7 Cara Mudah Menangkap Kucing Yang Kabur

Meskipun kucing telah kita jaga agar tak kabur dengan cara mengandangkannya atau selalu mengawasinya namun tetap saja terkadang kucing mampu kabur. Kucing kabur di saat kita lengah atau pada saat ada kesempatan baginya untuk melarikan diri.

 

Cara Menangkap Kucing Yang Kabur


Kucing yang kabur lalu berkeliaran bebas di luar rumah tentunya akan membuat kita sang pemilik menjadi khawatir. Kita khawatir jikalau kucing yang kabur ini nantinya tersesat, di curi orang, di tabrak kendaraan bermotor dan kejadian lainnya yang tidak kita inginkan terjadi pada kucing. 

Karena itulah sewaktu kucing kabur, kita akan berusaha menangkap kucing. Beberapa kucing mungkin mudah bagi kita untuk menangkap nya namun untuk beberapa kucing lainnya mungkin sangat sulit untuk di tangkap.

Ketika kucing ingin di tangkap, beberapa dari mereka justru menjauh atau melarikan diri. Pastinya untuk menangkap kucing ini akan membuat kita kelelahan bila kita tak tahu bagaimana cara mudah menangkapnya terutama bagi mereka yang masih baru dalam memelihara kucing.

Untuk kamu yang kesulitan menangkap kucing yang kabur maka kamu bisa melihat caranya pada tulisan Anggora ini. Baca tulisan Anggora hingga akhir ya Good Readers. 


5 Penyebab Kucing Melarikan Diri Atau Kabur

Ketika kucing kabur tentunya hal ini disebabkan oleh suatu hal. Karena tanpa adanya penyebab, tidak mungkin kucing akan kabur begitu saja dari dalam kandang atau dari dalam rumah. Penyebab kaburnya kucing itu sendiri ada banyak.

Menurut Anggora, beberapa penyebab umum yang membuat kucing kabur antara lain :

  • Terlalu lama di kurung dalam kandang ataupun dalam rumah sehingga kucing peliharaan menjadi stress. Ini membuat kucing akan kabur keluar rumah untuk menghilangkan stress jika ia melihat adanya kesempatan. 

  • Kucing tak di rawat dengan baik. Kucing yang tak di pelihara dengan baik pastinya tak akan betah berada di dalam rumah atau kandang. Karena itulah kucing akan kabur keluar rumah dengan tujuan mencari pemilik yang baru. 

  • Pemilik kasar pada kucing. Sikap kasar pemilik terhadap kucing peliharaan cenderung membuat kucing lebih memilih untuk kabur daripada berada di dekat pemiliknya. 

  • Kucing memang ingin keluar rumah.

  • Yang terakhir, kucing dalam masa birahi. Baik kucing jantan ataupun betina akan senang kabur dan berkeliaran di luar rumah ketika mereka berada dalam masa-masa birahi

 

Setelah membaca penyebab kucing kabur di atas, kini kita telah mengetahui apa saja penyebab utama mengapa sobat bulu kesayangan kita kabur. 

 

7 Cara Mudah Menangkap Kucing Yang Kabur

Terlepas dari apa yang menyebabkan kucing kesayangan kita kabur, ketika kucing kabur pastinya yang pertama kita pikirkan adalah bagaimana cara menangkap kucing peliharaan kita. Lalu bagaimana cara mudah menangkap kucing yang kabur ? 

Untuk cara menangkap kucing yang lepas. Kamu hanya perlu menggunakan cara-cara yang biasa Anggora lakukan di saat kucing peliharaan Anggora kabur. Bagaimana cara menangkapnya dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Awasi Terus Kucing Di Saat Ia Kabur

Cara pertama adalah kamu mesti terus mengawasi kucing ketika ia baru saja kabur. Ini di lakukan agar kita tak kehilangan jejak kucing. Soalnya sering kali ketika kita pergi sebentar mengambil alat bantu untuk menangkap kucing, kucing sudah duluan menghilang entah ke mana.

