close

9 Cara Menghilangkan Stres Pada Kucing

9 Cara Menghilangkan Stres Pada Kucing | Kucing sebenarnya sama saja dengan manusia. Kucing pun dapat merasakan stress. Di saat kucing stres akan ada pertanda yang tampak pada kucing peliharaan kita. Pertanda stres ini biasanya berbeda atas satu kucing dengan kucing lainnya. Tetapi perubahan yang paling umum adalah terjadinya perubahan pada perilaku kucing.

 

Cara Menghilangkan Stres Pada Kucing
Cara Menghilangkan Stres Pada Kucing

 

Saat kita sudah tahu bahwa kucing kita sedang mengalami tekanan stress, sebagai majikan yang baik kita perlu membantu kucing dalam menghilangkan stress miliknya. Banyak hal yang sebenarnya bisa kita lakukan dalam upaya menghilangkan stress kucing. Beberapa upaya agar kucing tak stress lagi bisa kamu lakukan dengan beberapa cara Anggora berikut ini.


1. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Bermain Bersama

Bermain bersama kucing di nilai mampu menghilangkan stress pada kucing. Aturlah waktu bermain dengan kucing setiap harinya secara teratur serta lakukanlah jenis permainan yang membuat tubuh kucing bergerak atau permainan interaktif. Kamu dapat bermain dengan kucingmu memakai jenis mainan yang ia sukai.

Bisa menggunakan laser, tikus-tikusan, kemoceng, tali dan sebagainya. Bermainlah minimal 20 menitan bersama kucing setiap harinya. Bermain bersama kucing akan membuat pikiran kucing tetap berstimulasi dan membuat ia lupa dengan perasaan stressnya. Tak hanya itu kucing juga akan lebih bergerak dan membuat tubuhnya jauh lebih sehat.


2. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Memeluk Serta Mengelus kucing setiap hari

Mengelus dan memeluk kucing bisa meredakan atau menghilangkan rasa stress kucing. Ini juga merupakan tindakan yang di sukai oleh kucing. Saat kamu mengelus atau memeluk kucing kamu, kucing akan merasa nyaman dan merasa di sayangi oleh tuannya,  Kegiatan ini bisa jadi hal terbaik untuk menangani masalah stress pada kucing.

Rutinitas ini juga bisa membantu kamu dalam mengamati perubahan gerak-gerik serta perilaku kucing. Jika kamu merasa ada yang tak beres padanya maka kamu bisa segera mengambil tindakan.


3. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Melengkapi Semua Kebutuhannya

Tingkat stress pada kucing bisa di minimalisir dengan cara melengkapi kebutuhan kucing. Letakkan seluruh kebutuhan kucing ditempat yang mudah di jangkau dan saling berdekatan. Dan letakkan di tempat dimana kucing biasa menemukannya. Di sarankan jangan terlalu sering memindahkan posisi perlengkapan kucing setiap harinya.

Hal ini akan membuat kucing kebingungan, bahkan terkadang kucing akan buang air dan kotoran di sembarang tempat. Serta pastikan tempat atau kandang kucing jauh dari suara bising.

 

4. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Ruangan Yang Tenang

Tempatkan kucing pada kandang atau ruangan yang jauh dari kebisingan. Sebab walaupun kucing adalah tipe hewan yang suka keluyuran tetapi kucing sangat tak menyukai kebisingan. Kucing cenderung akan menghindari tempat yang ramai orang dan berisik tempatnya.

Apalagi jika kucing sedang ingin istirahat atau tidur, seringkali suara bising membuat mereka terkejut akibatnya mereka terpaksa menjauh karena takut dan tak jadi tidur. Kucing yang kurang istirahat bisa menyebabkan peningkatan perasaan stress pada kucing. 

Jadi sebisa mungkin siapkan ruangan atau kandang di rumah pada lokasi tempat yang kamu nilai tak terlalu bising, tenang serta aman bagi kucing.


5. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Makanan Bergizi

Memastikan kucing untuk mendapatkan makanan yang bergizi adalah salah satu cara agar kucing tak stress. Makanan bergizi juga menjamin kucing akan tumbuh sehat dan bahagia. Pastikan selalu memberikan makanan bergizi, berkualitas dan seimbang setiap harinya.

