close

22 Fakta Fakta Tentang Kucing

22 Fakta Fakta Tentang Kucing | Kucing merupakan hewan yang memiliki wajah imut yang lucu karenanya banyak yang menjadikan hewan yang satu ini sebagai hewan peliharaan di rumah. Mungkin di antara orang yang menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan kamu adalah salah satunya.

 

Fakta Fakta Tentang Kucing
Fakta Fakta Tentang Kucing

 

Tak hanya punya wajah imut nan lucu, kucing juga memiliki prilaku yang menggemaskan. Itulah mengapa banyak keluarga di berbagai dunia memilih kucing untuk di jadikan peliharaan. Dengan memelihara kucing mereka merasa bahwa suasana rumah lebih ramai dan semakin menyenangkan.

Kucing pun di percaya dapat menjadi penyebab stress berkurang, ini di buktikan oleh beberapa peneliti yang melakukan riset tertentu. Hasilnya di dapatkan bahwa memelihara kucing bisa meredakan stress. 

Bila kita perhatikan dengan baik, kucing terlihat seperti hewan yang hobi tidur. Faktanya kucing akan menghabiskan waktunya untuk tidur sekitar 15 sampai 16 jam. Ini dua kali lipat lebih banyak di bandingkan waktu tidur orang dewasa yang hanya butuh tidur maksimal 7- 8 jam sehari.

Hewan berkaki empat ini dalam bahasa latin di kenal dengan nama latin Felis silvestris catus. Ia di kenal dengan kecerdasan serta kesetiaannya. Lantas dari manakah kucing berasal ? Kucing berasal dari Timur Dekat dan Mesir.

10.000 ribu tahun yang lalu kucing di domestikasi oleh para petani yang hidup di timur dekat. Para petani menyambut kucing liar yang datang ke wilayahnya serta memanfaatkan mereka untuk menjaga hasil panen dari hama seperti tikus dan sejenisnya.

Hal itu kemudian berkembang hingga sekarang ini orang-orang lebih memilih kucing di jadikan hewan peliharaan atau di jadikan hewan ternak kesayangan. Kucing pun juga berkembang ke beberapa macam jenis kucing.

Tetapi umumnya masyarakat di berbagai belahan dunia lebih memilih memelihara ras kucing kampung dan kucing ras. Kucing ras yang biasa di pelihara yakni bengal, turkish anggora, persia, manx, sphynx, siam, dan kucing raksasa mainecoon.

Keberadaan kucing ras murni di seluruh dunia sendiri di perkirakan hanya sebesar 1% sisanya adalah kucing ras campuran, kucing kampung, dan kucing hutan.

Kucing juga merupakan hewan karnivora yang hobi memangsa hewan lainnya. Itulah mengapa tak jarang bagi kita cat lovers sering memergoki kucing sedang makan kadal, ikan, cicak, jangkrik, laron, tikus, belalang dan hewan sejenisnya.

 

22 fakta fakta tentang kucing

Selain fakta-fakta di atas ternyata kucing pun memiliki fakta lain yang menarik untuk di bahas. Apa saja fakta-fakta menarik mengenai kucing lainnya itu ? Simak fakta kucing versi Anggora di bawah ini :

1. Tak Bisa Merasakan Manis

Salah satu fakta yang menarik pada kucing yakni kucing ternyata tidak bisa merasakan manis loh. Padahal hampir setiap mamalia bisa merasakan manis kecuali kucing.

Hal ini di sebabkan reseptor pada sel perasa bernama T1R2 dan T1R3 yang biasanya berfungsi dengan baik pada mamalia, tidak berfungsi dengan baik pada tubuh kucing. Akibatnya lidah kucing menjadi tak memiliki kemampuan mengenali rasa manis.

Selain tak bisa merasakan manis kucing pun tak boleh makan coklat, simak bahaya kucing makan coklat dengan mengklik di sini.


2. Kucing Bisa Berkeringat

Sama halnya dengan manusia, kucing pun akan berkeringat bila ia merasa bahwa tubuhnya kepanasan dan kelelahan. Tetapi cara berkeringat kucing sangat berbeda dengan cara berkeringat yang terjadi pada manusia. Jikalau manusia berkeringat lewat kulitnya, beda halnya dengan kucing. Keringat kucing hanya akan keluar lewat cakarnya saja.

Kenapa bisa begitu? Karena kelenjar keringat kucing berada tepat di bawah bagian bantalan kakinya. Makanya jarang sekali kita melihat kucing berkeringat, padahal kucing jua berkeringat lewat kelenjar keringat yang terdapat pada bantalan-bantalan kaki kucing

 

3. Memiliki Kemampuan Penglihatan Malam

Kucing merupakan hewan krepuskular. Ia menjadi sangat aktif di saat fajar ataupun malam hari. Hal ini di dukung dengan kemampuan penglihatan malam ( night vision ) miliknya. Dan kemampuan penglihatan malam ini ada karena kucing mempunyai organ bernama Tapetum lucidum.

