close

7 Makanan Yang Boleh Dimakan Kucing Persia

Memelihara kucing ras Persia tak semudah memelihara kucing domestik alias kucing kampung. Banyak hal yang mesti di perhatikan ketika memelihara kucing Persia. Salah satu yang mesti di perhatikan adalah makanan yang di berikan ke kucing Persia.

 

Makanan Yang Boleh Dimakan Kucing Persia
Foto Kucing Persia           Sumber Gambar : Purina

 

Kita tak bisa asal memberikan kucing makanan sebab salah memberi makanan dapat mempengaruhi perkembangan tubuh, pertumbuhan bulu serta mempengaruhi kesehatan kucing persia itu sendiri. Karena itulah penting bagi kita untuk tahu apa saja makanan yang boleh di makan kucing persia.

Lalu kucing Persia boleh makan makanan apa saja ? Untuk mengetahui apa saja makanan yang boleh dan tak berbahaya untuk di makan kucing Persia, Good Readers dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir.

 

7 Makanan Yang Boleh Di Makan Kucing Persia

Memberikan kucing Persia sembarang makanan dapat menyebabkan masalah bulu rontok dan juga berbagai masalah gangguan pencernaan juga masalah kesehatan lainnya. Itulah kenapa penting untuk kita tahu apa saja makanan yang boleh di berikan ke kucing Persia kesayangan kita.

Apa saja makanan yang boleh di makan kucing Persia dapat kamu lihat di bawah ini :

1. Telur

Jenis makanan pertama yang boleh kita beri ke kucing Persia sebagai makanan adalah telur. Di sarankan memberi telur dalam keadaan matang. Jika kamu hendak memberikan kucing telur dalam keadaan mentah sebaiknya kamu memakai telur ayam kampung. Sebab telur ini bebas Salmonella.

Kebanyakan kucing Persia sangat menyukai kuning telur. Banyak di antara kucing tersebut hanya memakan kuning telur saja sementara bagian putihnya tidak di makan. Hal ini sebenarnya sangat bagus untuk kucing sebab memberi kucing makan putih telur sangat tak di sarankan.

Ini karena di dalam putih telur itu sendiri mengandung senyawa kimia yang memiliki kemampuan mengikat Vitamin B yang sangat di butukan oleh tubuh kucing. Jika kucing Persia memakan terlalu banyak putih telur bisa membuat kucing kekurangan nutrisi Vitamin B.

Selain boleh di makan kucing dan juga bisa mengenyangkan, ternyata kuning telur juga memiliki manfaat baik lainnya bagi kucing. Beberapa manfaatnya antara lain penambah stamina, meningkatkan nafsu makan, menggemukkan kucing Persia dan lainnya.

Nah untuk penjelasan lengkap mengenai manfaat kuning telur dapat kamu lihat dengan mengklik di sini.

 

2. Daging Sapi

Makanan kedua yang boleh di makan kucing Persia adalah daging sapi. Makanan ini merupakan makanan yang baik untuk kucing Persia yang merupakan hewan karnivora sebab makanan ini berasal dari hewan.

Selain makanan ini baik untuk di makan oleh kucing, makanan ini pun sangat di sukai oleh kucing Persia. Ketika kamu menawarkan daging sapi ke kucing, kucing yang mencium bau dari daging sapi akan langsung melahap daging sapi yang ada di hadapannya.

Daging sapi umumnya mengandung kandungan nutrisi sebagai berikut :

  • Lemak 
  • Air
  • Kalium
  • Niasin
  • Besi
  • Tembaga
  • Abu
  • Kalsium
  • Energi
  • Protein
  • Seng
  • Retinol
  • Thiami
  • Beta-karoten
  • Riboflavin
  • Natrium
  • Fosfor


Meskipun makanan ini boleh di makan oleh kucing Persia tetapi makanan ini tak boleh di beri kepada kucing dalam keadaan mentah. Ini karena dalam daging yang mentah kemungkinan masih ada bakteri ataupun parasit jahat yang masih hidup dan bisa membuat kucing jatuh sakit bila kucing terinfeksi.

Berikan daging sapi dalam keadaan matang serta dalam keadaan tak di bumbui pada kucing agar kucing Persia peliharaan dapat menikmati makanan dengan lahap tanpa khawatir ia akan mengalami gangguan kesehatan.

Oh iya berikan daging sapi secukupnya saja ya ke kucing jangan berikan terlalu banyak. Kalau kebanyakan takutnya kucing Persia kita malah menjadi kegemukan ( obesitas ).

 

3. Nasi

Makanan selanjutnya yang boleh di beri ke kucing Persia adalah nasi. Nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia ini adalah makanan yang kaya akan karbohidrat.  Memberikan nasi ke kucing Persia tidak lah di larang dan tidaklah berbahaya.

Dengan syarat nasi yang hendak di berikan harus di campur terlebih dahulu dengan makanan lain yang mengandung nutrisi yang di butuhkan oleh kucing Persia. Contohnya mencampurkannya dengan ikan, daging ayam sapi, wet food dan sejenisnya.

