7 Cara Mudah Mengatasi Detak Jantung Kucing Cepat

Mungkin di antara cat lovers pernah menemukan kucingnya dalam keadaan bernapas cepat dan detak jantung kucing pun juga berdetak dengan sangat kencang. Pada saat kita menemukan kucing dalam kondisi ini pastinya kita akan sangat panik.

 

Cara Mengatasi Detak Jantung Kucing Cepat

 

Hal yang wajar bagi kita panik dan takut, panik dan takut bahwa kucing kita kenapa-napa dengan kondisinya saat ini. Namun kamu jangan terlalu panik karena sebenarnya hal ini adalah hal yang normal berdasarkan beberapa penyebab tertentu.

Untuk mengatasi hal ini sebenarnya dapat kita lakukan dengan mudah dengan melihat apa penyebab utama yang membuat kucing jantungnya menjadi berdetak sangat cepat. Lalu bagaimanakah cara mengatasi detak jantung kucing yang cepat ini ?

Nah bagi kamu yang ingin tahu bagaimana caranya, kamu dapat membaca tulisan Anggora di bawah ini sampai akhir untuk mengetahuinya. 


Beberapa Penyebab Mengapa Jantung Kucing Berdetak Cepat Atau Kencang

Seperti yang barusan Anggora katakan di atas bahwa untuk mengatasi masalah detak jantung cepat yang terjadi pada kucing, wajib bagi kita terlebih dahulu tahu apa penyebab utama yang membuat jantung kucing seperti ini.

Karena itulah di sini Anggora akan membahas terlebih dahulu mengenai beberapa penyebabnya sebelum lanjut ke pembahasan bagaimana cara mengatasinya. Untuk penyebab kucing detak jantungnya cepat berdasarkan sepengetahuan Anggora ada beberapa penyebab. Biasanya yaitu :

1. Kucing Berlarian Tanpa Istirahat

Penyebab yang pertama kenapa detak jantung kucing berdetak cepat adalah karena kucing baru saja habis berlarian. Kucing yang baru saja bemain dengan berlarian ke sana kemari tanpa istirahat biasanya kucing akan bernapas terengah-engah di ikuti dengan detak jantungnya yang berdetak cepat.

Hal serupa juga berlaku pada kucing yang berlarian karena di kejar orang jahat atapun kucing lain yang menjadi musuhnya. Jadi, jangan heran ketika detak jantung kucing menjadi sangat cepat karena baru saja berlarian tanpa istirahat karena bermain atau di kejar makhluk hidup lainnya.

 

2. Kucing Ketakutan

Penyebab selanjutnya adalah kucing kamu merasa ketakutan. Ini biasa terjadi ketika kucing baru saja di kejar musuhnya, baru saja di hajar musuhnya, kucing melihat musuhnya ataupun melihat orang yang sering memukulnya.

Selain itu kucing pun akan ketakutan sewaktu ia mendengar suara yang menakutkan baginya seperti suara kucing berkelahi, suara anak-anak yang sering menjahilinya, suara benda elektronik seperti blender, mesin air dan sejenisnya.

Kucing yang ketakutan biasanya akan berlari sesaat sesudah ia melihat atau mendengar hal yang di takutinya lalu setelahnya detak jantung kucing pun akan semakin cepat. Namun detak jantung kucing cepat ini hanya bersifat sementara saja.


3. Terkejut

Terkejut juga merupakan salah satu sebab detak jantung kucing menjadi lebih cepat. Ketika kucing terkejut untuk sesaat detak jantung kucing akan berdetak kencang namun akan kembali normal dalam beberapa saat.


4. Dehidrasi

Kucing yang mengalami dehidrasi umumnya detak jantungnya akan meningkat dan bernafas cepat serta mulut terbuka. Dehidrasi pada kucing di sebabkan beberapa hal seperti :

  • Kurang cairan

  • Suhu udara yang sangat panas

  • Kehausan

  • Tubuh kucing kepanasan


5. Demam

Bukan cuma dehidrasi saja, demam juga dapat membuat jantung kucing berdetak dengan kencang. Ini karena beberapa demam juga bisa membuat kucing penderita mengalami dehidrasi.


6. Efek Samping Obat

Seperti yang kita tahu bahwa pemberian obat pada kucing dapat memberikan efek samping tertentu. Contohnya seperti Alopecia ( kebotakan ) pada area tubuh tertentu, kucing menjadi pemalas atau sering tidur dan sejenisnya.

Efek samping pemberian obat pada kucing pun dapat membuat detak jantung kucing cepat. Oleh sebab itulah jikalau kamu hendak memmberi kucing obat sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter hewan dan jangan asal memberi kucing obat sembarangan.

 Karena jikalau sembarangan, kucing bukannya sembuh yang ada malah penyakitnya semakin parah.

 

7. Penyakit Jantung

Jikalau jantung memiliki masalah maka tentunya hal ini erat kaitannya dengan penyakit jantung. Masalah seperti detak jantung kucing cepat dapat di sebabkan oleh kucing yang mengalami penyakit jantung.