Tapetum lucidum berfungsi memantulkan cahaya agar kucing mampu melihat di tempat yang kurang terang. Makanya tak jarang bagi kita melihat mata kucing seperti bercahaya saat melihat ia tengah berada di kegelapan.

Ketika malam hari kucing sering kali mengeong, apa sebab kucing sering mengeong di malam hari ? Ketahui sebabnya di sini.


4. Kucing Mandi Dengan Menjilat Tubuhnya

Pastinya kita sering melihat kucing mandi dengan menjilat tubuhnya setiap hari. Sebenarnya aktivitas menjilat tubuh tersebut tak serta merta hanya membersihkan tubuhnya dari kotoran loh. Tapi juga sekaligus membersihkan parasit, kuman dan bakteri di tubuhnya.

Menjilat tubuhnya juga kucing lakukan untuk menghilangkan bagian sel kulit yang telah mati. Kebiasaan menjilat ini sudah ada sejak jaman mesir kuno hingga saat ini. Pengetahuan membersihkan tubuh dengan lidah ini tertanam dalam genetik dan diturunkan secara turun temurun.


5. Air Liur Kucing Mengandung Antibiotik

Air liur pada kucing di percaya mempunyai enzim yang berguna sebagai antibiotik. Enzim ini berfungsi untuk mencegah infeksi luka dan mempercepat penyembuhan luka. Namun hal ini hanya berlaku bila kucing dalam keadaan sehat dan tak penyakitan.

Bila kucing sakit, liurnya mungkin mengandung berbagai kuman parasit ataupun bakteri berbahaya. Salah satu parasit yang bisa menular dari liur kucing adalah toxoplasma.

Bagi kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang toxoplasmas, penjelasannya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


6. Lari Kucing Sangat Cepat

Kucing memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat apalagi di saat kucing sedang terancam maka kecepatan berlarinya bisa meningkat dengan drastis. Kecepatan berlari kucing di perkirakan bisa mencapai 30 mph, ini setara dengan kecepatan ketika kita sedang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan sedang.

Di alam liar kucing menggunakan kemampuan berlari ini untuk menyelamatkan dirinya dari predator atau di gunakan untuk mengejar dan menangkap hewan yang menjadi buruannya.

 

7. Kucing Menyembunyikan Kotorannya

Bagi sebagian orang mungkin berpikir bahwa kucing menanam kotorannya dengan tanah hanya karena kebiasaan kucing tersebut namun faktanya kucing  melakukan hal itu demi menyembunyikan kotorannya.

Agar kotorannya tak tercium dan memancing predator lain untuk memangsanya. Selain itu kotoran kucing juga di gunakan kucing untuk sarana berkomunikasi dengan kucing lainnya secara tak langsung.

Kucing pun memiliki alasan lain kenapa ia menyembunyikan kotorannya, cari tahu alasannya di sini.


8. Kemampuan Berputar Telinga Kucing Hingga 180°

Telinga kucing ternyata ternyata dapat berputar hingga 180 derajat. Kemampuan ini bisa di lakukan kucing sebab 32 jaringan otot yang ada pada telinganya. Dengan seluruh otot telinga ini, telinga kucing bisa di putar sampai 180 derajat tanpa mesti melihat ke arah sumber suara.

Karenanya tak jarang kita melihat telinga kucing berputar ke kanan sampai kebelakang di saat kucing mendengar suara yang mengganggu ataupun menarik perhatiannya.

 

9. Kucing Tertua Berumur 38 Tahun

Kucing liar memiliki masa hidup 5 tahunan sementara kucing rumahan memiliki masa hidup yang tergolong lebih panjang yakni sekitar 10 hingga 15 tahunan. Namun ini tak berlaku bagi kucing yan tinggal di daerah Austin, Texas, Amerika Serikat. Kucing yang di kenal dengan nama Creme Puff ini memiliki umur 38 tahun.

Ia menjadi kucing yang tertua dan tercatat dalam Guinnes World Record ( GWR ). Puff hidup semenjak tahun 1967 sampai 2005. Rahasia di balik panjangnya umur Puff ialah karena perawatan yang baik, pola makan dan kasih sayang pemiliknya padanya.

Kucing sebenarnya berasal dari mana sih? Cari tahu asal kucing dengan membacanya di sini.


10. Kucing Mesti Di Vaksin

Sangat penting bagi kucing untuk di vaksin. Ini merupakan hal yang wajib di lakukan bila kita menginginkan kucing tumbuh dengan baik dan sehat selalu. Biasanya vaksinasi yang di perlukan di bagi 2 jenis yakni vaksin khusus dan vaksin umum.

