8 Penyebab Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

8 Penyebab Mata Kucing Tertutup Selaput Putih | Pernah gak sih kucing kamu matanya di tutupi selaput putih ? Selaput putih ini ada yang lama kelamaan makin menutupi seluruh mata kucing, ada juga yang hanya tetap menutup sebagian mata kucing.

 

Penyebab Mata Kucing Tertutup Selaput Putih
Sumber Gambar Third Eyelid : www.independent.ie

 

Kenapa bisa begitu ? Apa penyebabnya dan apakah kucing yang matanya seperti itu adalah pertanda kucing sakit ? Saat melihat mata kucing kondisinya serupa dengan kucing tersebut, pastinya pertanyaan-pertanyaan di atas akan muncul di dalam benak kita.

Bukan hanya di saat melihat kucing kita tapi saat melihat kucing orang pun pertanyaan tersebut pastilah timbul. Hal tersebut wajar terjadi bagi orang-orang yang mencintai kucing seperti kita. Awal mula saat melihat kondisi ini pada kucing saya, saya pun terheran-heran juga kebingungan dengan kondisinya.

Namun setelah saya cari tahu penyebabnya. Ternyata kondisi ini dinamakan third eyelid dalam dunia kedokteran. Banyak hal yang bisa memicu terjadinya kondisi ini pada kucing peliharaan kita ataupun kucing liar.

Selaput mata kucing atau tertia palnebra adalah selaput membran yang berfungsi sebagai pelindung mata kucing. Saat kucing bangun ataupun sedang beraktivitas biasanya selaput putih ini tak akan muncul alias nonaktif. Bila selaput ini muncul saat kucing sedang aktif beraktivitas, bisa disimpulkan bahwa kucing menderita masalah kesehatan tertentu.


Kenapa Mata Kucing Tertutup Selaput Putih ?

Adanya selaput putih pada mata kucing merupakan hal yang tak wajar. Seperti penjelasan di atas bahwa kemunculan selaput membran putih ini erat kaitannya dengan masalah kesehatan pada kucing. Ciri yang utama adalah adanya selaput tertia putih yang menutup sedikit bahkan setengah bola mata kucing.

 

8 Penyebab Mata Kucing Tertutup Selaput Putih

Beberapa penyebab yang umumnya menjadi akibat dari munculnya third eyelid ini ada delapan penyebab. Berikut beberapa penyebab tersebut beserta penjelasannya : 


1. Konjungtivitas

Konjungtivitas merupakan gangguan akibat infeksi okular. Penyakit ini membuat mata kucing menjadi tertutupi selaput putih. Tak hanya itu konjungtivitas juga bisa menjadi sebab mata sobek, lakrimasi, selaput merah dan bola mata membengkak.


2. Kista Dermoid

Penyakit kista dermoid dapat muncul ketika bayi kucing baru di lahirkan. Dengan bertambahnya usia, kista dermoid juga ikut bertumbuh. Dermoid sangat erat kaitannya dengan munculnya selaput membran putih di mata kucing.


3. Menghindari Benda Asing Masuk Ke Mata

Coba deh liat kucing di saat ia berada di pinggir jalan. Pastinya kadang kamu akan melihat mata kucing tertutupi selaput putih. Selaput putih ini aktif karena melindungi mata kucing dari asap, abu ataupun pasir yang di timbulkan oleh kendaraan yang lalu lalang di jalan raya.

Saat selaput mata ini aktif benda asing tak akan masuk ke dalam mata.

 

4. Trauma 

Trauma akibat pukulan pada wajah atau kekerasan lainnya terhadap wajah kucing bisa menjadi salah satu penyebab kucing mengalami third eyelid. Trauma menyebabkan sistem saraf perlindungan mata kucing selalu mengaktifkan selaput putih tertia.

Sehingga selaput putih akan selalu aktif pada sebagian mata kucing. Bila kucing sudah sembuh dari traumanya biasanya, kondisi mata kucing pun akan kembali normal lagi.

 

5. Dehidrasi

Dehidrasi ataupun kurang cairan juga dapat membuat sebagaian mata kucing di tutupi selaput putih. Ini terjadi ketika kucing mengalami rasa haus yag parah. Dan di saat kondisi ini terjadi, selaput putih akan muncul secara tak wajar.

 

6. Kanker

Kanker pun bisa membuat kucing mengalami kondisi third eyelid. Tetapi kanker di selaput mata kucing sangat langka atau jarang terjadi.

 

7. Faktor Genetik

Pada beberapa kucing ras seperti burmese, mereka sangat rentan terkena third eye lid.  Karena pada genetik kucing burma terdapat masalah mata. Sehingga kucing ras ini rentan menderita third eye lid.

 

8. Haw Sindrome

Haw sindrom atau istilah simpelnya penyakit usus yang biasanya akibat serangan parasit berbahaya. Kucing yang menderita haw sindrom biasanya akan menderita mencret dan ada selaput putih yang muncul di sebagian mata kucing.

 

Bagaimana Kalau Hanya Satu Mata Yang Berselaput Putih ?