Ia menghilang dengan berlari menjauh atau ia menghilang karena ia di curi orang sesaat setelah kita pergi meninggalkannya. Ini akan membuat kita semakin sulit dalam menemukan si sobat bulu kesayangan.

Karena itulah jikalau kamu hendak meninggalkan kucing untuk mengambil alat bantu menangkap kucing sebaiknya minta orang lain dahulu untuk mengawasinya.  Kamu bisa meminta bantuan anggota keluarga, teman ataupun tetangga kamu untuk mengawasinya sebentar di saat kamu sedang pergi mengambil alat menangkap kucing. 

 

2. Dekati Kucing Yang Kabur Secara Perlahan

Dekatilah kucing kamu yang kabur secara perlahan. Ini bertujuan agar si kucing peliharaan tak semakin menjauh atau malah berlari sewaktu kamu sedang mendekatinya. Kucing menjauh karena ia takut ataupun terkejut di saat kamu mendekatinya secara mendadak.

Kucing yang terkejut ataupun ketakutan hanya akan membuat kamu semakin sulit menangkapnya. Sebab kucing akan menjadi sangat waspada dengan keberadaan sekitarnya dan akan langsung berlari menjauh di saat ia merasakan ada ancaman yang mendekat.

Jadi, sewaktu kamu hendak menangkap kucing maka usahakan sebisa mungkin mendekati kucing secara perlahan serta jangan melakukan gerakan-gerakan yang bisa membuat kucing takut atau terkejut.

Ketika kamu sudah berada di dekatnya, julurkanlah tangan kamu ke belakang kepalanya dengan cepat lalu pegang tengkuk lehernya.  Cara ini akan memudahkan kamu dalam menangkap kucing kamu yang kabur. 


3. Pancing Kucing Dengan Makanan Yang Ia Sukai

Cara berikutnya adalah dengan memancing kucing memakai makanan yang ia sangat sukai. Ini kita lakukan agar kucing yang kabur tadi mau mendekati kita. Umumnya kucing sangat menyukai makanan basah seperti wetfood dibandingkan dry food.

Itulah mengapa sangat di sarankan menggunakan wet food sebagai makanan untuk memancing kucing mendekat. Namun bila mana kamu tak memiliki stock wet food di rumah maka kamu dapat menggunakan makanan lain sebagai makanan alternatif yang digunakan untuk menarik kucing mendekat. 

Beberapa jenis makanan lain yang umumnya sangat kucing sukai, antara lain :

  • Ikan

  • Daging Ayam

  • Daging Sapi

  • Kuning Telur


Sesudah makanan telah di siapkan kemudian letakkanlah makanan di lantai atau tanah. Letakkan makanan dengan posisi agak jauh dari tempat kamu berada supaya kewaspadaan kucing berkurang dan kucing tak ragu mendekati makanan di kala ia tertarik dengan bau makanan itu. 

Selanjutnya kucing akan memakan makanan tersebut. Nah ketika kucing tengah asik menikmati makanan, di saat inilah kita menangkap kucing. Kucing yang sedang makan akan lengah sehingga mudah bagi kita untuk menangkapnya.

Setelah kucing tertangkap kamu dapat memasukkan kucing ke kandang maupun ke dalam rumah.

 

4. Pakai Laser Mainan

Cara keempat untuk menangkap kucing yang kabur adalah menggunakan laser mainan. Bila kebetulan kamu memiliki laser mainan di rumah, kamu dapat memanfaatkannya sebagai alat untuk membantu kamu menangkap kucing kamu yang kabur.

Laser mainan bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian kucing. Arahkan laser ke arah dinding ataupun lantai di sekitar kucing berada dan usahakan kucing melihat cahaya dari laser tersebut. Biasanya ketika kucing melihat cahaya tersebut, ia akan tertarik untuk berlari mengejarnya.

Nah di saat kucing tengah asik mengejarnya, inilah saatnya kamu arahkan cahaya laser ke dekat kamu. Sewaktu kucing berada dalam jangkauan kamu, tetap biarkan kucing asik bermain dengan cahaya laser yang kamu gerak-gerakkan supaya ia lengah.

