close

14 Alasan Kucing Lari Dari Rumah

14 Alasan Kucing Lari Dari Rumah | Sebagian besar dari kita mungkin memelihara kucing di rumah dan ada saat di mana kucing kita malah kabur dari rumah. Lalu kenapa kucing kabur dari rumah ? Jawabannya adalah ada banyak alasan yang mungkin menjadi penyebab kaburnya kucing dari rumah.

 

Kucing Lari Dari Rumah
Ilustrasi Kucing Lari Dari Rumah

 

Seperti contohnya kucing kemungkinan pergi atas kemauannya sendiri, tersesat saat bermain di luar rumah atau kemungkinan yang paling besar adalah kucing di curi orang lain untuk di jual kembali pada pecinta kucing lainnya dengan harga mahal.

Kasus pencurian mungkin hanya terjadi pada kucing yang berjenis ras murni atau mixdom yang memiliki gen ras murni yang lebih kuat dari ras kampung. Tapi untuk kucing kampung, kasus pencurian sangat minim terjadi namun hal ini bukan tak mungkin terjadi.

Nah untuk lebih menjawab rasa penasaran kamu seputar penyebab mengapa kucing lari dari rumah dan bagaimanakah cara mencegah agar kucing tak kabur dari rumah. Maka pada tulisan kali ini Anggora akan membahas terkait akan hal ini.

Simak penjelasan anggora di bawah ini sampai akhir ya agar rasa penasaran kamu terjawab.


Alasan Kenapa Kucing Lari Dari Rumah

Nah seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa banyak sekali kemungkinan yang menjadi sebab kucing lari dari rumah. Lantas apa saja sih penyebab utama mengapa kucing yang telah lama kita pelihara kabur dari rumah ? Berikut ini beberapa di antaranya :

1. Di Usir Oleh Kucing Lain

Alasan pertama kenapa kucing lari dari rumah adalah karena ia di usir oleh kucing lainnya. Bentuk pengusirannya tak seperti saat kita megusir orang lain. Kucing mengusir kucing lainnya biasanya di lakukan oleh satu atau beberapa kelompok kucing yang ada di dalam rumah kita.

Kucing yang akan di usir oleh kucing lainnya biasanya akan selalu di intimidasi dan di ajak berkelahi oleh kucing yang hendak mengusirnya. Tak hanya itu bila dalam satu rumah juga terdapat kucing yang tak menyukai kucing yang hendak di usir, ia akan turut membantu kucing lainnya untuk mengusir kucing tersebut keluar dari rumah.

Hal ini akan terus terjadi ketika kucing yang akan di usir masih tetap berada dalam satu rumah yang sama dan akan berhenti saat kucing yang di usir keluar dari rumah.

 

2. Kucing Tak Bisa Pulang Ke Rumah

Terkadang kucing bukannya sengaja ingin lari dari rumah namun ia tak bisa kembali ke dalam rumah. Ini terjadi karena kucing di dalam rumah seluruhnya memusuhinya bahkan mendekat saja ke rumah ia tak bisa.

Karena alasan inilah kucing memilih untuk tak kembali pulang serta memutuskan untuk pergi berkelana dan hidup sebagai kucing liar. Hingga si kucing dapat menemukan tuan baru lainnya yang mau merawatnya dengan baik.

Kucing kamu hilang ? Coba cara menemukan kucing dengan mudah dengan mengklik di sini.

 

3. Kucing Di Curi Orang Lain

Bagi pemilik kucing ras kemungkinan kucing bukanlah lari atau kabur dari rumah melainkan karena ia di curi oleh orang yang tak bertanggung jawab. Bahkan di saat kita menggembok kandang kucing atau mengurung kucing di dalam rumah, pencuri dapat dengan mudahnya merampasnya.

Atau mungkin saja saat kucing bermain dekat pagar rumah, orang yang lewat mencurinya karena adanya kesempatan. Jadi bagi kamu yang punya kucing ras berharga mahal sebaiknya awasi kucing kamu dengan baik.

Bila perlu saat kamu keluar rumah, kamu membawa mereka bepergian bersama kamu bila tak ada seorangpun yang tinggal di rumah. Motif pencuri kucing ras biasanya hanya ada 2 yakni ingin mendapat keuntungan dengan menjualnya kembali atau mungkin pencuri hanya ingin memiliki dan memelihara kucing ras mahal yang lucu nan imut.

 

4. Kucing Di Buang Tetangga

Tak semua orang menyukai kucing serta hidup berdampingan dengan mereka. Salah satu orang yang mungkin membenci kucing bisa jadi adalah tetanggamu sendiri. Tindakan seperti menyiram kucing dengan air biasa mungkin adalah wajar dan tak membahayakan kucing.

Tetapi saat mereka membenci kucing, mereka akan komplain padamu, menyiram kucingmu dengan air panas, memasukkannya ke karung lalu membuangnya ke tempat tertentu atau bahkan yang terburuk mereka bisa meracun kucing kamu hingga mati dengan racun tikus.

