close

10 Penyebab Kenapa Kucing Anggora Bulunya Rontok

Selain kucing Persia, kucing Anggora merupakan salah satu kucing ras yang berasal dari Turki. Kucing ini terkenal dengan bulunya yang panjang, tubuhnya yang besar, bulu putih, ekor kemoceng dan lainnya.


Kenapa Kucing Anggora Bulunya Rontok
Foto Kucing Anggora Yang Memiliki Masalah Bulu Rontok

 

Merawat kucing Anggora sama dengan merawat kucing ras lainnya, yaitu sama-sama sulit-sulit gampang. Bagi para pemilik kucing yang satu ini pastinya sudah paham mengenai perawatan kucing Anggora dan masalah yang di hadapi saat merawatnya.

Salah satu masalah yang sering di jumpai oleh pemilik kucing Anggora adalah masalah bulu rontok pada sobat bulu kesayangannya. Kerontokan bulu ini membuat kita sebagai pemiliki jengkel, kasihan dengan kucing serta membuat kucing Anggora kita kehilangan kecantikan dan pesonanya.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah bulu rontok pada kucing Anggora yang di pelihara tentunya akan sangat penasaran mengenai apa penyebab utama kerontokan ini. Nah untuk mengetahui penyebabnya Good Readers dapat menyimak dengan seksama tulisan Anggora yang ada di bawah ini.


10 Penyebab Kenapa Kucing Anggora Bulunya Rontok

Mengapa bulu kucing anggora rontok ? Banyak hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Ini bisa di sebabkan oleh makanan, penyakit dan sejenisnya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat penjelasan berikut ini :

1. Salah Memberi Makanan

Salah memberi makanan juga dapat membuat bulu kucing Anggora mengalami kerontokan. Meskipun kamu memberikan makanan khusus kucing sekalipun, makanan ini bisa membuat kerontokan pada bulu kucing Anggora.

Di kutip dari pengalaman salah satu pecinta kucing bahwa bulu kucingnya mengalami kerontokan setelah ia mengganti pakan utama kucing ke makanan khusus kucing yang lebih mahal. Kucing yang di peliharanya sangat menyukai makanan tersebut serta kucingnya semakin gemuk.

Tetapi efek sampingnya bulu kucing miliknya mengalami kerontokan. Setelah ia mengganti makanan kucingnya ke makanan semula, bulu kucing kini lambat laun kembali ke kondisinya yang semula. Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa makanan kucing berpengaruh terhadap kerontokan bulu.

Ini terjadi bukannya karena makanan khusus kucing tersebut tidak bagus meski harganya mahal, ini terjadi karena adanya ketidakcocokan kucing dengan makanan tersebut. Karena kucing lain ketika mengkonsumsi merk serupa tak mengalami masalah rontok bulu.

Selain makanan khusus kucing, makanan lain juga bisa membuat kerontokan pada bulu kucing. Makanan ini umumnya adalah makanan yang asin ataupun makanan yang berasal dari lautan ( sea food ). Makanan tersebut antara lain :

  • Ikan Tongkol

  • Ikan Asin

  • Udang

  • Kepiting 

  • Nasi

 

Beberapa makanan di atas dapat menyebabkan bulu rontok jika di berikan terlalu sering serta di berikan dalam waktu yang berdekatan. Ikan asin mampu membuat bulu kucing mengalami kerontokan akibat kandungan garamnya.

Sementara makanan yang lain dapat menyebabkan alergi dan gatal yang menyebabkan bulu kucing mengalami kerontokan akibat kucing sering menjilat, menggigit serta menggaruk kulitnya. Tak hanya akan membuat bulu kucing rontok juga dapat menyebabkan iritasi dan luka pada kulit kucing.

Untuk nasi sendiri makanan ini sebenarnya tidaklah berbahaya. Hanya saja jika memberikan kucing Anggora makan nasi saja tanpa campuran makanan lainnya bisa berakibat kucing Anggora menderita kurang gizi.

Hal ini tak hanya akan berdampak pada rontoknya bulu kucing Anggora itu sendiri juga akan berdampak pada pertumbuhan serta kesehatan kucing itu sendiri.

Gunakan makanan kucing rendah magesium untuk mencegah kucing terkena penyakit saluran kemih. Baca rekomendasi merk makanan kucing rendah magnesium dengan mengklik di sini.

 

2. Parasit

Penyebab kerontokan pada bulu kucing Anggora selanjutnya adalah parasit. Parasit seperti kutu dan tungau seringkali menyerang kulit kucing. Serangan ini terjadi pada seluruh ras kucing tanpa pengecualian.

Ketika kucing Anggora mengalami masalah kutu dan tungau yang parah, kucing akan mengalami gatal pada kulitnya. Kucing akan menjilati bagian yang di rasa gatal terus-menerus hingga gatalnya reda.

Selanjutnya jika masalah kutu dan tungau ini tak segera di atasi maka bisa membuat kucing Anggora mengalami kebotakan pada area tubuh tertentu di karenakan kucing yang terus menjilati kulitnya yang di rasa gatal.


3. Di Sebabkan Oleh Alergi

Sama halnya dengan manusia, kucing ternyata bisa juga loh mengalami alergi. Alergi ini bisa di picu oleh makanan, penggunaan obat-obatan tertentu, terkena gigitan serangga dan lainnya. Alergi dapat membuat tubuh kucing mengalami masalah seperti gatal pada kulitnya.

Akibatnya kucing Anggora yang merasakan ada masalah dengan kulitnya akan terus menjilati area kulit tersebut sehingga kucing tersebut akan mengalami kerontokan bulu bahkan mengalami kebotakan.

Bulu kucing apakah berbahaya ? Simak penjelasannya di sini.

