8 Bahaya Kucing Makan Nasi

8 Bahaya Kucing Makan Nasi Dan bolehkah kucing makan nasi ? | Mungkin ada beberapa di antara kita yang memelihara kucing kampung atau mungkin kucing ras mix kampung ( kucing campuran ).

 

Bahaya Kucing Makan Nasi
Ilustrasi Bahaya Kucing Makan Nasi Gettyimages.com

 

Dan biasanya mereka yang memelihara kucing jenis ini biasa memberikan nasi campur ikan dan sejenisnya sebagai makanan utama sehari-hari bagi si kucing. Bahkan seringkali hanya memberikan nasi saja sebagai makanan kucing.

Sebenarnya hal ini tak ada masalah sih bagi Anggora dan sebenarnya masih lebih baik di bandingkan membiarkan kucing kelaparan dan tak memberi makan ke kucing sama sekali. Hanya saja hal ini bisa di bilang kurang menyehatkan apalagi bila makanan yang di berikan hanyalah nasi saja dan tanpa adanya lauk.

Bagi kamu yang mengaku sebagai cat lovers sebaiknya tak melakukan hal semacam ini karena memberi nasi saja untuk makan kucing bisa mendatangkan bahaya bagi si kucing. Kucing bisa beresiko mengalami berbagai macam gangguan kesehatan yang membuat kucing menderita.

Lantas apa sajakah bahaya memberikan nasi saja tanpa ikan, telor, udang dan lauk lainnya ? Baca penjelasan selengkapnya di sini.


8 Bahaya Kucing Makan Nasi

Memberi makan kucing nasi memanglah tak berbahaya bila kita hanya sekedar memberikan kucing nasi saja sebagai sampingan, atau memberi kucing makan nasi campur ikan atau di campur dengan makanan lainnya.

Yang berbahaya adalah bila mana kita hanya memberi kucing makan nasi tanpa campuran makanan lainnya dan di berikan setiap harinya pada si kucing. Lalu apa saja bahaya dampak kucing makan nasi. Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Masalah Pencernaan

Bagi kucing yang tak terbiasa di beri makan nasi seperti jenis kucing ras. Bila mereka di beri makan nasi tubuh mereka biasanya akan sensitif terhadap nasi. Kucing bisa mengalami muntah dan berbagai masalah pencernaan, seperti sembeli, diare dan semacamnya.

Ternyata tempe bisa di jadikan sebagai obat mencret loh, cara mengobati kucing yang mengalami mencret ataupun diare dengan tempe bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


2. Mengganggu Pertumbuhan Kucing

Kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan atau anak kucing sebaiknya jangan hanya di beri makan nasi saja, sebisa mungkin campurkan nasi dengan makanan lain seperti ikan, telur, udang dan semacamnya. Atau lebih baik mengganti nasi dengan makanan instan khusus anak kucing seperti kitten dry food ataupun kitten wet food.

Pemberian anak kucing hanya sekedar nasi saja bisa membuat pertumbuhan kucing terganggu, akibatnya kucing akan lamban tumbuh dan berkembang.

Bila kamu ingin memberi anak kucing makanan kucing, kamu bisa melihat review makanan kucing dahulu sebelum membeli makanan kucing. Review berbagai makanan kucing bisa kamu lihat di sini.


3. Kekurangan Nutrisi

Selain dapat mengganggu pertumbuhan anak kucing, pemberian nasi terus-terusan tanpa di selingi jenis makanan lainnya bisa membuat kucing menderita kekurangan gizi. Mungkin tubuh kucing dari luar bisa terlihat sehat namun sebenarnya di dalam tubuhnya kucing menderita kekurangan gizi.

Kucingku sehat terus kok walau hanya di berikan nasi saja, tulisan ini mengada-ngada ah. Mungkin sebagian dari kamu ada yang berpikir demikian setelah kamu membaca tulisan Anggora ini yang berkata bahwa kucing yang makan nasi bisa kekurangan gizi. 

Coba perhatikan deh kucing kamu baik-baik apakah ia hanya memakan nasi yang kamu berikan, pastinya tidak. Kucing kamu akan mencari makanan sisa seperti tulang dan sisa makanan lainnya yang ada di dapur rumah kamu, tempat sampah dan juga dari rumah tetanggamu. Ini mereka lakukan dalam upaya untuk memenuhi nutrisi tubuh mereka sekaligus mengenyangkan perut mereka.

