9 Ciri-Ciri Kucing Mabuk Perjalanan

Seperti yang kita tahu bahwa kucing adalah hewan yang sering kali mabuk bila kita bawa dalam perjalanan lama atau perjalanan panjang. Selama perjalanan kita akan melihat kucing kesayangan yang tadinya tenang lama kelamaan akan terlihat mabuk.

 

Ciri-Ciri Kucing Mabuk Perjalanan

 

Seperti manusia, mabuknya kucing bisa di sebabkan karena mereka memang tipe yang mudah mabuk atau kucing hanya tak terbiasa berada dalam mobil atau sepeda motor yang berjalan sehingga mereka menjadi mabuk.

Sewaktu kucing mabuk, kucing akan menunjukkan beberapa ciri ciri tertentu. Lalu apa sajakah ciri-ciri kucing yang mabuk perjalanan. Bagi Good Owner yang penasaran ingin tau jawabannya, silahkan baca tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya.


9 Ciri Ciri Kucing Mabuk Perjalanan

Kucing yang sedang mabuk dalam perjalanan pastinya akan menunjukkan ciri-ciri tertentu. Beberapa ciri kucing mabuk ini sendiri ada yang mirip dengan ciri mabuk yang ada pada manusia. Sementara beberapa lainnya ada yang cukup berbeda.

Nah apa saja sih ciri kucing yang mabuk dalam perjalanan ? Ciri-cirinya adalah sebagai berikut ini :

1. Kucing Menjadi Pendiam

Kalau kamu punya teman yang awalnya aktif kemudian tiba-tiba ia menjadi pendiam saat dalam bus atau kapal yang berjalan, pastinya kamu akan berpikir bahwa ia sedang mabuk. Hal serupa pun akan terjadi pada kucing loh.

Kucing yang awalnya saat masuk ke dalam mobil cenderung sering mengeong, lama kelamaan kucing akan semakin jarang mengeong lalu menjadi pendiam. Diamnya kucing ini bukan tanpa sebab dan kita tahu bahwa sebab pastinya adalah si kucing sedang mabuk.

Jadi jikalau kucing kamu tiba-tiba diam atau lama kelamaan menjadi jarang mengeong sewaktu sedang dalam perjalanan maka kamu bisa simpulkan bahwa si kucing kesayangn sedang mabuk.


2. Kucing Kelihatan Lemas

Ini pun sama dengan manusia yang mabuk. Tubuh kucing akan kelihatan lemas dan terlihat seolah tak bertenaga padahal sebelumnya sobat bulu kesayangan kita telah kita beri makanan serta minuman yang cukup.

Bila kucing kamu kelihatan lemas saat perjalanan, kamu tak perlu khawatir sebab si kucing cuma mabuk perjalanan saja. Yang mesti kita lakukan di saat kucing seperti ini hanyalah mengangkat kucing ke tempat lain dalam mobil yang di rasa cukup nyaman dan aman bagi kucing.

Biarkan kucing diam di sana dan jangan mengganggunya sama sekali agar kucing dapat beristirahat dengan tenang dan kucing tak menjadi terlalu stres.


3. Suara Kucing Mengecil

Bukan cuma kucing menjadi pendiam saja, kucing mabuk pun suaranya akan terkesan mengecil. Mengecilnya suara kucing kebanyakan di pengaruhi oleh perasaaan tak nyaman kucing atas tubuhnya yang sedang mengalami mabuk.

Perasaan tak nyaman seperti mual, ingin muntah, kepala terasa pusing dan lainnya, perasaan-perasaan inilah yang membuat kucing menjadi mengecilkan suaranya di saat ia sedang mengeong. Hal ini juga tak perlu kamu khawatirkan.

Kenapa ? Karena ketika kita sudah sampai ke tempat tujuan serta kucing merasa dirinya tidak mabuk perjalanan lagi, suara kucing biasanya akan kembali normal seperti biasanya dan keras suaranya pun juga akan kembali seperti semula.


4. Kucing Tampak Pucat

Selain 2 ciri di atas, ciri lainnya dari kucing yang mabuk perjalanan adalah kucing tampak pucat. Tubuh kucing memang penuh bulu dan sulit memastikan apakah kucing sedang pucat atau tidak namun kamu dapat melihat kucing tampak pucat melalui raut wajahnya.

Raut wajah kucing akan terlihat ketakutan. Di samping itu wajah kucing pun akan terasa tak bercahaya serta terkesan memucat.

 

5. Kucing Terkadang Muntah

Muntah saat mabuk perjalanan pun juga terkadang dialami oleh kucing. Penyebab muntahnya kucing juga sama dengan manusia, sama-sama di sebabkan oleh rasa mual dan kondisi perut yang terasa tak nyaman.

