close

7 Cara Supaya Kucing Nurut

7 Cara Supaya Kucing Nurut | Sebagai seorang pemilik kucing tentunya kita ingin sekali agar kucing kita nurut pada kita namun apa yang kita inginkan tersebut sangat jauh beda dengan kenyataan. Kucing yang kita pelihara terkesan cuek dan bodoh amat ketika kita panggil dan tak mau nurut sama sekali.

 

Cara Supaya Kucing Nurut
Ilustrasi Cara Supaya Kucing Nurut Sama Pemiliknya

 

Kucing hanya mau nurut ketika di panggil untuk makan. Itupun mungkin bukan karena kita panggil makan melainkan kucing mendengar suara piring ataupun plastik makanan. Bagi sebagian pecinta kucing mungkin tingkah kucing yang cuek dan bodoh amat sama tuannya adalah hal biasa ataupun sebuah keunikan tersendiri.

Namun hal tersebut mungkin berbeda antar satu cat lovers dengan yang lainnya. Bagi yang lainnya mungkin tingkah kucing yang cuek ini membuat tuannya merasa sedih, merasa bahwa si kucing gak sayang dengannya, merasa kucing sombong dan lainnya. Yang kamu pikirkan sebenarnya salah.

Sebenarnya kucing sayang dengan kita namun karena ia tak biasa di latih oleh tuannya maka kucing tak bisa mengekspresikan rasa sayangnya dan tak tahu apakah ia sedang di panggil atau tidak. Akibatnya kucing seolah acuh pada kita dan seolah tak menyayangi kita. Intinya kesalahan ini tak semuanya salah si kucing.

Ini karena kita tak biasa melatihnya dan jarang berinteraksi dengannya. Akibat kita jarang kerja ataupun punya kesibukan lainnya yang membuat kita tak bisa sering-sering berada di rumah. Saat si tuan jarang melatih dan berinteraksi dengan si kucing tapi anggota keluarga lainlah yang lebih sering berinteraksi dengannya maka kucing akan lebih patuh pada mereka.

Tanpa perlu pembuktian, pastinya kamu telah menyadarinya mengingat sikap dan perilaku yang selama ini kucing tunjukkan di rumah. Kucing akan terlihat lebih patuh, lebih cepat merespon ketika di panggil dan lebih sayang dan manja pada anggota keluarga kita seperti istri dan anak-anak kita.

Bila hal ini terjadi padamu maka kamu tak perlu sedih dan merasa asing dengan kucing kesayangan kamu. Masih ada cara kok agar kucing menurut dan patuh padamu. Simak caranya di bawah ini.

 

Bagaimana Cara Supaya Kucing Nurut ?

Sebelum masuk ke cara agar kucing nurut sama majikan, sebaiknya kita terlebih dahulu tahu apa saja sih penyebab kenapa kucing gak mau nurut sama majikannya. Berdasarkan pengalaman Anggora sendiri yang telah lama memelihara kucing, ada 8 penyebab kenapa kucing tak sayang, dan tak mau nurut sama pemiliknya. Ini 8 penyebabnya :

1. Nada Suara Tinggi

Kucing tak menyukai orang yang memiliki nada suara yang tinggi. Penelitian Galvan dan Vonk dari Universitas Oakland di Kota Rochester membuktikan hal ini. Mereka membuktikan bahwa kucing akan berusaha menjauh dari orang yang berbicara dengan nada yang terlalu tinggi, kasar, suka marah dan mengkerutkan wajah.

Karenanya saat kamu ingin membuat kucing nurut padamu maka sebisa mungkin bersuaralah dengan nada normal dan lembut. Agar kucing tak menjauh saat melihatmu dan tak menandai kamu sebagai orang yang tak ramah terhadap kucing.

Bila kamu ramah ke kucing, tak hanya kucing rumah yang menyukaimu tapi kucing liar juga bahkan senang berada di dekatmu. Simak alasan lainnya kenapa kucing liar senang ke rumahmu dengan mengklik di sini.

 

2. Mengkerutkan Wajah

Seperti yang telah di jelaskan di atas, kucing tak suka orang yang pemarah, kasar dan hobi mengkerutkan wajah di hadapan kucing. Orang-orang dengan prilaku seperti ini akan sulit di sukai kucing, akan di benci kucing dan bahkan kucing lebih memilih menjauhinya.

Mereka menjauhinya karena mereka menganggap tipe orang yang seperti ini adalah sebuah ancaman yang suatu waktu bisa menyakiti mereka.


3. Sering Kali Marah-Marah Pada Kucing

Tak hanya manusia, kucing pun sangat amat tak menyukai orang yang sering marah-marah kepada mereka. Kucing akan mengingat bau, suara dan menyimpan wajah orang yang suka marah-marah tersebut dalam korteks serebral mereka.

