close

Apakah Kucing Bisa Sakit Panas Dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Apakah Kucing Bisa Sakit Panas Dan Cara Mengobatinya | Bicara tentang penyakit, kucing pun sama saja dengan manusia yang bisa merasakan sakit dan penyakit. Salah satu penyakit yang tak jarang di derita kucing adalah panas demam. Tubuh kucing akan mengalami kenaikan suhu yang signifikan sama seperti demam yang terjadi pada manusia.

 

Apakah Kucing Bisa Sakit Panas Dan Cara Mengobatinya
Ilustrasi Kucing Bisa Sakit Panas

 

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab utama terjadinya panas demam pada kucing. Menurut Anggora penyebabnya bisa jadi faktor dari luar ataupun kucing itu sendiri. Ketika kucing sedang sakit panas apakah ciri-cirinya dan bagaimanakah cara mengobati kucing sakit panas ? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

 

Apakah Kucing Bisa Sakit Panas ?

Ya, kucing pun bisa mengalami panas demam seperti manusia. Lalu bagaimanakah cara mengetahui bahwa ternyata kucing kita benar-benar sedang panas. Kamu bisa menggunakan alat pengukur suhu untuk mengetahuinya.

Biasanya kucing yang sedang demam panas memiliki suhu di atas atau lebih tinggi dari 40 derajat celcius. Sementara suhu tubuh kucing yang normal adalah di bawah 39 derajat celcius. Sebenarnya demam di yakini mampu melawan penyakit namun bila ternyata demamnya terlalu tinggi maka bisa merusak organ dan membahayakan si penderita.

Bagi saya yang seorang cat lovers, cara yang paling mudah untuk menentukan apakah si kucing panas demam adalah dengan memegang bagian dalam daun telinganya. Bila di rasa daun telinganya sangat panas, kucing berarti sedang demam.

Kadangkala penyakit demam ini di sertai pilek dan flu, cara tahu cara mengobati pilek dan flu kucing dengan mengklik di sini.


Penyebab Kucing Sakit Panas Atau Demam ?

Banyak hal yang bisa menjadi pemicu terjadinya demam pada kucing, salah satunya adalah berada di lingkungan dengan suhu yang sangat hangat atau otot-otot tubuh yang aktivitanya meningkat. Demam juga bisa terjadi akibat perlawanan tubuh kucing terhadap bakteri, virus, tumor, obat-obatan tertentu serta penyakit tertentu seperti lupus.

Selain itu demam panas dapat muncul akibat kucing kekurangan cairan karena tak dapat minuman ataupun akibat jarang minum dan menyebabkan dehidrasi. Ketika kucing menderita demam panas tanpa sebab yang jelas maka kondisi ini di sebut demam tanpa asal (  Fever Of Unknown / FUO ).

Baca juga 2 sebab mengapa anak kucing bisa mati satu-satu di sini.


Ciri Ciri Kucing Sakit Panas

Kucing yang menderita demam panas biasanya akan menunjukkan tanda bahwa ia sedang sakit. Tanda ataupun ciri-ciri kucing demam panas yang paling umam adalah sebagai berikut :

  • Kucing sakit badan panas
  • Daun teling bagian dalam kucing sangat panas
  • Kucing tidak mau makan
  • Kucing jarang minum
  • Kucing memilih tempat yang hangat
  • Kucing lebih sering tidur
  • Kucing terlihat lemas
  • Kucing tak semangat

Ciri ini mirip-mirip dengan kucing yang mengalami radang tenggorokan. Jika kamu penasaran apa saja kesamaannya bisa kamu lihat di sini.


Cara Mengobati Kucing Sakit Panas

Bagi kamu yang tak mau repot dan ingin kucing kesayangan segera sembuh dari panasnya, jalan termudah yang bisa kamu pilih yakni membawa kucing ke dokter hewan. Cara ini cukup praktis dan efektif serta tingkat kesembuhan kucing jauh lebih tinggi.

Untuk biaya berobat kucing demam panas sendiri ke dokter hewan cukup murah paling hanya sekitar 50 ribuan saja. Namun bila kamu orang yang sedang dalam kondisi low budget atau tak memiliki cukup uang untuk membawa kucing ke dokter hewan, sebab banyaknya kebutuhan rumah tangga yang mesti di dahulukan terlebih dahulu.

