Kucing Muntah Ada Cacing ? Berikut Penjelasannya

Kucing Muntah Ada Cacing, Berikut Penjelasannya | Mungkin saat ini kamu tengah kebingungan dan panik di kala kamu melihat kucing kamu muntah kuning dan ada cacingnya. Hal ini umum terjadi di kalangan pecinta kucing apalagi jikalau kamu adalah orang yang masih awam ataupun baru dalam memelihara kucing. Dan saat kucing muntah ada cacing yang keluar maka akan timbul pertanyaan "Kenapa kucing kita bisa muntah cacing ?".

 

Kucing Muntah Ada Cacing

 

Sebenarnya muntah cacing pada kucing di sebabkan oleh penyakit cacingan. Penyakit kucing cacingan bisa terjadi pada kucing kampung, kucing anggora, kucing persia, kucing mainecoon, kucing ragdoll, kucing siam dan dan seluruh ras kucing lainnya. Ketika kucing cacingan dan tidak segera di obati maka cacing akan menumpuk pada organ pencernaan pada tubuh.

Akibat ketika cacing terlalu banyak menumpuk pada organ pencernaan akan menyebabkan efek samping mual dan membuat kucing muntah cacing. Biasanya muntahan cacing ini di sertai dengan keluarnya cairan kuning dari mulut. Hal ini menurut pengalaman anggora bahwa penyakit cacingan pada kucing sudah mulai agak parah.

Namun jangan khawatir karena cacingan ini masih bisa disembuhkan jika kita membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk segera di obati atau memberikan obat cacing secara rutin. Lantas kenapa kucing bisa terkena cacingan, muntah cacing dan apa saja ciri-ciri dan obatnya. Simak penjelasannya pada artikel berikut ini.


Penyebab Kucing Cacingan

Berikut beberapa penyebab utama kenapa kucing bisa cacingan yang menyebabkan kucing muntah cacing :

  • Memakan makanan mentah atau belumdi masak

  • Kuku kucing kotor dan tak pernah di potong ( Potong hanya bagian putih pinggir saja )

  • Kucing tak pernah sama sekali di mandikan dalam sebulan

  • Memakan sembarangan benda saat bermain di luar rumah

  • Larva masuk saat menyusu ke induknya

  • Kontak dengan siput dan lungworm

  • Lingkungan rumah tidak bersih


Ciri Kucing Cacingan

Kucing yang mengalami cacingan biasanya menunjukkan beberapa gejala atau ciri-ciri tertentu. Berikut ini beberapa gejala ataupun ciri-ciri kucing cacingan :

  1. Muntah cacing atau ada cacing putih yang keluar pada kotoran

  2. Bulu kucing kusam

  3. Gusi pucat

  4. Sering muntah

  5. Kotoran lembek, menghitam ataupun mencret

  6. Rakus makan namun badan malah kurus

  7. Selaput putih mata kucing agak menutupi mata 


Obat Cacing Terbaik Untuk Kucing Yang Di Rekomendasikan

Untuk mengobati cacingan pada kucing kamu dapat menggunakan beberapa merk obat cacing kucing di bawah ini. Obat cacing di bawah ini ada yang berupa tablet ataupun sirup :

  1. Wormix

  2. Drontal Cat

  3. Pet Derm Cat

  4. Catyzole Drop

  5. ALBENWORM Cat Syrup


Cara Memberi Obat Cacing Ke Kucing

Untuk memberikan obat cacing berupa tablet pada kucing biasanya obatnya saya giling halus terlebih dahulu sementara untuk obat cacing kucing yang cair bisa langsung di berikan atau di campur makanan kucing.


1. Tuangkan Makanan Ke Wadah Makanan Dan Letakkan Obat Cacing Kucing Di Atasnya

Triknya lumayan gampang, letakkan saja obat cacing di atas santapan favoritnya. Tetapi obat cacing untuk obat cacing tablet, kalian wajib menghaluskannya terlebih dulu saat sebelum di beri ke kucing. Buat makanannya sendiri kalian dapat memakai ikan tongkol, tuna, wet food ataupun yang yang lain. Tidak mesti harus mencampurnya sama sekali.

