Kucing Makan Cicak, Bahaya Gak ? Ini Penjelasannya !

Ngomongin soal kucing, kucing merupakan hewan yang banyak di pelihara terutama di Indonesia. Kucing adalah hewan karnivora yang masih memiliki sifat pemburunya tetapi walaupun begitu kucing tak berbahaya serta sangat jinak. Kucing sangat senang memburu hewan kecil di sekelilingnya.


Kucing Makan Cicak
 kucing yang sedang memakan cicak reptilesmagazine.com

 

Kucing akan langsung memburu hewan seperti kecoa, jangkrik, tikus, serangga, katak, burung, tupai, kadal, cicak atau hewan kecil apapun yang ada di sekitarnya. Saat di dalam rumah, kucing suka sekali mengejar cicak yang ada di tembok rumah.

Ketika kucing melihat cicak di tembok, kucing akan mengeluarkan suara-suara cekikikan dan bersiap memburunya. Setelah mendapatkan buruannya, kucing akan langsung memainkanya atau memakan cicak. 

Sifat liar kucing yang suka memangsa cicak akan sulit sekali di hilangkan bahkan jika kita memberi cukup makanan kucing ke kucing kita. Ini Disebabkan karena pada dasarnya kucing adalah hewan karnivora yang memiliki insting berburu. 

 

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kita Melihat Kucing Berburu / Makan Cicak ?

Cicak merupakan mangsa alami bagi kucing. Karenanya di saat kamu melihat kucing kamu sedang berburu cicak maka biarkan saja. perburuan cicak akan membuat kucing menggunakan dan menjaga insting berburunya.

Di samping itu saat kucing berburu ia akan menggerakkan otot-otot tubuhnya saat berlari, melatih matanya agar fokus pada targetnya dan  meregangkan otot kakinya saat ia melompat. Yang mana ini justru baik bagi kesehatan dan pertumbuhan fisik kucing.

Namun saat kucing sedang memangsa cicak, awasi dia agar tak asal lari dan lompat ke sembarangan tempat. Soalnya kucing rusuh sekali saat bermain-bermain dengan cicak, kecoa, lalat atau nyamuk, mereka seringkali menabrak atau melompat ke benda-benda berharga seperti gelas, tv led, piring dan lainnya.

Tentu kita tak mau barang-barang berharga kita rusak karena perburuan cicak oleh kucing kesayangan kita,


Apakah Boleh Kucing  Memakan Cicak ?

Kucing boleh memakan cicak, sebab cicak bukanlah hewan berbahaya jika di makan kucing. Mau itu kucing ras ataupun kucing kampung, mereka boleh memakan cicak. Anggora berkata demikian bukan tanpa alasan, karena kucing yang saya pelihara sendiri banyak yang sudah memakan cicak.

Sampai saat ini, ataupun beberapa hari setelah kucing saya makan cicak tidak ada pertanda gejala penyakit atau keracunan yang menyerangnya. Meskipun cicak tak berbahaya, saat kucing selesai makan cicak sebaiknya kita pantau kondisinya untuk lebih menjamin kesehatannya.

 

Adakah Bahaya Kucing  Yang Makan Cicak ?

Faktanya kucing makan cicak tidak berbahaya bagi kucing. Tetapi lain cerita kalau cicaknya terjangkit bakteri atau parasit berbahaya seperti E. Coli atau Salmonella. Karena bila kucing memakan cicak tersebut bisa jadi kucing menjadi sakit perut, diare dan gangguan pencernaan lainnya.

Namun kamu tak usah khawatir karena jarang sekali kondisi ini terjadi. Apalagi dengan cicak yang numpang tidur dan makan di rumah kita yang bersih. Ditambah lagi cicak hanya makan nyamuk atau hewan kecil lainnya maka bahaya kucing memakan cicak sangatlah kecil.

 

Adakah Pertanda Kucing Terinfeksi Saat Makan Cicak ?