Kalau ternyata kucing kamu sudah di racun tikus dan mengalami keracunan ringan maka kamu dapat mencoba mengobatinya dengan cara di sini.

 

5. Kucing Tersesat

Kucing tak melulu kabur dari rumah karena keinginannya sendiri. Bisa jadi kucing kamu yang sedang keasikan bermain di luar rumah, mainnya terlalu kejauhan sehingga ia tak ingat jalan pulang akibatnya ia tersesat sendirian di luar sana.

Jadi sewaktu anak kucing atau kucing kamu lari sekitar dua jam-an lalu tak kunjung kembali sebaiknya segeralah mencarinya karena mungkin ia masih berada tak jauh dari rumah dan lebih mudah di temukan oleh kita.


6. Kucing Tertabrak Dan Mati

Kucing yang lari dari rumah dan tertabrak kemudian mati biasanya tak akan pernah kembali ke rumah lagi. Pernah dahulu salah satu kucing kampung saya telah hilang selama beberapa hari dan kami telah mencarinya kemana-mana namun hasilnya nihil.

Lalu kami pun merelakan kehilangannya, keesokan harinya ibu saya mendengar cerita dari tetangga bahwa beberapa hari yang lalu ada kucing yang mati tertabrak di jalan. Ciri-cirinya persis seperti kucing milik kami.

Tetangga tersebut bercerita bahwa kucing tersebut tertabrak hingga mati kemudian agar tak mengganggu pengendara yang melintas, mereka pun berinisiatif mengambil mayatnya dan menguburkannya. Dari situlah saya tahu bahwa ternyata kucing tersebut tak kunjung kembali karena ia telah tiada.

Bagaimana hukum menabrak kucing secara tak sengaja ? Lihat apa hukumnya dengan mengklik di sini.

 

7. Di Adopsi Oleh Orang Lain

Orang yang tak bertanggung jawab bisa jadi mengambil kucing kamu untuk di pelihara olehnya. Meskipun kamu sudah memberi penanda bahwa kucing sudah ada yang punya dengan memakaikannya kalung kucing.

Orang sejenis ini akan mengabaikannya dan tetap akan mengambil kucing yang ia rasa di telantarkan meskipun kucing memakai kalung. Tindakan ini termasuk pencurian tetapi orang yang melakukannya bersikeras bahwa ia memungut kucing tersebut dari jalanan.

Sebenarnya ia sadar telah mencuri namun ia bersikukuh tak mengakuinya. Mungkin bisa jadi inilah alasan kenapa kucing kamu seolah lari dari rumah serta tak kunjung kembali lagi.

 

8. Kucing Di Bawa Oleh Anak Kecil Yang Melintas

Selain karena di adopsi orang lain. Kucing kamu bisa jadi seolah lari atau kabur dari rumah karena di bawa anak kecil yang sedang melintas. Anak kecil biasanya hobi memegang kucing yang di rasanya cantik dan lucu.

Sekedar bermain bukanlah masalah tetapi sering kali mereka memegang lalu membawa kucing pergi bermain jauh bersama mereka. Setelah mereka bosan lalu mereka meninggalkan kucing di sembarang tempat.

Kucing yang di tinggalkan di tempat random kemungkinan akan tersesat sehingga ia tak bisa kembali ke rumah pemiliknya meskipun ia menginginkannya. Itulah mengapa saat kucing kesayangan kita bermain di luar rumah, perlu bagi kita mengawasinya.

Kucing makan kecoa bahaya gak sih ? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

 

9. Rumah Baru

Rumah dapat menjadi salah satu penyebab kucing kabur dari rumah baru. Ini akibat kucing merasa bahwa tak berada dalam rumahnya yang sebenarnya atau ia merasa telah di culik. Ini juga dapat di sebabkan oleh kucing stress saat dalam mobil dan kemudian di lepaskan begitu saja saat sampai di rumah baru.

Untuk mengatasi hal ini, kita perlu mengurung kucing hingga tenang dan tak membolehkannya keluar dari rumah hingga ia terbiasa dengan rumah barunya.

 

10. Kucing Stress

Stress pada kucing dapat memicu perilakau abnormal pada kucing seperti sering menjilati bulunya, terus menerus tidur, buang air dan kotoran sembarangan serta lari dari rumah. 

Lihat cara mudah mengatasi stress pada kucing dengan mengklik di sini.

 

11. Kucing Menemukan Tempat Lain Yang Lebih Baik

Ada kasus di mana kucing yang lari dari rumah kemudian tak kunjung kembali adalah sebab ia telah menemukan tempat serta tuan yang baru. Ini pernah terjadi pada salah satu kucing yang di pungut kakak saya.

Kami yang kehilangan kucing mencari kucing ke sana kemari lalu ia di temukan di rumah orang lain dalam keadaan sehat dan terawat.

 

12. Kucing Sedang Birahi

Kucing jantan yang sedang birahi cenderung akan malas berada di dalam rumah. Kucing birahi akan lebih agresif, suka berkelahi serta senang mengejar betina. Kucing ini sering lari dari rumah bahkan tak kunjung pulang hingga harian, mingguan dan bulanan.

