close

Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Susu Beruang

Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Susu Beruang | Apakah kucing kamu saat ini keracunan ? Jika iya jangan panik dulu karena ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati keracunan yang ada pada kucing kita. Cara mengobati kucing terkena racun bisa kita lakukan dengan cara memberikan air kelapa, madu atau susu.


Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Susu Beruang
Ilustrasi Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Susu Beruang


Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas cara mengobati kucing keracunan dengan air kelapa muda, madu atau susu. Kita hanya akan membahas bagaimana cara mengobati kucing yang keracunan dengan susu beruang.


Kenapa Kucing Bisa Keracunan ?

Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab utama kucing keracunan. Penyebab umum kucing mengalami keracunan berdasarkan pengalaman Anggora sendiri yakni :

  • Kucing makan makanan kadaluarsa

  • Kucing makan makanan basi

  • Kucing makan tikus yang sudah minum atau makan racun

  • Kucing makan rumput yang di semprot racun rumput

  • Kucing makan tumbuhan yang telah di semprot racun anti hama

  • Kucing makan serangga yang sudah di semprot insektisida

  • Kucing di racun tetangga


Apakah Susu Beruang Bisa Menyembuhkan Kucing Yang Mengalami Keracunan ?

Berdasarkan pendapat medis susu termasuk susu beruang sendri dianggap tidak bisa menyembuhkan keracunan pada kucing. Ahli medis berkata bahwa tiap racun punya penawarnya sendiri dan susu tak teruji klinis untuk menyembuhkan berbagai macam racun.

Namun berdasarkan pengalaman saya sendiri, banyak kucing yang telah sembuh dari keracunan. Tak hanya saya, cat lovers lainnya pun sependapat tentang susu beruang ataupun air kelapa muda sebagai penyembuh kucing keracunan. Mereka sendiri telah membuktikannya. Bila kamu tak percaya maka kamu dapat bertanya di forum atau grup pecinta kucing akan hal ini.

Dan saya pastikan bila kamu bertanya cara mengobati kucing keracunan maka serentak mereka akan menjawab "Coba pakai kelapa muda" atau "pake susu beruang aja, kucing saya sembuh dari racun pake susu ini" dan jawaban lainnya yang serupa.

Selain susu beruang, air kelapa juga bisa menyembuhkan keracunan pada kucing loh. Baca cara mengobati kucing keracunan dengan air kelapa dengan mengklik di sini.


Berapa Dosis Susu Beruang Untuk Kucing keracunan ?

Dosis atau takaran untuk susu beruang yang biasa di berikan oleh cat lovers ataupun saya sendiri adalah 2 sendok makan atau secukupnya saja. Kamu tak harus memaksa 2 sendok makan tersebut ke mulut kucing yang sakit karena racun. Jika kamu melihat kucing kamu kelelahan ataupun tak sanggup untuk meminumnya lagi maka 1 sendok makan susu beruang pun sudah cukup.

Pastikan untuk menggunakan spuit atau dodot bayi untuk memudahkan pemberian susu beruang ke kucing yang kena racun.


Bagaimana Cara Mengobati Kucing Keracunan Dengan Susu Beruang ?

Untuk mengobati kucing dengan susu beruang kamu bisa mengikuti langkah-langah yang tertera di bawah ini :

  • Bersihkan mulut kucing dengan kain lap basah sampai bersih

  • Masukkan susu ke dalam spuit atau botol dodot khusus kucing

  • Berikan susu beruang tiap satu jam

  • Jika kondisi kucing semakin membaik, berikan tiap 2 jam sekali


Bagaimana Jika Kucing Saya Tidak Sembuh Dengan Susu Beruang ?

Setelah mencoba mengobati kucing yang terkena racun dengan susu beruang dan kucing tak sembuh juga maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah membawanya ke ke dokter hewan.

 

Dokter Hewan VS Susu Beruang, Manakah Yang Lebih Baik ?

Manakah yang lebih baik ke dokter hewan ataukah memakai susu beruang saja untuk mengobati kucing keracunan. Pendapat pribadi Anggora, ke dokter hewan adalah langkah yang lebih baik dan sangat di sarankan jika kucing keracunan atau sakit karena racun.

