7 Cara Mudah Membawa Kucing Naik Motor Agar Tidak Stress

Ketika hendak bepergian jauh dan dalam jangka waktu yang lama, mau tak mau kita yang memelihara kucing harus membawa kucing pergi bersama kita. Karena sering kali di kala kita menitipkan kucing ke orang lain, mereka tak merawatnya dengan baik bahkan kucing sampai hilang.

 

Cara Membawa Kucing Naik Motor Agar Tidak Stress

 

Sementara jikalau kita menitipkannya ke tempat penitipan kucing, kita tak punya cukup uang soalnya biaya perjalanan tidaklah sedikit dan kita pun butuh dana cadangan untuk berjaga-jaga sewaktu di perjalanan,

Di tambah lagi kita tak tega menitipkan kucing ke orang lain serta tak ingin berpisah dengannya. Bagi mereka yang memiliki mobil mungkin membawa kucing dalam perjalanan bukanlah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan.

Tapi bagi yang bepergian dengan memakai motor, membawa kucing naik motor tentunya punya masalah tersendiri. Salah satunya adalah kucing mudah stress.Tapi kamu jangan khawatir karena stress pada kucing saat naik motor bisa kok kamu hindari dengan cara tertentu.

Lalu bagaimanakah cara membawa kucing dengan naik motor agar kucing tidak stress ? Penasaran ? Bagi Good Owner yang penasaran bagaimana caranya, kamu dapat melihat caranya pada tulisan Anggora di bawah ini. Baca hingga akhir ya.


7 Cara Mudah Membawa Kucing Naik Motor Agar Tidak Stress

Bukan cuma di dalam mobil saja, ketika kucing di bawa di atas sepeda motor pun kucing juga akan mengalami stress. Stress pada kucing ini menurut Anggora sendiri terjadi di karenakan beberapa penyebab, seperti :

  • Kucing tak terbiasa naik sepeda motor

  • Kucing takut dengan suara mesin sepeda motor

  • Kucing kebingungan karena di bawa dalam tempat sempit ( pet cargo ) yang berjalan

  • Kucing merasa takut dengan angin yang kencang berhembus ke arahnya

  • Kucing kepanasan ( biasa terjadi di saat kita membawa kucing naik motor di siang hari atau di saat cuaca sangat panas

  • Kucing takut dengan banyaknya benda bergerak di sekitarnya

  • Kucing tak terbiasa dengan keramaian

  • Dan lainnya

 

Untuk mengatasi stress pada kucing saat di bawa naik motor sebenarnya dapat di lakukan dengan menggunakan cara tertentu. Cara ini mungkin dapat sepenuhnya mengatasi hal ini atau minimal mengurangi stress pada kucing saat di bawa dalam perjalanan. Caranya antara lain :

1. Gunakan Sepeda Motor Pribadi

Saat bepergian gunakanlah sepeda motor milik kamu sendiri, jangan memakai sepeda motor orang lain. Gunakan sepeda motor kamu sendiri meskipun kamu bepergian bersama teman kamu yang di rumahnya juga ada sepeda motor.

Kenapa ? Sebab orang yang memiliki motor biasanya egonya lebih kuat dan tak bisa di atur. Banyak kasus di mana pemilik sepeda motor tak mau berhenti sebentar dan merasa bahwa terlalu sering berhenti bisa membuat waktu tempuh semakin lama.

Padahal sebenarnya kita berhenti sebentar untuk mengecheck kondisi kucing, membuat kucing agak tenang dan sekalian mengecek kondisi sepeda motor tersebut apakah ada masalah atau tidak. Karena itulah sebaiknya gunakan sepeda motor milikmu sendiri.

Dengan menggunakan kendaraan milik kamu sendiri, kamu bebas berhenti sesuka hati kamu dan kamu bisa mengabaikan keluhan dari orang lain yang berada bersama kamu dalam perjalanan.


2. Jangan Pergi Sendirian

Sewaktu bepergian membawa kucing naik motor, usahakan pergi bersama dengan orang lain. Jangan bepergian sendirian. Tujuannya agar bisa terus memantau si kucing saat dalam perjalanan dan juga untuk menjaga kucing agar tak terjatuh dari kendaraan bermotor.

Dengan adanya orang lain yang membantu mengawasi si kucing dalam perjalanan, ini akan membuat kita bisa lebih fokus dalam berkendara. Selain itu kita juga tak perlu sering berhenti untuk melihat kondisi kucing seperti yang biasa kita lakukan.

Kita hanya akan berhenti di saat teman bepergian kita berkata bahwa si kucing kehausan, agak takut, kelaparan dan sebagainya. Teman seperjalanan juga bisa membantu menenangkan kucing selama dalam perjalanan dengan sering mengelus kepalanya atau berbicara dengan si kucing.

 

3. Siapkan Kebutuhan Kucing

Sebelum kamu berangkat, siapkanlah seluruh kebutuhan kucing untuk di bawa dalam perjalanan. Kebutuhan tersebut mulai dari makanan, minuman, vitamin, selimut atau kain kucing dan berbagai kebutuhan lainnya. Sediakan sesuai kebutuhan selama perjalanan.

Misalkan kamu akan bepergian dengan sepeda motor bersama kucing kamu selama seharian yakni 24 jam maka makanan atau minuman yang mesti kamu persiapkan harus mencukupi kebutuhan kucing selama 24 jam.

 

4. Gunakan Kandang Yang Terbuka Dan Hanya Bisa Melihat Satu Arah Saja

Tingkat stress kucing juga di pengaruhi oleh kandang kucing kucing ( Pet Cargo ). Semakin tertutup kandang kucing maka kucing akan mudah stres. Selain itu kandang yang tertutup juga bisa membuat ruangan di dalamnya mudah menjadi panas.

