Kucing Makan Kecoa, Bahayakah ? Ini Penjelasannya

Sebagai hewan karnivora kucing senang sekali bermain sambil memburu hewan yang dapat di mangsa olehnya. Biasanya hewan yang menjadi sasaran buruannya adalah hewan-hewan kecil seperti cicak, kadal, jangkrik, tikus dan sejenisnya.

 

Kucing Makan Kecoa, Bahayakah
Ilustrasi Kucing Makan Kecoa, Bahayakah ? cockroachzone.com

 

Setelah kucing menangkap mangsanya seperti kecoa kadangkala ia hanya mempermainkan buruannya lalu meninggalkannya, ada juga yang yang mempermainkannya dahulu lalu memakannya atau setelah mendapatkan buruannya langsung memakannya.  

Namun walaupun kucing adalah hewan dari golongan karnivora, kucing merupakan salah satu hewan yang ramah dan jinak serta mudah beradaptasi dengan manusia. Inilah salah satu fakta dari kucing yang membuatnya banyak di jadikan hewan peliharaan.

 

Pernahkah Kamu Lihat Kucing Milikmu Memakan Kecoa ?

Mungkin jawabannya adalah sering atau jarang, tapi intinya kucing pernah memakan kecoa. Terkadang sebersih apapun rumah kita pastinya ada saja kecoa yang kita atau kucing kita temukan. Kecoa ini bisa berasal dari dalam ataupun luar rumah kita.

Saat kita melihat kucing makan kecoa, segeralah ambil kecoa dari mulut atau cengkraman tangan kucing dan buang sejauh mungkin atau ke tempat yang tak mungkin di temukan kucing.

 

Kenapa Kucing Senang Menangkap Kecoa ?

Kucing menyukai aktivitas menangkap kecoa sebab kucing secara alami sedang melatih insting berburu liarnya. Ini merupakan dorongan alami yang timbul dari insting liar dan sifat karnivora kucing itu sendiri.

Hal ini sangat wajar di lakukan oleh anak kucing maupun kucing dewasa. Bagi anak kucing menangkap kecoa dan hewan sejenisnya di lakukan dengan tujuan bermain sembari melatih otot-otot tubuhnya.

Meskipun anak kucing menangkap hewan ini dengan tujuan bermain namun tak jarang anak kucing pun akan memakan kecoa yang dia tangkap setelah ia selesai memainkannya. 

 

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kita Melihat Kucing Berburu Ataupun Makan Kecoa ?

Sewaktu kamu tanpa sengaja melihat kucing kesayanganmu makan kecoa, segeralah ambil kecoa yang sedang atau hendak di makannya. Buang jauh-jauh kecoa tersebut atau tempatkan kecoa ke dalam tempat yang tak bisa di jangkau oleh kucing kesayangan.

Perlu kamu tahu bahwa kucing makan kecoa bisa beresiko keracunan serta mengalami masalah gangguan pencernaan. Keracunan di akibatkan kecoa baru saja di semprot insektisida dan termakan oleh kucing. Sementara masalah gangguan pencernaan terjadi akibat bakteri yang terkandung dalam tubuh kecoa.


Apakah Boleh Kucing Makan Kecoa ?

Mungkin sebagian orang berkata bahwa kucing yang memakan kecoa tak akan menyebabkan bahaya bagi kucing dan boleh-boleh saja kucing memakannya. Namun anggora sendiri menganggap bahwa kecoa adalah hewan yang berbahaya bila di makan oleh kucing. Mau itu mentah ataupun sudah di bakar, kecoa tetaplah berbahaya menurut saya dan tak boleh di makan oleh kucing.

Apalagi kecoa memiliki banyak bakteri patogen berbahaya yang bisa menyebabkan kucing menjadi sakit bila kucing memakannya. Jadi jika kamu tak ingin kucing kamu sakit sebaiknya saat kucing hendak memakan kecoa, buanglah kecoa menjauh darinya.

 

Bahayakah Bila Kucing Makan Kecoa ?

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa berbahaya bagi kucing mengkonsumsi kecoa. Tubuh kecoa mengandung banyak sekali bakteri yang berbahaya bagi kucing. Di dalam tubuhnya sendiri terdapat 33 jenis bakteri patogen yang berbahaya bagi manusia. Kecoa dapat menyebabkan penyakit seperti infeksi saluran kemih gangguan pencernaan bahkan yang terparah adalah keracunan.

Efek yang serupa tentunya juga akan di alami kucing bila mana ia memakannya. Saluran kemihnya akan terinfeksi, kucing akan sakit perut, cacingan , diare dan sejenisnya. Ini terjadi akibat bakteri yang masuk ke dalam tubuh kucing setelah ia memakan kecoa.


Adakah Pertanda Khusus Kucing Sakit Setelah Memakan Kecoa ?

Beberapa pertanda yang mungkin muncul saat kucing sakit setelah memakan kecoa biasanya gejalanya hampir mirip dengan kucing sakit setelah memakan jangkrik. Beberapa ciri ataupun pertanda yang mungkin tampak antara lain : 

  • Adanya Demam.