Tetapi walaupun makanan yang di berikan adalah makanan yang bergizi namun bila mana di berikan secara berlebihan akan menyebabkan efek gangguan kesehatan seperti obesitas. Pastikan memberikan makanan kucing secara teratur dan tak berlebihan.

 

6. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Makanan Yang Disukainya

Saat kamu memiliki uang lebih tiada salahnya memberikan kucing kamu makanan yang ia sukai. Ini akan membuat kucing senang dan memakan makanan tersebut dengan lahap. Sama halnya dengan manusia, rasa senang dan bahagia terbukti mampu menekan bahkan menghilangkan rasa stress pada pikiran. 

Hal ini juga berlaku bagi kucing ataupun hewan lainnya. Karenanya tidak masalah bagi kita untuk sesekali memanjakan kucing dengan makanan yang sangat di sukainya. Apalagi jika kucing kita sedang mengalami stress. Seperti kata orang tua, makanan yang enak mampu menyenangkan perut, hati dan pikiran.


7. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Memberinya Teman

Di saat kita bekerja atau sedang melakukan rutinitas lainnya di luar rumah, kucing seringkali di tinggal sendirian di rumah. Saat kucing sendirian mungkin ia akan mengelilingi rumah dan bermain dengan mainan yang kita tinggalkan atau benda-benda lainnya yang ia anggap mainan. Hal ini tak akan berlangsung lama karena biasanya kucing juga akan bosan dan lebih memilih untuk tidur.

Jika kucing terlalu banyak tidur akan berdampak pada kesehatannya dan tingkat stressnya. Memberi seorang teman dengan mengadopsi kucing lainnya adalah hal yang tepat untuk mengatasi rasa stress pada kucing. Rasa stress akan berkurang dan kucing akan lebih aktif bergerak ketika ia mempunyai seorang teman di sisinya.


8. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Mengawinkannya

Perlu kamu tahu bahwa kucing yang sedang birahi bisa terkena stress juga loh. Biasanya di akibatkan ia tak bisa menyalurkan birahinya yang membuat kucing mengalami stress. Tanda stress akibat birahi ini antar lain berubahnya sikap dan perilaku kucing. Kucing yang tadinya aktif dan ceria menjadi pendiam, tidur terus menerus dan tak mau makan.

Solusi dari mengatasi stress jenis ini hanya dengan cara mengawinkannya dengan betina lainnya. Kamu bisa mengadopsi betina lainnya atau meminta cat lovers lainnya untuk mengawinkan kucing betina milik mereka dengan kucing jantan milikmu.

Biasanya sebelum perkawinan di langsungkan antar kucing cat lover akan di adakan diskusi tentang siapa yang akan menjadi ayah adopsi bagi anak kucing lahir kelak. Mungkin hal ini agak lucu bagi orang awam ataupun cat lover pemula.

Alasan hal ini dilakukan demi menjamin agar kelak anak kucing yang di lahirkan bisa tumbuh dengan sehat dan mendapatkan kehidupan yang terjamin. Dengan cara ini kamu dapat mengatasi masalah stress kucing sekaligus akan punya anggota keluarga yang baru.


9. Hilangkan Stres Pada Kucing Dengan Menjauhkannya Dari Benda Tertentu

Mungkin kita pernah menjahili kucing dengan timun atau benda-benda lainnya yang membuat ia takut dan bertingkah lucu. Sekali dua kali mungkin tak masalah melakukan hal ini, tetapi bila mana seringkali di lakukan bisa membuat kucing stress. Kucing akan menganggap daerah tempat ia tinggal tidak aman dan merasa tak nyaman berada di dalamnya.

Kondisi ini juga bisa membuat kucing lebih terjaga sehingga ia mendapatkan kualitas  tidur yang buruk. Kucing juga akan merasa was-was, sering terkejut dan ketakutan kalau benda atau hewan yang di takutinya berada di sekitarnya. Oleh sebab itu sebisa mungkin jauhkan atau hilangkan benda yang di takuti kucing demi menjaga kestabilan mental kucing.

Mungkin itu saja cara menghilangkan stress bagi kucing yang menurut anggora paling ampuh di lakukan. Semoga dengan membaca artikel ini kamu jadi bisa menghilangkan rasa stress pada kucing kepunyaanmu. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat tiada salahnya membagikannya ke kerabat atau ke media sosial milikmu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url