close

Kucing Makan Jangkrik, Boleh Gak Sih ? Ini Penjelasannya

Kucing Makan Jangkrik, Boleh Gak Sih ? Ini Penjelasannya | Kucing termasuk hewan yang tergolong hewan karnivora. Itulah mengapa kucing suka memakan daging hewan lainnya. Meskipun kucing adalah hewan yang di kenal ramah dan tak berbahaya, kucing masihlah hewan karnivora yang hobi memburu hewan lainnya sebab ia masih memiliki insting liarnya.


Kucing Makan Jangkrik
Ilustrasi Kucing Makan Jangkrik Excitedcats.com


Inilah penyebab kenapa kucing suka sekali menangkapi hewan kecil yang ada di dekatnya. Ia akan memburu tikus, kecoa, ikan, katak, belalang, cicak, tupai, jangkrik, tokek, hingga kadal. Kucing bahkan tak segan-segan memakan buruannya jika ia ingin.

 

Pernahkah Kamu Lihat Kucing Milikmu Memakan Jangkrik ?

Pastinya kita pernah melihat kucing memakan jangkrik, apalagi bagi kamu yang tinggal di pedesaan atau daerah perkebunan. Tentunya pemandangan seperti kucing membawa belalang, jangkrik, burung, ayam tupai dan sejenisnya bukanlah hal biasa lagi. Kucing biasanya akan membawa buruannya untuk di makan, sekedar di permainkan atau sebagai hadiah bagi tuannya.

 

Kenapa Kucing Senang Menangkap Jangkrik?

Tak ada alasan lain bagi kucing memakan jangkrik selain karena hewan tersebut adalah hewan yang menarik untuk di buru dan di makan. Hal ini wajar bagi kucing sebab ini merupakan dorongan hasrat yang di timbulkan oleh insting alaminya sebagai hewan karnivora.

Memburu jangkrik pun akan di lakukan juga oleh anak kucing. Tujuan anak kucing memburu jangkrik tiada lain dan bukan hanya untuk melatih otot tubuhnya dan untuk bermain-main. Namun tak jarang anak kucing pun akan memakan jangkrik yang dia dapatkan setelah ia bersusah payah memburunya. 

Kucing pun senang memburu kecoa. Lihat penjelasan kucing makan kecoa dengan mengklik di sini.

 

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kita Melihat Kucing Berburu Ataupun Makan Jangkrik ?

Ketika kamu tak sengaja memergoki kucing kamu makan jangkrik sebaiknya segera buang jangkrik tersebut ke tempat yang tak bisa di jangkau oleh kucing. Karena bila kucing memakan kadal di khwatirkan kucing bisa keracunan ataupun sakit perut.

Keracunan ini akibat serangga yang di makan kucing adalah serangga yang baru saja di semprot insektisida oleh tetangga kita atau petani. Kalau serangganya dari halaman rumah atau kebun sendiri sih tak masalah sih paling cuma membuat kucing sakit perut, mencret atau cacingan karena makan-makanan mentah.

 

Apakah Boleh Kucing Makan Jangkrik ?

Jangkrik sebenarnya merupakan makanan yang tak berbahaya dan boleh di makan oleh kucing peliharaan kita. Yang jadi masalahnya adalah apakah kita tahu bahwa jangkrik yang di makan kucing beracun atau tidak. Selain itu makan jangkrik mentah atau belum di masak bisa membuat kucing cacingan, diare, mencret dan masalah pencernaan lainnya.

Jadi sebaiknya saat kucing hendak memakan jangkrik sebaiknya kita buang saja jangkriknya. Lalu bagaimana bila jangkrik sudah terlanjur di makan kucing ? Terpaksa kita biarkan saja dan harus terus kita pantau kondisi kucing setelahnya. Bila ternyata setelah kucing makan jangkrik kucing jatuh sakit dan keracunan sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan.

Bila keracunan di rasa ringan kamu dapat mengobati kucing dengan air kelapa. Caranya dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.

 

Bahayakah Bila Kucing Makan Jangkrik ?

Sebenarnya tak ada bahaya bagi kucing dengan catatan jangkrik yang di makan kucing adalah jangkrik yang tak disemprot racun anti hama. Efek kucing makan jangkrik palingan hanya membuat kucing sakit perut, mencret ataupun cacingan sebab memakan makanan mentah. Ini tak akan membahayakan nyawanya.

Hanya saja kita tentunya akan repot mengobati kucing yang sedang sakit. Karena itulah bila kamu hendak memberikan kucing jangkrik sebaiknya masak terlebih dahulu jangkriknya agar aman di konsumsi oleh si kucing.

