close

12 Tanda Tanda Kucing Keracunan Racun Tikus

Tanda Tanda Kucing Keracunan Racun Tikus Kucing merupakan hewan yang penuh dengan rasa ingin tahu dan bernaluri predator. Karena rasa ingin tahu dan sifat liarnya, tak jarang hewan yang satu ini memakan dan menjilati sembarang hal ketika di luar rumah. Ia akan menjilati sembarang benda atau memakan hewan yang terkena racun.

 

Tanda Tanda Kucing Keracunan Racun Tikus
Ilustrasi Tanda Tanda Kucing Keracunan Racun Tikus

 

Salah satu hewan yang sering kucing makan atau bawa kerumah sebagai hadiah untuk tuannya adalah tikus.. Tak masalah jikalau tikus yang di bawanya adalah tikus biasa dan cairan yang di jilatnya tak berbahaya. Bagaimana jika kucing membawa tikus yang sudah keracunan atau di racun tikus oleh orang lain dan bagaimana jika kucing tak sengaja menjilat racun tikus.

Bisa-bisa kucing kita keracunan juga walaupun ia cuma sedikit menggigit tubuh tikus atau menjilat sedikit cairan tersebut. Tentunya kita tak mau bila hal ini terjadi.


Tanda Tanda Kucing Keracunan Racun Tikus

Jika kucing kita sudah terlanjur memakan tikus atau menjilat suatu cairan, apakah yang mesti kita lakukan ? Yang mesti kita lakukan adalah memastikan apakah kucing benar-benar keracunan racun tikus. Lihatlah beberapa tanda berikut ini untuk memastikan apakah kucing benar keracunan racun tikus atau bukan.

 

Tanda yang paling mudah di lihat bila kucing keracunan racun tikus adalah mulut berbusa, hilang nafsu makan, sesak nafas.


Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Yang Keracunan Racun Tikus ?

Saat kamu merasa bahwa kucing kamu benar mengalami keracunan racun tikus, lakukanlah beberapa langkah berikut ini.

 

1. Bersihkan Mulut Kucing

Hal pertama yang mesti di lakukan untuk menangani keracunan racun tikus pada kucing adalah dengan membersihkan mulutnya dari busa atau buih. Membersihkan mulut kucing juga bertujuan untuk membersihkan sisa racun yang menempel pada daerah mulut kucing.

Dengan bersihnya mulut kucing kita tak khawatir lagi manakala kondisi kucing yang keracunan semakin memburuk akibat tak sengaja menjilat kembali racun tikus yang masih menempel pada daerah seputar mulutnya.


2. Jauhkan Kucing Dari Kucing Lainnya

Bila ada satu kucing keracunan sebaiknya jauhkan kucing lainnya dari kucing tersebut. Sebab kucing sendiri memiliki kebiasaan untuk menjilat bulu kucing lainnya. Di khawatirkan jika masih ada racun yang menempel di bulu kucing tersebut, lalu kucing lain menjilatnya maka kucing lainnya akan ikut keracunan. Jadi sebaiknya jauhkan kucing lainnya dari sekitar kucing yang sedang keracunan.


3. Mandikan Kucing

Mandikan kucing dengan shampo kucing untuk membersihkan seluruh tubuh kucing dari sisa racun tikus. Ini bertujuan menghindari kucing menjilat bulu-bulu yang telah terkena racun tikus. Bersihkan tubuh kucing hingga bersih kemudian bilas dengan air bersih dan segera keringkan badannya agar tak memperparah kondisinya..

Cara memandikan kucing kampung dan ras bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


4. Miringkan Badan Kucing

Kucing yang tak sadarkan diri akibat keracunan racun tikus, lebih baik tubuhnya di baringkan ke arah kanan kemudian kepalanya agak di tarik sedikit ke belakang. Posisi ini akan membuka saluran pernapasan serta membuat lidah tak menghalangi pernapasan mulut.


5. Buat Kucing Memuntahkan Racun

Agar kucing bisa memuntahkan racun yang telah di telannya maka kita dapat menggunakan obat yang mengandung hidrogen peroksida. Gunakan spuit dan sendok untuk memasukkan hidrogen peroksida ke dalam mulut kucing. Takaran peroksida yang digunakan adalah sebesar 3% atau 5 mililiter sendok untuk per 2,27 kg berat tubuh kucing.