  • Kucing Kelihatan Lemas.

  • Gak Mau Makan Sama Sekali

  • Sakit Perut

  • Mengeluarkan Air Liur dan Mulut Seperti berbusa

  • Sering Sekali Muntah

  • Kucing Menjadi sangat Pendiam

Agar yakin kucing benar sakit akibat memakan kecoa maka setidaknya kita perlu memastikan ada 4-5 ciri di atas yang tampak pada kucing peliharaan kita.


Kucing Sakit Sesudah Menyantap Kecoa, Solusinya ?

Pertolongan pertama kucing makan kecoa saat kucing mengalami sakit akibat keracunan yakni kamu bisa mengunakan air kelapa ataupun susu beruang. Jenis keracunan yang bisa di sembuhkan dari kedua cara tersebut adalah jenis keracunan ringan.

Kalau ternyata kucing keracunan berat dan mengalami sakit maka sebaiknya segera bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk segera di tangani. Dokter akan memeriksa kucing dan memberikan obat dan penangan yang tepat sesuai jenis penyakit yang di derita oleh si kucing.

Terkadang ada juga kucing tak mengalami masalah kesehatan akibat ia baru saja memakan kecoa. Namun tiba-tiba ia jatuh sakit secara mendadak. Hal ini bisa jadi bukan karena kucing memakan kecoa tetapi karena terkena penyakit seperti calici,,  tertabrak  mobil dan sebagainya.

 

Apakah Kucing Makan Kecoa Bisa Mati ?

Ya bisa saja. Bila kucing sakit sesudah makan kecoa dan di biarkan begitu saja tanpa kita obati maka tak jarang kucing mati akibat kecoa. Kematian terjadi akibat kita lalai, kita tak tahu kucing sedang sakit ataupun kita tak tahu penyakit apa yang di derita kucing  dan asal memberi obat begitu saja pada kucing.

Untuk menghindari kematian pada kucing yan sakit sesudah memakan kecoa sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan untuk segera di obati. 

 

Kenapa Kucing Saya Tak Sakit Ataupun Mati Sesudah Makan Kecoa ?

Ini bukan karena kecoanya yang aman di konsumsi dan tak menimbulkan penyakit. Tapi karena kucing kamu memiliki tubuh dan sistem imun yang kuat. Sehingga kucing kamu tak akan sakit ataupun sakit sebentar lalu sembuh sendiri.

Kucing dengan tubuh dan imun yan kuat bahkan bisa sembuh dari penyakit berbahaya dan tak ada obatnya seperti panleukopenia dan penyakit sejenisnya.

 

Manfaat Kucing Berburu Kecoa Apakah Ada ?

Sebenarnya banyak manfaat baik yang bisa di dapatkan kucing bilamana ia sedang berburu namun tak memakan kecoa. Berikut ini beberapa manfaat berburu kecoa bagi kucing :

Melatih Otot Serta Menambah Stamina

Kucing akan mengerakkan otot kaki maupun tubuhnya saat ia sedang berusaha menangkap kecoa yang muncul di hadapannya. Kucing pun akan berlari ke sana kemari serta melompat-lompat demi mendapakan kecoa.

Aktivitas memburu kecoa pada kucing akan secara alami melatih otot dan meningkatkan stamina tubuhnya.

Untuk melatih ototnya kucing pun akan memburu kadal. Simak penjelasan kucing makan kadal di sini.


Melatih Serta Menjaga Insting Liar Kucing

Berburu hewan kecil seperti kecoa, jangkrik, cicak dan sejenisnya adalah cara kucing untuk menjaga dan mengasah insting liarnya. Kucing rumahan menjaga insting liarnya agar ketika ia berada di alam liar ia akan mampu bertahan hidup dengan memakan hewan yang ia temukan di sekitarnya.

Insting liar kucing akan sangat bermanfaat ketika kucing rumahan tersesat, di curi orang ataupun di buang oleh pemiliknya yang tak bertanggung jawab.

 

Untuk Di Jadikan Hadiah

Kucing di kenal sebagai hewan yang seringkali memberikan hadiah kepada pemiliknya. Salah satu hewan yang sering di jadikan sebagai hadiah kepada pemiliknya adalah kecoa. Saat kucing membawa kecoa padamu janganlah terlalu marah padanya karena ini adalah hadiah terima kasih pada kamu karena selama ini merawat dan menjaganya dengan baik.

 

Untuk Di Jadikan Sebagai Mainan

Kucing tak hanya memburu kecoa untuk dimakan namun seringkali ia menjadikan hewan yang satu ini sebagai mainan saja. Ketika kecoa tak bergerak dan tak asik untuk di mainkan lagi. Kucing akan meninggalkannya dan tak akan memakannya sama sekali.

 

Itulah penjelasan mengenai kucing makan kecoa bahayakah dan apa saja bahaya akibat kucing makan kecoa atau efek kucing makan kecoa. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam memahami mengenai kucing makan kecoa, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url