Trik ini kadang kala sukses serta kadang bisa gagal, tetapi meski begitu tiada salahnya mencoba memakai trik yang satu ini.


2. Campur Obat Cacing Ke  Makanan Kucing

Bila cara di atas belum berhasil maka cobalah cara ini. Gabungkan obat cacing ke dalam tipe makanan basah ataupun wetfood. Wet food bisa menyamarkan bau obat sehingga kucing tanpa sadar dapat memakan obat.

Tetapi bila kalian merupakan pecinta kucing low budget, kalian tak harus menggunakan wet food. Kalian bisa mencampurnya dengan ikan. Ambil daging ikan kemudian tuangkan obat cacing cair ataupun tablet yang sudah di haluskan ke dalamnya setelah itu aduk ikan serta obat cacing hingga menyeluruh kemudian sajikan makanan ke kucing.

Untuk makanan jenis wet food saya biasa memakai Pro Plan Wet Food. Namun kamu juga bisa memakai alternatif wetfood lain seperti Purina Wet Cat Food, Royal Canin Instinctive Adult Wet Food, Whiskas Tuna Wet Food atau merk yang lainnya.

Saat mencampurkan makanan dengan obat, pastikan bau ikan lebih terasa di hidung ketimbang bau obat. Hal ini supaya kucing mau memakan makanan campuran obat cacing sampai habis.


3. Suapkan Makanan Yang Di campur Obat Cacing Langsung Ke Mulut Kucing

Pakai jari tengah dan ibu jari untuk membuka mulut kucing. Selanjutnya, masukkan makanan yang telah di campur obat cacing langsung ke mulutnya. Masukkan sedikit saja agar kucing tak tersedak atau memuntahkan makanan tadi.

Biasanya setelah 1 suapan, jika kucing suka maka ia akan memakan sisanya sendiri. Namun jika ia tak berinisiatif memakannya sendiri maka terpaksa kita harus menyuapinya lagi.


4. Beri Obat Cacing Langsung Ke Mulut Kucing

Cara terakhir yakni dengan menggunakan khusus kucing dan memasukkannya langsung ke mulutnya. Spuit ini bisa di beli di petshop terdekat atau online shop.

Setelah obat di masukkan ke spuit maka selanjutnya tinggal memberinya langsung ke mulut kucing. Buka mulut kucing dengan menggunakan ibu jari kemudian suntikkan obat sedikit demi-sedikit agar tertelan sempurna dan kucing tidak tersedak.


Berapa Banyak Obat Cacing Yang Boleh Diberikan Pada Kucing ?

Selama ini takaran atau dosis tablet untuk kucing adalah sekitar 1/2 sampai 1/4 tablet sementara untuk obat cacing cair adalah 0,5 mili sampai 1 mili liter.

Namun untuk agar lebih jelas kamu dapat melihat tabel petunjuk pemakaian obat yang tersedia pada kemasan obat.

 

Bolehkah Memberi Obat Cacing Untuk Manusia Ke Kucing ?

Boleh saja, namun  di sarankan hanya memakai obat cacing cair combatrin untuk anak-anak dan dosisnya sebaiknya 0,5 ml atau 1 ml setiap 2 minggu. Atau jika urgen bisa di berikan 0,5 ml tiap minggu.

Namun jika di kotamu ada petshop ataup toko yang menjual obat cacing khusus kucing sebaiknya tidak menggunakan obat cacing untuk manusia. Karena selain efektif, obat tersebut juga terbilang sangat aman untuk di berikan ke kucing tercinta kita.


Setelah membaca penjelasan kini kamu mungkin sudah tahu kenapa kucing muntah ada cacing dan tahu tindakan apa yang harus di ambil. Semoga setelah membaca artikel ini kucing kamu lekas sembuh dari cacingan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url