close

Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak, Berikut Ini Penjelasannya

Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak, Berikut Ini Penjelasannya | Pertanyaan tentang bagaimana cara kucing berkembang biak mungkin pernah muncul di benakmu ketika kamu masih usia anak-anak. Tak hanya itu pertanyaan ini pun seringkali muncul saat kita bersekolah di sd, smp, sma bahkan perguruan tinggi sekalipun.

 

Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak
Ilustrasi Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak

 

Untuk menjawab rasa penasaran dan pertanyaan-pertanyaan seputar cara kucing berkembang biak maka pada artikel ini izinkan Anggora untuk membantu menjelaskan cara perkembangbiakan kucing.

 

Bagaimana Cara Kucing Berkembang Biak, Berikut Ini Penjelasannya

Kucing merupakan hewan imut dan lucu yang sangat sering kita jumpai di keseharian hidup kita dan merupakan hewan yang hidup dekat dengan lingkungan manusia. Tak hanya itu hewan ini sendiri di Indonesia sering di jadikan sebagai hewan peliharaan ketimbang hewan lainnya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis ras kucing seperti kucing anggora, kucing persia, kucing ragdoll, kucing mainecoon, kucing siam, kucing bengal, kucing balinese dan jenis ras kucing lainnya.


Cara Kucing Berkembang Biak

Kucing merupakan golongan hewan karnivora yang termasuk jenis hewan vivivar. Hewan vivipar sendiri ialah hewan yang berkembang biak dengan mengandung dan melahirkan. Sama seperti manusia, saat hendak berkembang biak kucing jantan dan betina akan melakukan perkawinan. Saat masa birahi pejantan akan menunjukkan kehebatannya pada sang betina.

Pejantan akan sering mengeong dan menandai area kekuasaanya demi mendapatkan perhatian dari kucing betina yang ia incar. Ia juga akan mengikuti dan mengejar-ngejar sang betina yang ingin ia kawini. Saat sang betina menyukai sang jantan maka mereka akan melakukan perkawinan.

Kucing yang melakukan perkawinan selanjutnya akan mengandung. Fase mengandung biasanya terjadi selama kurang lebih 2 bulanan atau sekitar 55 hingga 65 hari. Setelah melewati fase mengandung lalu kucing akan melahirkan anak-anak kucing yang lucu. Berarti kucing berkembang biak dengan cara melahirkan.

Umumnya kucing akan melahirkan 4-6 anak kucing dalam sekali melahirkan. Setelah melahirkan kucing akan menyusui anak-anaknya. Proses menyusui inilah yang membuat kucing termasuk salah satu jenis golongan hewan mamalia


Berikut Ciri-Ciri Kucing Yang Akan Melahirkan :

Kucing yang akan melahirkan bisanya akan menunjukkan ciri-ciri tertentu. Nah beberapa ciri-ciri tersebut antara lain seperti berikut ini :

1. Mencari Tempat Yang Sepi

Saat hendak melahirkan, kucing betina biasanya akan mencari tempat yang gelap dan sepi. Mungkin alasan utamanya ialah alasan keamanan. Kucing menganggap bahwa tempat yang sepi dan gelap adalah tempat yang aman dari predator atau hewan lainnya saat ia sedang melahirkan.

 

2. Tidak Nafsu Makan

Layaknya manusia, kucingpun akan kehilangan dorongan untuk makan ketika ia akan melahirkan. Biasanya hal ini di sebabkan oleh pergerakan bayi di dalam perut kucing yang membuat ia mual dan kehilangan nafsu makannya.


3. Tidur Lebih Lama

Kucing hamil dan akan melahirkan mungkin lebih sering tertidur. Mungkin bisa jadi pengaruh kehamilan yang membuat ia merasa perutnya penuh atau karena hilangnya nafsu makan dan sulitnya bergerak akibat berat badan tubuhnya bertambah. Karena beberapa penyebab tersebutlah kucing jadi lebih memilih untuk tidur lebih sering.

 

4. Terus-Menerus Mengeong

Saat kucing kamu akan lahiran mungkin kamu akan melihat kucing kamu sering mengeong. Menurut pendapat Anggora sendiri, kucing sering mengeong mungkin di karenakan ia merasa tidak enak badan dan mual yang membuat ia sering menggeong. Jika di ibaratkan ia seperti mengeluh pada kita majikannya bahwa ia sedang mual dan akan melahirkan.

 

5. Mengeluarkan Air Seperti Air Kencing

Kucing hamil juga akan mengeluarkan air seperti kencing. Saat melihat air keluar dari tubuh si kucing saat hamil besar maka sebagai majikan jangan mengabaikannya, bisa jadi air atau cairan yang keluar merupakan air ketubannya yang pecah pertanda bahwa dalam beberapa saat dia akan segera melahirkan.

Mungkin cukup sekian saja penjelasan Anggora mengenai bagaiman cara kucing berkembang biak. Semoga membantu meningkatkan wawasan kamu dan menjawab rasa penasaran kamu. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url