita di racun tetangga. Walaupun begitu cara ini masih bisa di lakukan dengan melihat sifat tetangga sekitar. Bila ada diantara tetanggamu yang ternyata sangat membenci kucing dan senang menyiksanya, sebisa mungkin jauhkan kucing peliharaan kita dari sisinya.

Bisa jadi saat kucing bermain di sekitar rumahnya, ia menyiksa kucing dan meracun kucing kamu karena suka merusak bunga atau pup sembarangan di area rumahnya.

 

Setelah Kucing Sembuh Dari Keracunan Apa Yang Mesti Dilakukan ?

Setelah kucing sembuh dari keracunannya sebaiknya jangan langsung begitu saja menghentikan pemberian air kelapa. Teruslah berikan air kelapa ke kucing 3 kali sehari sampai kucing di rasa benar-benar telah pulih dari keracunannya.

Ketika menurut kamu kucing telah sembuh total dari kondisi keracunan, kamu boleh menghentikan pemberian air kelapa kapanpun kamu mau. 

 

Bagaimana Jika Kucing Tak Sembuh Dan Bahkan Mati ?

Memberikan kucing air kelapa untuk menyembuhkan keracunannya adalah salah satu usaha yang bisa kita lakukan. Sembuh atau tidaknya kucing adalah ketentuan sang pencipta. Dan bila kondisi kucing semakin parah, ini bukanlah akibat pemberian air kelapa, hanya kondisi keracunannya yang mungkin sudah parah. 

Karena pada kasus keracunan ringan, seringkali kucing sembuh dari sakit karena racun sesudah di kasih air kelapa. Bila kucing tak tertolong lagi dan menemui ajalnya maka sebagai majikan, menyiapkan pemakaman yang layak adalah hal terakhir yang bisa kita lakukan untuknya.


Itulah cara mengobati kucing yang keracunan dengan menggunakan air kelapa. Semoga dengan memakai cara ini kucing kamu segera sembuh dari keracunan. Jikalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa juga membagikannya dengan kerabat atau share di sosmed kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url