Cara tahu ciri-ciri kucing birahi di sini.

 

13. Kucing Tak Nyaman Di Rumah

Kucing juga bisa lari karena merasa tak nyaman berada di dalam rumah. Ini bisa jadi sebab kucing lain mengusirnya, ada anggota keluarga lain yang sering memukul serta memarahinya dan adanya anak-anak ataupun bayi yang bersuara keras.

 

14. Kucing Sakit Atau Ingin Mati

Kucing merupakan tipe hewan yang akan menjauh dari pemiliknya sewaktu ia merasa penyakitnya sangat parah dan ia akan mendekati ajalnya. Banyak dari pemilik kucing yang pernah merasakan kejadian di mana kucingnya yang sedang sakit atau hendak mati menghilang.

Dan saat kucing tersebut telah di temukan, ternyata kucing telah kehilangan nyawanya. 

Selain mati karena sakit, kucing pun dapat mati mendadak. Lihat penjelasannya di sini.


Bagaimana Cara Mencegah Kucing Agar Tak Lari Dari Rumah ?

Tentunya kamu tak ingin kalau kucing yang kamu pelihara tiba-tiba lari dari rumah begitu saja. Nah untuk mencegah kucing agar tak lari dari rumah, kamu dapat mencoba 4 langkah berikut ini untuk mencegahnya agar tak lari dari rumah dan kamu tak kehilangan dia.

1. Memelihara Kucing Dalam Ruangan Atau Kandang

Cara yang satu ini dapat kamu lakukan untuk mencegah kucing kamu lari dari rumah dan mencegah kucing di curi atau di ambil paksa oleh anak kecil ataupun oleh orang yang tak bertanggung jawab. Cara ini adalah cara yang paling efektif menurut anggora.

Meskipun cara ini terbilang efektif namun tetap saja ada kelemahannya. Kelemahannya adalah ketika rumah sepi, pencuri tetap dapat membongkar paksa ruangan dan kandang untuk mencuri kucing kamu. Saat kamu memelihara kucing dalam kandang ataupun ruangan tertentu, perhatikan kebersihannya.

Tempat kucing berada mesti bersih dan nyaman bagi kucing supaya kucing tetap dalam kondisi sehat, terhindar dari penyakit dan mencegah masalah stress pada kucing.

Jinakkan kucing kamu dengan cara yang mudah. Lihat caranya di sini.

 

2. Sterilkan Kucing

Kucing yang birahi sifatnya akan berubah dari kucing rumahaan menjadi kucing yang hobi keluyuran. Kalau keluyurannya cuma setengah jam atau satu dua jam masih tak apa-apa. Tetapi kucing birahi ini keluyurannya bisa setengah hari, semingguan bahkan tak pulang-pulang sampai sebulanan.

Solusi akan hal ini hanyalah satu cara yakni mensterilkan kucing. Sebab kucing yang telah di sterilkan biasanya akan lebih pendiam, tenang, ramah dan tak hobi keluyuran. Biaya steril cukup terjangkau, biasanya hanya berkisar antara 300 ribu hingga 1 jutaan untuk satu ekor kucing.


3. Kurung Kucing Saat Pindah Rumah

Kurung kucingmu dalam kandang atau ruangan sewaktu kamu baru saja pindah ke rumah yang baru. Lakukan tindakan ini hingga semingguan atau bahkan bulanan. Pengurungan kucing ini bertujuan agar kucing tak kabur saat pertama kali pindah rumah.

Selain itu, hal ini juga bertujuan agar kucing mampu beradaptasi dengan rumah yang baru. Saat masa pengurungan, keluarkanlah kucing minimal sejam sehari dalam rumah agar kucing cepat beradaptasi dengan lingkungan rumah yang baru.

Sewaktu mengeluarkan kucing, pastikan kamu berada di dekatnya untuk mengawasinya agar ia tak kabur keluar rumah saat ia di keluarkan dari kandang ataupun ruangan.

Ketika kucing pertama kali di rumah baru biasanya kucing akan sering mengeong. Ini karena ia merasa berada di tempat baru atau bisa jadi ada hal lain. Lihat sebab kucing sering mengeong dengan mengklik di sini.


4. Latih Kucing Kembali Ke Rumah

Melatih kucing ialah salah satu cara agar kucing yang lari dari rumah mau kembali lagi kerumah saat ia merasa lapar. Caranya cukup simpel, hanya dengan cara mengajak kucing berkeliling di sekitar rumah kemudian kembali lagi kerumah.

Cara ini mirip dengan cara mengajak anjing berjalan-jalan saat di sore hari. Lakukan ini setiap harinya di waktu luangmu. Sewaktu mengajak kucing berkeliling pastikan bahwa daerah tersebut aman ( bebas dari kendaraan yang lalu lalang ).

Itulah 14 penyebab kenapa kucing lari dari rumah dan bagaimana cara kita mencegahnya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu, menambah wawasan kamu dan bisa sangat bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Tags : kucing jantan lari dari rumah, kucing sakit lari dari rumah, penyebab kucing lari dari rumah, sebab kucing lari dari rumah

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url