7 Cara Mudah Menangkap Kucing Anggora Yang Lepas

Walaupun kita telah menjaga kucing ataupun mengandangkan kucing dengan baik, kucing masih saja tetap dapat kabur atau lepas dari kandangnya. Sewaktu kucing lepas dan berkeliaran di luar rumah, sebagai pemilik pastinya kita akan sangat khawatir.

 

Cara Menangkap Kucing Anggora Yang Lepas

 

Melihat kucing Anggora kita yang terlepas, kita akan berusaha menangkap kucing. Kebanyakan kucing yang terlepas atau kabur bisa dengan mudah kita tangkap namun sebagian lainnya sangat sulit di tangkap.

Beberapa di antara mereka malah menjauh dan melarikan diri pada saat kita berusaha menangkapnya. Hal ini tentunya akan membuat pemilik kelelahan untuk menangkapnya jikalau ia tak tahu bagaimana caranya terutama bagi mereka yang masih pemula dalam memelihara kucing.

Bagi kamu yang kesulitan menangkap kucing, kini kamu tak perlu khawatir.  Karena pada kesempatan kali ini Anggora akan berbagi cara mudah menangkap kucing yang lepas atau kabur ? Nah bagaimana caranya dapat kamu lihat pada tulisan Anggora di bawah ini. Simak hingga akhir ya Good Readers.

 

5 Penyebab Kucing Anggora Melarikan Diri Atau Kabur

Kucing lepas atau berusaha kabur pastinya di sebabkan suatu hal. Karena tanpa sebab suatu hal, mustahil kucing berusaha melepaskan diri dari kita sang pemilik. Banyak hal yang mungkin menjadi penyebab kucing kabur dari kita.

Berdasarkan pengalaman Anggora, beberapa penyebabnya antara lain :

  • Kucing terlalu lama di kurung dalam kandang ataupun rumah. Ini membuat kucing bosan dan mengalami stress yang mana membuat ia akan berusaha keluar rumah atau kandang untuk menghilangkan rasa bosan serta rasa stressnya

  • Kamu tidak merawat kucing dengan baik. Kucing yang tidak di rawat dengan baik, cenderung akan tidak betah berada dalam rumah ataupun kandang. Akibatnya jika ia melihat kesempatan untuk melarikan diri maka ia akan bergegas melarikan diri. 

  • Kamu kasar terhadap kucing. Sama seperti manusia, kucing pun memiliki rasa takut dan trauma. Sikap kasar kamulah yang memicu hal ini. Ini membuat kucing menjadi tak betah berada di sekitarmu yang mana membuat ia cenderung ingin menjauh dan melarikan diri.

  • Kucing memang ingin keluar rumah. Pada dasarnya kucing merupakan hewan peliharaan yang memang masih memiliki naluri liarnya. Dengan adanya naluri liar ini, kucing menjadi senang berada di luar rumah untuk bermain, berkeliaran ataupun memburu hewan-hewan kecil

  • Yang terakhir, kucing dalam masa birahi. Kucing yang sedang dalam masa birahi akan menjadi tidak betah di dalam rumah, kucing. Kucing pun juga akan senang mengejar lawan jenisnya. Jika kucing kamu kabur, bisa jadi dia sedang dalam masa birahi.

 

Setelah membaca penyebab kucing kabur di atas, kini kita tahu apa saja yang membuat kucing kita berusaha melepaskan diri dari kita dan kita bisa memperbaiki diri agar si kucing sayang dan betah bersama kita.

 

7 Cara Mudah Menangkap Kucing Anggora Yang Lepas

Terlepas dari apa yang menyebabkan kucing Anggora peliharaan lepas, saat kucing lepas kita mesti sesegera mungkin menangkapnya. Lalu bagaimanakah cara dalam menangkap kucing Anggora kita yang lepas ?

Caranya bisa di bilang cukup mudah. Kamu bisa mencoba menggunakan beberapa cara yang sering kali Anggora lakukan ketika kucing milik Anggora terlepas. Apa aja caranya bisa kamu lihat di bawah ini :

1. Selalu Awasi Kucing Anggora Kamu Yang Lepas

Cara yang pertama adalah selalu awasi kucing kamu yang terlepas. Awasi dia dari jarak jauh. Usahakan untuk tak meninggalkannya sendirian soalnya jikalau kucing terlepas dari pengawasan kita lalu ia menghilang maka akan sulit bagi kita untuk menemukannya.

Kita sulit menemukannya karena kucing malah semakin menjauh atau ada orang yang mencurinya, tahu sendirilah kucing Anggora bisa di jual mahal apalagi kalau kucing Anggora kamu adalah ras murni maka harganya bisa lebih mahal lagi.

Jikalau kamu hendak pergi sebentar untuk mempersiapkan alat untuk membantu menangkap kucing, mintalah orang lain untuk mengawasinya terlebih dahulu.

 

2. Dekati Kucing Anggora Kamu Secara Perlahan

Cara yang kedua adalah mendekati kucing Anggora secara perlahan. Jangan lakukan gerakan mendadak seperti berlari mendekati kucing. Karena gerakan-gerakan mendadak ini bisa membuat kucing ketakutan atau terkejut.

Kucing yang terkejut dan ketakutan hanya akan membuat proses menangkap kucing Anggora menjadi lebih sulit. Sebab kucing menjadi semakin menjauh dari kita dengan berlari. Hal ini juga akan  membuat kucing menjadi lebih waspada terhadap sekitarnya.

