11 Alasan Kucing Lari Lari Sendiri

Walaupun dalam sehari kucing banyak tidur, ternyata saat bangun kucing merupakan salah satu hewan yang terolong aktif. Kucing hobi berkeliaran ke sana-kemari untuk melakukan berbagai aktivitas tertentu.

 

Kucing Lari Lari Sendiri


Seperti berburu hewan kecil, bermain dengan kucing tetangga, mengejar betina untuk di kawini dan berbagai aktivitas lainnya. Di saat kucing sedang sibuk sendiri kadangkala kita sesekali mungkin memergoki kucing kita berlari-lari sendirian.

Tak hanya sekali namun hal ini sering terjadi dan merupakan hal yang biasa di lihat oleh seorang yang sudah lama memelihara kucing. Namun yang biasa di mata pecinta kucing tentulah berbeda bagi orang yang baru saja mulai memelihara kucing.

Tingkah kucing yang berlarian sendirian seolah tanpa alasan jelas, tentulah akan mengundang segelintir pertanyaan di benak mereka. Kenapa kucing lari sendiri, Apakah kucing sedang sakit dan pertanyaan yang sejenisnya akan muncul mencari jawaban.

Supaya pertanyaan kamu terjawab dan kamu gak penasaran lagi. Ketahui jawabannya dengan menyimak tulisan di bawah ini.


Alasan Mengapa Kucing Lari Lari Sendiri

Banyak alasan mengapa kucing tiba-tiba lari-lari sendirian. Berdasarkan pengalaman Anggora penyebab utamanya biasanya tak berhubungan dengan masalah medis, jadi kamu tak perlu khawatir. Umumnya apa yang menyebabkan kucing berlari sendirian adalah sebagai berikut ini :

1 Menangkap Hewan Kecil

Alasan pertama kenapa kucing suka lari lari sendiri dan melompat kesana-kemari adalah karena mungkin kucing sedang sibuk menangkap hewan kecil seperti nyamuk, lalat. kecoa, semut dan sejenisnya.

Ukuran hewan ini tergolong kecil dan bila kita perhatikan dari jauh mungkin tak tampak di mata. Apalagi bagi kamu yang memiliki rabun jauh maka kucing akan terlihat seperti sedang sibuk lari-lari sendirian dan seolah bertingkah aneh.

Bila ternyata kucing memang sedang berusaha menangkap hewan kecil dan berhasil menangkapnya sebaiknya buang hasil tangkapannya. Ini demi menghindari kucing terinfeksi bakteri, parasit maupun virus karena bisa jadi hewan tangkapan tersebut merupakan inang ( pembawa ) 3 mikroorganisme berbahaya tadi yang bisa menjadi sebab penyakit pada kucing.


2. Melihat Hal Menakutkan

Alasan kedua kenapa kucing kadang lari sendiri adalah ia kemungkinan melihat hal menakutkan. Bukan hanya manusia yang bisa takut ketika melihat hal yang menakutkan tetapi kucing pun bisa merasakan hal yang sama.

Mereka akan lari saat hal itu mendekatinya kemudian saat di rasa sudah aman kucing akan menoleh kebelakang dan kemudian kembali berlari lagi dengan tujuan mencari tempat yang aman untuk bersembunyi dari yang di takutinya itu.

 

3. Mendengar Suara Mengerikan Dan Aneh

Yang ketiga yakni kucing akan berlari tiba-tiba ke sana kemari bila ada suara yang mengerikan dan aneh yang terdengar jelas di sekelilingnya. Contohnya yakni bila kucing mendengar suara mesin rumput atau gergaji di dekat rumah biasanya kucing akan berlarian ke sana-kemari sambil kebingungan dan ketakutan.

Sesekali kucing juga akan berusaha mencari sumber suara tersebut. Pernah ketika ada orang yang sedang menggergaji pohon di dekat rumah, kucing saya berlarian ke sana kemari kemudian sembunyi di bawah lemari seperti sedang ketakutan.

Karena wajahnya aneh dan muka bingung yang ia ekspresikan saat ia takut saya malah tertawa terbahak bahak namun setelah itu saya mencari tahu alasan kenapa ia takut dan berusaha menenangkannya dengan mengelus kepalanya, memberikan mainan, dan makanan cemilan untuk mengalihkan pikirannya dari apa yang ia takuti.


4. Melihat Hantu Atau Di Ganggu Hantu

Alasan keempat mengapa kucing mendadak lari sendiri yakni kucing mungkin sedang melihat hantu dan di ganggu hantu. Saat kucing melihat hantu atau di ganggu hantu biasanya kucing akan menunjukkan beberapa reaksi, salah satunya adalah lari mendadak dan raut wajahnya terlihat bingung ataupun ketakutan.