Mencampurkan nasi dengan makanan lain bertujuan agar nasi menjadi makanan yang menyehatkan sebab menurut ahli hewan, kucing makan nasi saja tak menyehatkan. Ini bisa membuat kucing mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti bulu mudah rontok, kucing lesu, kurang gizi dsb.

Pembahasan lengkap tentang kucing makan nasi bisa kamu lihat di sini.

 

4. Daging Ayam

Bukan cuma daging sapi saja, daging ayam pun boleh di berikan ke kucing Persia untuk di makan. Sama halnya dengan daging sapi, makanan yang satu ini juga sangat di sukai oleh kucing dan makanan ini pun baik bagi tubuh kucing sebab mengandung protein hewani.

Di samping kaya akan kandung protein, daging ayam juga kaya akan berbagai multivitamin serta nutrisi seperti  vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D dan Zat Besi, Kalsium serta Magnesium.

Daging ayam yang mengandung protein, nutrisi dan multivitamin tentunya bisa membuat kucing Persia yang memakannya tumbuh dengan sehat. Jika kamu hendak memberikan daging ayam ke kucing, berikan dalam keadaan matang dan berikan secukupnya untuk menghindari kucing obesitas.

 

5. Makanan Atau Snack Khusus Kucing

Selain 4 makanan yang telah di sebutkan sebelumnya, makanan atau snack kucing juga boleh dan sangat di rekomendasikan untuk di berikan ke sobat bulu kita. Makanan ini bisa dengan mudah kita peroleh dengan membelinya di petshop terdekat ataupun toko online.

Makanan ataupun snack khusus kucing merupakan jenis makanan yang memang di buat khusus sebagai pakan kucing. Umumnya kedua makanan ini mengandung protein, berbagai nutrisi dan multivitamin yang di butuhkan oleh tubuh kucing.

Selain itu makanan jenis ini pun memiliki manfaat lain yakni :

  • Membuat tubuh kucing sehat

  • Mengendalikan hairball

  • Menjaga kesehataan pencernaan

  • Menjaga kesehatan mata kucing

  • Memperkuat tulang dan gigi kucing 

  • Membuat bulu kucing indah dan tak terlihat kusam

  • Menguatkan bulu dan mencegah kerontokan

  • Mengurangi bau busuk yang tercium dari kotoran kucing


Di pasaran, makanan kucing ini di jual dengan berbagai ukuran repack. Umumnya di jual dengan ukuran repack 1 Kg, 2 Kg, 3 Kg. Sementara untuk ukuran karung bisanya tersedia dengan ukuran 5 atau 10 Kg.

Untuk harganya sendiri makanan kucing biasanya di jual mulai dengan harga 25 ribuan untuk ukuran repack 1 Kg dan snack kucing di jual dengan harga bervariasi di mulai dengan harga 5 ribuan.

Baca juga review makanan kucing Felibite di sini.


6. Sayuran

Kamu juga boleh loh memberikan kucing Persia sayuran. Walaupun kucing adalah karnivora namun kucing boleh memakan sayuran dengan syarat sayuran tersebut mesti di campurkan terlebih dahulu dengan makanan kucing sebelum di berikan ke kucing.

Tujuan mencampur sayuran dengan makanan kucing seperti wet food ataupun dry food adalah agar kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh kucing terpenuhi. Pencampuran juga bertujuan agar kucing mau memakan sayuran setelah di campurkan dengan makanan kucing.

Cara mencampurkannya cukup mudah, cukup haluskan sayuran dengan blender kemudian campurkan ke dalam wet food, dry food, ikan dan daging ayam atau sapi. Umumnya sayuran yang biasa di berikan cat lovers ke kucing adalah wortel, timun, bayam, selada, kangkung, asparagus dan juga brokoli.

 

7. Ikan

Makanan terakhir yang boleh di berikan ke kucing Persia adalah ikan. Ikan merupakan makanan yang kaya akan kandungan protein juga kandungan omega 3. Selain kaya akan protein makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan favorit kucing.

Tak ada satupun jenis kucing yang akan menolak jika di berikan ikan. Kandungan protein pada ikan sangat baik untuk pertumbuhan tubuh, baik untuk bulu dan juga baik untuk tubuh serta kesehatan kucing sebab protein yang terkandung adalah protein hewani.

Sementara omega-3 yang ada di dalamnya sangat baik untuk memelihara kesehatan jantung dan ginjal. Selain itu ikan juga mengandung taurin yang baik bagi mata kucing. Jika kamu berniat memberikan kucing kamu ikan sebaiknya berikan ikan dalam keadaan matang.

Ini demi menghilangkan bakteri serta parasit berbahaya yang ada di dalamnya sehingga ketika kucing memakan ikan kamu tak perlu khawatir lagi kalau kucing kamu akan terinfeksi mikroorganisme berbahaya ini.

Kenapa kucing suka sekali makan ikan? Baca penjelasannya dengan mengklik di sini.

 

Itulah penjelasan mengenai makanan apa saja yang boleh di makan oleh kucing Persia. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu lebih paham tentang makanan yang baik untuk kucing Persia kamu, menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url