 

4. Akibat Adanya Infeksi Jamur

Selain karena di sebabkan oleh parasit dan alergi, infeksi jamur pun dapat menjadi penyebab utama rontoknya bulu kucing Anggora. Jika infeksi jamur terjadi pada kucing, segeralah berkonsultasi ke dokter hewan untuk mendapatkan solusi perawatan yang tepat.

 

5. Rasa Sakit Di Area Tertentu

Sewaktu ada luka yang menyebabkan rasa sakit pada area tertentu tubuh kucing juga dapat menyebabkan kerontokan. Kerontokan di picu oleh aktivitas menjilat tubuh yang di lakukan oleh kucing secara terus menerus pada area tubuh yang sakit tersebut. 

Salah satu contoh dari kasus ini adalah kucing dengan Artritis. Kucing penderita biasanya akan terus menjilati area kulit tertentu yang dia rasa ada rasa sakit tertentu di bawah permukaan kulit tersebut. Kucing biasanya menjilati area itu karena merasakan rasa nyeri yang mengganggu.

Kucing kamu terkena duri atau tulang, baca cara mengatasinya di sini.

 

6. Masalah Endokrin

Adanya masalah Endoktrin juga merupakan salah satu penyebab kucing Anggora bulu-bulunya rontok. Endoktrin merupakan kelenjar yang berfungsi memproduksi serta melepas hormon. Masalah seperti Hipertiroidisme berpengaruh pada bulu kucing.

Ini menyebabkan produksi hormon secara berlebihan dan bisa menjadi sebuah penyebab kerontokan. Selain Hipertiroid, ketidak seimbangan hormon dan steroid yang terlalu tinggi dalam tubuh kucing juga bisa membuat folikel bulu kucing rusak lalu mati.

Kerusakan bisa membuat bulu kucing tak dapat tumbuh lagi seperti yang terjadi pada kucing penderita penyakit Cushing. Di samping itu, kelebihan kartisol juga bisa memicu alopecia pada kucing. Alopecia adalah kebotakan atau kerontokan akibat auto imun.

 

7. Efek Samping Obat

Kerontokan pada kucing Anggora juga bisa di sebabkan oleh efek samping obat jenis prednison . Efek samping obat juga dapat menjadi penyebab daun telinga kucing mengkerut. Obat ini biasanya sering digunakan untuk mengobati auto imun, radang alergi, masalah sendi serta kulit.

Menghentikan pengkonsumsian obat biasanya akan menghilangkan efek samping yang di timbulkan oleh obat pada tubuh kucing.

Bisakah kucing cacingan di obati secara alami ? Lihat caranya di sini.

 

8. Kucing Anggora Mengalami Stress

Stress bisa menimbulkan perilaku menyimpang seperti Alopecia Psikogenik pada kucing Anggora. Ini bisa membuat kucing menjilat dan mencakar area tubuh tertentu secara berulang-ulang yang berakibat pada rontoknya bulu.

Kucing yang mengalami Alopecia Psikogenik bisanya akan lebih sering mencakar serta menjilat area tubuh tertentu seperti perut, tubuh samping dan kakinya.

 

9. Kanker

Penyebab kerontokan bulu kucing Anggora yang ke sembilan adalah kanker. Kanker bisa terjadi pada kucing tapi untungnya kanker jarang sekali terjadi pada kucing. Kanker bisa menyebabkan Alopecia Paraneoplastik yaitu kulit kucing mengalami gatal, lembab serta bulu-bulunya rontok.

Selain kanker, neoplasia juga dapat menyebabkan masalah bulu rontok pada kucing Anggora. Neoplasia adalah pertumbuhan sel baru yang abnormal yang lama kelamaan bisa menjadi kanker.

Baca juga penyebab tumor kulit pada kucing di sini.

 

10. Penyebab Langka 

Yang terakhir adalah akibat penyebab langka. Memang jarang terjadi tetapi sekali terjadi langsung bisa membuat bulu kucing Anggora mengalami kerontokan.

 

Bagaiman Cara Mengatasi Bulu Kucing Anggora Rontok ?

Kamu bisa mengatasi kerontokan bulu pada kucing Anggora kamu dengan mencari tahu lebih dahulu apa penyebab utama kerontokannya. Lalu selanjutnya tinggal mencari solusinya yang tepat untuk menghilangkan penyebabnya.

Contohnya jika kucing Anggora mengalami kerontokan akibat banyaknya kutu maka cara mengatasinya cukup membunuh kutunya dengan cara memandikan kucing dengan produk shampo anti kutu khusus kucing.

Nah jikalau penyebabnya adalah karena ketidakcocokan makanan ataupun karena salah memberikan makanan maka cara mengatasnya cukup mengganti makanan atau memperhatikan makanan apa saja yang boleh di berikan ke kucing.

Dan begitulah seterusnya. Ketika kamu merasa bahwa kamu tak dapat menemukan cara mengatasi masalah kerontokan pada kucing Anggora kamu, tidak ada salahnya untuk membawa kucing ke dokter hewan dan berkonsultasi dengannya.

Baca juga penyebab kucing jalannya sempoyongan dengan mengklik di sini.

 

Adakah Cara Mencegah Bulu Kucing Anggora Agar Tidak Rontok ?

Cara termudah untuk mencegah bulu kucing Anggora agar tak rontok adalah dengan cara merawat kucing dengan baik. Memperhatikan makanan apa yang baik untuk kucing, rutin memandikan kucing, selalu mengawasi perilaku kucing dan mengobati kucing sesegera mungkin ketika kucing sakit.

Itulah beberapa sebab mengapa kucing anggora bulunya mengalami kerontokan dan bagaimana cara mencegah sekaligus mengatasinya. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah bulu kucing Anggora kamu.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url