Memberikan kucing susu beruang sebagai obat hanyalah pilihan alternatif jika kamu tak punya uang lebih dan sulit menemukan dokter hewan di dekat kamu tinggal.


Bagaimana Cara Mencegah Agar Kucing Tak Keracunan ?

Menghindari keracunan bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Cara yang menurut saya paling efektif adalah dengan cara berikut ini :

Selalu Mengawasi Kucing Kita Ketika Bermain Di Luar Rumah

Saat kucing tengah asyik bermain di luar rumah, awasilah ia selalu. Pastikan kucing tak memakan sembarangan benda di luar rumah agar ia tak keracunan. Mungkin jika ia memakan rumput di halaman rumah maka hal ini tak masalah karena rumputnya terjamin aman. Ini juga baik bagi kucing untuk membersihkan perutnya.

Yang jadi masalah adalah ketika ia memakan hewan seperti serangga, tikus dan hewan kecil lainnya di luar rumah. Kita tak tahu apakah hewan-hewan itu di racun atau tidak. Bila kamu tak bisa mengawasinya di luar rumah, kamu bisa menjaganya tetap di dalam rumah. Tapi sebaiknya luangkan waktu di luar rumah sebentar dengan kucingmu agar kucing tak mengalami stress.


Perhatikan Makanan Yang Ia Makan

Saat memberikan kucing dryfood atau wet food dan makanan kemasan lainnya. Lihatlah terlebih dahulu kapan tanggal expirednya. Bila ternyata makanan itu  telah kadaluarsa sebaiknya jangan di berikan ke kucing dan buang saja supaya kucing tidak keracunan. Buanglah ke tempat yang tak bisa di jangkau kucing.


Jangan Memberikan Makanan Basi

Makanan basi pun bisa menjadi penyebab utama kucing keracunan. Karena itu jika makanan telah rusak ataupun basi, janganlah sekali-kali memberikannya ke kucing. Lebih baik makanan tersebut di buang saja dengan memasukkannya ke kantung plastik dan buang di tempat yang kucing tak bisa menemukannya.


Tandai Tetanggamu

Kalau cara ini hanya bisa di lakukan jika kucing kamu keracunan dan ternyata tetanggamulah pelakunya. Tetangga yang membenci kucing bahkan menyakitinya saat kita ada maupun tak ada di sekitarnya bisa jadi penyebabnya.

Berusahalah untuk tak membiarkan kucingmu berada di dekatnya ataupun di halaman rumahnya supaya menghindari jika kucingmu di racun lagi olehnya.


Setelah Kucing Sembuh Dari Keracunan Apa Yang Mesti Dilakukan ?

Setelah kucing sembuh dari keracunannya sebaiknya jangan langsung begitu saja menghentikan pemberian susu beruang. Berikanlah susu beruang sampai seminggu setelah kesembuhannya atau sampai kamu merasa bahwa kucing peliharaan kamu telah benar-benar sembuh dari masalah keracunan yang di deritanya.

Setelah kucing sembuh dari keracunannya kamu bisa langsung menghentikan pemberian susu beruang kapanpun yang kamu mau.


Bagaimana Jika Kucing Tak Sembuh Dan Bahkan Mati ?

Kucing tak kunjung sembuh dan bahkan mati ketika kita sudah memberikan makanan. Lantas mengapa ini terjadi ? Keracunan kucing mungkin sudah parah yang mengakibatkan kucing sudah tak tertolong lagi. Dan kematian ini tentu saja bukan karena kondisinya semakin parah akibat pemberian susu kucing tapi memang murni karena racun.

Kita hanya bisa menerima kenyataan kucing kita mati karena racun dan memberikan pemakaman yang terbaik baginya.


Itulah cara mengobati kucing yang keracunan dengan menggunakan susu beruang. Semoga dengan memakai cara ini kucing kamu segera sembuh dari keracunan. Jikalau kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa juga membagikannya dengan kerabat atau share di sosmed kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url