8. Penyakit lainnya

Selain karena penyakit jantung, jantung kucing yang berdetak begitu cepat juga bisa terjadi akibat di picu oleh penyakit lainnya. Beberapa penyakit yang bisa memicu jantung berdetak kencang seperti :

  • Kanker

  • Tumor jantung

  • Miokarditis

  • Dilatasi lambung

  • Kardiomiopati

  • Cacat jantung bawaan

  • Anemia

  • Penyakit Tromboemboli

  • Hipovolemia

  • Hipotiroidisme

  • Dan lainnya


7 Cara Mudah Mengatasi Detak Jantung Kucing Cepat

Setelah tahu apa saja penyebab mengapa detak jantung kucing cepat, langkah selanjutnya adalah mengatasi masalah jantung kucing yang berdetak kencang ini. Untuk mengatasinya kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini :

1. Biarkan Kucing Beristirahat

Cara yang pertama adalah membiarkan kucing beristirahat. Ini efektif untuk mengatasi masalah detak jantung cepat yang di sebabkan oleh kucing berlarian tanpa istirahat. Di samping itu cara ini juga cukup berpengaruh terhadap kucing yang mengalami dehidrasi dan juga demam.

Dengan membiarkan kucing beristirahat, kucing yang tadinya jantungnya berdetak cepat akibat berlarian tanpa istirahat maka sesudah beristirahat si kucing detak jantung kucing akan kembali normal sperti sebelumnya.


2. Buat Kucing Merasa Aman

Jika penyebab detak jantung kucing adalah karena sobat bulu kesayangan kita merasa ketakutan akan suatu hal maka yang perlu kita lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara membuatnya merasa aman dan menghilangkan sumber penyebab rasa takutnya.

Misalkan si kucing ketakutan terhadap orang atau kucing lain yang mengejarnya maka kamu cukup mengusir mereka yang mengejar si kucing atau jikalau kucing takut dengan suara tertentu maka kamu cukup membuat kucing untuk tak mendengar suara tersebut sampai suara tersebut hilang dengan sendirinya. Begitulah seterusnya.

Kucing yang merasa aman detak jantungnya nantinya akan kembali normal secara perlahan dan akan benar-benar kembali normal ketika si kucing tak lagi merasa ketakutan.


3. Usahakan Untuk Tak Membuat Kucing Terkejut

Ketika kucing terkejut, detak jantung kucing pun akan turut meningkat. Karena itulah agar ini tak terjadi cobalah untuk menghindari hal-hal yang membuat kucing terkejut dan berhentilah mengejutkan kucing untuk sekedar menjahilinya.

 

4. Atasi Dehidrasi Pada Kucing

Dehidrasi pada kucing dapat menyebabkan peningkatan detak jantung pada kucing, karena itulah untuk mengatasi detak jantung kucing yang cepat maka kamu perlu mengatasi terlebih dahulu dehidrasi pada kucing kamu.

Untuk mengatasi dehidrasi pada kucing, kamu dapat menambahkan asupan cairan pada kucing dengan memberikan makanan yang tinggi kandungan cairan seperti wet food atau bisa dengan cara memastikan kucing cukup minum.

Selain karena kurang cairan, dehidrasi pada kucing juga dapat di sebabkan oleh peningkatan suhu tubuh akibat cuaca panas dan jarang minum karena sibuk berkeliaran di luar rumah. Ketika kucing mengalami dehidrasi akibat peningkatan suhu tubuh maka kamu cukup dinginkan tubuh kucing.

Mendinginkan tubuh kucing bisa kamu lakukan dengan membawa kucing ke ruangan yang lebih dingin seperti ruangan ber-AC atau minimal ruangan tak terkena cahaya ataupun panas matahari lalu mengipasinya dengan kipas.

Sementara untuk kucing yang mengalami dehidrasi akibat jarang minum maka kamu cukup beri kucing minum. Bila masalah dehidrasi pada kucing teratasi maka otomatis masalah detak jantung kucing yang berdetak cepat pun juga ikut teratasi.

 

5. Obati Demam Kucing

Bukan cuma dehidrasi saja, demam pada beberapa kucing dapat membuat peningkatan pada detak jantung. Jadi, ketika kucing kamu detak jantungnya meningkat dan ia mengalami demam maka untuk mengatasi ini, kamu cukup mengobati demamnya.


6. Hentikan Pemberian Obat

Beberapa jenis obat-obatan dapat menimbulkan beragam efek samping pada kucing. Salah satu efek samping obat tersebut adalah membuat detak jantung pada kucing yang meminum obat tersebut menjadi berdetak lebih cepat.

Kalau kamu merasa bahwa detak jantung yang cepat pada kucing kamu terjadi sesudah meminum obat tertentu maka hentikan pemberian obat. Kemudian konsultasikan hal tersebut pada dokter hewan untuk mendapatkan solusi terbaik.


7. Bawa Kucing Berobat Ke Dokter Hewan

Cara terakhir untuk mengatasi ini adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan. Karena mungkin kucing tidak mengalami masalah ringan namun justru kucing menderita penyakit tertentu seperti penyakit jantung ataupun penyakit lainnya yang dapat memicu kondisi ini.


Mungkin itu saja pembahasan mengenai beberpa penyebab detak jantung kucing berdetak kencang dan 7 cara mudah mengatasi detak jantung kucing yang cepat. Dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu kamu mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url