close

4 Cara Membiasakan Kucing Anggora Makan Nasi

Kucing Anggora merupakan salah satu jenis kucing ras yang banyak di pelihara di Indonesia. Baik itu kucing ras murni anggora yang berharga jutaan maupun kucing anggora mixdom kucing ras lain ataupun mixdom kampung, semua jenis ini banyak di pelihara di Indonesia.

 

Cara Membiasakan Kucing Anggora Makan Nasi
Foto Kucing Makan Nasi

 

Bulunya yang lebat dan warna putih khasnya yang elegan membuat banyak pecinta kucing yang menjatuhkan pilihannya untuk memelihara kucing ras asal turki ini. Selain terkenal akan dua hal di atas, kucing Anggora juga terkena dengan bulu ekornya yang lebat sampai ekornya di juluki ekor kemoceng.

Karena kucing Anggora merupakan kucing ras, tentu perawatannya tak akan jauh berbeda dengan kucing ras lainnya. Kucing ini harus di perlakukan dan di rawat dengan baik agar kucing tumbuh sehat dan memiliki bulu lebat, kuat serta indah.

Hal ini tentunya akan membutuhkan biaya yang tak sedikit terutama untuk makanan kucing itu sendiri. Sebagian dari kita mungkin sadar akan hal itu tetapi ingin tetap memelihara kucing ini. Kita tetap ingin memeliharanya namun dengan biaya pengeluaran yang rendah.

Karena itulah salah satu solusi yang kita punya hanyalah memberikan kucing Anggora peliharaan kita makan nasi. Lalu yang jadi pertanyaan adalah apakah boleh kucing Anggora makan nasi dan bagaimanakah cara memberikan kucing anggora nasi ?

Bagi kamu yang penasaran tentang hal ini, kamu dapat menyimak tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahui jawabannya.


Apakah Kucing Anggora Boleh Makan Nasi ?

Kucing termasuk Karnivora atau hewan pemakan daging. Nah dari jenis hewan apa kucing itu sendiri bisa kita simpulkan bahwa nasi adalah makanan yang kurang tepat bagi kucing. Kucing adalah hewan pemakan daging sementara nasi termasuk tanaman dan termasuk golongan biji-bijan ( Oriza Sativa ).

Meskipun dengan memakan nasi kucing akan merasakan kenyang dan mendapatkan energi dari kandungan karbohidratnya tetapi makanan ini tak baik di konsumsi oleh kucing. Sebab jika kucing hanya memakan nasi saja maka kucing akan menderita kurang gizi dan daya tahan tubuhnya melemah.

Karena kurangnya gizi yang di dapatkan kucing, pertumbuhan kucing akan terganggu. Tubuh lemas, tak bersemangat, bulu kusam, bulu rontok, bulu tipis, rabun mata, tulang tubuh tak kuat dan pertumbuhan tubuh yang lambat akan di alami oleh kucing karena kurangnya gizi.

Tak berhenti sampai di situ saja, tubuh kucing pun akan mudah sekali sakit akibat bakteri ataupun virus yang menyerang karena lemahnya imunitas. Dampak serupa juga akan terjadi pada manusia yang hanya makan nasi saja tanpa adanya jenis makanan lain sebagai pelengkap.

Bolehkah kucing makan cicak. Cari tahu jawabannya dengan mengklik di sini.

 

Kenapa Kucing Bisa Kekurangan Gizi Akibat Memakan Nasi Dan Kenapa Nasi Tak Baik Bagi kucing ?

Kurangnya gizi pada kucing ini akibat nasi tak mengandung berbagai nutrisi yang di butuhkan kucing. Nasi hanya sekedar mengandung karbohidrat, tak mengandung protein, taurin dan berbagai multivitamin yang di butuhkan oleh tubuh kucing.

Di samping itu nasi juga merupakan golongan tanaman, ini berbanding terbalik dengan kucing yang membutuhkan makanan yang berasal dari hewan. Akibatnya nasi menjadi salah satu jenis makanan yang tak layak untuk kucing makan sebab akan mempengaruhi kesehatan tubuhnya.


Kucing Boleh Makan Nasi Asalkan ?

Walaupun nasi adalah makanan yang kurang baik dan bisa mempengaruhi kesehatan kucing tetapi nasi masih boleh di berikan ke kucing Anggora kesayangan kita. Di perbolehkan memberikan nasi ke kucing dengan syarat :  

  • Nasi yang di berikan bukan nasi yang rusak ataupun yang sudah kering 

  • Nasi yang hendak di berikan bukan hanya nasi saja tetapi mestilah di campur dengan jenis makanan lain yang berasal dari hewan ( seperti ikan, ayam, sapi telur dan sejenisnya yang berasal dari hewan )

  • Nasi hanya di jadikan makanan sampingan atau hanya sesekali di berikan

  • Jika hendak di berikan sebagai makanan utama maka nasi harus di campurkan dengan makanan lain yang memiliki nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh kucing

  • Berikan nasi dalam keadaan dingin dan sudah di campur dengan makanan lain

  • Jika tak ada lagi makanan lain yang bisa di berikan ke kucing sementara kucing sedang kelaparan parah

Baca juga resep makanan kucing dengan campuran nasi di sini.