Vaksinasi umum perlu di lakukan untuk mencegah berbagai penyakit yang sebabkan oleh virus ataupun bakteri berbahaya seperti parvo virus, panleukopenia, distemper dan sejenisnya. Sementara vaksin khusus di perlukan untuk mengantisipasi rabies.


11. Hampir 70% Hidup Kucing Di Habiskan Untuk Tidur

Seperti yang telah Anggora jelaskan di awal tadi, kucing bagi kita terlihat seperti hewan yang hobi tidur. Alasannya sih karena kucing banyak sekali menghabiskan waktunya hanya untuk tidur. Dalam sehari kucing bisa tidur 15 sampai 16 jam dalam sehari,

Banyak alasan mengapa kucing lebih banyak tidur. Bisa karena faktor cuaca, menghemat tenaga untuk berburu dan karena sifat krepuskular. Krepuskular adalah waktu aktif kucing hanya pada fajar dan senja. Kebiasaan ini tetap ada bahkan pada kucing rumahan sekalipun. Kucing aktif di fajar dan senja untuk menghindari predator lain yang banyak berkeliaran saat pagi hingga sore hari.

Ada juga alasan lain kenapa kucing banyak tidur, simak alasan kucing banyak tidur dengan mengklik di sini.


12. Kumis Kucing adalah Alat Navigasi

Bukan cuma punya penglihatan malam, kucing pun memiliki alat navigasi. Yah benar, kumis kucing adalah alat navigasi yang biasa di pakai kucing di saat kemampuan penglihatan malamnya kurang bisa di andalkan. 

Sementara pada siang hari kucing memanfaatkan kumisnya untuk bermanuver, mengukur jarak, mengukur luas suatu tempat. Bila kumis kucing secara tak sengaja maupun sengaja terpotong maka kucing akan kehilangan kemampuan navigasi. Larangan memotong kumis kucing yang biasa kita dengar di komunitas adalah untuk hal ini.


13. 95,6% Gen Kucing Sama Persis Dengan Harimau

Gen kucing 95,6 persen mirip dengan kucing. Inilah mengapa kebiasaan seperti mengendus, mengintai dan menerkam mangsa serta perilaku  kucing lainnya gak jauh beda dengan harimau yang masih satu ordo dengannya

Bukan cuma memiliki gen yang mirip, kucing pun memiliki ordo yang sama dengan harimau. Apa ordo kucing ? temukan jawabannya di sini.


14. Mampu Melompat Sejauh 6 Kali Panjang Badan

Perlu kamu tahu kalau kucing dengan kondisi terbaiknya mampu melompat saangat jauh. Lompatannya bisa 5 sampai 6 kali panjang tubuhnya loh. Misakan panjang kucing adalah 50 centimeter, berarti kucing dapat lompat sejauh 250 sampai 300 centimeter.

Kemampuan melompat ini sangat menyupport kucing dalam berburu mangsanya yang ada di udara seperti burung, kupu-kupu dan serangga terbang sejenisnya. Dengan kemampuan melompatnya yang luar biasa, kucing dapat dengan mudahnya menangkap hewan yang terbang di atas kepalanya.


15. Kucing Mampu Mengenali Manusia Antara Satu Dan Lainnya

Kucing merupakan hewan yang cerdas. ia memiliki kemampuan dalam mengenali satu orang dengan lainnya. Ia mengenali orang melalui bau, suara dan sifat orang tersebut. Itulah mengapa saat kucing di panggil pemiliknya mereka bersegera datang menyahutnya.

Kucing juga bisa membedakan antara orang jahat dan orang yang baik terhadap kucing. Kucing akan berusaha menjauh dari orang yang biasa memukulnya dan memarahinya dengan nada tinggi. Hal ini berbanding terbalik bila kucing berhadapan dengan orang ramah dan baik pada kucing.

Kucing akan dengan senang hati mendekati orang tersebut dan bermanja-manja di dekatnya. Inilah salah satu alasan mengapa terkadang banyak kucing liar yang mendatangi rumah orang baik.

Ada juga alasan lain mengapa banyak kucing mendatangi rumahmu. Alasan selengkapnya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


16. Kucing Hewan Yang Peka

Saat kamu sedih mungkin kucingmu pernah menghampirimu untuk tidur di pangkuanmu, mengelus tubuhmu, menyapamu atau bahkan sekedar duduk dan berada di sampingmu. Kucing melakukan hal ini semata-mata untuk menghiburmu dan mengalihkan perhatianmu dari rasa sedihmu.

Kucing mampu merasakan emosi yang di rasakan oleh pemiliknya. Saat pemiliknya sedih ia akan berusaha menghiburnya, saat pemiliknya marah atau bernada tinggi maka kucing akan memilih menjauh agar tak ingin pemiliknya semakin marah.