Selain makan jangkrik, kucing pun suka makan cicak. Ketahui bahaya kucing makan cicak di sini.


Adakah Pertanda Khusus Kucing Sakit Setelah Makan Jangkrik ?

Gejala yang biasa muncul pada kucing yang sakit sesaat setelah makan jangkrik umumnya serupa dengan kucing yang memakan kadal. Kucing akan menunjukkan beberapa pertanda bila kucing sedang sakit atau keracunan. Beberapa pertanda tersebut antara lain : 

  • Kucing Gatal.-Gatal

  • Sering Sekali Muntah

  • Kucing Pendiam

  • Kucing Mengeluarkan Busa Dari Mulutnya

  • Adanya Demam

  • Tubuh Kucing Terlihat Lemas

  • Tak Ada Nafsu Makan.

  • Mengalami Sakit Perut

Gak semua gejala di atas akan muncul sekaligus. Biasanya akan ada sekitar 4 sampai 5 gejala yang tampak pada kucing agar kita bisa yakin bahwa kucing benar-benar sakit atau keracunan.

Apakah kucing kamu matanya sebagian tertutup selaput putih ? Baca 8 penyebabnya di sini.


Kucing Sakit Sesudah Menyantap Jangkrik, Solusinya ?

Banyak diantara para cat lovers yang menyarankan susu beruang untuk mengobati keracunan pada kucing yang baru saja keracunan setelah memakan jangkrik. Hal ini tak salah namun sebelum memberi kucing susu beruang sebaiknya kita pastikan dulu kucingnya keracunan parah ataukah tidak ?

Bila ternyata keracunannya sedang atau cukup parah maka sebaiknya si kucing di bawa saja langsung ke dokter hewan. Agar lebih menjamin keselamatannya dan agar ia segera cepat sembuh. Dan jua untuk mengantisipasi kalau-kalau penyebab ia sakit bukanlah keracunan tetapi karena penyakit lainnya seperti terkena calici, panleukopenia, alergi, tertabrak dan sebagainya.

 

Manfaat Kucing Makan Jangkrik Apakah Ada ?

Sebenarnya banyak manfaat baik yang bisa di dapatkan kucing bilamana ia sedang berburu lalu memakan jangkrik. Di bawah ini beberapa manfaat yang di dapatkan kucing saat ia memakan jangkrik :

Melatih Otot Dan Meningkatkan Stamina

Di saat kucing sedang memburu jangkrik yang melompat ke sana kemari. Kucing sekuat tenaga akan berlari dan melompat mengejar jangkrik. Hal ini tentunya akan membuat otot-otot pada kucing mengendur dan mengeras yang tentunya memiliki efek yang sangat baik bai kesehatan serta stamina si kucing.


Makanan Alami Sekaligus Sumber Protein

Seperti yang kita tahu bahwa jangkrik merupakan hewan yang memiliki protein yang lebih sehat di bandingkan dengan ayam, kambing dan hewan lainnya. Selain itu protein pada jangkrik adalah protein hewani, protein ini sangat baik bagi tubuh dan kesehatan hewan karnivora yang salah satunya adalah kucing.

 

Menjaga Dan Melatih Insting Liar Kucing

Menangkap hewan kecil dan hewan liar lainnya merupakan cara alami bagi kucing rumahan untuk menjaga dan mengasah insting liarnya. Insting liar kucing sangat bermanfaat bila mana kucing tersesat saat pergi ke luar rumah dan tak tahu jalan untuk pulang.

Dengan insting liarnya kucing dapat bertahan hidup di luar sana dengan memakan hewan liar seperti kadal, jangkrik, ayam, burung dan sejenisnya yang ia temukan ketika ia sedang kelaparan. 


Sebagai Hadiah

Jangan kaget kalau kadang-kadang Kucing membawa berbagai macam hewan seperti ayam, cicak, burung, jangkrik dan bahkan ular ke dalam rumah. Biasanya kucing melakukan hal ini sebagai hadiah ucapan terima kasihnya pada pemiliknya yang telah merawat dan menjaganya dengan baik selama ini.

 

Sebagai Mainan

Selain melihat jangkrik sebagai mangsa. Kucing jua hanya melihat hewan yang satu ini sebagai mainan. Ia akan memburu serangga, menangkapnya kemudian membawanya ke dalam rumah untuk memainkannya. Bila ia bosan ia akan meninggalkan jangkrik atau bahkan akan menjadikannya makanan cemilan.
 

Itulah penjelasan mengenai bolehkah kucing memakan jangkrik dan apa saja bahaya atau efek kucing makan jangkrik. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam memahami mengenai kucing makan jangkrik, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url