Kadangkala ada suatu kondisi di mana hanya satu mata kucing yang di tutupi selaput putih. Bisa pada mata kanan maupun mata kiri saja. Bila ini terjadi maka periksalah apakah mata kucing hanya berselaput putih biasa ataukah berupa tonjolan.

Kemudian pastikanlah bahwa penyebab mata kucing adalah salah satu dari delapan kondisi masalah kesehatan di atas. Biasanya akan ada satu dari penyebab di atas yang mungkin menjadi penyebab utama kenapa selaput putih bisa muncul.

Bila selaput putih hanya muncul dan hilang setelah beberapa jam atau beberapa hari maka bisa di pastikan ini adalah akibat mata kucing kemasukan benda asing.  Begitu juga dengan hanya satu mata saja yang tertutupi selaput putih dan tak terbentuk selaput putih pada mata lainnya dalam beberapa hari maka ini pun termasuk akibat mata di susupi benda asing. Untuk mengobatinya kamu dapat menggunakan obat tetes mata khusus kucing yang banyak di jual di petshop.

Bila ternyata setelah beberapa hari terbentuk dua selaput putih dan mata kucing tak kunjung normal maka segera kunjungi dokter hewan terdekat untuk meminta bantuan perawatan.


Gimana Cara Agar Tahu Apa Penyebab Utama Selaput Putih Pada Kucing ?

Anggora biasa melihat adakah benjolan ataupun luka fisik di mata. Kalau ternyata tak ada berarti besar kemungkinan ini akibat haw sindrom ataupun kucing mengalami dehidrasi. Cobalah untuk memberikan kucing obat cacing atau parasit serta beri banyak air minum.

Bila ternyata tak sembuh juga berarti penyebabnya bukan kedua hal ini. Disarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan bila tak kunjung sembuh. Karena di khawatirkan kucing menderita penyakit berat seperti kanker, tumor dan lainnya pada mata.

Tetapi menurut pengalaman saya sendiri, kasus selaput putih pada mata kucing biasanya di sebabkan cacingan pada kucing. Saya dapat berkata begini karena banyak kucing saya yang mengalami kasus sebagian mata tertutup selaput putih dan penyebab utamanya adalah cacingan.

Setelah kucing di berikan obat anti cacing, kondisi mata kucing biasanya akan normal kembali. 


Cara Mengobati Mata Kucing Di Tutupi Sebagian Selaput Putih

Untuk mengobati masalah selaput putih di mata kucing sebenarnya pengobatannya cukup di lihat dari sumber masalah utamanya.

Bila disebabkan haw sindrome atau adanya parasit yang menyerang saluran pencernaan kucing, seperti parasit berupa cacing. Untuk mengobatinya cukup memberikan obat cacing kepada kucing sesuai dosis yang di anjurkan. Berikan sampai selaput putih hilang dari mata kucing dan cacing sudah di rasa bersih dari pencernaan kucing.

Kalau penyebab utamanya adalah iritasi, kamu bisa coba memberikan obat mata khusus kucing untuk mengatasi masalah mata tertutup selaput putih ini pada kucing. Biasanya dalam beberapa hari mata kucing akan normal kembali seperti sedia kala.

Tetapi bila ini di sebabkan dehidrasi parah maka sebaiknya kurung kucing dalam kandang ataupun rumah. Jangan biarkan kucing pergi keluar rumah. Kemudian berikan air dan makanan basah ke kucing untuk menyembuhkannya. Saat kucing sudah sembuh dari dehidrasinya maka barulah boleh mengeluarkannya dari dalam rumah ataupun kandang.

Pada kasus yang tergolong berat seperti kanker, konjungtivitas, dan masuknya benda asing ke mata. Wajib untuk kita membawa kucing berobat ke dokter. Nantinya dokter akan memberikan perawatan dan obat-obatan tertentu yang sesuai dengan kondisi penyakit si kucing.

Bila dokter merasa bahwa kanker tergolong parah maka dokter akan mengajukan agar kucing di operasi ataupun radio terapi. Ini di lakukan untuk mengangkat kanker ataupun menghancurkannya. Operasi juga akan di lakukan bila ternyata di mata kucing terdapat tumor jinak.

Kelainan genetik pun membutuhkan perawatan serupa seperti kanker dan tumor yakni dengan melakukan operasi.

Hanya saja pada kelainan genetik, dokter tak mengangkat selaput matanya. Dokter hanya akan memindahkan dan memperbaiki selaput tertia atau putih agar kucing bisa beraktivitas dengan nyaman serta tak terganggu dengan adanya selaput ini.


Gimana Kalau Selaput Putih Mata Kucing Hilang Namun Kembali Lagi ?

Mungkin di antara kamu ada yang sepengalaman dengan saya. Selaput mata kucing saya sudah normal kembali namun beberapa minggu kemudian mata kucing kembali di tutupi selaput putih lagi. Awal mula penyebab kucing matanya berselaput putih adalah karena cacingan kemudian sembuh setelah di obati lalu 2 minggu kemudian selaput putih tersebut balik lagi.