6. Hubungi Dokter

Setelah melakukan 5 langkah di atas namun kamu merasa bahwa kondisi kucing yang keracunan tak segera membaik, segeralah menghubungi dokter untuk meminta bantuan. Dokter mungkin akan memberikan saran terkait pertolongan pertama yang dapat di berikan agar kondisi kucing lebih membaik atau minimal mampu bertahan lama sampai kucing tiba di tempat praktik dokter hewan untuk di obati.


Cara Mengatasi Kucing Yang Keracunan Racun Tikus Secara Alami

Jika kondisi kucing yang terkena racun tikus sudah mulai membaik maka kamu dapat memberikan beberapa bahan alami di bawah ini untuk membantu kesembuhan kucing yang terkena racun tikus.


Air Kelapa Muda

Kelapa muda sering kali di berikan kepada manusia yang mengalami keracunan. Selain untuk manusia, ternyata kelapa muda juga bisa di berikan kepada kucing sebagai obat untuk keracunan. Berikan air kelapa ke kucing menggunakan spuit atau dodot. Berikan kucing air kelapa muda tiap 1 jam sekali bila kondisi kucing agak parah.

Namun bila kondisinya tak terlalu parah, kita bisa memberikan kucing air kelapa muda tiap 2 jam atau 3 jam sekali. 


Madu

Madu di percaya dapat menetralisir racun pada tubuh kucing. Cara memberikan madu ke kucing cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan cara yang sama dengan cara pemberian air kelapa muda. Yakni memberinya dengan memakai spuit atau pipet khusus kucing.


Bagaimana Cara Menghindarkan Kucing Keracunan Racun Tikus ?

Agar kucing terhindar dari keracunan racun tikus, kamu bisa melakukan antisipasi dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini :

Jangan Sembarangan Meletakkan Racun Tikus

Usahakan untuk tak asal meletakkan racun tikus di tempat sembarangan. Hal ini juga berlaku untuk zat kimia berbahaya lainnya. Aturlah peletakan barang tersebut di tempat yang tepat.

 

Tempatkan Racun Tikus Di Tempat Yang Sulit Di Jangkau Kucing

Meletakkan racun tikus di lemari bagian bawah, gudang atau di dalam kardus bisa membuat kucing menyenggol atau memainkan botol racun tikus tersebut. Akibatnya racun akan tumpah dan mengenai bulu kucing. Kucing yang menjilat tubuhnya lalu akan mengalami keracunan.

Jadi pastikan sebisa mungkin meletakkan racun tikus di tempat yang aman dan sulit di jangkau kucing. 

 

Awasi Kucing Saat Bermain Di Luar Rumah

Saat bermain di luar rumah kucing seringkali menggigit atau memakan sembarang hal. Karenanya penting bagi kita mengawasi kucing ketika bermain di luar rumah.

 

Kurung Kucing Di Rumah Atau Kandang Saat Sedang Tidak Dirumah

Saat kamu sedang bekerja atau bepergian, kurunglah kucingmu di dalam rumah atau kandang. Sebab di saat kamu tak ada di rumah, kamu tidak akan bisa mengawasi kucingmu serta melarang ia memakan dan menyentuh sesuatu.


Jauhkan Kucingmu Dari Tetangga Yang Jahat

Terkadang penyebab kucing keracunan bukan hanya berasal dari ketidak sengajaan, kucing sembarangan memakan ataupun menjilat sesuatu. Tapi bisa juga berasal dari tetangga kita sendiri. Tetangga yang sangat membenci kucing bisa jadi meracuni kucing peliharaan kita ( pengalaman pribadi ).

Saat kamu merasa bahwa tetanggamu membenci kucing dan suka mengusir hewan dengan cara kasar. Jauhkanlah kucing darinya. Karena bukan hanya di racun saja, bisa jadi kucingmu di pukul atau di tendang hingga tubuhnya sakit.

 

Demikian pembahasan 'tanda tanda kucing keracunan tikus beserta cara menanganinya. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat kamu dapat membagikannya dengan kerabat atau akun sosial media milik kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url