close

11 Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa Ke Dokter

11 Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa Ke Dokter | Beberapa di antara kamu mungkin saat ini kucingnya sedang sakit namun kamu ingin mengobatinya sendiri. Alasan kamu mengobatinya sendiri bukannya karena enggan membawanya ke dokter hewan tapi karena adanya alasan tertentu.

 

Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa Ke Dokter
Ilustrasi Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa Ke Dokter

 

Seperti, kamu tinggal di desa yang tak ada dokter hewannya, uang tak mencukupi untuk berobat karena mesti di pakai untuk kebutuhan lainnya, atau mungkin untuk sekedar memberikan pertolongan pertama ke kucing sebelum membawanya ke dokter hewan atau mungkin kamu merasa bahwa pnyakit kucing ringan sehingga tak perlu membawanya ke dokter hewan.

Apapun alasannya, setidaknya tujuan yang hendak kita lakukan adalah agar kucing segera sembuh. Tapi sebagai seorang cat lovers, Anggora menyarankan sebaiknya kucing segera di bawa ke dokter hewan bila ia sakit adapun cara-cara berikut ini hanya di lakukan sebagai alternatif saja.

 

11. Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa Ke Dokter

Untuk mengobati kucing yang sakit tanpa mesti ke dokter, bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Beberapa cara yang bisa kamu coba adalah sebagai berikut ini :

1. Beri Air Kelapa

Air kelapa di percaya memiliki banyak khasiat yang baik pada tubuh manusia dan bahkan untuk hewan seperti kucing. Selain memberikan banyak manfaat. Air kelapa pun di yakini mampu mengobati penyakit tertentu pada kucing, seperti keracunan, kucing tidak mau makan, kucing sering muntah, kucing panas demam, panleukopenia dan lainnya.

Untuk mengobati penyakit tersebut umumnya tak perlu ke dokter dan cat lovers di sarankan menggunakan kelapa yang masih muda dan segar. Kelapa muda dan segar lebih berkhasiat di bandingkan kelapa yang sudah tua. Tak hanya itu kelapa mudah lebih banyak mengandung nutrisi dan air kelapa di bandingkan kelapa tua.

Air kelapa selain di jadikan obat,  dapat juga di jadikan suplemen dan penambah energi bagi kucing yang sedang sakit dan tak mau makan. Air kelapa biasanya di berikan setiap sejam sekali kepada kucing sebagai obat ataupun sebagai penambah energi bagi kucing.

Bila kucing kamu keracunan ringan kamu dapat memberi kucing air kelapa sebagai penawar racun. Lihat caranya dengan mengklik di sini.


2. Berikan Minyak VCO

Selain air kelapa, minyak kelapa muda yang terkenal dengan sebutan VCO ternyata dapat di manfaatkan untuk mengobati penyakit tertentu pada kucing. Umumnya minyak VCO sering di gunakan cat lovers sebagai obat melawan jamur pada kucing.

Minyak VCO pun memiliki banyak manfaat lainnya pada kucing seperti mampu melebatkan bulu kucing, mengobati luka memar dan bekas cakar, mencegah dan menghilangkan jamur serta melawan mencret yang di sebabkan gangguan pencernaan ( bukan parasit seperti cacingan ).

Ini karena minyak VCO kaya akan kandungan vitamin E serta berbagai kandungan asam yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit kucing. 

Kucing dengan kondisi cacingan yang parah seringkali muntah cacing, simak penjelasannya di sini.

 

3. Berikan Bubur Beras Merah

Saat kucing kamu sakit tak mau makan kamu bisa memberikannnya bubur beras merah sebagai salah satu upaya kamu untuk mengobatinya. Caranya cukup mudah yakni cukup beli bubur beras merah instan di warung ataupun minimarket terdekat kemudian rebus dengan air hangat kemudian berikan ke kucing yang sedang sakit.

Bubur beras merah pun sangat baik bila di berikan ke kucing yang tak sakit. Kandungan beras merah sangat bagus untuk membantu proses pertumbuhan kucing.

Kucing kamu sempoyongan ? Baca penyebabnya di sini.

 

4. Berikan Makanan Khusus Kucing Sakit

Kamu juga tak harus ke dokter untuk mengobati kucing sakit. Kamu dapat menggunakan makanan kucing yang di formulasikan khusus bagi kucing sakit. Makanan jenis ini sangat baik di berikan pada kucing sakit sebab mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang di butuhkan kucing yang sedang sakit.