Jadi untuk menangkap kucing sebaiknya dekati kucing secara perlahan dan jangan lakukan gerakan mendadak. Dekati kucing pelan-pelan dan buatlah kucing merasa yakin bahwa keberadaan kamu bukanlah ancaman. 

Ketika kamu sudah berada cukup dekat dengannya, julurkan tangan kamu ke atas kepalanya kemudian saat dia lengah, tangkaplah ia dengan memegang badannya atau tengkuknya.


3. Pancing Kucing Anggora Kamu Dengan Menggunakan Makanan

Cara yang selanjutnya adalah menggunakan makanan. Cobalah untuk menggunakan makanan yang kucing Anggora sukai untuk membuat ia mendekati  kamu. Umumnya kucing sangat menyukai wet food ( makanan basah ) di bandingkan dry food ( makanan kering ).

Bila kamu tak memiliki wet food di rumah atau stock wet food sedang kosong maka kamu bisa kok menggunakan jenis makanan lainnya. Beberapa makanan lain yang sangat di sukai kucing Anggora adalah seperti :

  • Ikan

  • Daging Ayam

  • Daging Sapi

  • Kuning Telur


Setelah mempersiapkan makanan, letakkan makanan agak sedikit jauh dari kamu agar ia menjadi tak waspada. Setelah mencium bau makanan, kucing Anggora kamu akan mulai mendekati makanan tersebut karena tertarik akan aromanya.

Biarkan kucing menikmati makanannya dahulu sebelum kita melakukan penangkapan. Sebab pada saat kucing Anggora sedang makan, kucing akan sangat mudah lengah. Di saat inilah kita mendekati kucing pelan-pelan lalu menangkapnya.

Kucing yang tertangkap bisa kamu masukkan ke dalam kandang atau ke dalam rumah.

 

4. Pakai Laser Mainan

Jika cara ketiga gagal maka kamu dapat menggunakan cara selanjutnya yaitu memakai laser mainan. Bila di rumah kebetulan ada laser mainan maka tak ada salahnya menggunakannya sebagai alat untuk menarik perhatian kucing Anggora kita yang lepas.

Kucing yang melihat laser di dinding ataupun di lantai biasanya akan tertarik untuk berlari mengejarnya. Di saat kucing tengah asik mengejar-ngejar laser, arahkan sedikit demi sedikit laser mendekati kamu untuk membuat si sobat bulu kesayangan ikut mendekat.

Nah di saat kucing sudah berada dalam jarak yang dekat, teruslah main-mainkan laser untuk membuat ia lengah. Ketika kita merasa ia telah lengah maka itulah waktu yang tepat bagi kita menangkapnya dengan mudah.

 

5. Gunakan Tali Atau Apapun Yang Berbentuk Sepert Tali

Sama dengan menggunakan laser, tali juga kita gunakan sebagai alat untuk menarik perhatian kucing Anggora. Gerakkan tali maju-mundur atau bergoyang-goyang meniru gerakan ular untuk menarik perhatian kucing.

Ketika kucing Anggora kamu tertarik dan mulai mengejarnya lalu arahkan tali mendekat ke arah kamu agar si kucing juga ikut mendekat. Kemudian tangkaplah kucing yang sudah berada dalam jangkauan kamu. Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah menangkap kucing Anggora kamu yang lepas.

 

6. Panggil Nama Kucing

Cobalah memanggil nama kucing Anggora peliharaan kamu di kala kamu sedang berusaha menangkapnya. Ini akan menurunkan tingkat kewaspadaan kucing. Meskipun kucing sudah tak waspada lagi tetapi tetap dekati kucing secara perlahan dan berusaha untuk tidak mengejutkannya.

Mengapa harus berjalan perlahan ? Supaya kucing tak melarikan diri karena takut atau terkejut jika kita berlari atau melakukan gerakan mendadak lainnya, sebab meskipun kucing sudah tak lagi waspada tetap saja ada potensi kucing untuk melarikan diri.


7. Minta Bantuan Orang Lain Untuk Menangkap Kucing Anggora Peliharaan Kamu

Jikalau setelah menggunakan 6 cara di atas dan kucing Anggora kamu masih susah di tangkap maka cobalah meminta bantuan orang lain seperti anggota keluarga, tetangga atau teman kamu. Tangkaplah kucing dengan cara mengepungnya.

Kamu dapat mengepungnya dari depan dan belakang atau mengepungnya dari ke empat sisi. Dengan cara ini akan mencegah kucing kabur ke berbagai arah dan kita bisa menyudutkannya serta menangkapnya dengan mudah.


Bagaimana Cara Mencegah Kucing Agar Tak Kabur ?

Untuk mencegah kucing Anggora kabur mungkin akan sangat sulit untuk kita lakukan. Di saat ada kesempatan kucing pastinya tetap akan kabur. Untuk bisa mencegah kucing agar tak kabur kamu hanya dengan mengurungnya dalam kandang ataupun rumah.

Selain mengurungnya kita bisa juga mengikat kucing menggunakan tali khusus kucing, agar kucing tetap bisa berkeliaran bebas di halaman rumah dan tak kabur. Tali ini bisa kamu beli di pet shop ataupun toko online dengan harga yang murah yakni sekitar 50 ribu rupiah.

Ada juga cara lain agar kucing menjadi pendiam dan senang di rumah yakni dengan cara mensterilkan kucing. Hanya saja cara ini membutuhkan modal yang tak sedikit, kucing pun juga akan kehilangan kemampuan reproduksinya selama-lamanya.


Itulah dia 7 cara mudah menangkap kucing anggora yang kabur. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu dalam menangkap kucing Anggora kamu yang lepas dan membantu mencegahnya untuk kabur.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url