3 Cara Memberi Obat Cacing Pada Kucing Mudah Dan Anti Ribet

Mungkin saat kamu mencari artikel ini, kucing kamu mungkin sedang mengalami masalah kesehatan yakni terkena penyakit cacingan. Kenapa saya tahu ? Karena hal sama dahulu juga terjadi pada kucing milik saya.

 

Cara Memberi Obat Cacing Pada Kucing Mudah Dan Anti Ribet

Penyakit kucing cacingan bisa terjadi pada kucing kampung, kucing anggora, kucing persia, kucing mainecoon, kucing ragdoll, kucing siam dan dan semua jenis kucing ras lainnya.

Sebagai orang yang mungkin masih pemula dalam dunia perkucingan, mungkin kita akan kebingungan tentang bagaimana cara memberi obat cacing pada kucing. 

Karena itu pada kesempatan kali ini Anggora akan berbagi cara gimana sih memberi obat cacing ke kucing kita. Namun sebelum masuk ke pembahasan utama ada baiknya kita mengetahui penyebab dan ciri kucing cacingan beserta obatnya.

 

Beberapa Penyebab Yang Membuat Kucing Cacingan

Demi menambah ilmu dan agar kucing kelak bisa lebih terhindar dari masalah cacingan maka sepatutnya kita mengetahui apa penyebab kucing bisa terkena cacingan. Berikut beberapa penyebab utama kenapa kucing bisa cacingan :

  • Memakan makanan yang mentah atau belum matang

  • Kuku kucing tak pernah di bersihkan atau kotor

  • Kuku kucing tak pernah di potong ( Potong hanya bagian putih pinggir saja jangan yang kemerah-merahan )

  • Kucing jarang di mandikan atau tidak pernah sama sekali di mandikan dalam sebulan

  • Memakan sembarang tanaman atau hewan saat bermain di luar rumah

  • Memakan larva saat menyusu ke induknya

  • Kontak dengan siput dan lungworm


Pertanda Kucing Kamu Mengalami Cacingan

Saat kucing mengalami cacingan biasanya kucing akan menampakkan sejumlah ciri atau pertanda bahwa ia terkena penyakit cacingan. Tanda tersebut mungkin adalah beberapa tanda di bawah ini :

  1. Adanya cacing pada kotoran kucing

  2. Bulu tampak kusam

  3. Gusi berubah warna

  4. Muntah-muntah

  5. Kotoran menjadi lembek atau menghitam

  6. Nafsu makan tinggi namun badan malah semakin kurus

  7. Selaput putih atau tertia menutupi sebagian mata kucing


Obat Cacing Kucing Terbaik Yang Kami Rekomendasikan

Berikut beberapa obat kucing yang saya rekomendasikan untuk mengobati penyakit cacingan pada kucing :

  1. Wormix

  2. Drontal Cat

  3. Pet Derm Cat

  4. Catyzole Drop

  5. ALBENWORM Cat Syrup


3 Cara Mudah Memberi Obat Cacing Pada Kucing

Untuk memberikan obat cacing berupa tablet pada kucing biasanya obatnya saya giling halus terlebih dahulu sementara untuk obat cacing kucing bentuk cair bisa langsung di berikan atau di campur makanan kucing.

Nah berikut beberapa cara memberi obat cacing pada kucing dengan mudah versi kenangan anggora.


1. Tuangkan Makanan Ke Mangkuk Makan Kemudian Letakkan Obat Cacing Kucing Di Atasnya

Caranya ini cukup mudah, cukup letakkan obat cacing di atas makanan favoritnya. Namun untuk obat cacing bentuk tablet, kamu harus menghaluskannya terlebih dahulu sebelum di berikan ke kucing. Untuk makanannya sendiri kamu bisa menggunakan ikan tongkol, tuna, wet food atau yang lainnya. Tak perlu mencampurnya sama sekali.

Cara ini kadangkala berhasil dan kadang kala gagal, namun walaupun begitu tiada salahnya untuk mencoba cara yang satu ini.


2. Campurkan Obat Cacing Ke Dalam Makanan Kucing

Jika cara pertama gagal maka kamu dapat mencoba cara ini. Campurkan obat cacing ke dalam jenis makanan basah atau wetfood. Alasan memakai wet food ialah agar bau obat tersamarkan dan kucing tanpa sadar bisa memakan obat.