Saat mereka menjumpai orang dengan kriteria yang saa maka mereka akan tak suka berada di dekatnya. Mereka lebih cenderung menjauhi dan memilih tak mendekatinya sama sekali. Namun hal ini tak berlaku jika kamu menyogok mereka dengan makanan ikan, dry food, wet food dan sejenisnya.

Kok kucing suka sekali makan ikan ? Pingin tahu kenapa ? Simak penjelasannya di sini.


4. Jarang Memberi Kucing Makan

Jarang makanan untuk kucing juga dapat membuat kucing tak mau patuh terhadap kita serta membuat kucing merasa kita adalah orang asing atau orang yang tak begitu penting.

 

5. Jarang Mengelus-elus Kucing

Kucing akan lebih mengenal orang yang sering berinteraksi dengannya. Tak hanya itu dengan sering mengelus-elusnya akan membuat kucing mengingat kita sebagai orang yang ramah, menyukai kita dan menganggap kita menyayanginya.

Mengelus kucing juga bisa membuat kita menjadi anggota keluarga baginya ( bukan orang asing) . Karena itulah orang yang jarang mengelus kucingnya seringkali tak bisa membuat kucing patuh dan menyukainya.

Mengelus kucing merupakan salah satu cara membuat ia menyayangi kita. Untuk tahu cara lain membuat kucing sayang kita caranya bisa kamu lihat di sini.


6. Jarang Bermain Dengannya

Interaksi yang lain yang dapat kamu lakukan agar kucing mengenalmu dan mau patuh adalah sering bermain dengannya. Namun hal ini tentu saja jarang di lakukan oleh pecinta kucing yang sibuk bekerja di luar rumah. Inilah mengapa tak jarang kucing cuek pada pemiliknya yang sibuk bekerja.

 

7. Jarang Memanggil Namanya

Memanggil kucing adalah salah satu dari banyak cara untuk mendapatkan perhatian kucing dan membuat kucing patuh terhadap kita.

Selain nama pemberian kita, kucing juga punya nama latin, nama latin atau bahasa latin kucing bisa kamu ketahui dengan mengklik di sini.


8. Kita Tak Memberi Makan Kucing Saat Ia Memintanya

Kucing tak akan mau menurut pada orang yang tak memberinya makan ketika ia memintanya. Ini karena kucing memiliki kemampuan membedakan orang. Ia akan mengingat orang yang pelit padanya dan ia akan enggan mematuhinya.

Ini terjadi ketika orangtua saya sering kali abai ketika kucing minta makan kepadanya. Akibatnya kucing jadi malas meminta makanan ke ayah saya dan tak mau datang ketika ia memanggil si kucing.

 

Cara Agar Kucing Nurut Pada Kita

Nah supaya kucing mau patuh atau nurut sama kita, kamu harus membuat kucing nyaman dan senang di dekatmu. Beberapa cara berikut ini mungkin bisa kamu coba untuk menaklukkan si kucing. Berikut beberapa cara yang dapat kamu coba untuk membuat kucing nurut padamu : 

 

1. Pelihara Kucing Sejak Kecil

Cara yang satu ini cukup ampuh membuat kucing nurut sama kita. Alasan kenapa kita mesti memeliharanya sejak kecil cukup sederhana yakni agar mudah melatihnya supaya patuh pada kita. Selain itu memelihara kucing sejak kecil juga akan membuat kucing menganggap kita sebagai sosok orang tua.

Ikatan orang tua dan anak akan terbentuk walaupun ras kita berbeda. Tapi ini bukan berarti kita tak bisa membuat kucing yang kita pungut, adopsi ataupun beli saat umurnya sudah dewasa patuh pada kita. Tetap bisa kok, semua itu tergantung bagaimana cara kita merawat dan memperlakukannya.

Kucing kampung kamu gak jinak ? Ketahui cara mudah menjinakkan kucing kampung dengan mengklik di sini.

 

2. Berikan Nama

Bagaimana kamu bisa membuat ia patuh padamu sementara kamu tak memberikan nama padanya. Kucing yang tak di berikan nama akan membuat kita kesulitan memanggilnya dan melatihnya. Mulailah dengan memberikan kucing nama dan sebisa mungkin berikan kucing nama yang simpel dan mudah di ingat.

Bukan untuk mudah kita ingat tapi untuk mudah di ingat kucing. Pemberian nama sederhana seperti tom, oyen, itam, manis, unis dan sebagainya di nilai mampu di ingat kucing dan membuat kita mudah melatihnya. Pemberian nama ke kucing juga bisa meningkatkan ikatan kita ke kucing dan merupakan tanda bahwa kita menyayanginya. 