Saat kamu melihat kucing tanpa alasan yang jelas ia lari sendiri mungkin bisa jadi kucing kamu sedang berlari akibat di ganggu oleh makhluk halus atau hantu.


5. Melihat Orang Asing

Nah yang ke enam adalah kucing melihat orang asing yang tak di kenalinya. Bagi sebagian kucing terutama kucing yang di rawat dalam rumah dan hanya di perbolehkan bermain di halaman saja, kedatangan orang asing bisa membuat mereka takut dan berlari sendiri ke dalam rumah.

Ketakutan ini timbul karena memang ia takut karena tak mengenal orang tersebut, menganggap sikap orang tersebut mengancam dan bisa jadi akibat trauma yang di alaminya dengan orang asing.

 

6. Melihat Orang Yang Sering Memarahinya

Menghindari orang yang sering memarahinya atau bersuara besar dan nada tinggi adalah alasan ke enam sebab kucing lari sendiri. Berdasarkan sebuah riset Penelitian Galvan dan Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester.

Mereka menemukan bahwa kucing akan berlari menghindari orang yang tak ramah, pemarah, memiliki suara tinggi dan hobil memukulnya. Ini di uji dari 12 tingkah pola reaksi perilaku kucing saat mereka di hadapkan dengan beberapa orang yang berbeda sikap, suara, nada suara dan lainnya.


7. Melihat Pejantan Lain

Kucing akan berlari bila ia melihat pejantan lainnya, ini adalah alasan ke tujuh mengapa kucing kadang kala berlari sendiri. Pejantan tersebut biasanya jantan yang lebih kuat darinya. Ini biasa terjadi pada kucing yang sudah beranjak dewasa dan sedang dalam kondisi birahi.

Kucing yang saat dahulu masih kecil dan tak di anggap sebagai musuh bagi kucing lainnya, kini setelah dewasa kucing di anggap sebagai saingan dan musuh bagi bahkan kucing lainnya akibat perebutan wilayah dan akibat masa kawin.

 

8. Sedang Bermain-main

Sebab ke 8 yakni kucing sedang asyik bermain. Umumnya ini sering terjadi pada anak kucing karena kucing dewasa tak akan hobi bermain dan walaupun kita aja bermain, kucing dewasa akan cenderung mengabaikannya.

Kamu pastinya sering menjumpai anak kucing yang sedang asyik bermain sendirian sambil berlari ke sana kemari. Ia bermain bahkan walaupun tak ada kucing lain yang menemaninya. Kucing biasanya bermain mengejar hewan kecil, bayangan tubuh, tali kecil atau rambut dan benda kecil lainnya.


9. Merasa Terancam

Kucing yang merasa terancam adalah alasan ke sembilan yang membuat kucing lari secara mendadak. Saat kucing merasakan ada ancaman yang bisa melukai atau membunuhnya berada di dekatnya ia akan spontan berlari menjauhi sumber ancaman tersebut.

Saat di rasa sudah aman kucing akan berhenti sekaligus mewaspadai apakah sumber ancaman itu sudah hilang ataukah kembali mendekatinya.


10. Melihat Benda Atau Hal Aneh

Alasan 10 kenapa kucing lari ialah kucing melihat hal aneh atau benda aneh. Dahulu saat saya hendak membawa kasur yang baru saja dibersihkan dari kencing kucing dan hendak untuk masuk ke dalam rumah.

Lucunya kucing anggora saya terlihat takut serta keheranan melihat saya yang sedang mengangkat kasur. Ia menatap saya dengan mata tajam dan seolah tak mengenali saya. Mungkin dia melihat saya sebagai benda atau hal yang aneh ketika saya mengangkat kasur. Sehingga begitu kucing ini saya dekati, ia langsung ambil langkah seribu lari menjauhi saya.

 

11. Melihat Hewan Lain

Yang terakhir adalah kucing melihat hewan lain yang lebih besar darinya atau melihat hewan lain yang merupakan musuh atau ancaman baginya. Saat ia melihat musuhnya dan hewan yang membuatnya takut, kucing akan heboh sendiri dan lari sekuat tenaga serta bersembunyi dari musuhnya.

 

Saat ini Terjadi Apa Yang Mesti Kita Lakukan ?

Di kala ini terjadi cobalah melihat apa yang menjadi sumber penyebab mengapa kucing lari sendiri. Bila penyebabnya karena kucing sedang senang bermain-main atau karena melihat benda aneh dan menangkap hewan kecil maka biarkan saja.

Lalu bila penyebabnya adalah karena merasa takut dan terancam maka kita mesti mengeliminasi sumber masalahnya agar kucing menjadi tenang, tak takut lagi dan tak mengalami stress.


Wah ternyata banyak juga ya alasan kok kucing suka lari-lari sendiri. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan,semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikannya juga ke kerabat, teman, cat lovers dan sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url