Kamu dapat membeli obat kucing sakit panas demam di petshop terdekat ataupun toko online. Harganya cukup murah kok hanya berkisar 15 sampai 20 ribuan saja. Beberapa merk obat kucing sakit panas atau demam yakni :

  • Catydoll

  • Stop Flu

  • Doxycat

  • Cool Cat

  • Flu Cat

Sebelum memberikan kucing obat ini,pastikan kamu membaca serta mengerti aturan pemakaian atau pemberian obat demam ke kucing. Karena bisa bahaya kalau kita asal beri obat ke kucing, bisa-bisa kucing overdosis. 

Selain pergi ke dokter hewan dan memberi obat panas, ada cara lain untuk menyembuhkan kucing yang sakit panas. Caranya bisa kamu lihat dengan mengklik di sini.


Bagaimana Cara Mengatasi Kucing Sakit Panas Tidak Mau Makan ?

Kucing yang sakit panas tentunya akan kehilangan nafsu makannya. Agar ia bisa segera sembuh dari penyakitnya maka kucing butuh asupan energi supaya mampu melawan penyakitnya. Bila kucing yang sakit tak mau makan maka yang bisa kita lakukan adalah menyuapinya wet foot, memberikan air kelapa atau susu beruang.

Kamu dapat memilih salah satu dari 3 pilihan di atas. Dan lengkapi juga dengan pemberian obat demam panas ke kucing tersebut. Biasanya dalam beberapa hari ataupun seminggu kemudian, kucing akan sehat dan mulai kembali mau makan.

Bila kamu bingung bagaimana sih cara memberikan kucing susu beruang yang baik, kamu bisa lihat takarannya di sini.


Pernah Dengar Kalau Kucing Panas Di Biarin Aja Nanti Dia Sembuh Sendiri, Benarkah ?

Yang di katakan orang lain mengenai kucing yang bisa sembuh sendiri dari demamnya adalah benar. Dengan syarat kucing memiliki tubuh yang kuat dan imunitas yang tinggi. Tubuh kuat dan imunitas yang tinggi biasanya di miliki kucing hutan maupun kucing liar, namun bukan berarti kucing rumahan tak memilikinya.

Pernah suatu ketika kucing saya yang merupakan kucing kampung mix siam mengalami demam tinggi. Kucing yang satu ini gemar keluyuran dan hobi sekali bertengkar. Saat saya hendak mengobatinya, si kucing tak pulang-pulang ke rumah hingga beberapa hari.

Lalu saat dia pulang ternyata dia telah sembuh dari demam panasnya. Ini terjadi bukan hanya padanya saja namun pada beberapa kucing lainnya pun mengalami hal serupa. Nah dari sini lah saya mengambil kesimpulan bahwa kucing dengan imun yang kuat bisa sembuh sendiri dari demamnya.

Tapi kita tak tahu pastinya apakah kucing kita itu imunnya kuat ataukah tidak. Bila kucing demam lebih baik memberinya obat demam atau membawanya ke dokter hewan agar tak terjadi hal yang tak kita inginkan.

Ada juga kasus di mana kucing kuat imun bisa sembuh dari penyakit yang tak ada ada obatnya contohnya adalah panleukopenia. Tapi tentunya di bantu dengan beberapa cara tertentu. Simak caranya di sini


Bisakah Kucing Sakit Panas Mati Karena Penyakitnya Ini ?

Jarang sekali kematian yang di temukan pada kucing yang sakit panas tapi bukan berarti tak ada kucing yang mati karena penyakit ini. Kematian biasanya terjadi karena kucing tak mau makan dan kondisi panas yang semakin tinggi.

Ini juga di perparah dengan pemilik yang abai dan sepele terhadap sakit panas ini. Akibatnya kondisi kucing semakin lemas dan kucing pun mengalami kematian.

Kucing mati mengeluarkan cairan kuning apa penyebabnya ? Penyebabnya bisa kamu lihat di sini.


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai apakah kucing bisa sakit panas dan bagaimanakah cara mengobatinya. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan membagikannya ke kerabat, pecinta kucing lainnya ataupun akun sosial media milik kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url