Hanya saja makanan jenis ini harganya terbilang lebih mahal di bandingkan makanan kucing yang biasa kita beli dengan harga 25-50 ribuan. Contohnya saja royal cannin dengan berat 200 gram saja di jual dengan harga 50 ribuan.

Sementara happy cat recovery ukuran 100 gram di jual seharga 20 ribuan. Bisa di bayangkan bila kita membeli dengan ukuran 1 kg saja maka biaya yang di keluarkan adalah 10 kali lipatnya. Memang mahal sih, namun ini setara dengan kualitas yang kucing kita dapatkan setelah memakannya. Dan ini sangat membantu sekali untuk proses penyembuhan kucing sakit.  

Ketahui berbagai penyakit dan cara mengatasinya dengan membacanya di sini.


5. Minumkan Air Putih

Saat kucing kamu mengalami demam ataupun sakit panas kamu tak perlu ke dokter. Cukup berikan obat flu kucing yang bisa kamu beli di petshop dan berikanlah air putih secukupnya padanya sebagai salah satu upaya mengobatinya. Karena perlu kamu tahu bahwa kucing demam panas salah satunya adalah sebab kucing mengalami dehidrasi akibat jarang minum.

Air putih juga amat baik di berikan kepada kucing yang menderita sembelit, diare dan mencret. Ini akan membantu mempermudah kucing sembelit buang air besar serta membantu membersihkan saluran pencernaan.

Memberikan air putih pada kucing juga di nilai baik untuk kesehatan tubuh serta menjaga kondisi kesehatan tubuh kucing. Hanya saja kita tak boleh asal memberikan kucing air minum hanya karena dia hanyalah hewan.

Pastikan untuk memberikan kucing air minum yang sudah di masak matang dahulu supaya kucing terhindar dari penyakit seperti mencret dan diare akibat parasit tertentu seperti cacingan serta menghindari berbagai masalah gangguan pencernaan lainnya.

Kadang kala kucing tak akan mau minum. Kenapa ini terjadi ? Simak penjelasannya di sini.

 

6. Beri Kucing Vitamin Dan Antibiotik

Demi meningkatkan persentase kesembuhan kucing, kamu dapat memberikan tambahan vitamin dan juga antibiotik. Pemberian vitamin serta antibiotik berguna untuk menguatkan daya tahan tubuh dalam melawan bakteri, virus maupun kuman penyebab penyakit pada kucing.

Ini tentunya akan lebih membantu dan memudahkan obat dalam menghancurkan sumber penyakit tersebut dengan bantuan multivitamin dan antibiotik yang di berikan ke kucing. Berikan vitamin dan antibiotik secara rutin kepada kucing yang sakit agar ia lekas sembuh.

Pemberian multivitamin dan antibiotik pada kucing tak mesti di berikan pada kucing yang sedang sakit. Justru pemberian kepada kucing yang sehat juga sangat di rekomendasikan bahkan oleh dokter hewan sekalipun.

Multivitamin dan antibiotik akan memperkuat sistem imun tubuh pada kucing yang sehat sehingga ia tak akan mudah terjangkit berbagai penyakit.

Baca juga review vitamin tranfer factor plus untuk kucing sakit. Baca dengan mengklik di sini.

 

7. Memberikan Madu

Madu juga bermanfaat untuk mengobati demam, flu dan mencegah penyakit kanker dan jantung. Sebab madu memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh dan mampu mengobati penyakit demam dan flu pada kucing.

Berilah madu ke kucing yang sedang deman dan flu secukupnya. Sebelum memberikan kucing madu, campurkan dulu madu dengan sedikit air. Ini bertujuan agar madu tak terlalu kental dan mudah untuk di berikan ke kucing dengan menggunakan spuit ( suntik tanpa jarum khusus kucing ).

Kamu pun bisa memberikan kucing kamu yang sakit madu secara langsung. Caranya dengan medekatkan madu ke hidung kucing, ketika kucing menyukai madunya ia akan menjilatinya sendiri sampai habis.

Namun bila ia tak menyukainya terpaksa deh kita memberikannya secara paksa menggunakan spuit. Pastikan juga bahwa madu yang hendak kamu beri adalah madu asli atau madu murni. Karena percuma memberikan kucing madu palsu alias KW, bukannya kucing sembuh dan sehat dari penyakitnya tapi kucing bisa menjadi penyakitan serta kondisi penyakit yang di deritanya semakin memburuk.