Ini tak hanya akan membuat kucing stress saja juga akan membuat si kucing mudah mengalami dehidrasi. Jadi jikalau kamu hendak membawa kucing naik motor sebaiknya gunakan kandang yang terbuka, jangan menggunakan kotak kardus atau sejenisnya yang cenderung lebih tertutup.

Oh iya pastikan juga kandang tersebut hanya bisa melihat satu arah saja ya dan arahkan kandang tersebut ke arah jalan yang tak ada kendaraan yang lewat. Contohnya kalau kamu tinggal di negara barat maka cukup arahkan ke arah kanan.

Tapi kalau kamu tinggal di Indonesia cukup arahkan ke arah sebelah kiri, di mana di sebelah kiri tak ada kendaraan yang berlawanan arah yang melintas. Kita melakukan ini dengan tujuan agar kucing tak takut dengan kendaraan yang melintas di dekatnya dan agar ia lebih tenang.

Karena seperti yang kita tahu bahwa jika kucing sangat ketakutan maka kucing akan mudah mengalami stress.


5. Buat Kucing Tetap Tenang

Buatlah kucing tetap tenang. Untuk membuat kucing tetap tenang selama di perjalanan kamu dapat melakukan berbagai hal seperti :

  • Berkendara dengan baik dan menghindari banyaknya getaran yang terjadi pada sepeda motor. Getaran pada sepeda motor sering terjadi di kala kita sedang berjalan di jalan yang rusak, bergerak zig-zag ketika menyusul kendaraan lain dan lainnya. Usahakanlah untuk berkendara semulus mungkin. Dengan meminimalisir getaran, kucing akan tetap tenang dan tak ketakutan di dalam kandang

  • Berkendaralah dengan berhati-hati. Hal ini akan berpengaruh tak hanya pada keamanan kamu juga ketenangan si kucing

  • Pastikan kucing melihat ke area yang tak ada kendaraan melintas

  • Buat kucing tak kepanasan. Sebab kucing yang merasa kepanasan cenderung mudah stres

  • Jika kucing di rasa ketakutan, usap kepalanya dan tenangkan dia. Pegang melalui celah kandang saja, karena jika kandang di buka dikhawatirkan kucing akan kabur.

  • Bicara dengan kucing, meskipun dia tak mengerti bahasa kita tetapi apa yang kita sampaikan padanya bisa ia pahami. Banyak kasus di mana kucing paham atas apa yang di ucapkan pemiliknya.

  • Dan lainnya.


6. Sering Berhenti Selama Di Perjalanan

Cara yang ke enam adalah dengan cara sering berhenti selama perjalanan. Gunakan waktu ini untuk meregangkan tubuh yang pegal dan mengistirahatkan tubuh sekaligus mengecheck kondisi kucing serta memberi makan atau minum kucing.

Selama berhenti sejenak, kamu juga dapat mengelus-elu kepala kucing dan berbicara dengannya untuk menenangkannya. Ingat ya mengusapnya melalui celah kandang saja karena jikalau kucing di keluarkan ada resiko ia akan kabur dan hilang.

Kamu juga bisa memberi kucing obat anti mabuk dan stress. Selain untuk melakukan hal-hal tersebut, berhenti sejenak cukup ampuh untuk membuat kucing tenang dan meredakan stressnya.


7. Gunakan Obat Anti Mabuk Dan Stress Bagi Kucing

Sebelum berangkat gunakanlah obat anti mabuk atau stress pada kucing. Gunakan obat ini beberapa menit sebelum menjelang keberangkatan. Obat jenis ini biasanya cukup ampuh untuk menekan mabuk dan stres pada kucing.

Pada saat menggunakan obat ini, gunakanlah sesuai cara pemakaian untuk menghindari terjadinya overdosisi pada kucing. Berikan obat ini 3 kali sehari. Berikan bahkan di saat kamu sedang dalam perjalanan. Setelah sampai di tempat tujuan, berikan kembali obat ini.

Berikan terus hingga kucing yang tadinya stress dan mabuk telah menjadi normal atau berperilaku seperti biasanya.

 

Sedikit Informasi Tambahan Dari Anggora

Di saat kamu tengah membawa kucing dalam perjalanan, selalu pantau kondisi kucing kamu. Bila kamu merasa ada yang aneh dengan kucing maka sebaiknya kucing segera kamu periksakan ke dokter hewan terdekat.

Bila ternyata kamu hanya bepergian sendirian saja tanpa ada yang menemani maka pastikan kandang yang berisi kucing sudah di ikat kuat ke sepeda motor. Ini untuk menghindari kandang terjatuh akibat pergerakan sepeda motor dan kucing yang bergerak di dalam kandang.

Satu lagi informasi yang penting kamu ketahui adalah jangan sesekali mengeluarkan kucing dari dalam kandang ketika kamu masih berada di perjalanan. Sebab jika kamu melakukannya, kucing akan langsung kabur dari kandang dan menghilang. 

Meskipun kamu berhasil menemukan kucing akan sangat sulit menangkapnya di karenakan ia menjadi sangat waspada pada siapapun bahkan terhadap pemiliknya sendiri yang mendekatinya. Kucing kabur di karenakan kucing kebingungan dan ketakutan.

 

Itulah dia bagaimana cara membawa kucing naik motor agar tak stress. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu kamu mencegah kucing stress saat di bawa dengan motor dan bisa membuat perjalanan kamu bersama kucing kamu lebih menyenangkan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url