6 Manfaat Kuning Telur Buat Kucing

6 Manfaat Kuning Telur Buat Kucing | Siapa yang tak tahu dengan telur. Makanan yang satu ini sering sekali kita jadikan lauk saat kita makan.Selain enak, telor juga memiliki banyak manfaat baik bagi manusia dan hewan.


Manfaat Kuning Telur Buat Kucing
Manfaat Kuning Telur Buat Kucing

 

Dalam telur banyak terkandung protein, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, Kalsium, magnesium serta zat besi. Tahu tidak bahwa telur juga memiliki banyak manfaat bagi kucing. Hanya saja bagian yang boleh di berikan buat kucing hanyalah bagian kuning telurnya saja.

Bagian putih telur tak boleh di berikan sebab mampu menghambat tumbuh kembang anak kucing. Ini di sebabkan adanya kandungan zat Avidin dalam telur. Avidin ialah merupakan glukoprotein yang bisa mengikat Biotin.

Jika biotin terikat oleh Avidin maka kucing akan kekurangan vitamin B dalam tubuhnya. Yang membuat perkembangan tubuh pada kitten atau anak kucing akan terganggu.


Bagaimana Cara Memberi Kuning Telur Pada Kucing ?

Sebaiknya memberikan kucing kuning telor yang sudah di rebus atau di goreng matang. Karena apapun makanannya akan lebih menyehatkan jika di makan dalam keadaan sudah di masak. Mungkin ada beberapa orang ataupun artikel yang menyarankan untuk memberikan kucing kuning telur yang mentah.

Mereka berpendapat bahwa kuning telur yang mentah lebih terasa enak bagi kucing serta tak perlu repot dalam memasaknya. Selain itu pemberian kuning telur yang sudah di masak bagi kucing, bisa membuat kuning telurnya berantakan dan sulit membersihkannya.

Pendapat mengenai telur ini tak sepenuhnya salah dan tak sepenuhnya benar. Kuning telur yang mentah memang akan terasa lebih nikmat buat kucing di banding kuning telur yang matang. Masalahnya yakni telur yang di berikan buat si kucing adalah telur mentah.

Perlu kita ketahui bahwa di dalam telur yang mentah terdapat banyak patogen berbahaya seperti Salmonella. Jika terinfeksi bakteri ini tak hanya manusia, kucing pun bisa mual, muntah, demam, kram perut, hingga buang air besar berdarah. Bakteri ini hanya akan hilang bila telur sudah di masak matang.


Apakah Kuning Telur Boleh Di berikan Setiap Hari ?

Tentu boleh memberikan kuning telur buat si kucing setiap harinya karena makanan ini tak berbahaya dan malah menyehatkan bagi kucing atau anak kucing kita. Tapi kucing bisa saja bosan dan gak mau makan jika lauk atau makanan yang di berikan itu-itu saja.

Istilah sederhananya yakni hilang nafsu selera makan. Karena itu lebih baik buat kita untuk memberikan kucing kuning telur sesekali saja dengan tujuan untuk menambah variasi makanan buat kucing agar kucing tak malas makanan


Manfaat Kuning Telur bagi Kucing Dan Anak Kucing

Kuning telur memiliki manfaat yang baik jika di konsumsi. Ini di karenakan berbagai zat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Lalu apa saja manfaat telur jika di berikan ke kucing ? Berikut ini 6 manfaat kuning telur sebagai makanan buat si kucing kesayangan versi anggora.

 

1. Membuat Kucing Semakin Gemuk

Kuning telur sangat kaya akan lemak sehingga pemberian kuning telur secara teratur di nilai mampu memberikan manfaat seperti membuat kucing semakin gemuk. Berikan kucing 2 buah kuning telur setiap harinya untuk membuat kucing kita yang kurus menjadi sangat gemuk.

Pantau kondisi kucing hingga semingguan, bila kucing sudah gemuk maka hentikan pemberian kuning telur. Pastikan juga apakah kucing gemuk keseluruhan atau hanya perutnya saja yang buncit. Jika perut kucing saja yang buncit tetapi tubuh masih saja kurus maka kucing terkena cacingan.

Agar kucing bisa gemuk total kita wajib dahulu mengobati cacingan kucing, barulah melanjutkan kembali pemberian telur untuk kucing setiap harinya. Untuk ciri kucing cacingan bisa kamu lihat di sini.

 

2. Mempercantik Bulu Kucing

Protein pada kuning telur sangat baik bagi bulu kucing. Dengan memberikan kuning telur sebagai makanan kucing sekali setiap harinya, akan bermanfaat mempercantik dan membuat bulu-bulunya lebih kuat dan tak mudah rontok

Ini membuat kita dapat mencegah hairball pada kucing serta tak repot lagi untuk sering menyisir kucing demi menyingkirkan buku-bulunya yang rontok

 

3. Mempercepat Proses Penyembuhan

Protein memiliki kemampuan untuk membantu tubuh dalam proses regnerasi sel-sel tubuh yang rusak. Kamu bisa memberikan kucing kuning telur untuk membantu proses penyembuhan kucing sekaligus bermanfaat sebagai penambah stamina bagi kucing yang sedang sakit.

Bagi kamu yang ingin memberikan kucing sakit kuning telur, kamu bisa mencampurkan kuning telur dengan madu kemudian berikan ke kucing dengan menggunakan spuit atau dodot khusus kucing. Telur yang di gunakan lebih di sarankan memakai telur ayam kampung.

Tak hanya untuk kucing sakit, ramuan madu plus kuning telur juga bisa kamu berikan ke kucing sehat sebagai suplemen untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya.

 

4. Membuat Bulu kucing Lebat Dan Mempercepat Pertumbuhannya

Kamu memiliki kucing yang mengalami bulu rontok di beberapa bagian seperti kepala, perut ataupun kaki kucing. Jika kerontokan di sebabkan oleh hal yang alami seperti ritual perkawinan kucing. Maka kamu bisa memberikan kucing kuning telur untuk membantu mempercepat pertumbuhan bulu kucing.

Biasanya dalam beberapa hari bulu kucing yang rontok akan kembali tumbuh dan bulu lebih lebat di banding tidak memberikan kuning telur sama sekali.

 

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Serta Stamina Kucing

Seperti yang sudah di jelaskan di atas telur kuning juga memilik manfaat sebagai peningkat daya tahan tubuh dan stamina. Campurkan kuning telur dan madu lalu berikan buat si kucing. Berikan tiap 3 kali seminggu supaya daya tahan dan stamina kucing meningkat.

 

6. Menambah Nafsu Makan

Saat kucing gak nafsu makan, cobalah memberikan kucing kuning telur sebagai pengganti makanan utama. Kuning telur di percaya mampu membuat kucing lebih nafsu makan sehingga nutrisi yang di butuhkan tubuh bisa tercukupi.


Selain Bermanfaat, Apakah Kuning Telur Memiliki Bahaya Atau Efek Samping Tertentu ?

Kuning telur akan memiliki efek samping atau bahaya jika di berikan terlalu berlebihan pada kucing. Seperti kegemukan ( obesitas ) pada kucing. Namun obesitas hanya terjadi jika pemberian kuning telur di luar batas normal, sederhananya ini jarang terjadi.

Selain itu pemberian kuning telur terus menerus bisa membuat kucing kehilangan nafsu makannya terhadap kuning telur tersebut.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai manfaat kandungan telur untuk kucing ataupun anak kucing. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya ke kerabat atau ke sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url