Untuk mengetahui apakah kucing terinfeksi setelah memakan cicak maka akan ada beberapa gejala yang mungkin timbul. Berikut ini beberapa pertanda gejala yang mungkin terjadi saat kucing terinfeksi :

  • Kucing Menjadi Lemas.

  • Kucing Kurang Nafsu Makan.

  • Kucing Sakit Perut

  • Kucing Merasakan Gatal.

  • Kucing Sering Muntah.

  • Kucing Menjadi Pendiam


Mungkin itu saja gejala yang dapat terjadi saat kucing telah memakan cicak yang penyakitan.

 

Kucing Sakit Sesudah Menyantap Cicak, Solusinya ?

Banyak pecinta kucing yang menyarankan kucing yang sakit sesudah menyantap cicak sebaiknya di berikan minum air kelapa muda atau susu beruang. Mereka percaya penyebab sakitnya kucing adalah karena keracunan. Mungkin kamu bisa mengikuti cara ini untuk mengobati kucingmu.

Namun anggora sendiri lebih menyarankan membawa kucing ke dokter hewan. Kucing sakit setelah memakan cicak akan sulit bagi kita mengetahui apa penyebabnya. Bisa saja hal ini karena parasit, bakteri, virus ataupun bukan dari cicak itu sendiri.

Bisa jadi kucing sakit bukan karna makan cicak tetapi karena sedang kondisi hamil sehingga ia malas untuk makan. Atau bisa jadi karena penyakit lainnya seperti terkena calici, panleukopenia, alergi, tertabrak, pilek cacingan dan sebagainya.

 

Manfaat Kucing Memakan Cicak Apakah Ada ?

Sebenarnya saat kucing memburu dan memakan cicak ada beberapa manfaat yang di dapatkan kucing itu sendiri. Tetapi dengan syarat cicak yang di makan kucing bukanlah cicak penyakitan atau terinfeksi bakteri maupun virus.

Berikut ini  beberapa manfaat cicak bagi kucing :

Melatih Otot-Otot Pada Tubuh Kucing

Saat Kucing berlarian dan melompat-lompat berusaha menangkap cicak yang ada di tembok, otot otot kucing akan bergerak. Ini sangat baik bagi pertumbuhan dan kesehatan kucing, terutama untuk kaki kucing. 


Sebagai Makanan Sampingan Dan Sumber Protein Yang Baik Bagi Kucing

Cicak bisa di bilang adalah makanan dengan protein alami bagi kucing asalkan cicak yang di makan bukanlah cicak yang penyakitan.

 

Menjaga Dan Melatih Insting Liar Yang Ada Kucing

Menangkap cicak merupakan cara alami bagi kucing untuk menjaga sekaligus melatih insting liarnya. Ini akan bermanfaat ketika kucing tak tahu jalan kerumah, maka insting liarnya untuk bertahan hidup akan membuatnya survive ketika di luar rumah.

Kucing kampung saya dahulu pernah tak pulang sampai semingguan. Dan saat ia balik ke rumah ia dalam kondisi sehat walafiat walau agak kurusan sih. Saya sempat bingung dia makan apa di luar sana. FYI kucing ini masih sehat sampai sekarang loh.

 

Sebagai Hadiah Untuk Orang Yang Ia Sayangi

Saat kucing menyayangi tuannya ia akan membawa berbagai benda ataupun hewan sebagai hadiah buat tuannya. Hadih hewan tersebut bisa berupa kecoa, cicak, ayam bahkan hewan berbahaya seperti ular.


Sebagai Mainan Untuk Dimain-mainkan

Pernah lihat kucing yang menangkap cicak kemudian hanya di mainkan saja dan tak di makan. Setelah cicak berhenti bergerak maka kucing akan meninggalkannya. Beberapa kucing hanya menjadikan cicak sebagai mainan yang menghibur.


Mungkin itu saja yang bisa anggora sampaikan mengenai kucing makan cicak. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat maka tiada salahnya membagikannya ke facebook dan media sosial lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url