 

17. Dengkuran Kucing Mampu Menghilangkan Stress

Dengkuran kucing di percaya dapat menghilangkan stress pada manusia, juga mampu meringankan dsypnea dan sesak napas anak serta membuat tulang manusia menjadi kuat. Ini karena suara kucing berada di frekuensi konstan antara 25 dan 150 hertz.

Jadi saat kucing kamu mendengkur jangan memarahi ataupun mengusirnya karena dengkuran kucing bisa mengurangi stress kamu dan memperkuat tulang-tulangmu.

Lalu bagaimana bila kucing yang mengalami stress ? Baca cara mengatasi stressnya di sini.


18. Kucing Dengan 300 Juta Korteks Serebral

Kecerdasan kucing setara dengan primata dan anjing. Berdasarkan riset di temukan bahwa kucing memiliki 300 juta korteks serebral pada otaknya. Ini setara dengan jumlah korteks yang terdapat pada anjing dan hewan lainnya.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu korteks serebral. Korteks serebral adalah bagian otak mamalia yang mengatur kecerdasan dalam menghadapi kejadian yang terjadi di sekitarnya. Korteks serebral pada kucing juga menjadi penyimpanan ingatan jangka panjang dan pendek. 


19. Keseimbangan Luar Biasa

Salah satu fakta menarik tentang kucing adalah kemampuan keseimbangannya yang luar biasa. Kucing dapat berjalan maupun berlari di tempat tinggi nan sempit tanpa khawatir ia akan terjatuh. Kemampuan kucing ini di dapatkan secara alami.

Kemampuan kontrol tubuh dan di dukung oleh ekor yang membantu kucing dalam menjaga keseimbangan tubuhnya membuat kucing memiliki keseimbangan yang sangat baik. Bahkan keseimbangan kucing ini jauh lebih baik bila di bandingkan dengan hewan mamalia lainnya.

Bagaimana dengan kucing ekor pendek apakah ia memiliki kemampuan keseimbangan yang sama dengan ekor panjang. Lihat kelebihan kucing ekor pendek di sini.


20. Domestikasi Kucing Terjadi 10.000 Tahun Lalu

Domestikasi kucing ( memelihara kucing ) awalnya terjadi 10.000 tahun lalu di mesir dan timur dekat. Ini terjadi ketika banyak kucing liar yang mendatangi petani. Bukannya mengusir mereka, para petani malah menjadikan kucing tersebut peliharaannya dan membuat mereka menjaga lahan dan gudang tempat dimana hasil panen di simpan.

Lalu beberapa tahun kemudian kucing menyebar dari pusat perdagangan mesir ke eropa dan berbagai belahan negara lainnya di dunia. Penyebaran ini awalnya terjadi akibat kucing di pelihara untuk menjaga kapal dari hama seperti tikus. Lalu seiring berjalannya waktu, kemudian muncullah ketertarikan bangsa lain untuk memanfaatkan kucing.

Dari waktu ke waktu gen kucing berubah, mulai dari kucing hutan liar menjadi kucing kampung, kucing ras dan kucing campuran. 


21. Tubuh Dan Air Liur Kucing Tak Membatalkan Wudhu

Dalam islam kucing di anggap hewan yang bersih dan suci dari najis. Karenanya bila kita telah berwudhu dan tanpa sengaja di jilat ataupun di sentuh kucing maka wudhu kita tak batal. Tak hanya itu berwudhu di bejana air yang baru saja di minum kucing adalah boleh dan sah di gunakan untuk berwudhu.

Selain tak membatalkan wudhu, islam memiliki pandangan lain mengenai air liur kucing. Untuk mengetahuinya kamu bisa membaca di sini.


22. Kucing Hewan Mandiri

Walaupun kucing terlihat seperti hewan kecil yang lemah namun kenyataaannya berbeda. kucng merupakan hewan yang tangguh yang dapat hidup mandiri. Kucing hanya butuh insting liarnya untuk membuat ia mampu bertahan sendirian di alam liar.

Itulah sebabnya sering kali kita melihat kucing rumahan melatih insting liarnya secara alami dengan cara bermain dengan sesama kucing, memburu hewan kecil,  mencari makanan di tong sampah dan mengelilingi lingkungan tempat ia tinggal.

Insting liar kucing rumahan suatu saat akan berguna bilamana ia di curi orang, tersesat ataupun di buang oleh majikannya yang tak berperasaan.

Wah ternyata banyak juga ya fakta fakta unik dan menarik tentang kucing. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan,semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikannya juga ke kerabat, teman, cat lovers dan sosial media kamu. 


Tags : fakta kucing belang tiga, fakta kucing anggora di indonesia, fakta kucing menurut islam, fakta kucing orange, fakta kucing siam, fakta kucing takut air, fakta kucing oren betina, fakta kucing dan pemiliknya, fakta kucing himalaya

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url