close

6 Cara Supaya Kucing Tidak Buang Air Besar Sembarangan

6 Cara Supaya Kucing Tidak Buang Air Besar Sembarangan | Sebagai pecinta kucing permasalahan kucing buang air besar ataupun kecil sembarangan seringkali kita hadapi. Tak jarang kucing yang baru kita adopsi sembarangan membuang kotorannya di tempat yang ia kehendaki.

 

Cara Supaya Kucing Tidak Buang Air Besar Sembarangan
Ilustrasi Kucing Buang Air Besar Sembarangan


Tak hanya kucing yang baru di adopsi atau di pelihara, kucing kita yang sudah lama kita rawat pun bisa jadi buang air besar dan kecil sembarangan.

 

Kenapa Kucing Buang Air Besar Dan Kecil Sembarangan ?

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab kenapa kucing kita menjadi lebih suka buang air besar dan kecil di sembarang tempat. Menurut Anggora beberapa penyebab utama kenapa kucing BAB ataupun BAK sembarangan yakni 

Kucing Sedang Sakit

Kucing yang sedang sakit diare, mencret ataupun mengalami masalah pencernaaan biasanya akan cenderung untuk buang air besar ataupun kencing sembarangan. Ini di karenakan mereka tak mampu untuk menahan kotoran ataupun urin mereka sebelum mereka mencapai litter box ataupun tempat untuk buang air besar dan kecil .


Stress Ataupun Cemas

Perubahan prilaku dan sikap akibat kucing mengalami stress dan cemas bisa membuat kucing menjadi asal buang air besar dan kecil secara sembarangan. Kucing kamu yang tadinya buang urin maupun kotoran di tempat yang benar, kini akan mulai sembarangan akibat stress ataupun cemas.

 

Tempat Tersebut Bau

Bila kucing menganggap suatu tempat di dalam rumah memiliki bau yang busuk seperti sampah. Insting alami mereka akan beranggapan bahwa lokasi tersebut adalah suatu tempat yang layak untuk membuang urin ataupun pup mereka.

 

Tak Tahu Tempat Yang Benar

Saat kucing pertama kali di adopi, kucing akan butuh waktu dan bantuan untuk beradaptasi sekaligus mempelajari hal yang baru. Seperti di mana ia boleh tidur, di mana ia boleh bermain, dan di mana ia boleh buang air besar dan kecil. Karenanya penting bagi kita untuk bersabar dan mengajarinya hal yang benar.

 

Tak Di Ajari Hal Yang Benar

Kesalahan kucing buang air besar dan sembarangan tak sepenuhnya kesalahan mereka. Terkadang kesalahan justru ada pada diri kita. Saat kita melihat kucing melakukan kesalahan bukannya mengajarinya hal yang benar, kita justru memarahinya atau bahkan membuangnya. Saat kucing hendak melakukan kesalahan maka cobalah untuk mengajarinya hal yang benar.

 

Cara Supaya Kucing Tidak Buang Air Besar Dan Kecil Sembarangan ?

Kita tentunya ingin agar kucing kita tak sembarang dalam hal buang air. Beberapa cara berikut ini bisa kamu lakukan agar kucing kamu tak buang air sembarangan dan terbiasanya untuk buang air di tempat yang benar. Berikut beberapa cara agar kucing tak lagi buang air besar dan kecil sembarangan.


1. Sediakan Litter Box ( Kotak Pasir )

Dengan adanya litter box, biasanya kucing tak akan buang air sembarangan. Kucing akan mulai untuk buang air besar ( berak ) serta kecil di dalam litter box. Bersihkan kotak pasir setiap harinya agar ruangan tak terlalu bau serta untuk menghindarkan kita dan kucing dari penyakit seperti toksoplasma dan berbagai penyakit lainnya.

 

2. Angkat Kucing Yang Akan Buang Air

Ketika kucingmu akan buang air secara sembarangan, sesegera mungkin angkatlah kucing ke litter box. Lakukan hal ini setiap harinya dan berulang-ulang. Lakukan terus-menerus hingga kucing paham bahwa litter box adalah tempat yang benar untuk buang air besar dan kecil.


3. Bersihkan Lokasi Yang Di anggap Kucing Bau

Cobalah hirup bau udara di tempat-tempat di mana kucing suka buang air besar ataupun mengencingi tempat secara sembarangan. Jika menurutmu ruangan tersebut kotor dan bau, bersihkanlah ruangan hingga bersih dan semprotlah wangi-wangian untuk menghilangkan bau sekaligus memperharum ruangan.

 

4. Atasi Stress Ataupun Rasa Cemas Kucing

Seperti yang telah anggora jelaskan di atas bahwa kucing yang mengalami rasa stress dan cemas akan menyebabkan prilaku serta sikapnya berubah. Ini akan membuat kucing buang air secara sembarangan. Segera atasi rasa stress serta cemas ini. Untuk mengatasi rasa stress pada kucing kamu bisa melihat caranya di sini.


5. Obati Penyakit Kucing

Kucing sakit biasanya akan buang air secara sembarangan. Penyakit seperti mencret, diare dan gangguan pencernaan lainnya yang mungkin menjadi penyebab utamanya. Obatilah kucing dengan obat yang tepat, di sarankan untuk membawa kucing ke dokter hewan.

 

6. Letakkan Kotak Pasir Di Tempat Yang Benar

Letakkan kotak pasir atau litter box di tempat yang dekat dan bisa di jangkau kucing. Misalkan di letakkan dalam satu ruangan atau dalam kandang kucing, di letakkan dekat dengan tempat kucing menggaruk atau tempat-tempat strategis lainnya.

Peletakan litter box yang benar akan mencegah kucing buang air besar maupun kecil secara sembarangan.


Apakah Cara Di Atas Bisa Berhasil ?

Mungkin ada di antara kamu yang bertanya-tanya apakah benar cara di atas berhasil dalam menangani kucing yang suka buang air besar juga kecil sembarangan ? Jawabannya ya, cara di atas pasti berhasil menangani kucing yang suka sembarangan buang air besar. Asalkan cara di atas di lakukan dengan benar dan kita sabar dalam melakukannya.

Untuk tingkat keberhasilannya sendiri sekitar 80%. Persentase keberhasilan ini berdasarkan pengalaman saya sendiri yang dahulu pernah mengalami masalah yang sama berulang kali.


Saya Telah Mencobanya Cara Di Atas Namun Tak Berhasil, Kenapa Begitu ?

Tanyalah pada dirimu sendiri berapa lama kamu telah mencoba cara di atas ? Jika semingguan maka mungkin itu belum terlalu lama menurut saya. Saya sendiri butuh waktu sekitar 2 minggu lebih agar kucing tak buang air besar secara sembarangan.

Saya perlu melakukan cara nomor 3 terus-terusan selama 2 minggu lebih sampai kucing pintar dan tak buang air sembarangan lagi. Saya melakukan ini karena kucing saya memang tak sedang sakit serta stress dan saya telah menyediakan kotak pasir, meletakkannya di tempat yang tepat menurut saya.

Tak hanya itu seluruh ruangan juga tak ada yang berbau busuk dan kotor. Namun perlu 2 mingguan bagi saya agar kucing saya paham dan terbiasa untuk buang air besar maupun kecil di dalam litter box.

Mungkin itu saja cara agar kucing tak buang pup dan kencing sembarangan. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu bisa membagikannya pada kerabat ataupun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url