10 Cara Mencari Anak Kucing Yang Hilang Dengan Mudah

10 Cara Mencari Anak Kucing Yang Hilang Dengan Mudah | Mungkin saat ini kamu tengah kebingungan karena anak kucing kamu hilang. Kucing kamu sudah hilang seharian dan gak pulang-pulang. Tentunya hal ini akan membuat kita panik, apalagi jika anak kucing hilang adalah kucing ras seperti anggora, persian, spinx atau yang lainnya.

 

Cara Mencari Anak Kucing Yang Hilang
Cara Mencari Anak Kucing Yang Hilang


Tetapi jangan terlalu panik dan takut karena kamu bisa mencari dan menemukan kucing yang hilang dengan beberapa cara.

 

Cara Mencari Anak Kucing Yang Hilang Dengan Cepat

Saat kucing kita hilang maka yang harus kita lakukan adalah bersegera untuk mencarinya. Dan untuk mendapatkan kucing hilang kita perlu mencari dengan cara-cara tertentu. Berikut ini beberapa cara yang biasa anggora lakukan untuk mencari dan menemukan anak kucing yang hilang dengan cepat.


1. Cari Kucing Sesegera Mungkin

Saat kamu tersadar bahwa kucing atau anak kucing kamu hilang, segera cari kucing kamu. Biasanya kucing yang baru saja hilang, lokasinya tak begitu jauh dari rumah kita. Semakin cepat kita mencarinya akan semakin baik serta semakin mudah kita menemukannya.

Jangan berlama-lama atau menunda-nunda dalam mencari kucing kamu yang hilang. Karena tingkat kamu menemukannya kucing hilang akan semakin rendah dan kamu akan kesulitan mencarinya. Sebab semakin lama kita mencari maka kucing yang hilang mungkin sudah semakin jauh dari rumah kita.


2. Cari Kucing Sembari Memanggil Namanya

Carilah kucing hilang dengan sambil memanggil-manggil namanya dengan kuat. Cari di pekarangan rumah, pekarangan tetangga, tempat-tempat yang banyak rumput serta pohonnya sambil memanggil-manggil namanya dan di tepat lainnya.

Kucing yang hilang akan penasaran dan mencari orang yang memanggil-manggil namanya. Bila kucing mengenali orang yang memanggilnya ternyata adalah tuannya, kucing akan segera berlari menghampiri kamu.


3. Bawa Makanan Kucing

Sembari mencari kucing hilang bawalah makanan kucing. Panggil-panggil kucingmu dengan kemasan makanan kucing yang terbuka  Kamu bisa menggunakan makanan kucing seperti maxi, bolt, felibite, whiskas dan lainnnya. Bau makanan kucing yang keluar akan membuat banyak kucing menghampirimu.

Bau ini juga akan membuat kucing hilang karena ketakutan dan bersembunyi keluar mencari sumber bau dan orang yang memanggil namanya.

 

4. Cari Sembari Mendengarkan Suara Kucing

Dengar-dengarlah mana kala ada suara kucing yang mengeong ketika sedang mencari kucing yang hilang. Hampiri suara tersebut mana tahu suara tersebut berasal dari kucing milikmu. Kadangkala suara kucing yang mengeong adalah pertanda kucing meminta tolong karena sedang sakit, kelaparan.

Atau mungkin meongan tersebut karena kucing sedang berusaha menarik lawan jenisnya. Biasanya kucing melakukannya saat birahi dan ingin kawin.


5. Tanya Tetanggamu Atau Orang-Orang Disekitar

Tanya kucing atau orang-orang yang kamu temui apakah mereka melihat anak kucingmu yang hilang. Biasanya jika mereka melihat kucingmu mereka akan memberitahukanmu di mana mereka terakhir melihat kucing yang hilang berada.

Cara ini terbilang ampuh untuk menemukan kucing yang baru saja hilang. Bahkan jika kucing yang hilang sudah berhari-hari sekalipun bisa di temukan dengan cara ini.


6. Minta Bantuan Tetangga Atau Masyarakat Sekitar Rumahmu

Saat mencari kucing kamu mungkin kamu akan sempat bertanya pada orang yang kamu temui mengenai apakah mereka melihat anak kucing kamu.  Saat inilah kamu meminta bantuan mereka. Minta mereka untuk mengambil dan mengurung kucing ketika mereka melihat kucing kamu yang hilang serta memberitahukan jika kucingmu sudah ketemu.

Cara ini sering Anggora lakuin dan tingkat keberhasilannya sampai 70 persen. Cara ini juga bisa di lakukan untuk mencari kucing yan telah hilang berhari-hari. Jika tetanggamu telah menemukan kucing, sebaiknya berikan mereka hadiah berupa uang, buah atau apapun itu sebagai rasa terimakasih kita.

Selain sebagai terimakasih, ini juga akan membuat hubungan baik dengan tetangga serta mempermudah kita meminta bantuan mereka kembali jika kucing kita hilang lagi.


7. Cari Kembali Di Malam Hari

Setelah mencari kucing yang hilang di siang hari dan tak menemukannya, janganlah putus asa. Cobalah untuk kembali mencari anak kucing di malam hari. Biasanya kucing akan lebih sering berkeliaran di malam hari.

Karena saat malam kucing merasa lebih aman bergerak tanpa takut di kejar oleh hewan lainnya, musuh-musuhnya ataupun manusia. Carilah di daerah sekitar tempat tinggalmu. Oh ya saat kamu sedang mencari anak kucing yang hilang pakailah senter dan ijin dahulu sebelum masuk ke pekarangan rumah tetanggamu ya.

Takutnya bila tak masuk dengan permisi, bisa-bisa kamu dianggap mau maling dan di keroyok massa seperti remaja di bekasi. Padahal niat mencari kucing yang hilang eh malah di tewas di hakimi massa.