Inilah alasan mengapa mereka terlihat tetap sehat, meskipun sebenarnya kebiasaan kucing yang hobi mengais makanan sampah bisa saja beresiko membuat kucing menderita gangguan pencernaan akibat parasit, bakteri dan semacamnya.

Sebagai tambahan nutrisi berikan juga susu ke kucing, ketahui takaran susu untuk kucing dengan mengklik di sini.

 

4. Nasi Bisa Menjadi Racun

Makanan seperti nasi goreng dan nasi lainnya yang telah di campur denggan bumbu ataupun rempah-rempahan bisa berpotensi menjadi racun bila masuk ke dalam tubuh kucing. Karena itulah jangan memberikan nasi yang sudah bercampur bumbu atau rempah ke kucing.

Sebaiknya beri nasi yang polos atau nasi putih saja bila hendak memberikan nasi sebagai makanan untuk kucing peliharaan kita.

Kenali gejala keracunan coklat pada kucing, Lihat 12 ciri-ciri umum kucing keracunan dengan mengklik di sini.


5. Mempengaruhi Pertumbuhan Bulu Kucing

Memberikan nasi setiap harinya tanpa mencampurkannya dengan makanan lain dan tak di campur dengan proporsi yang tepat bisa mempengaruhi pertumbuhan bulu kucing. Perhatikan saja kucing yang di berikan makan nasi saja bulu-bulunya akan terlihat lebih kusam, kurang lebat dan tampak kurang cantik bila di bandingkan dengan kucing yang di beri makanan khusus kucing.

Jelas saja beda, kamu membandingkannya kucing kampung dengan kucing ras. Bahkan walaupun kita membandingkan kucing sesama jenis misalkan kucing kampung yang di beri makan nasi dengan kucing kampung yang di beri makanan khusus kucing. Kamu akan melihat bahwa bulu kucing kampung dengan makanan khusus kucing terlihat lebih lebat, kuat halus dan lebih indah.

Makanan apa saja yang bagus untuk bulu kucing ? Cari tahu dengan mengklik di sini.


6. Bisa Menyebabkan Bulu Kucing Rontok

Makan nasi juga bisa menyebabkan bulu kucing menjadi tak kuat dan mudah rontok. Sebenarnya penyebab utamanya bukan karena nasi itu sendiri tetapi kurang terpenuhinya protein yang menjadi salah satu dasar yang di butuhkan oleh bulu kucing akibat hanya memberikan nasi saja.

Kondisi ini hampir serupa dengan manusia yang membutuhkan kandungan protein agar rambutnya sehat dan tak mudah rontok.

Tak hanya nasi ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab bulu kucing rontok, apa saja itu ? Lihat selengkapnya dengan mengklik di sini.

 

7. Menyebabkan Penyakit Kulit Pada Kucing

Umumnya orang kita indonesia senang memberikan nasi ke kucing sebagai makanan. Seringkali mereka mencampurkan udang serta ikan asin ke nasi sebelum di berikan ke kucing. Memberikan nasi dengan campuran makanan laut atau makanan sejenisnya seperti udang, ikan asin dan lainnya bisa menyebabkan kucing menderita gatal-gatal atau penyakit kulit.

Namun kondisi ini hanya terjadi ketika pemberian nasi campur ikan asin, udang dan lainnya di berikan secara terus menerus tiap harinya. Atau sering kali di berikan dalam seminggu ke kucing. Anggora bisa tahu karena dulu sebelum memelihara kucing ras, anggora juga memelihara kucing kampung.

Dan juga senang memberikan nasi campur ikan asin ke kucing karena saya senang makan ikan asin, harganya yang murah serta kucing pun tak membencinya. Namun sekarang kebiasaan tersebut tak lagi sering di lakukan mengingat bahaya penyakit kulit yang bisa terjadi pada kucing akibat pemberian yang terlalu sering.

Buat kucing kamu memiliki kulit yang sehat dan bulu lebat. Ikuti caranya dengan membaca di sini.


8. Kurang Menyehatkan

Banyak ahli hewan yang berpendapat bahwa memberikan nasi kurang menyehatkan. Selain karena kurangnya nutrisi yang di dapatkan kucing dari campuran nasi, memberikan kucing makan nasi juga di anggap tak praktis serta merepotkan.