Cara memberikan madu sedikit mirip dengan cara memberikan kucing minyak ikan. Bila kamu penasaran kamu bisa melihat cara memberikan minyak ikan ke kucing di sini.


8. Beri Kucing Kuning Telur

Bila kucing kamu kurus, bulunya tipis suka lemas dan pemalas jangan membawanya langsung ke dokter. Kamu bisa terlebih dahulu mengobatinya tanpa ke dokter melalui pengobatan alternatif dengan memberikan kuning telur untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. 

Kuning telur memiliki banyak manfaat baik bagi kucing seperti obat penggemuk bagi kucing yang kurus, obat memperlebat bulu kucing, meningkatkan stamina serta meningkatkan daya tahan tubuh dan masih banyak manfaat lainnya.

Untuk memberikan kuning telur ke kucing kamu bisa memberikannya dalam kondisi matang ataupun mentah. Hanya saya saya jauh lebih menyarankan kucing di berikan telur matang apabila dia masih dalam keadaan sehat. Sementara saat kucing sakit lebih baik memberikannya dalam kondisi mentah untuk memudahkan pemberiannya dengan memakai spuit.

Saat memberikan kucing kuning telur mentah sebaiknya campurkan dengan madu. Agar bau amis yang tak di sukai kucing hilang, membuat kucing mudah memakannya dan yang terakhir meningkatkan kandungan nutrisi serta khasiat yang di peroleh dari campuran madu dan kuning telur.

Kuning telur pun memiliki banyak manfaat lainnya selain beberapa manfaat yang telah di sebutkan di atas. Apa saja manfaatnya, ketahui dengan mengklik di sini.

 

9. Berikan Susu Beruang

Saat kucing keracunan ringan, muntah, lemas serta tak mau makan kita dapat mengobatinya tanpa harus ke dokter dengan memberikan susu beruang. Kandungan nutrisi yang terkandung pada susu beruang di nilai mampu mengatasi gangguan kesehatan di atas.

Susu beruang pun bisa di berikan sebagai tambahan energi sekaligus suplemen bagi kucing yang sedang sakit. Susu beruang juga aman di berikan pada kucing yang menderita masalah pencernaan seperti mencret dan tak menyebabkan gangguan pencernaan bagi kucing sebab rendahnya kandungan laktosa yan terkandung di dalam susu.

Takaran susu beruang yang baik untuk kucing gimana sih ? Simak penjelasannya di sini.

 

10. Menyediakan Tempat Tidur Yang Hangat

Cara ke 10 yang bisa kamu lakukan untuk mengobati kucing tanpa harus ke dokter adalah menyediakan tempat tidur yang hangat untuk kucing yang sedang sakit. Cara ini di nilai efektif bagi kucing yang sedang mengalami pilek ataupun flu.

Kamu bisa meletakkan kain ataupun handuk kering di tiap sisi tempat tidur kucing dan jadikan juga sebagai alas untuk kucing tidur. Kemudian letakkan kucing di dekat lampu lima belas watt supaya tempat tidur kucing lebih hangat.

Ketika kucing sedang pilek maupun flu kadang kala napas kucing mejadi cepat dan terengah-engah. Lihat cara mengatasinya di sini.

 

11. Menjemur Kucing Di Panas Matahari

Cara terakhir untuk mengobati kucing tanpa harus ke dokter adalah dengan cara menjemur kucing di panas matahari. Ini bisa kamu lakukan pada kucing yang sakit flu, pilek dan demam. Menjemur kucing juga bisa mengobati kucing yang sakit akibat virus dan bakteri, hanya saja hal ini mesti di sertai dengan meminum obat-obatan, vitamin dan juga antibiotik. 

Jemur kucing di pagi hari sekitar jam 10 hingga jam 12 siang. Di saat ini adalah waktu yang bagus untuk berjemur baik itu bagi manusia maupun kucing karena matahari di waktu ini sangat menyehatkan.

Saat kamu menjemur kucing, jemurlah sekitar 5 sampai 10 menitan setiap harinya di pagi hari, jangan menjemurnya terlalu lama karena bisa menyebabkan dehidrasi. Setelah selesai menjemur kucing berikan kucing air kelapa, susu beruang ataupun air putih sebab kucing pasti kehausan setelah berjemur di bawah sinar matahari.

Baca juga cara mengobati virus calici di sini.


Itulah penjelasan mengenai 11 cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam mengobati kucingmu secara mandiri tanpa bantuan dokter, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url