close

Kucing Makan Kadal, Bahaya Gak Sih ?

Kucing Makan Kadal, Bahaya Gak Sih ? | Kucing merupakan hewan karnivora. Itulah yang menyebabkan kenapa kucing suka makan daging. Walaupun kucing merupakan hewan yang tergolong tak ganas dan jinak, kucing tetaplah hewan yang memiliki insting liar untuk memburu mangsanya.

 

Kucing Makan Kadal, Bahaya Gak Sih ?
Kucing Makan Kadal Sumber : alamy.com

 

Inilah penyebab kenapa kucing suka sekali menangkapi hewan kecil yang ada di dekatnya. Ia akan memburu tikus, kecoa, ikan, katak, belalang, cicak, tupai, jangkrik, tokek, hingga kadal. Kucing bahkan tak segan-segan memakan buruannya jika ia ingin.

 

Pernahkah Kamu Melihat Kucing Kamu Makan Kadal ?

Bila pernah maka hal ini adalah wajar. Sebab kucing adalah hewan yang memiliki insting memangsa ketika ia melihat buruannya. Kucing akan melompat dan berlari mengejar mangsanya sampai mendapatkannya. Setelah ia mendapatkannya, kucing akan memakan buruannya jika ia merasa buruannya aman untuk di makan.

 

Kenapa Kucing Menangkap Kadal ?

Alasan kucing menangkap kadal tiada lain adalah karena menganggap kadal adalah hewan yang bisa memangsa. Saat kadal berada di sekitar kucing, insting liar kucing menjadi aktif dan membuat ia terangsang untuk memburunya

Inilah alasan kenapa kucing senang melihat kadal. Setelah menangkap hewan buruannya biasanya kucing akan memakannya atau sekedar mempermainnkannya sampai kadal mati. 

Kucing pun senang dengan kecoa. Simak bahaya kucing makan kecoa dengan mengklik di sini.

 

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kita Melihat Kucing Berburu / Makan Kadal ?

Jika kita memergoki kucing kita sedang memburu atau menyantap kadal, segera buang kadal tersebut ke tempat yang jauh dan bawa masuk kucing ke dalam rumah. Menghindari kucing makan kadal adalah hal yang lebih baik baginya daripada membiarkannya memakannya.

Pastikan kamu membuang kadal ke tempat yang jauh atau ke tempat yang tak bisa di temukan dan di jangkau oleh kucing

 

Apakah Boleh Kucing  Makan Kadal ?

Kadal memang tak begitu berbahaya dan boleh di makan oleh kucing. Namun jika kita memergoki kucing kita sedang makan kadal, lebih baik membuang kadalnya. Ini di lakukan demi menjaga kesehatan kucing, karena tak jarang kucing sakit perut atau keracunan setelah memakan kadal

Lain cerita bila kucing sudah terlanjur memakan hampir seluruh tubuh kadal. Kalau ini terjadi maka sebagai majikan kita hanya bisa membiarkan kadal di makan kucing. 

Selain suka dengan kadal, kucing pun suka makan cicak. Bolehkah kucing makan cicak. Lihat penjelasannya di sini.

 

Adakah Bahaya Kucing  Makan Kadal ?

Meskipun kadal tak berbahaya namun tak jarang kadal membuat kucing sakit perut. Apalagi jika kadal yang di makan kucing adalah kadal yang terinfeksi virus, parasit atau kadal penyakitan, bisa-bisa kucing kita malah keracunan dan jatuh sakit setelah memakannya.

Jikalau kamu melihat kucing hendak menangkap kadal sebaiknya hentikan kucing dan bawa kadal menjauh darinya.

 

Adakah Pertanda Kucing Sakit Setelah Makan Kadal ?

Pasca kucing makan kadal biasanya kucing sakit akan mengalami beberapa pertanda. Pertanda ini biasa terjadi pada kucing yang terjangkit parasit atau virus dan mengalami keracunan. Berikut beberapa ini daftar gejala-gejalanya :

  • Kucing Menjadi Lemas.

  • Kucing Kurang Nafsu Makan.

  • Kucing Sakit Perut

  • Kucing Merasakan Gatal.

  • Kucing Sering Muntah.

  • Kucing Menjadi Pendiam

  • Mulut Kucing Berbusa.

  • Kucing Demam.

Tidak semua gejala di atas akan terjadi sekaligus. Hanya beberapa gejala yang akan timbul tergantung kondisi sakit yang di derita oleh kucng.

Gejala di atas mirip dengan kucing yang sakit sesudah makan jangkrik. Lihat ciri gejalanya di sini.

 

Kucing Sakit Sesudah Menyantap Kadal, Solusinya ?

Banyak cat lovers yang merekomendasikan susu beruang dan air kelapa muda untuk kucing yang keracunan kadal. Cukup berikan satu sendok susu beruang atau  kucing yang sakit setiap satu atau 2 jam. Kamu bisa menggunakan spuit atau dodot kucing untuk memudahkan pemberian susu atau air kelapa.

Namun anggora lebih merekomendasikan kamu ke dokter hewan agar penyakit kucing segera terdeteksi dan si kucing bisa segera sembuh dari penyakit. Karena bisa jadi sakitnya karena penyakit lainnya seperti terkena calici, panleukopenia, alergi, tertabrak, pilek cacingan dan sebagainya.

 

Manfaat Kucing Makan Kadal Apakah Ada ?

Sebenarnya banyak manfaat baik bagi kucing ketika ia berburu dan memakan kadal. Berikut ini  beberapa manfaat makan kadal untuk kucing :

Melatih Otot Dan Meningkatkan Stamina

Kucing yang berlarian dan lompat ke sana ke mari untuk menangkap mangsanya akan membuat otot-otot kucing mengendur dan mengeras. Gerakan otot dan kucing yang berlarian tentu akan sangat baik bagi tubuh dan stamina kucing.


Makanan Alami Sekaligus Sumber Protein

Kadal adalah makanan alami kucing yang sekaligus sumber protein. Protein yang terdapat pada kadal adalah protein hewani, protein jenis ini sangat bagi bagi hewan karnivora khususnya kucing.

 

Menjaga Dan Melatih Insting Liar Kucing

Menangkap Kadal adalah latihan bagi kucing untuk menjaga serta mengasah insting liarnya. Karena insting liar ini akan sangat bermanfaat ketika kucing tersesat di luar dan tak tau jalan pulang kerumah. Ia mungkin akan bertahan hidup di luar, seperti kucing saya yang setelah seminggu hilang dan kembali kerumah dalam keadaan sehat walau tubuhnya mengurus.

 

Sebagai Hadiah

Kucing juga memiliki perasaan cinta dan kasih sayang. Ia akan membawa tuannya hadiah berupa hewan buruan seperti kecoa, kadal, cicak hingga ular. Dan seolah ia berkata " ini ada hadiah makanan untukmu, tuanku tersayang" .


Sebagai Mainan

Selain melihat kadal sebagai mangsa. Kucing pun melihat hewan kecil yang satu ini sebagai mainan yang sangat menghibur. Makanya tak jarang  beberapa kucing yang menangkap kadal, setelah tertangkap ia hanya memainkan kadal tersebut dan tak berniat memakannya sama sekali.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kucing makan kadal. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat bagimu maka tiada salahnya membagikannya ke facebook dan media sosial lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url