Muntah pada kucing umumnya terjadi saat kucing di bawa dalam perjalanan yang cukup panjang. Untuk bentuk muntah kucing sendiri bisa dalam bentuk yang cair ataupun masih dalam bentuk yang padat.

Bentuk muntahan kucing ini sendiri tak memiliki arti. Apapun bentuk muntahnya, selama kucing muntah dalam kendaraan yang sedang dalam perjalanan maka dapat di pastikan kucing muntah hanya karena ia mabuk.

 

6. Kucing Terkadang Mencret

Kalau kucing kamu sedang mencret hanya pada posisi ketika ia sedang berada dalam perjalanan panjang maka kamu bisa berpikir bahwa penyebab hal ini hanyalah karena kucing peliharaan kamu sedang mengalami mabuk.

Kucing yang mabuk biasanya hanya akan mencret dalam jumlah sedikit. Mencret ini pun akan berlangsung dalam interval berjauhan ataupun berdekatan. Kucing yang sedang mengalami hal ini sebaiknya di berikan minuman seperti air putih, air kelapa atau susu khusus kucing.

Ini di lakukan untuk menghindari kucing mengalami hal-hal yang tak di inginkan seperti kehabisan cairan atau mengalami dehidrasi.


7. Kucing Tidak Mau Makan

Manusia yang merasa mabuk perjalanan saja akan merasa hilang nafsu makan dan tak mau makan sama sekali apalagi kucing. Kucing yang mabuk pun akan hilang nafsu makan dan tak akan mau makan sama sekali.

Hal ini bersifat sementara dan hanya akan terjadi di saat kucing benar-benar mabuk perjalanan. Meskipun kebanyakan kucing akan tak mau makan sama sekali, beberapa kucing lainnya tetap akan bernafsu makan.

Karena itulah meskipun kita yakin bahwa kucing nantinya akan mabuk dan kehilangan selera nafsu makan, tetap di sarankan bagi kita untuk membawa makanan khusus kucing seperti dry atau wet food untuk kucing.

Kamu juga dapat memberikan kucing makanan dengan cara memberikannya secara paksa menggunakan spuit atau sejenisnya agar kucing tak sakit.


8. Kucing Tidak Mau Minum

Kebanyakan kucing yang sedang mabuk cenderung akan menolak ketika kita berikan makanan ataupun minuman. Bila ini terjadi pada kucing kamu, sebaiknya jangan di biarkan, sebab di khawatirkan kucing akan mengalami kurang cairan.

Ketika kucing tak mau minum dalam jangka waktu yang lama di dalam kendaraan maka sebaiknya berikan minum kepada kucing secara paksa dengan menggunakan spuit atau alat serupa yang bisa memudahkan pemberian air minum pada kucing

 

9. Bulu Kucing Kusam

Yang terakhir adalah bulu kucing kusam. Hal ini hanya terjadi pada kucing yang di bawa dalam perjalanan yang cukup jauh seperti perjalanan yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 12 jam atau 24 jam dan di bawa menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Kucing yang mabuk dalam jangka waktu yang panjang selama perjalanan akan membuat kucing lebih banyak diam, tidur, mengeong. Akibatnya kucing tak berpikir sama sekali untuk membersihkan bulu-bulunya sehingga bulu kucing akan menjadi berantakan serta terlihat kusam.

 

Beberapa Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Dengan Membawa Kucing

Di sini Anggora akan menyampaikan beberapa hal yang menurut Anggora perlu kamu lakukan sebelum membawa kucing dalam perjalanan, yakni :

  • Bila kamu ingin melakukan perjalanan panjang dan merasa bahwa kamu tak perlu membawa kucing maka sebaiknya titipkan saja kucing ke penitipan kucing atau ke orang lain yang sangat kamu percayai.

  • Bila kamu terpaksa membawa kucing maka sebaiknya tempatkan kucing dalam posisi aman serta nyaman dan usahakan berhenti sebanyak mungkin untuk mengurangi perasaan mabuk kucing.

  • Pastikan kamu membawa kucing dalam mobil pribadi bukan mobil angkutan umum sebab mobil ini tak akan bisa berhenti sebentar-sebentar.

  • Bawa juga kebutuhan kucing seperti makanan, minuman, vitamin, tempat tidur, kandang kucing mini ( pet cargo ) dan obat anti mabuk khusus kucing

  • Berhentilah sebanyak mungkin untuk menghilangkan rasa mabuk kucing dan untuk memberi kucing makanan atau minuman.

 

Itulah dia pembahasan mengenai beberapa ciri-ciri kucing yang sedang mabuk dalam perjalanan. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu mengetahui apakah kucing kamu sedang mabuk atau tidak dengan melihat beberapa ciri di atas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url