Pemikiran ini tak hanya ada dalam pandangan masyarakat indonesia tapi orang bule pun sepemikiran dengan hal ini.

Sebagai pecinta kucing sebaiknya kita tahu makanan apa saja yang sehat dan berbahaya bagi kucing. Makanan yang sehat dan berbahaya bagi kucing bisa kamu ketahui dengan mengklik di sini.


Jadi Apakah Boleh / Bisa Memberikan Nasi Ke Kucing Untuk Di Makan ?

Jadi kucing makan nasi bolehkah ? Memberi kucing makan nasi boleh saja, tak ada yang melarangnya kok. Bagi kamu yang punya budget pas-pasan tapi tetap ingin memelihara kucing di rumah, kamu bisa memberikan kucing nasi yang di campur makanan lainnya semacam ikan laut, sungai, telur, daging dll sebagai makanan kucing. Pastikan mengatur porsi yang sesuai dan mengganti campuran makanan setiap harinya.

Telur memiliki 6 manfaat yang baik loh bagi tubuh kucing. 6 manfaatnya bisa kamu ketahui dengan membaca di sini.


Bolehkah Anak Kucing Makan Nasi ?

Boleh saja sih asalkan tidak hanya memberikan anak kucing makan nasi saja. Harus mencampurkannya ke makanan lain yang di sukai dan baik bagi kucing salah satunya contohnya adalah ikan. Namun ada batasan usia minimal anak kucing baru boleh di beri makan nasi.

Minimal kucing sudah berusia di atas 2 bulanan, barulah boleh anak kucing makan nasi dan ikan. Sebab kucing yang masih berumur muda dan masih di bawah 2 bulanan biasanya akan kesulitan memakan nasi. Anggora seringkali menemukan anak kucing yang saat sedang makan nasi di mulut bagian atasnya nyangkut nasi.

Memang sekedar nyangkut tak kan membahayakan, hanya saja anak kucing jadi mengeluarkan cakarnya dan tanpa sengaja menggaruk muka, mulut dan mulut bagian dalamnya untuk menghilangkan nasi yang nyangkut tersebut.

Sering kali anak kucing gagal melepaskan nasi yang nyangkut dan membuatnya sering mencakar serta mengeluarkan suara aneh dan sering mengunyah akibat berusaha melepaskan nasi tersebut dari dalam mulutnya. Bagi yang pernah memberikan anak kucing di bawah umur 2 bulan nasi pastinya paham dengan apa yang anggora katakan barusan.

Kondisi ini akan membuat anak kucing terganggu dan juga membuat kita merasa tak nyaman melihatnya. Tak hanya itu, saya juga menganggap nasi masih sulit di cerna perut anak kucing dan bisa membuat anak kucing mengalami sembelit.


Bagaimana Cara Memberikan Nasi Ke Kucing Agar Tak Mengganggu Pertumbuhan Serta Kesehatannya ?

Pastikan kamu memberikan nasi putih polos dan campurannya adalah makanan yang belum di beri bumbu atau rempah rempah agar tak membahayakan kucing. Dan ganti campuran nasi setiap harinya. Sekali seminggu berikan juga makanan khusus kucing untuk kucing.

Cara di atas bisa kamu lakukan agar kucing kamu tetap sehat walaupun di berikan nasi, walaupun begitu anggora tetap menyarankan memberikan makanan kucing bila kamu memang ada budget lebih.

Agar nasi lebih menyehatkan dan membuat kucing senang, kamu bisa mengikuti resep cara membuat makanan kucing sendiri di rumah. Caranya bisa kamu di lihat di sini.


Apakah Ada Bahaya Atau Penyakit Lain Yang Di Sebabkan Nasi ?

Selain yang di sebutkan di atas, sepertinya tak ada lagi bahaya atau penyakit lain yang mungkin bisa muncul akibat mengasih nasi ke kucing. Bila ada yang terlupa kamu bisa komen di bawah ini agar Anggora dengan senang hati bisa menambahkannya ke dalam artikel ini.

Itulah penjelasan mengenai beberapa bahaya makan nasi bagi kucing dan apakah boleh kucing makan nasi. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam memahami bahaya makan nasi untuk kucing, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url