 

3. Beri Makan Dan Minum Cukup Dan Teratur

Kebutuhan makan dan minum kucing merupakan salah satu sarat membuat kucing nurut. Kucing tak akan mau di latih apalagi menurut bila ia tak di berikan makan dan minum teratur. Berikan kebutuhannya secara teratur dan pastikan apa yang dia makan dan minum bernutrisi dan menyehatkan.

Untuk minuman kucing, berikan air matang agar kucing terhindar dari mencret. Kucing yang seluruh kebutuhannya terpenuhi biasanya akan lebih penurut, manja dan terlihat bahagia.

Untuk makanan kucing, kamu bisa coba bolt cat food. Reviewnya dapat di lihat dengan mengklik di sini. 

Atau mungkin kamu tertarik dengan maxi cat food. Review maxi dapat juga kamu lihat di sini.


4. Berikan Cemilan Memakai Tangan

Cara ini yang sering kali saya lakukan untuk membuat kucing patuh yakni dengan memberikan cemilan memakai tangan. Caranya ambil cemilan atau makanan lalu letakkan di tangan kemudian panggil kucingmu.

Ketika ia mendatangimu, berilah cemilan memakai tangan. Cara ini dapat juga kamu lakukan bila kamu mau melatih kucingmu atraksi tertentu seperti jalan dengan dua kaki, pura-pura mati, menepuk kaki dan sejenisnya.


5. Memandikan Kucing

Kucing merupakan jenis hewan yang amat sangat membenci air terlebih lagi bila ia di mandikan. Namun walaupun kucing membencinya, setelah kucing mandi ia akan merasakan seluruh tubuhnya nyaman.

Ini karena seluruh kutu, parasit, kuman dan bakteri yang mengganggu kulit dan bulu-bulunya telah menghilang. Saat tubuh kucing bersih dan sehat akan meningkatkan rasa sayangnya ke kita dan membuat ia semakin nurut.

Kalau kamu belum tahu gimana cara mandin kucing yang baik, caranya mudah kok dan bisa kamu lihat dengan mengklik  di sini.


6. Bentuk Hubungan

Hubungan juga merupakan hal yang penting untuk membuat kucing lebih penurut pada kita. Membentuk hubungan bukan hanya cukup memberi minum serta makan saja namun perlu juga melakukan interaksi.

Seperti mengelus kucing, memandikannya, bermain bersama, berjalan-jalan dan sejenisnya. Di saat kamu punya waktu luang, berinteraksilah sebanyak mungkin dengan kucing peliharaanmu.

 

7. Memperhatikan Kesehatan Kucing

Kucing yang tak di perhatikan kesehatannya akan mudah jatuh sakit. Saat kucing sakit-sakitan tentunya kucing akan lebih banyak diam dan tiduran. Bahkan saat di panggil pun ia tak akan nurut. Inilah alasan mengapa penting bagi kita untuk selalu memperhatikan perawatan dan kondisi kesehatan kucing.

Saat kucing di rasa sakit, segera mungkin bawalah kucing berobat ke dokter. Ini di lakukan agar kucing cepat sembuh dan penyakitnya tak akan membahayakan jiwanya. Dan usahakan juga melakukan pemeriksaan kesehatan rutin ke dokter hewan minimal sebulan sekali.

 

Apakah Cara Di Atas Bisa Membuat Kucing Nurut Pada Kita ?

Ya pastinya akan berhasil. Karena cara-cara di atas merupakan cara yang selama ini saya lakukan untuk menjinakkan kucing dan membuat mereka lebih patuh kepada saya. Tapi di antara semua cara di atas menurut anggora cara yang paling ampuh yakni cara nomor 4. 

Selain cara nomor 4, cara yang lain pun bisa membuat kucing menjadi lebih penurut bilamana kita sering menerapkannya dan sabar dalam melakukannya. Saya sendiri butuh waktu sekitar 1 sampai dua bulanan dengan menggunakan cara di atas untuk membuat kucing menurut dan semakin jinak.

 

Wah. ternyata banyak juga ya cara yang perlu di lakukan agar kucing nurut sama kita. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membagikannya juga ke kerabat, cat lovers dan sosial media kamu.

 

Tags : cara membuat kucing nurut sama kita, cara agar kucing nurut pada pemiliknya, tips agar kucing nurut, cara supaya kucing nurut sama kita, cara kucing nurut sama kita, agar kucing nurut, doa agar kucing nurut, cara agar kucing nurut sama pemiliknya, cara membuat kucing nurut dipanggil namanya, cara agar kucing nurut dipanggil namanya, cara bikin kucing nurut, cara agar kucing nurut sama kita, cara membuat kucing nurut, cara kucing nurut, cara agar kucing nurut, cara buat kucing nurut, cara biar kucing nurut, cara agar kucing nurut saat dipanggil, tanda kucing nurut, kenapa kucing nurut, agar kucing nurut, kucing paling nurut, kucing yang nurut

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url