8. Kunjungi Penampungan Hewan Atau Petshop

Mungkin saja kucingmu yang hilang di bawa ke tempat penampungan hewan. Kalau ada penampungan hewan di daerahmu tak ada salahnya berkunjung. Siapa tahu anak kucing yang hilang di tampung di sana.

Kunjungi juga peetshop di daerahmu yang menjual anak kucing. Bisa jadi ada orang nakal yang mencuri anak kucingmu kemudian menjualnya di petshop terdekat.


9. Cari Grup Facebook Jual Beli Kucing

Bila anak kucing yang hilang adalah kucing ras, cobalah untuk bergabung di grup jual beli yang ada di facebook. Biasanya pencuri atau orang yang menemukan kucing hilang akan menjual kucing di tempat di mana banyak orang yang berminat membelinya, salah satunya adalah grup jual beli kucing.

Saat kamu melihat kucing kamu di jual dengan harga pasaran di grup, jangan emosi serta berpikirlah dengan tenang. Hubungilah orang yang menjual kucing dan suruhlah temanmu untuk menjumpai orang tersebut. Karena biasanya pelaku akan mengenal pemilik kucing tersebut jadi tak mungkin kamu yang menjumpainya. 

Sementara kamu dan temanmu yang lainnya menunggu sampai si pelaku muncul. Saat pelaku sudah muncul dengan kucingmu. Sergap dia dan minta kucingmu di kembalikan. Ancam dengan menelpon polisi jika ia tak mau mengembalikannya. Saat melakukan hal ini bawalah banyak kerabat atau teman laki-laki agar bisa menjaga kamu dan menahan si pelaku di tempat kejadian.

 

10. Jangan Lupa Berdoa

Berusaha tanpa doa tidaklah komplit. Ibarat makan nasi tanpa lauk. Berdoa akan meningkatkan kemungkinan kita menemukan kucing yang telah hilang. Kamu dapat berdoa sesuai dengan ajaran agama kamu masing.

Untuk umat islam kamu bisa membaca doa ini ketika hendak mencari anak kucing yang hilang :

'' Ya Jaamia'an Naasi Li Yaumil Laa Raiba Fiih, Ijma' 'Alayya Dhoollatii

Artinya : Ya Allah, yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya, kumpulkanlah apa-apa yang hilang kepadaku semula.


Baca dengan yakin dan berharap pertolongan dari Allah untuk mempertemukan kita dengan kucing yang hilang. Insha Allah doa kamu akan di ijabah oleh allah jika kamu yakin dan percaya akan kuasanya.


Di manakah Tempat Biasanya Kucing Yang Hilang Berada ?

Kucing yang hilang biasanya berada di tempat tertentu. Berdasarkan pengalaman anggora kucing biasanya sering di temukan di beberapa tempat berikut ini :

  • Tempat tersembunyi di rumah atau halaman rumah

  • Tempat tersembunyi di halaman rumah tetangga

  • Di bawah mobil yang parkir

  • Di sela-sela mesin mobil bagian bawah

  • Di atas ban mobil yang parkir

  • Di bawah sepeda motor yang parkir

  • Rumah kosong

  • Di antara rumput atau bunga-bunga

  • Di wilayah yang banyak pohon dan rumputnya

  • Di atas pohon

  • Di tempat tinggi

  • Di sela-sela parit yang kering

  • Di tempat biasanya banyak kucing berkumpul

  • Di daerah yang banyak terdapat kucingnya

  • Di tempat pembuangan sampah

  • Di tempat biasa kucing suka bermain dan nongkrong

Carilah di tempat-tempat di atas karena tempat di atas merupakan tempat dengan kemungkinan tinggi menemukan kucing yang hilang.

 

Adakah Cara Lain Untuk Menemukan Kucing Selain Cara Di Atas ?

Selain cara di atas ada juga cara lain menurut kepercayaan orang tua zaman dulu. Mungkin bagi orang awam cara ini terbilang konyol dan gak masuk akal. Tapi cara ini sering saya dan keluarga saya lakuin dari dulu dan cara ini sering juga berhasil.

Caranya mudah yakni mengajak bicara kucing kamu yang sering keluyuran atau kucing yang di jumpai saat mencari anak kucing atau kucing hilang. Cukup bilang pada kucing " Kalau kamu lihat si ruby ( nama kucing ) suruh dia pulang ya " atau " Kalau lihat si ruby, bawa dia pulang kerumah.

Bicaranya cukup pelan saja asal kucing yang di ajak bicara dengar, biar kamu gak di anggap yang aneh aneh sama tetanggamu hehe. Setelah saya atau mama saya melakuin hal ini seringkali kucing rumah yang di ajak bicara keesokan harinya pulang bersama kucing yang hilang.


Lalu Bagaimana Jika Kucing Hilang Tak Kunjung Ketemu Juga ?

Jangan berputus asa dan cobalah mencari hingga beberapa minggu, panjatkan doa sembari mencari. Berdasarkan kasus saya, ada kucing saya yang hilang dan baru di temukan sekitar seminggu bahkan sebulan setelah ia hilang.

Ia di temukan atau kembali dalam kondisi sehat hanya saja tubuh dan kaki-kakinya sangat kurus. Tapi syukurlah sampai sekarang dia sehat dan tubuhnya berangsur-angsur kembali gemuk.


Mungkin itu saja cara bagaimana cara mencari atau cara menemukan kucing yang hilang dengan mudah dan cepat. Semoga dengan menerapkan cara di atas kamu bisa segera bertemu dengan kucing atau kittan kamu yang hilang. Jika kamu merasa artikel  ini bermanfaat, silahkan share ke kerabatmu ataupun akun sosial media milik kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url