 

Lalu Bagaimana Cara Membiasakan Kucing Anggora Makan Nasi ?

Membuat kucing terbiasa memakan nasi sebenarnya cukup mudah asalkan kita tahu caranya dan kita bersabar dalam menerapkannya. Bagi kamu yang ingin membuat kucing anggora kamu makan nasi dan ingin membiasakannya, kamu dapat mencoba cara berikut ini :

1. Ganti Makanan Secara Perlahan

Cobalah mengganti makanan kucing secara perlahan, contohnya mengganti makanan kucing di waktu tertentu saja seperti hanya menggantnya di pagi hari. Pastikan kamu memberikan nasi yang sudah di campurkan dengan makan lain seperti ikan, daging, dry food, wet food dan sejenisnya.

Setelah kamu melihat kucing sudah terbiasa memakan nasi maka gantilah makanan utama menjadi nasi campur. Kucing yang sudah terbiasa makan nasi biasanya akan terlihat tak kesulitan memakan nasi dan jarang sekali nasi nyangkut di mulut bagian atasnya.

 

2. Berikan Campuran Jenis Makanan Yang Kucing Sukai

Serupa dengan manusia, kucing juga akan memilih makanan yang hendak ia makan. Jika kucing tak menyukai makanannya tentu saja ia akan menolak untuk memakannya. Jadi campurkanlah nasi dengan makanan lain yang dia sukai. 

Campurannya bisa berupa ikan, daging sapi, wet food dry food dan lainnya. Adanya campuran makanan lain tak hanya akan membuat kucing mau serta senang memakan nasi juga berfungsi sebagai makanan pelengkap kebutuhan nutrisi tubuhnya.


3. Pastikan Nasi Tercampur Rata Dengan Makanan Lainnya

Pernahkah kamu memberikan kucing nasi saja ? Jika pernah pastinya kamu tahu bahwa kucing tak akan mau memakan nasi yang telah kita berikan padanya. Ini sebab tak ada bau yang menarik yang membuat kucing bernafsu untuk memakannya.

Ini jugalah alasan mengapa kucing akan menyisakan sebagian campuran nasi yang kita berikan padanya. Ia meninggalkan nasi tersebut bukan karena kenyang melainkan tak ada bau yang tercampur di dalamnya.

Jadi, di saat kamu hendak memberikan kucing nasi maka pastikan campuran makanan lainnya menyatu dengan merata bersama dengan nasi. Contohnya jika kamu hendak memberikan nasi campur ikan, pastikan ikan di potong kecil-kecil dan campurkan secara merata ke seluruh nasi.

Pastikan juga bahwa bau ikan sudah tercium pada nasi yang di campurkan. Dengan cara ini biasanya kucing akan sangat jarang menyisakan makanannya dan kucing lebih mudah di berikan nasi.


4. Sediakan Minum

Di saat kucing sedang makan jangan lupa untuk menyediakan air minum ya. Soalnya setelah makan, pastinya kucing akan merasakan haus. Dengan adanya air minum, kucing bisa melepas dahaga kucing sekaligus mencegah kucing mengalami dehidrasi.

Oh ya pastikan juga minuman yang kamu sediakan adalah air matang untuk mencegah kucing mengalami gangguan pencernaan dan menjaga kondisi kucing tetap sehat.


Apakah Aman Memberikan Kucing Makan Nasi Yang Telah Di Campur Makanan Lain ?

Sejauh pengalaman Anggora sendiri aman saja sih dan tak membuat kucing mengalami masalah kesehtan serius selama kebutuhan nutrisi tubuhnya terpenuhi. Hanya saja akan ada perbedaan pasti antara kucing yang makan-makanan khusus kucing dengan kucing yang hanya makan nasi campur.

Perbedaannya seperti :

  • Tubuh kucing agak lebih kecil

  • Bulu kucing tak selebat kucing yang makan makanan khusus kucing

  • Bulu kucing agak lebih mudah rontok

  • Penglihatan kucing tetap sehat hanya saja tak sebaik kucing yang di beri makanan khusus kucing

  • Pertumbuhan kucing sedikit lebih lambat di bandingkan kucing yang makan makanan khusus kucing.

  • Tulang kucing tak sekuat kucing yang makan makanan khusus kucing

  • Resiko kucing mengalami masalah hairball lebih tinggi

  • Bau kotoran kucing lebih bau

 

Yang bahaya adalah jika kucing Anggora hanya di berikan makan nasi saja. Kucing dapat mengalami berbagai gangguan kesehatan karena tindakan ini. Untuk mengetahui bahaya kucing makan nasi selengkapnya, bisa kamu baca dengan mengklik di sini.

Itulah pembahasan seputar kucing anggora makan nasi, bahayanya dan bagaimana cara membiasakan kucing anggora makan nasi. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu yang sedang bingung tentang bagaimana cara membiasakan kucing anggora makan nasi.

Serta menambah wawasan kamu dan bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke kerabat, teman, pecinta kucing lainnya dan bagikan juga ke akun sosial media kamu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url