Mulanya saya mengira bahwa penyebabnya bukan cacingan lagi tetapi penyebab lain seperti konjungtivitas, kista atau lainnya. Namun setelah saya periksa ulang dan tanyakan ke keluarga saya, apakah ada yang pernah memberikan makanan ke kucing selain dry food atau wet food. Ternyata ibu saya berkata pernah memberikan ikan mentah ke kucing tersebut setelah ia sembuh.

Dari sinilah saya ambil kesimpulan bahwa kucing terkena sindrom haw lagi yakni terserang cacingan. Terpaksa deh saya mengobati kembali kucing dengan obat cacing lagi. Setelah 2 mingguan mata kucing kembali normal lagi.

Berdasarkan cerita saya di atas tadi, selaput putih mata kucing ini bisa kembali lagi bila ada penyebab lain yang kembali menyerang kucing. Selain karena adanya penyebab lain yang menyerang kucing lagi, selaput putih ini bisa datang lagi akibat pengobatan yang tak di lakukan secara tuntas.


Apakah Belekan Bisa Menyebabkan Mata Kucing Di Tutupi Bagian Putih Juga ?

Kucing yang belekan tidak dapat menyebabkan mata kucing berselaput putih. Ini bukan di akibatkan banyaknya kotoran di mata kucing ataupun akibat mata kucing yang jarang di bersihkan dari kotoran. Penyebab kenapa mata kucing selaput tertianya menutupi sebagian mata kucing dan di sertai mata kucing yang belekan adalah karena kucing menderita cacingan.

Untuk mengobati cacingan kamu dapat memberikan kucing obat cacing seperti drontal ataupun obat cacing manusia combantrin khusus anak-anak.

Kamu bisa melihat bagaimana cara mengobati kucing cacingan dengan mudah dengan mengklik di sini untuk membaca.


Apakah Suntik Scabies Juga Bisa Menyebabkan Kucing Berselaput Mata Putih ?

Sebenarnya hal ini bukan akibat suntik scabies sih tapi lebih  ke arah karena demam. Kondisi ini terjadi akibat kucing di suntik scabies, agar lebih meyakinkan kamu bisa cek suhu kucing dengan menggunakan termometer.

Cara mengobati kucing demam bisa dengan memberikan kucing obat demam khusus kucing. Sertai juga dengan memberikan kucing banyak cairan seperti air putih, lebih bagus lagi bila kucing di berikan susu beruang atau air kelapa. Untuk makanan sendiri di sarankan mengganti makanan dry food dengan makanan basah atau wet food karena seperti namanya, wet food di basahi banyak cairan.

Kalau kamu gak tahu takaran susu beruang untuk kucing, takarannya bisa kamu baca dengan mengklik di sini. Untuk cara pemberian air kelapa, caranya bisa kamu baca dengan mengklik di sini.


Berapa Harga Berobat Ke Dokter Hewan Dengan Kasus Seperti Ini ?

Bisa puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah sih. Hal ini tergantung yang mana penyebab utama selaput mata putih pada kucing. Kalau penyebabnya hanya sindrom haw akibat cacingan. Paling-paling biaya yang di butuhkan untuk berobat ke dokter hewan cuma sekitar 50.000 hingga 70.000 an. Atau kamu bisa mengobati kucingmu dengan obat cacing drontal ataupun combantrin anak dengan modal 25.000 saja.


Third Eyelid Bisakah Menyebabkan Kucing Kehilangan Nyawanya ?

Walaupun tampak sepele, third eyelid atau kasus mata kucing tertutup selaput putih bisa menyebabkan kematian bila tak serius atau segera di tangani. Contohnya tak perlu jauh-jauh. Kucing saya yang terkena third eyelid akibat cacingan mati karena pada waktu itu saya awam atau tak tahu kenapa kucing saya matanya begitu.

Kucing saya yang mati memiliki gejala mata belekan, mata tertutup sedikit bagian putih, mencret dan pernah di pupnya ada cacing. Seluruh gejala ini merupakan ciri dari kucing yang cacingan. Karena saya waktu itu gak tahu dan acuh, akibatnya kucing saya mati, hiks hiks.

Cacingan yang kadang kita anggap sepele saja bisa membuat kucing kehilangan nyawanya apalagi third eyelid akibat kanker, konjungtivitas ataupun faktor genetik. Untuk faktor genetik dan konjungtivitas kematian bisa di sebabkan minimnya area penglihatan kucing.

Contohnya kucing yang bermain di luar rumah dan dekat dengan jalan, bisa menyebrang tiba-tiba karena merasa jalan aman. Tetapi karena minimnya area penglihatan, jalan yang di lihat kucing aman sebenarnya tak aman. Sehingga saat kucing menyebrang ia pun tak sengaja tertabrak kendaraan yang melintas dan bisa mati di tempat.

Bagi umat islam yang menabrak kucing secara tak sengaja, hukum menabrak kucing bisa kamu baca dengan mengklik di sini.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai kenapa mata kucing bisa tertutup selaput putih dan cara mengobatinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url