Lalu tangkaplah kucing di saat kamu merasa kucing benar-benar lengah serta ada kesempatan. 

 

5. Gunakan Tali Atau Apapun Yang Berbentuk Sepert Tali

Selain memakai laser mainan, kamu juga dapat menggunakan benda lain untuk menarik perhatian kucing. Misalnya benda seperti tali atau apapun yang berbentuk memanjang seperti tali bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian kucing.

Untuk menarik perhatian kucing, kamu dapat menggerakkan tali maju-mundur atau menggoyang-goyangkannya ke kanan dan kekiri meniru gerakan makhluk hidup seperti ular. Di saat kucing mulai tertarik dan mengejar tali, pada saat inilah tarik tali mendekati kamu.

Ini akan membuat jarak antara kamu dengan si kucing semakin dekat. Nah di saat kucing telah berada dalam jangkauan, tangkaplah kucing dengan cepat lalu pegang kucing dengan kuat supaya ia tak bisa kabur lagi.

Dengan cari ini kamu dapat dengan mudah menangkap sobat bulu kesayangan kamu yang kabur.

 

6. Panggil - Panggil Nama Kucing

Ketika kamu sedang berusaha menangkap kucing, cobalah untuk menangkapnya sambil memanggil-manggil namanya. Biasanya dengan memanggil nama kucing bisa membuat kucing menurunkan tingkat kewaspadaannya pada orang yang memanggil namanya.

Bila kamu merasa kucing sudah tak waspada lagi, cobalah mendekatinya secara perlahan-lahan dan jangan melakukan gerakan mendadak. Ini kita lakukan agar kucing tak merasa bahwa kita adalah ancaman serta memudahkan kita dalam mendekati dan menangkap kucing.


7. Mintalah Bantuan Orang Lain Yang Berada Di Sekitar Kamu

Setelah menggunakan ke enam cara di atas dan kamu masih tetap gagal menangkap kucing yang melarikan diri atau kabur maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah memita bantuan orang-orang lain yang berada di sekitar kamu.

Kamu dapat meminta anggota keluarga, teman, atau tetangga untuk membantu kamu menangkap kucing. Lalu langkah selanjutnya setelah mendapatkan bantuan dari orang lain, tangkaplah kucing dengan cara mengepung kucing.

Kepung kucing dari kedua sisi atau kepung dari segala sisi untuk mencegah ia kabur. Kemudian dekati kucing sedikit demi sedikit untuk untuk menyudutkannya serta agar mudah menangkapnya. Cara ini bisa di bilang mirip dengan cara kita menangkap ayam yang lepas dari dalam kandang.


Bagaimana Cara Mencegah Kucing Agar Tak Kabur ?

Menurut Anggora sangat sulit untuk mencegah kucing agar tak kabur sebab kucing nantinya tetap akan kabur jikalau ia melihat ada kesempatan Kita tahu bahwa cara yang paling umum di lakukan untuk mencegah kucing supaya tak kabur adalah mengurung kucing dalam kandang ataupun rumah.

Selain itu kamu juga bisa mengikat kucing dengan tali pengikat khusus kucing supaya kucing tak kabur dan tetap bisa berkeliaran bebas di halaman rumah dalam jarak tertentu. Tali ini bisa kamu dapatkan dengan membelinya di pet shop atau toko online dengan harga 50 ribu rupiah.

Ada juga cara lain agar kucing menjadi pendiam ramah serta lebih senang di dalam rumah yakni dengan cara mensterilkan kucing. Tetapi cara ini harus mengeluarkan modal yang tak sedikit yakni sekitar 300 ribu hingga di atas satu jutaan.

Cara ini juga akan membuat kucing kehilangan kemampuan reproduksinya secara permanen.

 

Itulah dia 7 cara mudah menangkap kucing yang kabur. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu dalam menangkap kucing kamu yang kabur atau melarikan diri dan membantu mencegahnya untuk kabur lagi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url