Namun jika kamu adalah pecinta kucing low budget masih bisa kok mencampurnya dengan ikan. caranya cukup ambil daging ikan lalu tuangkan obat cacing cair atau yang telah di haluskan ke dalamnya kemudian aduk ikan dan obat cacing sampai merata kemudian  berikan ke kucing.

Untuk makanan jenis wet food saya biasa memakai Pro Plan Wet Food. Namun kamu juga bisa memakai alternatif wetfood lain seperti Purina Wet Cat Food, Royal Canin Instinctive Adult Wet Food, Whiskas Tuna Wet Food atau merk yang lainnya.

Saat mencampurkan makanan dengan obat, pastikan bau ikan lebih kuat daripada bau obat. Hal ini agar kucing tidak tahu bahwa makanannya di campur obat. Tahu sendirilah kalau hewan yang satu ini selain lucu juga tergolong hewan yang pintar.


3. Suapkan Makanan Yang Telah Tercampur Dengan Obat Cacing Langsung Ke Dalam Mulut Kucing

Gunakan jari tengah dan ibu jari untuk memaksa mulut kucing terbuka. Selanjutnya, masukkan sedikit makanan yang telah di campur obat cacing langsung ke mulutnya.

Jangan kebanyakan memasukkan makanan, karena takutnya kucing akan tersedak atau memuntahkan makanan tadi. Biasanya setelah 1 suapan, jika ia suka maka ia akan memakan sisanya tanpa harus perlu di suapi lagi.

Namun jika ia tak berinisiatif memakannya sendiri maka terpaksa kita harus menyuapinya lagi.


Beri Obat Cacing Langsung Ke Mulut Kucing

Cara terakhir yakni dengan mencampur obat cacing cair atau obat cacing yang dihaluskan dengan air. Kemudian campuran air obat tadi, kita masukkan ke dalam spuit khusus kucing. Spuit ini bisa kamu beli di petshop terdekat atau toko online.

Setelah campuran air obat di masukkan ke spuit maka selanjutnya tinggal memberinya langsung ke mulut kucing. Buka mulut kucing dengan menggunakan ibu jari kemudian suntikkan sedikit demi-sedikit obat agar bisa tertelan sempurna dan tidak membuat kucing tersedak.


Berapa Banyakkah Obat Cacing Yang Boleh Diberikan Pada Kucing ?

Biasanya untuk obat cacing sendiri pada tabel kemasan di sediakan takaran yang di anjurkan untuk di berikan ke kucing dan apakah obat tersebut boleh di berikan ke anak kucing atau tidak. Selama ini takaran atau dosis tablet untuk kucing adalah sekitar 1/2 sampai 1/4 tablet sementara untuk obat cacing cair adalah 0,5 mili sampai 1 mili liter.

Namun untuk lebih jelasnya kamu dapat melihat tabel petunjuk pemakaian obat pada kemasan obat cacing.

 

Bolehkah Memberi Obat Cacing Untuk Manusia Ke Kucing ?

Boleh saja, namun yang saya anjurkan hanyalah obat cacing cair combatrin untuk anak-anak dan dosisnya sebaiknya 0,5 ml atau 1 ml setiap 2 minggu. Atau jika urgen bisa di berikan 0,5 ml setiap minggu.

Namun jika di kotamu ada petshop ataupun toko yang menjual obat cacing khusus kucing maka lebih baik menggunakan produk khusus kucing. Karena selain efektif, obat tersebut juga terbilang sangat aman untuk di berikan ke kucing tercinta kita.


Setelah membaca penjelasan di atas kini kebingungan kamu atas cara memberi obat cacing untuk kucing sudah terjawab dan kamu tidak akan ragu atau takut lagi memberikannya. Semoga setelah membaca artikel ini kucing kamu segera sembuh dari cacingannya.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • Asep Rohimat
    Asep Rohimat 9 Maret 2022 pukul 10.28

    Mantapppp

    • Anggora
      Anggora 9 Maret 2022 pukul 11.11

      makasih dah mampir bang asep

Add Comment
comment url